Selasa, 12 Januari 2021

Menganalisis Sejarah Organisasi Regional dan Global dan Pengaruhnya Terhadap Bangsa Indonesia | Kd. 3.4 Sejarah Peminatan Kelas XII

 

sumber : www.pngdownload.id

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu menganalisis sejarah organisasi-organisasi bersifat regional dan global, dan menganalisis pengaruh organisasi-organisasi regional dan global terhadap bangsa Indonesia. 

Karakter yang dikembangkan yaitu kerja sama dan pro-aktif. Kerja sama sebagai Langkah untuk menciptakan perdamaian dunia. Tanpa adanya komitmen kerja sama dalam menyatukan visi dan misi, organisasi internasional tidak akan mampu mencapai tujuan yang dicita-citakan. Indonesia menunjukkan sikap politik luar negeri bebas aktif di beberapa organisasi internasional, sebagai salah satu kontibusi aktif untuk menciptakan tatanan dunia yang lebih baik.

 

 Organisasi regional adalah sebuah organisasi yang luas wilayahnya meliputi berbagai negara. Organisasi regional memiliki wilayah kegiatan yang bersifat regional, dan keanggotaannya hanya dimiliki oleh negara-negara pada kawasan tertentu saja. Misalkan saja seperti MEE, APEC, dan AFTA. Sedangkan organisasi global merupakan organisasi yang terbentuk dari gabungan beberapa negara di dunia atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama dalam mencapai persetujuan. Misalkan OPEC, GATT, dan WTO.

Banyak negara-negara di dunia yang ingin menjalin hubungan internasional baik yang bersifat regional maupun global. Dalam sebuah hubungan internasional, tidak selalu diwarnai oleh suasana yang tertib dan aman namun juga terdapat banyak sekali kendala yang berasal dari masalah intern maupun ekstern. Kendala tersebut seperti perang atau pertikaian politik yang mengakibatkan hubungan internasional antar negara tidak dapat berjalan dengan baik.

 

Organisasi Regional

Organisasi Politik dan Militer

a.      North Atlantic Treaty Organization (NATO)

Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis merupakan tiga negara penting dalam Blok Barat. Pada tahun 1948, ketiganya menyepakati untuk saling memberikan bantuan militer apabila di antara mereka diserang oleh negara lain. Tahun 1949 dibentuklah organisasi pertahanan Bersama NATO yang bermarkas di Brussels, Belgia. Sedangkan Eksekutif Komite Militer NATO berada di Washington, Amerika Serikat. 

Pendirian NATO bertujuan menjamin kebebasan dan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.

 

Negara-negara anggota NATO

b.      Southeast Asian Treaty Organization (SEATO)

SEATO merupakan aliansi dari Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Selandia Baru, Australia, Filipina, Thailand, dan Pakistan yang terbentuk pada September 1954 berdasarkan konferensi Manila. Tujuan utama dari pendirian SEATO adalah untuk membendung arus komunisme di wilayah Asia Tenggara.

Filipina bergabung dengan SEATO karena keterkaitannya dengan Amerika Serikat serta ancaman pemberontakan pihak komunis terhadap pemerintah. Sementara itu, Indonesia dan Burma berusaha tetap menjaga netralitasnya dan tidak memilih melebur dalam organisasi ini.

Bagi beberapa negara di Asia dan Afrika, munculnya SEATO dianggap menjadi ancaman bagi keutuhan persatuan. Keterlibatan Amerika Serikat dalam konflik Indocina lebih mengarah perang daripada perdamaian.

 

Negara-negara anggota SEATO

c.      Pakta Warsawa

Pakta Warsana adalah aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur. Tujuannya adalah mengorganisasikan diri terhadap potensi ancaman dari aliansi militer Blok Barat, yaitu NATO. Latar belakang sebenarnya adalah keinginan Uni Soviet untuk mempertahankan kendali atas kekuatan-kekuatan militer di Eropa Tengah dan Eropa Timur.

Pakta Warsawa dirancang oleh Nikita Khrushchev pada 1955 dan ditandatangani di Warsawa, Polandia pada 14 Mei 1955. Pakta Warsawa dipimpin oleh Uni Soviet sebagai negara paling kuat di Eropa Timur. Negara-negara yang ikut menandatangani Pakta Warsawa adalah Polandia, Albania, Bulgaria, Cekoslowakia, Hongaria, Jerman Timur, dan Rumania. Markas besar Pakta Warsawa berada di Moskow, ibu kota Uni Soviet.

Lambang Pakta Warsawa

d.      Central Treaty Organization (CENTO)

Organisasi pertahanan bersama yang dibentuk pada 24 Februari 1955 oleh Iran, Irak, Pakistan, Turki, dan Inggris. Aliansi yang terbentuk di wilayah Timur Tengah ini diprakarsai oleh Amerika Serikat. Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan Timur Tengah dari ancaman Komunisme. Tetapi CENTO tidak dapat berbuat banyak Ketika Uni Soviet melakukan perluasan pengaruhnya, hubungan diplomatik dengan negara-negara Timur Tengah pun terjalin dengan Mesir, Suriah, Irak, Yaman, Somalia, dan Libya.

 

Wilayah CENTO di Timur Tengah

e.      Australia, New Zealand, United States of America (ANZUS)

Bergabungnya Australia dalam politik luar negeri Amerika Serikat mencerminkan pergeseran orientasi politik luar terhadap Inggris. Kekhawatiran Australia dan Selandia Baru terhadap penyebaran komunisme di kawasan Asia Pasifik semakin meningkat setelah kemenangan komunis Tiongkok pimpinan Mao Zedong. Hal ini yang mendesak Amerika Serikat untuk membentuk pakta pertahanan di Asia Pasifik.

Inisiatif ketiga negara membentuk ANZUS tercapai pada 1 September 1951 di San Francisco. ANZUS dibentuk bertujuan untuk mengoordinasi pertahanan bersama, membendung pengaruh komunisme yang dianggap agresor di Kawasan Asia Pasifik, dan meningkatkan kerja sama militer.

