Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini


Kamu pasti tahu film Star Wars ‘kan? Ternyata Star Wars juga ada di kehidupan nyata. Istilah Star Wars dipopulerkan oleh Ronald Reagan pada tahun 1983 untuk kompetisi teknologi luar angkasa di masa Perang Dingin Pengembangan teknologi luar angkasa oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet dilakukan demi mendukung upaya penyebarluasan pengaruhnya.

Uni Soviet menjadi negara pertama yang berhasil meluncurkan satelit bernama Sputnik 1 pada 4 Oktober 1957. Pada November 1957 Uni Soviet meluncurkan satelit Sputnik II dengan menyertakan seekor anjing bernama Laika. Kemajuan Uni Soviet  mulai disaingi oleh Amerika Serikat dengan meluncurkan satelit Explorer 1 pada 31 Januari 1958. Seolah tidak mau kalah, Uni Soviet “membalasnya” dengan mengirimkan Sputnik III pada 15 Mei 1958. Pada 4 Oktober 1959 Uni Soviet berhasil mengorbitkan satelit Lunik III yang dapat mengelilingi bumi dan bulan.

Momen terpenting dalam perkembangan teknologi ini terjadi ketika manusia  berhasil melakukan perjalanan ke luar angkasa. Yuri Gagarin, kosmonot  dari Uni Soviet, berhasil menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ini pada 12 April 1961 dengan menggunakan pesawat Vostok 1 selama 108 menit. Disusul dengan John Glenn, manusia pertama yang mengorbit Bumi pada tanggal 20 Februari 1962 dengan pesawat Friendship 7 milik Amerika Serikat, dan Neil Amstrong sebagai manusia pertama yang mendarat di bulan pada tanggal 20 Juli 1969 dengan Apollo 11 milik Amerika Serikat.

 
International Space Station (Stasiun Luar Angkasa Internasional) (Sumber: nasa.gov)

Berakhirnya Perang Dingin membuka lembaran baru dalam perkembangan teknologi luar angkasa. International Space Station (Stasiun Luar Angkasa Internasional) didirikan oleh Amerika Serikat dan Rusia pada 20 November 1998 dan menjadi babak baru dalam perkembangan teknologi luar angkasa.

Teknologi Luar Angkasa Indonesia
Perkembangan teknologi luar angkasa ini tentunya juga membawa dampak bagi Indonesia. Pada 9 Juli 1976, diluncurkan satelit Palapa A1 yang berguna untuk mengatur Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD). SKSD bermanfaat untuk mempermudah komunikasi antar daerah dan antar negara, menyambungkan komunikasi telepon, televisi, radio dan faksimili, serta menghubungkan jaringan internet. Selanjutnya Indonesia juga punya satelit Palapa B1 yang diluncurkan pada 16 Juni 1983.
Peluncuran satelit Palapa A1 (Sumber: mediaindonesia.com).

Selain punya satelit, saat itu Indonesia juga punya kosmonot lho. Adalah Pratiwi Sudarmono yang akan diberangkatkan untuk misi luar angkasa dari Indonesia. Sayang, dirinya belum berhasil berangkat karena meledaknya pesawat Challenger milik Amerika Serikat yang sedang diujicoba pada tanggal 28 Januari 1986.

Teknologi Luar Persenjataan
Perkembangan teknologi persenjataan berkaitan erat dengan perkembangan militer khususnya ketika Perang Dunia dan Perang Dingin. Di masa Perang Dingin, Amerika Serikat dan Uni Soviet memimpin perkembangan persenjataan dengan tujuan untuk melindungi kawannya dan perebutan pengaruh. Pihak yang terlibat berusaha meningkatkan mutu dan jumlah persenjataannya. Adapun teknologi persenjataan yang dikembangkan antara lain bom, senjata nuklir, rudal.