Logo ANZUS

 

Organisasi Ekonomi Regional

a.      South Asian Association for Regional Cooperation (SAARC)

SAARC didirikan 8 Desember 1985 di Dhaka, Bangladesh oleh negara Pakistan, Bangladesh, Bhutan, India, Nepal, Maladewa, Pakistan, dan Sri Langka. SAARC bermarkas di Kathmandu, Nepal. Berdirinya SAARC dilatarbelakangi oleh keinginan negara-negara Asia Selatan untuk bekerja sama dengan semangat persaudaraan, kepercayaan dan pengertian. Tujuan dari SAARC adalah untuk membangun perekonomian negara-negara anggota Asia Selatan. Momen penting dalam organisasi SAARC adalah ketika menerapkan South Free Trade Area tahun 2006 untuk mempermudah kegiatan perdagangan di Asia Selatan. Selain memiliki anggota tetap, SAARC juga mempunyai sembilan negara pengamat, yaitu Australia, China, Uni Eropa, Iran, Jepang, Mauritius, Myanmar, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Negara-negara anggota SAARC

b.      Asian-Pacific Economic Cooperation (APEC)

APEC didirikan pada tahun 1989 oleh beberapa negara di wilayah Asia dan Pasifik. Tujuan didirikannya APEC adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. APEC memiliki prinsip dalam menjalankan kegiatan organisasi antara lain: consensus (Keputusan APEC harus bermanfaat dan disepakati semua anggota), voluntary and non-binding (kesepakatan secara sukarela), concerted unilateralism (keputusan dilakukan bersama-sama), dan differentiated time frame (liberalisasi negara ekonomi anggota). Keberadaan APEC secara nyata berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Negara anggota APEC berkontribusi dalam terhadap 53% GDP dunia serta 44% volume perdagangan di dunia. APEC hingga kini beranggotakan 21 negara di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia di dalamnya.

Beberapa organisasi regional ini berpengaruh pada perekonomian Indonesia, seperti AFTA dan APEC. Dengan adanya AFTA, Indonesia diuntungkan karena bisa menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia serta mendorong pelaku usaha Indonesia untuk bersaing dagang dengan pelaku usaha dari negara lain. Selain AFTA, APEC juga berpengaruh dalam meningkatkan neraca perdagangan Indonesia. Neraca perdagangan Indonesia kepada seluruh anggota APEC mencapai US$ 289,3 Miliar atau 75% dari total perdagangan Indonesia hingga tahun 2011.

 


c.      Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE)

Pada 1 Juni 1955 ada sebuah pertemuan di Messina, Italia yang menunjuk Paul Henry Spaak (Menteri Luar Negeri Belgia) sebagai ketua komite yang harus menyusun laporan tentang kemungkinan kerja sama ke semua bidang ekonomi. Laporan Komite Spaak berisi dua rancangan yang mengintegrasikan Eropa, yaitu:

1)      Membentuk European Economic Community (EEC) atau Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE).

2)      Membentuk European Atomic Energy Community (Euratom) atau Badan Tenaga Atom Eropa.

Rancangan Spaak itu akhirnya disetujui pada tanggal 25 Maret 1957 di Roma dan kedua perjanjian itu mulai berlaku tanggal 1 Januari 1958. Pertemuan di Roma menghasilkan Traktat Roma yang meresmikan berdirinya MEE. Pembentukan MEE dilatarbelakangi oleh keberhasilan European Coal and Steel Community (ECSC) dalam mendorong negara-negara seperti Belgia, Perancis, Italia, Luxemburg, Belanda, dan Jerman Barat membentuk pasar bersama yang mencakup sektor ekonomi.

Dengan demikian, terdapat tiga organisasi di Eropa, yaitu ECSC, EEC (MEE), dan Euratom (EAEC). MEE menegaskan tujuannya, antara lain :

a.       Meningkatkan kerja sama ekonomi, memperbaiki taraf hidup, dan memperluas lapangan kerja.

b.      Menghapuskan bea masuk dan pembatasan impor-ekspor antara negara-negara anggota.

c.       Memberikan bantuan dana kepada negara-negara yang masih rendah pendapatan ekonominya.

d.      Meningkatkan tarif yang tinggi dan membatasi secara ketat barang-barang masuk yang bukan dari negara-negara anggota.

e.       Meluaskan hubungan dengan negara – negara selain anggota MEE. Untuk mewujudkan tujuannya, MEE membentuk Pasar Bersama Eropa (Common Market), keseragaman tarif, dan kebebasan bergerak dalam hal buruh, barang, serta modal.

Pada akhirnya, MEE bergabung dengan ECSC dan Euratom menjadi Uni Eropa melalui perjanjian Merger Treaty yang ditandatangani di Brussels pada tanggal 8 April 1965.

 

Bendera MEE

d.      ASEAN Free Trade Area (AFTA)

AFTA dibentuk saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-IV di Singapura tanggal 28 Januari 1992. AFTA merupakan kesepakatan negara-negara ASEAN untuk membentuk kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional dengan menjadikan wilayah ASEAN sebagai basis produksi dunia.

AFTA awalnya hanya beranggotakan Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand, dan Filipina. Meski begitu, pada tahun 1995 Vietnam bergabung, Laos dan Myanmar tahun 1997, serta Kamboja tahun 1999, menjadikan seluruh negara ASEAN menjadi anggotanya. AFTA memiliki tujuan antara lain:

a.)    Menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif sehingga produk ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global.

b.)    Menarik lebih banyak Foreign Direct Investment (FDI).

c.)    Meningkatkan perdagangan antar negara anggota ASEAN (Intra-ASEAN Trade).


e.      North American Free Trade Agreement (NAFTA)

NAFTA mulai beroperasi pada 1 Januari 1994. Awalnya NAFTA dilaksanakan oleh dua negara, Amerika Serikat dan Kanada. Pendirian NAFTA dilatarbelakangi oleh American Summit di Chili pada April 1988 yang membahas tentang peningkatan kerja sama di bidang perdagangan, budaya, perjalanan, hingga cyberspace. Kerja sama yang dijalin Amerika Serikat dan Kanada menarik minat Meksiko untuk terlibat dalam perjanjian tersebut. Pada September 1998, Meksiko pun menandatangani Declaration and Memorandum of Understanding yang meresmikan masuknya Meksiko ke dalam NAFTA. NAFTA memiliki tujuan antara lain:

a)      Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja.

b)      Menciptakan iklim usaha untuk mendorong persaingan yang adil.

c)      Meningkatkan peluang investasi.

d)      Menciptakan prosedur yang efektif dalam penyelesaian perdagangan.

f.      Central America Free Trade Agreement-Dominican Republic (CAFTA-DR)

CAFTA-DR adalah perjanjian perdagangan bebas Amerika Tengah-Republik Dominika yang disetujui antara 2003-2004. Tujuannya untuk mewujudkan perdagangan bebas di antara sesama negara anggota. CAFTA-DR dibentuk sebagai batu loncatan menuju FTAA yaitu perjanjian perdagangan bebas lain yang meliputi sesama negara Amerika Selatan dan Karibia, Amerika Utara, dan Amerika Tengah (kecuali Kuba). Pada pelaksanaannya yang menjadi ketentuan dalam CAFTA-DR diantaranya :

a)      Perdagangan jasa lintas batas

b)      Jasa Keuangan

c)      Investasi

d)      Akses pasar

e)      Pertanian

 

https://efiempresa.com/blog/efiempresa-cafta-dr/

 

Organisasi Ekonomi Global 

1.      Organization of Petroleum Exporting Countries  (OPEC)

OPEC didirikan September 1960 di Baghdad, Irak oleh lima negara, yaitu Iran, Irak, Kuwait, Saudi Arabia, dan Venezuela. Pendirian OPEC merupakan respon terhadap keberadaan perusahaan minyak bumi multinasional milik Amerika Serikat yang sering melakukan monopoli pasar terhadap minyak bumi. Tujuan utama dari OPEC adalah mengkoordinasi dan menyamakan kebijakan perihal minyak bumi di antara negara anggota, serta menjaga stabilitas minyak bumi di pasaran agar ada suplai yang berkelanjutan bagi konsumen dan juga pemasukan yang merata bagi produsen. 

Untuk memasuki keanggotaan OPEC ada syarat khusus yang sudah ditetapkan, yaitu harus mendapatkan ¾ persetujuan dari negara anggota termasuk lima negara pendiri OPEC. Jumlah negara anggota OPEC hingga tahun 2016 adalah 14 negara yang terdiri dari enam negara Timur Tengah, enam negara Afrika, dan dua negara Amerika Selatan.

 


2.      General Agreement on Tariffs and Trade (GATT)

GATT merupakan aturan perdagangan internasional yang disetujui oleh 23 negara pada 30 Oktober 1947 di Jenewa, Swiss dan mulai efektif dilakukan mulai 1 Januari 1948. Tujuan GATT ini adalah untuk menerapkan prinsip-prinsip umum liberalisasi perdagangan berdasarkan traktat multilateral. Traktat tersebut berupa pengurangan tarif, penghapusan kendala perdagangan, serta penghapusan praktik perdagangan yang diskriminatif. GATT dalam menjalankan fungsinya memegang beberapa prinsip antara lain :

a)      Most favoured nation (perlakuan yang sama untuk semua anggota)

b)      National treatment (perlakuan yang sama atas barang impor dan lokal)

c)      Larangan restriksi kuantitatif.

d)      Perlindungan melalui tarif.

e)      Resiprositas (mitra dagang negara lain)

f)       Perlakuan khusus bagi negara berkembang.

g)      Transparansi.

Perubahan GATT menjadi WTO dilaksanakan dalam sidang terakhir di Marrakesh, Maroko bulan April 1994.

 


1.      World Trade Organization (WTO)

WTO didirikan pada 1 Januari 1995 menggantikan GATT. WTO muncul akibat adanya pemikiran untuk membentuk suatu badan tingkat tinggi yang permanen untuk mengawasi bekerjanya sistem perdagangan multilateral dan diarahkan pula untuk menjamin agar negara-negara peserta GATT mematuhi peraturan-peraturan yang telah disepakati serta memenuhi kewajiban-kewajibannya. WTO memiliki tujuan antara lain :

1)  Mencapai perdagangan internasional yang stabil dan menghindari kebijakan perdagangan yang merugikan.

2)     Meningkatkan volume perdagangan di dunia.

3)     Mengembangkan sistem perdagangan multilateral.

4)   Meningkatkan pemanfaatan sumber kekayaan dunia untuk meningkatkan produksi dan transaksi jual beli barang. Anggota WTO hingga tahun 2017 berjumlah 164 negara anggota dan memiliki 22 negara pengamat.

 

https://www.logo.wine/logo/World_Trade_Organization

A.    Pengaruh Organisasi Regional dan Global terhadap Bangsa Indonesia

1.      Peluang positif integrasi ekonomi regional dan global bagi Indonesia

a.       Mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi

b.      Meningkatkan pendapat negara

c.       Memperluas lapangan pekerjaan

d.      Meningkatkan kualitas produk

e.       Mendorong kreativitas

f.        Akses terhadap modal asing lebih terbuka

 

2.      Tantangan integrasi ekonomi regional dan global bagi Indonesia

2.1 AFTA, APEC, dan WTO)

a.       Kesiapan sumber daya manusia (SDM)

b.      Siapnya produk dan ancaman bagi usaha kecil-menengah (UKM)

c.       Siapnya infrastruktur ekonomi dan politik

d.      Ancaman dari sektor keuangan

e.       Eksploitasi sumber daya alam (SDA) dan bahaya kritis lingkungan

f.        Lunturnya nasionalisme

g.      Lemahnya perlindungan terhadap penduduk miskin dan terpinggirkan

2.2  MEE, CAFTA-DR, dan NAFTA

a.       Bea masuk yang tinggi

b.      Subsidi pemerintah

c.       Dumping

d.      Kuota atau pembatasan impor

e.       Pelarangan impor

Simak video penjelasan berikut ini  

 

Pertanyaan : 

1. Mengapa organisasi SEATO justru dianggap sebagai ancaman bagi negara-negara Asia dan Afrika? 

2. Jelaskan sebab-sebab dibubarkannya Pakta Warsawa tahun 1991!

Silakan jawab di kolom komentar !  