(sumber : Blog Ruangguru.com)

Kepemilikan senjata-senjata ini pada akhirnya diketahui berbahaya dan memicu banyaknya konflik yang membuat situasi berbahaya. Kesadaran itu berdampak pada menurunnya tingkat persaingan teknologi persenjataan antar banyak negara. Blok Barat dan Blok Timur akhirnya menggagas
beberapa hal untuk mengatasi situasi. Salah satunya dengan membuat perjanjian-perjanjian Nuclear Non-proliferation Treaty, Strategic Arms Limitation Talks (SALT), dan Strategic Arms Reduction Treaty (START).

Teknologi Komunikasi dan Informasi

(sumber : Blog Ruangguru.com)


Perkembangan teknologi dan informasi yang ada dalam infografis di atas tentunya punya dampak negatif dan positifnya. Dampak positifnya tentu bisa mempercepat persebaran informasi secara akurat dan mutakhir, mempermudah komunikasi antar wilayah, pengembangan wawasan, sarana hiburan, media pertukaran data-data secara cepat dan efektif, dan yang lainnya.

Meskibegitu, kita harus menggunakan kemajuan teknologi dan informasi ini secara bijak, karena perkembangan ini tetap memiliki dampak negatif. Adapun dampak negatif yang dapat ditimbulkan seperti memudarnya nilai tradisional dalam masyarakat, semakin banyaknya pembajakan hasil karya, ataupun menguatnya sikap individualisme. Kira-kira, kamu bisa menyebutkan lagi nggak dampak positif dan negatifnya?

Teknologi Transportasi

(Sumber : Blog Ruangguru.com)


Kalau di infografis kamu sudah tahu tentang sejarah perkembangan transportasi di dunia, akan berbeda dengan perkembangan transportasi di Indonesia, Squad. Pertama untuk transportasi darat, di Indonesia sedang dibangun jalan-jalan besar untuk menghubungkan daerah-daerah terpencil. Salah satu jalan yang dibangun adalah jalan tol (jalan bebas hambatan).

Jalan Raya di Indonesia
Jalan tol (singkatan dari tax on location) pertama di Indonesia dibangun pada 1973 adalah Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Tol ini mulai digunakan tahun 1978  hingga sekarang dan membentang sepanjang kurang lebih 50 km. Pembuatan jalan tol kemudian berkembang di daerah lain di Pulau Jawa dan Sumatra. Dilanjutkan dengan tol Jakarta – Tangerang sepanjang 33 km (beroperasi November 1984), Surabaya – Gempol (49 km dan beroperasi Juli 1986). Pembangunan sempat terhenti pada Maret 1993 setelah membangun jalan tol Surabaya – Gresik sepanjang 20,7 km dan dilanjutkan dengan pembangunan Cikampek – Purwakarta – Padalarang (Cipularang) pada April 2005.


Transportasi Air di Indonesia
Perusahaan kapal pertama di Indonesia bernama N.V. Nederlandsch Indische Industrie dan mulai dirintis pada 1823 oleh Gubernur Jenderal Van der Capellen. Untuk mendukung perusahaan tersebut, dibangun bengkel reparasi kapal pada 1849 di Surabaya. Hingga pada 1939 perusahaan tersebut diubah namanya menjadi Marine Establishment (ME).

Bengkel reparasi kapal di Surabaya. (Sumber: commons.wikimedia.org).
Pasca Perang Dunia II, setelah sempat dikuasai Jepang, Belanda kembali menguasai ME. Setelah merdeka, pada 27 Desember 1949, ME dikembalikan kepemerintah Indonesia dan diubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL).

Transportasi Udara di Indonesia
Perkembangan transportasi udara Indonesia dimulai pada masa awal kemerdekaan. Saat itu pesawat yang digunakan masih hasil modifikasi Pesawat Cureng/Nishikoren peninggalan Jepang. Pesawat itu dirancang dan dites oleh Agustinus Adisucipto pada Oktober 1945 di atas kota Tasikmalaya. Atas ide Wiweko Soepono dan Nurtanio Pringgoadisuryo dibukalah bengkel pesawat di bekas gudang kapuk di Magetan dekat Madiun. Pesawat NWG-1 menjadi jenis pesawat hasil buatan bengkel tersebut.

Perkembangan pesawat terbang sempat terhambat karena pemberontakan Madiun 1948 dan  Agresi Militer Belanda. Dunia penerbangan Indonesia kemudian berkembang lagi pasca peristiwa tersebut. Bandung dipilih menjadi tempat pengembangan pesawat terbang, khususnya di lapangan terbang Andir
(Husein Sastranegara). Pada 1 Agustus 1954, Indonesia berhasil menerbangkan prototype Si Kumbang dan selanjutnya diluncurkan pesawat latih dasar Belalang 89 dan pesawat olahraga Kunang 25.

Pesawat Si Kumbang rancangan Nurtanio. (Sumber: id.wikipedia.org).

Berbagai kemajuan tersebut membuat banyak pihak optimis terhadap industri penerbangan Indonesia. Akhirnya pada 16 Desember 1961 diresmikan pembentukan Lembaga Persiapan Industri Penerbangan (LAPIP). Setelah berbagai gejolak, 28 April 1976 secara resmi didirikan PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio dengan B.J. Habibie selaku Direktur Utamanya.

IPTEK akan terus berkembang seiring dengan perkembangan manusia. Seperti yang sudah kamu  baca di atas, setiap perkembangan IPTEK akan membawa dampak positif dan negatif, tinggal bagaimana kita menghadapinya dengan bijak.
 
Apakah perkembangan IPTEK di Indonesia sudah dirasakan oleh para pelajar ? berikan contohnya !

31 komentar untuk "Sejarah Perkembangan IPTEK di Masa Kini"

  1. Nama:Amelia
    Kelas: 12 ips 2
    Perkembangan IPTEK di Indonesia sudah diraskan oleh pelajar. Contohnya sekarang ini kita belajar melalui hp atau sekolah daring

    BalasHapus
  2. Ijin menjawab pak
    Saya NENG FITRI dari kelas 12 IPS 1

    Sudah, contohnya seperti kebebasan demokrasi dan keterbukaan berpengaruh terhadap kemajuan pikiran dan partisipasi bangsa indonesia. Nilai nilai akan menjadi alat kontrol yang baik bagi keberlangsungan masyarakat bangsa indonesia yang baik,jujur,adil dan mampu menerima aspirasi dari masyarakat secara baik

    BalasHapus
  3. Nama saya lisda Juniar, kelas 12 IPS 2
    Menurut saya sudah, salah satunya Munculnya internet dan gadget yang canggih telah mempermudah seorang pelajar memperoleh informasi dan bisa juga memperoleh tugas dari guru lewat internet,apalagi sekarang masa pandemi gadget dan Internet jadi cara terbaik untuk belajar.

    BalasHapus
  4. Nama:neng putri pitri yani
    Kelas :12 ips 2

    Perkembangan IPTEK di indonesia sudah di rasakan oleh pelajar
    Contohnya seperti sekarang kita melaksanakan sekolah online atau sering di sebut dengan daring

    BalasHapus
  5. Nama:Ali fadilah ismail
    Kelas:12 IPS 2

    kita harus memanfaatkan iptek yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sebaik baik mungkin agar mendapatkan ilmu yang berguna dan bermanfaat
    CONTOHNYA:Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah kita dalam berkomunikasi

    BalasHapus
  6. Nama:Risna lestari
    Kelas:12 IPS 2

    IPTEK Sudah di rasakan oleh pelajar tapi TIDAK semua karena untuk pelajar yang ada di daerah terpencil mungkin belum bisa merasakan manfaat dari IPTEK ini,sebagai contoh pelajar yang sudah merasakan perkembangan IPTEK adalah mudahnya pelajar untuk mengakses informasi apapun dari internet terlebih untuk sekarang saat belajar daring pasti perkembangan IPTEK ini sangat membantu.

    BalasHapus
  7. Nama: Siti Nur Rismayanti
    Kelas: XII IPS 2

    Menurut saya perkembangan IPTEK telah dirasakan oleh pelajar Indonesia, walaupun belum secara merata dirasakan oleh para pelajar seluruh Indonesia disebabkan karena ketertinggalan perekonomian dan kurang terjangkaunya daerah tersebut oleh transportasi.