Referensi:

Sh. Musthofa, Suryandari, Tutik Mulyati. 2009. Sejarah Untuk SMA/MA Kelas XII Program IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

 Hapsari, Ratna dan Adil M. Sejarah untuk SMA/MA Kelas XII Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Erlangga.

 https://blog.ruangguru.com/sejarah-kelas-12-mengenal-organisasi-ekonomi-regional-dan-global

 

86 komentar:

  1. no 1. Pasal 5 dalam ketentuan utama NATO itu hanya pernah dipergunakan satu kali, yaitu untuk mendukung Amerika pasca serangan teroris 11 September 2001 di New York dan Washington DC. Menanggapi hal itu, NATO mengaktifkan penerbangan pengintai AWACS di atas wilayah udara Amerika selama beberapa bulan. Operasi pengintaian ini melibatkan 830 personel dari 13 negara NATO. Diluncurkan pula operasi maritim Laut Tengah, dan sejumlah personel diikutsertakan dalam operasi pimpinan Amerika di Afghanistan, yang dilangsungkan sejak 2003.
    no2.keuntungan yang diperoleh bangsa indonesia bergabung dengan organisasi APEC adalah:

    1. Meningkatkan peran masyarakat indonesia menuju liberalisasi perdagangan

    2. Melalui program APEC, Indonesia dapat meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia

    3. Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bertukar pikiran dan pengalaman yang lebih luas dan terbuka dengan negara lain, sehingga hal itu membuat Indonesia mendapatkan peluang untuk membuat policy dialogue dengan anggota APEC lainnya

    4. )Indonesia mendapatkan kesempatan dan peluang dalam meningkatkan volume perdagangan dan investasi. Dari peluang ini, Indonesia dapat memanfaatkan forum APEC sebagai pasar dalam meningkatkan ekspor dan arus investasi khususnya mencari mitra dagang utama bagi Indonesia.

    5. Indonesia mendapatkan gambaran kepentingan-kepentingan ekonomi politik internasional, sehingga Indonesia dapat mengamankan dan memposisikan diri dalam tata hubungan internasional secara bebas dan terbuka.

    BalasHapus
  2. Nama:fajar ramdani
    Kelas:12 ips 4

    Jawab:

    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Asri sri masruroh
      Kelas:12 ips 2
      1.Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin.

      2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.16

      Hapus
  3. NAMA : NENG FITRI
    KELAS : 12 IPS 1
    1.secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai.
    2.APEC disingkat dengan nama organisasi Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik didirikan pada tahun 1989. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal

    BalasHapus
  4. Nama:Alfian Rizki Saputra
    Kelas:12 IPS 3

    Jawab:
    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.
    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  5. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan b Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.[15/1 09.53] Fajar New: APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  6. Nama:Yayang Maharani
    Kelas:1 IPS 1
    1.dengan mengutamakan keamanan bersama anggotanya sehingga dalam kedamaian dan kesejahteraan untuk membangun sebuah rancangan
    2.APEC disingkat dengan nama organisasi Asia -Pasific Economic Cooperation atau kerjasama ekonomi Asia pasific didirikan pada tahun 1989.Apec bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara negara karena bersifat liberal

    BalasHapus
  7. Nama : lisda juniar
    Kelas : 12 IPS 2
    1.Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik
    2.APEC meningkatkan neraca perdagangan Indonesia. Neraca perdagangan Indonesia kepada seluruh anggota APEC mencapai US$ 289,3 Miliar atau 75% dari total perdagangan Indonesia hingga tahun 201

    BalasHapus
  8. Nama:Anisa Sri Oktaviani
    Kelas:12 Ips 1

    1.Mengutamakan keamanan bersama anggotanya sehingga dalam kedamaian dan kesejahteraan untuk membangung sebuah rancangan
    2.APEC disingkat dengan nama organisasi Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik didirikan pada tahun 1989. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal

    BalasHapus
  9. Nama : Fajar Nurdyansyah
    Kelas : XII IPS3
    Jawaban :

    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  10. Nita Amalia
    12 ips 2

    1.Menciptakan situasi aman dan damai di kawasan Atlantik Utara. Melindungi negara-negara Eropa dan Amerika Utara dari pengaruh komunisme. Berperan aktif dalam upaya menciptakan perdamaian dunia. Saling peduli dan membantu permasalahan pertahanan dan keamanan negara anggota NATO.


    2.APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  11. Nama : Ades Rodia
    Kelas : 12 IPS 3

    Jawaban
    1. melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.

    2. Salah satunya APEC berpengaruh dalam meningkatkan neraca perdagangan Indonesia.

    Terimakasih

    BalasHapus
  12. Nama: neng putri pitri yani
    Kelas:12 ips 2
    1.Mengutamakan keamanan bersama anggotanya sehingga dalam kedamaian dan kesejahteraan untuk membangung sebuah rancangan

    2.APEC disingkat dengan nama organisasi Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik didirikan pada tahun 1989. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal

    BalasHapus
  13. Nama: Amelia
    Kelas: 12 IPS 2
    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  14. Nama: Fitri Nursalsabilah
    Kelas:12 IPS 1

    2. Tujuan didirikannya APEC adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik.

    1.NATO bertujuan menjamin kebebasan dan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.

    BalasHapus
  15. yaitu menjamin kebebasan dan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik

    2 meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas dan karena bisa menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia serta mendorong pelaku usaha Indonesia untuk bersaing dagang dengan pelaku usaha dari negara lain jadi Indonesia sangat di untungkan.

    BalasHapus
  16. Nama:arip muhammad
    Kelas:12 ips 1
    Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai.
    2.APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebaAPEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  17. Nama:Ali fadilah ismail
    Kelas:12 IPS 2

    1.Menurut data NATO bulan ini, komitmen Amerika adalah yang tertinggi yaitu 3,5 persen dari PDB. Diikuti Yunani dengan 2,27 persen, Estonia dengan 2,14 persen, dan Inggris dengan 2,1 persen. Latvia juga memenuhi target 2 persen itu. Sementara Polandia, Lithuania dan Romania diperkirakan akan memenuhi target itu pada akhir tahun ini. Belum ada anggota-anggota lain yang memenuhi target tersebut.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  18. Nama: Siti Nur Rismayanti
    Kelas: 12 ips 2

    Jawaban
    1. Menjamin kebebasan dan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konglik. Secara militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.

    2. Keuntungan Indonesia dalam organisasi APEC
    APEC berpengaruh dalam meningkatkan neraca perdagangan Indonesia. Neraca perdagangan iIndonesi kepada seluruh anggota APEC mencapai US$ 284,3 miliar atau 75% dari total perdagangan Indonesia hingga tahun 2011.

    BalasHapus
  19. Nama;Diki Wardani
    1.NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai.
    2.APEC disingkat dengan nama organisasi Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik didirikan pada tahun 1989.