    Contohnya:
    •Komputer, komputer sekarang sudah digunakan diberbagai sekolah untuk UNBK
    •Internet, internet memudahkan mengakses informasi
    •Ponsel, untuk berkomunikasi secara jauh
    •Televisi, sarana informasi
    •Trasportasi

    BalasHapus
  8. NAMA : PUTRI NURWANTI
    KELAS : XII - IPS 2

    Sudah, contohnya skrg kita bisa menggunakan gadget sbg media pembelajaran dan dapat mengakses informasi dari berbagai sumber di internet

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. NAMA: ROHMAH SITI ASIAH
    KELAS: XII-IPS2
    Perkembangan IPTEK sudah di rasakan oleh pelajar di indonesia. Contohnya penggunaan internet,ponsel bahkan komputer yang di gunakan sebagai salah satu media untuk belajar dan menambah wawasan,sehingga dapat membantu pelajar agar tidak lagi gagap teknologi dan dapat mempermudah untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar

    BalasHapus
  11. Nama:Risman hermansyah
    Kls :12 IPS 5

    Sudah, contohnya para pelajar sudah mengunaka teknologi inpormasi seperti handpone laptop dll.mereka bisa mengetahui perkembangan dengan mengunakan teknologi tersebut dan para pelajarpun bisa mengtahi inpormasi dengan ada kemajuan iptek ini

    BalasHapus
  12. NAMA:Neng Lisna
    KELAS:XII IPS 4

    Menurut saya,,,,para pelajar sekrang ini sudah menggunakan adanya perkembangan IPTEK

    Contohnya,,,Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif dalam pendidikan secara bertahap menggantikan televisi dan vedio. Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan

    BalasHapus
  13. NAMA:AZIZAH AHMAD
    KELAS:XII IPS 1
    sudah, contohnya:perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dlm beraktifitas terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi seperti misalnya perkembangan teknologi seperti HP bisa mempercepat persebaran informasi secara akurat, mempermudah komunikasi, pengembangan wawasan, Sarana hiburan. Apalagi pada saat pandemi covid19 ini HP sangat berguna bagi siswa untuk berajar online (daring)karena pada saat pandemi ini sekolah di tutup/dibatasi.tetapi Ada juga dampak negatifnya seperti bisa memudarnya nilai tradisional dan budaya dalam Masyarakat setempat.
    Dan ada juga Contoh perkembangan IPTEK dlm kegiatan perindustrian,seperti dulu membajak sawah menggunakan alat tradisional tetapi kini dengan adanya perkembangan IPTEK membajak sawah bisa menggunakan alat modern seperti Mesin.
    Dan IPTEK akan terus berkembang seiring dengan perkembangan manusia setiap perkembangan IPTEK akan membawa dampak positif maupun negatif tergantung orang yang menggunakannya atau Menghadapi nya.

    BalasHapus
  14. Nama: Muhammad Rifqi
    Kls : 12 IPS 4

    Sudah pak, Contoh nya media untuk mencari informasi atau data dengan perkembangan
    Internet yang cepat.

    BalasHapus
  15. Nama: YAYANG MAHARANI
    Kelas:12 IPS 1
    Sudah, Karena dengan adanya teknologi informasi dan bagdet kita akan lebih mudah memperoleh atau mendapatkan informasi yang ada

    BalasHapus
  16. Nama: Fitri Nursalsabilah
    Kelas:12 IPS 1
    Sudah, contohnya seperti kita sekarang belajar dari rumah melalui media hp, komputer atau dengan kata lain sekolah daring

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Nama:Didah Maulida
    Kelas:XII IPS 1
    Siap sudah ,contohnya dengan adanya teknologi informasi yang semakin canggih mempermudah pelajar untuk mendapatkan materi atau sumber untuk pembelajaran dan mempermudah mendapatkan informasi dengan cepat

    BalasHapus
  19. Nama:Eneng siti maesaroh
    Kelas: 12 IPS 1
    Sudah,Contohnya dengan adanya perkembangsn IPTEK dapat membantu manusia dalam beraktifitas terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi seperti HP,KOMPUTER dan TELEVISI dapat mempercepat persebaran informasi secara akurat dan sebagai alat untuk belajar. Kalau dalam kegiatan perindustrian seperti MESIN dapat mempermudah untuk membajak sawah dll.