    BalasHapus
  20. Nama:Ari hermawan
    Kelas:12 IPS 2
    1.Menurut data NATO bulan ini, komitmen Amerika adalah yang tertinggi yaitu 3,5 persen dari PDB. Diikuti Yunani dengan 2,27 persen, Estonia dengan 2,14 persen, dan Inggris dengan 2,1 persen. Latvia juga memenuhi target 2 persen itu. Sementara Polandia, Lithuania dan Romania diperkirakan akan memenuhi target itu pada akhir tahun ini. Belum ada anggota-anggota lain yang memenuhi target tersebut.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  21. Jawaban dari pertanyaan diatas yaitu sebagai berikut :
    1. Langkah NATO dalam menjaga keamanan dan kedamaian anggotanya yaitu pertama NATO akan memberikan bantuan militer kepada anggotanya apabila diantara anggota mereka di serang oleh negara lain, kedua NATO menjamin kebebasan dan keamanan negara-negara anggota memalui cara-cara politik maupun militer.
    2. Karena dalam hal ini Indonesia mampu menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia serta mendorong pelaku usaha Indonesia untuk bersaing dagang dengan pelaku usaha dari negara lain. Maka dari itu Indonesia mendapatkan banyak keuntungan dalam organisasi APEC.

    BalasHapus
  22. Nama:Nisa Nuralawiyah
    Kelas:12 ips 4

    Jawab:

    1.NATO selalu menjaga solidaritas untuk negara-negara anggota dalam menghadapi permasalahan dan melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.

    2.Karena APEC bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara negara di Asia Pasifik dan berpengaruh dalam meningkatkan neraca perdagangan Indonesia. Neraca perdagangan Indonesia kepada seluruh anggota APEC mencapai US$ 289,3 Miliar atau 75% dari total perdagangan Indonesia hingga tahun 2011.

    BalasHapus
  23. Nama :FAIZ NURFADILAH
    Kelas. :12-IPS 3

    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  24. Nama:Ali somantri
    Kelas:XII IPS 1

    1. Menjamin kebebasan dan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konglik. Secara militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.

    2. Keuntungan Indonesia dalam organisasi APEC
    APEC berpengaruh dalam meningkatkan neraca perdagangan Indonesia. Neraca perdagangan iIndonesi kepada seluruh anggota APEC mencapai US$ 284,3 miliar atau 75% dari total perdagangan Indonesia hingga tahun 2011.

    BalasHapus
  25. Nuri thelia
    12 IPS 4

    1. NATO selalu mengutamakan keamanan bersama anggota nya hingga sejahtera dan damai setelah unisoviet meledakan bom atom pada 1949 mendorong anggota NATO untuk membentuk markas terpusat dan mengadakan komitmen untuk menjaga kebebasan, warisan bersama peradaban bangsa serta prinsip demokrasi dan kebebasan individual NATO juga berperan aktif untuk menciptakan perdamaian dunia

    2.apec bertujuan menguatkan pertumbuhan ekonomi dan komunitas megara Asia fasifik APEC didirikan tahun 1986 keuntungan APEC bagi indonesia yaitu meningkatkan neraca perdagangan pengalaman perdagangannya bebas dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

    BalasHapus
  26. 1. NATO selalu mengutamakan keamanan bersama anggota nya hingga sejahtera dan damai setelah unisoviet meledakan bom atom pada 1949 mendorong anggota NATO untuk membentuk markas terpusat dan mengadakan komitmen untuk menjaga kebebasan, warisan bersama peradaban bangsa serta prinsip demokrasi.
    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi

    BalasHapus
  27. Nama :Risman hermansyah
    Kls :12 ips 5

    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.
    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  28. Nama:Tita Rosmayanti
    Kelas:12 ips 5
    Jawaban
    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.
    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  29. NAMA :WULANDARI
    KELAS:12 IPS 4

    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.
    2.APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  30. Nama: Selvi Paula Ramdani
    Kelas: XII- Ips2


    1.Pendirian NATO bertujuan menjamin kebebasan dan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  31. Nama : helma Fitriyani
    Kelas:12 IPS 5

    1.hal ini berubah cepat setelah uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya perang Korea pada 1950.peristiwa itu mendorong anggota anggota NATO membentuk markas yang terpusat,untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk menjaga warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip prinsip demokrasi, kebebasan individu dan supremasi hukum.
    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara negara di Asia Pasifik karena sifat liberal.APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, Dimana Indonesia dapat pengalaman seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  32. Nama :Didah Maulida
    Kelas:XII IPS 1

    1.NATO bertujuan menjamin kebebasan dan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik
    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara negara di Asia Pasifik karena sifat liberal.APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, Dimana Indonesia dapat pengalaman seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Nama:Eneng Siti maesaroh
    Kelas:12 ips 1
    1.pendirian NATO bertujuan menjamin kebebasan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer.
    2.APEC mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di asia pasifik karena bersifat liberal.APEC memiliki keuntungan bagi indonesia,di mana indonesia akan mendapatkan pengalaman seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  35. Nama:Eneng Siti maesaroh
    Kelas:12 ips 1
    1.pendirian NATO bertujuan menjamin kebebasan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer.
    2.APEC mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di asia pasifik karena bersifat liberal.APEC memiliki keuntungan bagi indonesia,di mana indonesia akan mendapatkan pengalaman seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  36. Nama:Eneng Siti maesaroh
    Kelas:12 ips 1
    1.pendirian NATO bertujuan menjamin kebebasan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer.
    2.APEC mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di asia pasifik karena bersifat liberal.APEC memiliki keuntungan bagi indonesia,di mana indonesia akan mendapatkan pengalaman seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  37. Nama:yana mulyana hikmah
    Kelas:12 IPS 2

    1.Menurut data NATO bulan ini, komitmen Amerika adalah yang tertinggi yaitu 3,5 persen dari PDB. Diikuti Yunani dengan 2,27 persen, Estonia dengan 2,14 persen, dan Inggris dengan 2,1 persen. Latvia juga memenuhi target 2 persen itu. Sementara Polandia, Lithuania dan Romania diperkirakan akan memenuhi target itu pada akhir tahun ini. Belum ada anggota-anggota lain yang memenuhi target tersebut.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  38. Nama:Rohmah siti asiah
    Kelas:12 IPS2
    1. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.
    2. APEC meningkatkan neraca perdagangan Indonesia. Neraca perdagangan Indonesia kepada seluruh anggota APEC mencapai US$ 289,3 Miliar atau 75% dari total perdagangan Indonesia hingga tahun 201

    BalasHapus
  39. Nama:Yan Taupik
    Kelas:12 IPS 2

    1.Menurut data NATO bulan ini, komitmen Amerika adalah yang tertinggi yaitu 3,5 persen dari PDB. Diikuti Yunani dengan 2,27 persen, Estonia dengan 2,14 persen, dan Inggris dengan 2,1 persen. Latvia juga memenuhi target 2 persen itu. Sementara Polandia, Lithuania dan Romania diperkirakan akan memenuhi target itu pada akhir tahun ini. Belum ada anggota-anggota lain yang memenuhi target tersebut.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  40. Nama;Winda silviani
    Kelas;12 Ips 2
    1.NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik
    2.meningkatkan neraca perdagangan Indonesia.

    BalasHapus
  41. Nama;Winda silviani
    Kelas;12 Ips 2
    1.NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik
    2.meningkatkan neraca perdagangan Indonesia.

    BalasHapus
  42. Nama:Azizah Ahmad kelas:XII IPS 1
    1. langkahnya dengan memproklamasikan nilai-nilai Demokrasi dan bekerja sama dengan isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik.dan juga berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai, jika ada usaha diplomatik gagal akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.
    2. karena bisa menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia serta mendorong perusahaan Indonesia untuk bersaing dagang dgn pelaku usaha di negara lain. dan juga dapat berpengaruh dalam meningkatkan neraca perdagangan Indonesia.
    Karena tujuannya dapat Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara2 di Asia Pasifik.

    BalasHapus
  43. NAMA:Risna lestari
    KELAS:12 IPS 2


    1.secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.

    2.APEC menguntungkan indonesia dalam
    meningkatkan neraca perdagangan Indonesia. Neraca perdagangan Indonesia kepada seluruh anggota APEC mencapai US$ 289,3 Miliar atau 75% dari total perdagangan Indonesia hingga tahun 2011.

    BalasHapus
  44. Nama: Neng Tita Komala Dewi
    Kelas: 12 Ips4

    1.Pendirian NATO bertujuan menjamin kebebasan dan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer. Secara politik NATO mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.

    2.Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Indonesia diuntungkan karena bisa menarik investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia serta mendorong pelaku usaha Indonesia untuk bersaing dagang dengan pelaku usaha dari negara lain. APEC juga berpengaruh dalam meningkatkan neraca perdagangan Indonesia.

    BalasHapus
  45. Nama:Niki Nurcahyani
    kelas:12 ips 3
    1.NATO secara tegas mendukung Amerika Serikat. Sebagai balasannya, Amerika Serikat juga memberi perjanjian perlindungan. Amerika Serikat berjanji, kalau ada serangan terhadap Berlin, Brussel atau Paris, Amerika Serikat akan bereaksi seakan-akan serangan itu dilakukan terhadap Washington, Chicago atau New York.

    2.
    -Indonesia dapat mewujudkan swasembadaya pangan. Hal tersebut karena Indonesia memiliki akses lebih mudah untuk memperoleh bibit yang lebih unggul dan bagus serta teknologi pertanian dan perkebunan yang lebih efektif serta efisien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas
    -Indonesia dapat mewujudkan kedaulatan energi. Hal tersebut disebabkan karena Indonesia memiliki akses lebih mudah untuk mempelajari dan memperoleh teknologi pengolahan energi alternatif. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki potensi energi alternatif terbesar di dunia.
    -Indonesia dapat mengurangi angkat pengangguran dan memberikan solusi atas permasalahan lapangan kerja karena Indonesia dapat menarik investasi baru khususnya di bidang infrastruktur.

    BalasHapus
  46. Nama:pendi sopian
    Kelas:12 IPS1

    1.dengan mengutamakan bersama anggota nya sehingga dalam kedamaian dan kesejahteraan untuk membangun sebuah rancangan.
    2. APEC disingkat dengan nama organisasi asia- Pasific Evonomi coomperation atau kerajaan ekonomi Asia Pasific didirikan pada tahun 1989.apec bertujuan mengukuhkan ekonomi dan mempererat komunitas negara negara karna bersifat liberal.

    BalasHapus
  47. NAMA:Neng Lisna
    KELAS:XII IPS 4

    1.Pada perkembangannya, NATO memiliki partner countries untuk bekerja sama dalam menghadapi tantangan dan permasalahan pertahanan dan keamanan internasional.

    Partner countries merupakan negara-negara dan organisasi internasional yang bekerja sama dengan NATO dengan status sebagai non-anggota.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  48. .NATO secara tegas mendukung Amerika Serikat. Sebagai balasannya, Amerika Serikat juga memberi perjanjian perlindungan. Amerika Serikat berjanji, kalau ada serangan terhadap Berlin, Brussel atau Paris, Amerika Serikat akan bereaksi seakan-akan serangan itu dilakukan terhadap Washington, Chicago atau New York.

    2.
    -Indonesia dapat mewujudkan swasembadaya pangan. Hal tersebut karena Indonesia memiliki akses lebih mudah untuk memperoleh bibit yang lebih unggul dan bagus serta teknologi pertanian dan perkebunan yang lebih efektif serta efisien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas
    -Indonesia dapat mewujudkan kedaulatan energi. Hal tersebut disebabkan karena Indonesia memiliki akses lebih mudah untuk mempelajari dan memperoleh teknologi pengolahan energi alternatif. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki potensi energi alternatif terbesar di dunia.
    -Indonesia dapat mengurangi angkat pengangguran dan memberikan solusi atas permasalahan lapangan kerja karena Indonesia dapat menarik investasi baru khususnya di bidang infrastruktur.

    BalasHapus
  49. 1.Nato secara politik mempromosikan nilai-nilai demokrasi dan bekerja sama dalam isu-isu pertahanan dan keamanan dalam mencegah konflik. Secara Militer, NATO berkomitmen untuk menyelesaikan konflik dengan damai. Jika usaha diplomatik gagal, akan digunakan kekuatan militer untuk mengatasi konflik.
    2.APEC bertujuan untuk mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara negara di Asia Pasifik karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia di mana Indonesia akan mendapatkan pengalaman seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  50. SAKILA HUSNUL MIJANI
    XII IPS 4
    1.Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara.Dengan demikian, alasan SEATO berbahaya bagi negara Asia dan Afrika adalah SEATO yang mendukung blok barat pada masa Perang Dingin.