    BalasHapus
  20. Nama:Nisa nuralawiyah
    Kelas:12 IPS 4
    Sudah,sudah, contohnya:perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dlm beraktifitas terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi seperti misalnya perkembangan teknologi seperti HP bisa mempercepat persebaran informasi,dan sebai media pembelajaran

    BalasHapus
  21. Nama:Niki Nurcahyani
    Kels:XII ips 3
    Perkembngang IPTEK sudah saya rasakan yaitu terdapat teknologi yang cangih seperti handphone buat kita belajar di rumah dan mendapatkan informasi

    BalasHapus
  22. Nama :Wulandari
    Kelas: XII Ips 4
    Sudah,contohnya kemajuan alat komunikasi yang semakin mudah cepat dan praktis
    Dan kemajuan transportasi yg mumudahkan kita bepergian ke antar kota dan negara dengan cepat contoh pesawat

    BalasHapus
  23. Nama:Adam mulyana
    Kelas:12 IPS 1

    sudah.contohnya saya sebagai siswa merasakan kemajuanya
    semakin mudahnya komunikasi mencari referensi informasi di internet dan
    transportasi
    seperti dunia dalam genggaman

    BalasHapus
  24. Nama : helma fitriyani
    Kelas 12 ips 2


    Sudah ,contohnya perkembangan iptek mampu membantu manusia dalam beraktivitas seperti kemajuan teknologi mwmudahkan kita belajar dan mendapatkan informasi dengan baik oleh sebab itu kemajuan teknologi mendukung dalam kemajuan iptek

    BalasHapus
  25. Nama: Alfian Rizki Saputra
    Kelas:XII - IPS 3

    Masih terbatasnya orang indonesia yang mendapat pendidikan barat terutama pendidikan tinggi.

    BalasHapus
  26. Nama:Risma Yanti
    Kelas :12 ips 5
    IPTEK akan terus berkembang seiring dengan perkembangan manusia. Seperti yang sudah kamu baca di atas, setiap perkembangan IPTEK akan membawa dampak positif dan negatif, tinggal bagaimana kita menghadapinya dengan bijak.agar tidak menjadi media yang bersifat negatif saja

    BalasHapus
  27. Nama:verani
    Kelas: 12 ips 1

    Sudah pak , contoh nya media untuk mencari informasi atau data dengan perkembangan
    Internet yg tepat

    BalasHapus
  28. Nama:verani
    Kelas: 12 ips 1

    Sudah pak , contoh nya media untuk mencari informasi atau data dengan perkembangan
    Internet yg tepat

    BalasHapus
  29. Nama: Neng tita komala dewi
    Kelas : 12 ips4

    Sudah, contohnya seperti sekarang di situasi yang mengharuskan para pelajar untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah secara online(daring) melalui penggunaan handphone,laptop dll.

    BalasHapus
  30. NAMA: Yoga Nugraha
    KELAS: XII-IPS-5


    Perkembangan IPTEK sudah di rasakan oleh pelajar di indonesia. Contohnya penggunaan internet,ponsel bahkan komputer yang di gunakan sebagai salah satu media untuk belajar dan menambah wawasan,sehingga dapat membantu pelajar agar tidak lagi gagap teknologi dan dapat mempermudah untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar

    BalasHapus
  31. Nama: Yana Mulyana Hikmah
    Kelas: 12 IPS 2

    Menurut saya perkembangan IPTEK telah dirasakan oleh pelajar Indonesia, walaupun belum secara merata dirasakan oleh para pelajar seluruh Indonesia disebabkan karena ketertinggalan perekonomian dan kurang terjangkaunya daerah tersebut oleh transportasi.

    Contohnya:
    •Komputer, komputer sekarang sudah digunakan diberbagai sekolah untuk UNBK
    •Internet, internet memudahkan mengakses informasi
    •Ponsel, untuk berkomunikasi secara jauh
    •Televisi, sarana informasi
    •Trasportasi

    BalasHapus