    2.fakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  51. SARAH NUR HAFIDAH
    XII IPS 1


    Jawaban
    1.organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat.
    Dengan demikian, alasan SEATO berbahaya bagi negara Asia dan Afrika adalah SEATO yang mendukung blok barat pada masa Perang Dingin.

    2.pembubaran Pakta Warsawa bekaitan dengan krisis yang dialami oleh Uni Soviet dan negara-negara komunis pada tahun 1990-an.

    Krisis tersebut disebabkan oleh kemunculan gelombang revolusi demokratik di kawasan Eropa Timur serta adanya perpecahan antara negara-negara komunis.

    Krisis yang dialami oleh Uni Soviet dan negara komunis menyebabkan perpecahan internal Pakta Warsawa. Akhirnya, Pakta Warsawa secara resmi dibubarkan pada tanggal 31 Maret 1991 dalam pertemuan antarnegara anggota Pakta Warsawa di kota Praha, Ceko.

    BalasHapus
  52. Abdul Sidik
    XII IPS 3

    1.Bagi beberapa negara di Asia dan Afrika, munculnya SEATO dianggap menjadi ancaman bagi keutuhan persatuan. Keterlibatan Amerika Serikat dalam konflik Indocina lebih mengarah perang daripada perdamaian.
    Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang dingin

    2.Pakta Warsawa merupakan perjanjian internasional untuk membentuk aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur. Pakta Warsawa dibentuk untuk mempersiapkan diri melawan pasukan dari Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Salah satu anggota dari Pakta Warsawa adalah Uni Soviet.

    Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya uni soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.


    BalasHapus
  53. Neng Risma Fauziah
    12 IPS 2



    1.SEATO adalah organisasi pertahanan regional yang dibentuk lewat Perjanjian Manila. Perjanjian itu ditandatangani pada 8 September 1954 di Manila, Filipina. Mereka yang menandatangani sekaligus menjadi anggota yakni: Australia, Perancis, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Thailand, Inggris, dan Amerika Serikat. Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat.

    Dengan demikian, alasan SEATO berbahaya bagi negara Asia dan Afrika adalah SEATO yang mendukung blok barat pada masa Perang Dingin.


    2.pembubaran Pakta Warsawa bekaitan dengan krisis yang dialami oleh Uni Soviet dan negara-negara komunis pada tahun 1990-an.

    Krisis tersebut disebabkan oleh kemunculan gelombang revolusi demokratik di kawasan Eropa Timur serta adanya perpecahan antara negara-negara komunis.

    Krisis yang dialami oleh Uni Soviet dan negara komunis menyebabkan perpecahan internal Pakta Warsawa. Akhirnya, Pakta Warsawa secara resmi dibubarkan pada tanggal 31 Maret 1991 dalam pertemuan antarnegara anggota Pakta Warsawa di kota Praha, Ceko.

    BalasHapus
  54. Dita Nurhanafiah
    12 Ips 2

    (1) Dari awal berdirinya organisasi,SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin.hal ini tentu saja membahayakan bagi negara negara asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan kepentingan blok Barat pada saat perang dingin, yang lebih mengarah perang daripada perdamaian

    (2) Diberlakukan nya kebijakan glasnost dan prestorika oleh Uni Soviet yang mendorong lunturnya kewibawaan Soviet dan komunisme dikawasan tersebut. Anggota pakta Warsawa lainnya otomatis yang secara mayoritas tidak mendukung komunisme mendapat angin untuk menjatuhkan pemerintahan Komunis yang cenderung korup dengan mengganti pemerintahan baru. Setelah seluruh anggota pakta Warsawa berganti pemerintahan, organisasi tersebut akhirnya resmi runtuh di tahun 1991

    BalasHapus
  55. Rina ayu lestari
    Kelas XII IPS 4
    Jawaban nomer 1
    SEATO adalah organisasi pertahanan regional yang dibentuk lewat Perjanjian Manila. Perjanjian itu ditandatangani pada 8 September 1954 di Manila, Filipina. Mereka yang menandatangani sekaligus menjadi anggota yakni: Australia, Perancis, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Thailand, Inggris, dan Amerika Serikat. Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat.
    Jawaban nomer 2
    Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  56. Moch syarip h
    XII IPS 3
    1.Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang dingin
    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  57. NAMA:Alan Supriatna
    KELAS:12 IPS 4

    JAWABAN
    1.SEATO adalah organisasi pertahanan regional yang dibentuk lewat Perjanjian Manila. Perjanjian itu ditandatangani pada 8 September 1954 di Manila, Filipina. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin.Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang dingin.

    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  58. NAMA:Cucu Lestari
    KELAS:XII IPS 4

    JAWABAN
    1.SEATO adalah organisasi pertahanan regional yang dibentuk lewat Perjanjian Manila. Perjanjian itu ditandatangani pada 8 September 1954 di Manila, Filipina. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin.Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang dingin.

    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar

    BalasHapus
  59. Nama : Acep Abdul Rohman
    Kls : XII IPS 4

    JAWABAN

    1.Karena Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat.

    Dengan demikian, alasan SEATO berbahaya bagi negara Asia dan Afrika adalah SEATO yang mendukung blok barat pada masa Perang Dingin

    2.karena akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada uni Soviet perlahan melemhakan pakta tersebut. Dengan runtuhnya uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar

    BalasHapus
  60. Nama:Nazwa andrianti nur fadilah
    Kelas:XII IPS 2

    1.Karena organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat.
    Dengan demikian, alasan SEATO berbahaya bagi negara Asia dan Afrika adalah SEATO yang mendukung blok barat pada masa Perang Dingin.


    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  61. Nama:jesika sitanggang
    Kelas: XII ips 4

    1. SEATO adalah organisasi pertahanan regional yang dibentuk lewat Perjanjian Manila. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin
    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  62. NAMA : KARTIKA WULAN SARI
    KELAS : 12 IPS 1

    *JAWABAN*

    1.SEATO dianggap ancaman bagi negara asia dan afrika karena SEATO dianggap memecah belah persatuan asia afrika, karena organisasi dari blok kanan ini digunakan untuk kepentingan tertentu dari anggota negara SEATO, yang kebanyakan anggotanya adalah negara kuat seperti amerika serikat, inggris, dan australia.

    2.Pakta warsawa runtuh akibat ulah uni soviet itu sendiri, akibat kebijakan gorbachev tentang reformasi pada uni soviet perlahan melemahkan pakta tersebut.

    BalasHapus
  63. Nama: Elis Yulia
    Kelas: 12 IPS 3

    Jawaban

    1.Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat.
    Dengan demikian, alasan SEATO berbahaya bagi negara Asia dan Afrika adalah SEATO yang mendukung blok barat pada masa Perang Dingin.

    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  64. Nama : Neng Dewi Siti Robiah
    Kelas : 12 IPS 1

    Jawaban no 1
    - Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin.

    Jawaban no 2
    - APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara negara di Asia Pasifik karena sifat liberal.APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, Dimana Indonesia dapat pengalaman seputar perdagangan bebas

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Nama: Yani Haryani
    Kelas:XII IPS 1

    Jawaban

    1.Karena organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat.
    Dengan demikian, alasan SEATO berbahaya bagi negara Asia dan Afrika adalah SEATO yang mendukung blok barat pada masa Perang Dingin.


    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  67. kelas:XII IPS 3

    JAWABAN

    1. NATO selalu mengutamakan keamanan bersama anggota nya hingga sejahtera dan damai setelah unisoviet meledakan bom atom pada 1949 mendorong anggota NATO untuk membentuk markas terpusat dan mengadakan komitmen untuk menjaga kebebasan, warisan bersama peradaban bangsa serta prinsip demokrasi.
    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi

    BalasHapus
  68. Nama:Dina Rahma Diana
    Kelas:12 IPS 4

    JAWABAN:

    1.Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin.
    Dari salah satu pendapat negara asia mengenai SEATO mereka menyimpulkan bahwa Amerika Serikat dalam gagasannya membuat SEATO tidak lebih dari perang melawan komunisme daripada mewujudkan perdamaian.Untuk itulah pakta pertahanan asia tenggara dianggap sebagai ancaman bagi negara Asia dan Afrika

    2.Pakta Warsawa secara resmi berakhir pada tanggal 31 maret 1991 dalam pertemuan di praha pada 1 juli 1991 karena semakin meluasnya gelombang revolusi demokratik di Eropa Timur dan bubarnya Uni Soviet.Hal ini juga menandakan runtuhnya komunisme di eropa

    BalasHapus
  69. Nama: Resti Fauzianti
    Kelas: 12 IPS 2

    (1) Dari awal berdirinya organisasi,SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin.hal ini tentu saja membahayakan bagi negara negara asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan kepentingan blok Barat pada saat perang dingin, yang lebih mengarah perang daripada perdamaian

    (2) Diberlakukan nya kebijakan glasnost dan prestorika oleh Uni Soviet yang mendorong lunturnya kewibawaan Soviet dan komunisme dikawasan tersebut. Anggota pakta Warsawa lainnya otomatis yang secara mayoritas tidak mendukung komunisme mendapat angin untuk menjatuhkan pemerintahan Komunis yang cenderung korup dengan mengganti pemerintahan baru. Setelah seluruh anggota pakta Warsawa berganti pemerintahan, organisasi tersebut akhirnya resmi runtuh di tahun 1991

    BalasHapus
  70. Nama:Lisna Siti Nurhaliza
    Kelas : 12 IPS 1
    1 Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada perang dingin.hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika Karna SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan blok barat pada saat perang dingin,sementara itu disisi lain negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak pada salah satu blok pada saat perang dingin bukan pilihan yang tepat.

    2.Pembubaran paktawarsawa berkaitan dengan kerisis yang dialami oleh Uni Soviet dan negara² komunis pada tahun 1990 an.krisis tersebut disebabkan oleh kemunculan gelombang revolusi demokratik dikawasan Eropa timur serta adanya perpecahan antara negara-negara komunis.krisis yang dialami oleh Uni Soviet dan negara komunis menyebabkan perpecahan internal paktawarsawa.Akhirnya,paktawarsawa secara resmi dibubarkan pada tanggal 31 Maret 1991 dalam pertemuan antarnegara paktawarsawa di kota praha,Ceko.

    BalasHapus
  71. Nama: Wini Wulansari
    Kelas : XII IPS 4

    Jawaban :
    1. Karena tujuan utama SEATO itu membendung komunisme di Asia Tenggara dan keterlibatannya Amerika Serikat dalam konflik Indocina lebih mengarah perang daripada perdamaian.Oleh karena itu,negara di Asia dan Afrika berusaha tetap menjaga netralitasnya dan tidak memilih melebur dalam organisasi SEATO ini.

    2. Pakta Warsawa memiliki tujuan untuk meningkatkan kerjasama pertahanan dan militer negara-negara Blok Timur,namun Pakta Warsawa malah dijadikan alat untuk renzi komunis di Eropa Timur,sehingga terjadinya permusuhan dengan Eropa timur dan krisis perpecahan internal inilah yang menyebabkan terjadinya pembubaran organisasi Pakta Warsawa.

    BalasHapus
  72. Nama: Evi Amelia
    Kelas: 12 ips 1

    Jawaban:
    1) Karena dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak salah satu blok pada perang dingin. Hal ini tentu membahayakan bagi negara negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan organisasi yang mendukung kepentingan blok barat pada saat perang dingin.

    2) pakta waraswa pada akhirnya dibubarkan/runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri.Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut, dengan runtuhnya uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  73. Nama:Nenden Siti Hasanah
    Kelas : 12 IPS 4

    Jawaban :

    1. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok perang dingin.Hal tersebut saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan kepentingan blok barat pada saat perang dingin.

    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemah fakta tersebut dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat akta itu akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  74. Nama: Rika Siti Cahyati
    Kelas:12ips3

    1.Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin. Sementara itu disisi lain, negara-negara Asia dan Afrika beranggapan bahwa memihak kepada salah satu blok pada saat Perang Dingin bukan pilihan yang tepat.

    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  75. Nama :Hassan Hasibuan Lubay
    Kelas:12 IPS 1

    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.

    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  76. Nama :Zidni Muhammad Al-muntadhor
    Kelas:12 IPS 3

    1.karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin.

    2.Pakta Warsawa memiliki tujuan untuk meningkatkan kerjasama pertahanan dan militer negara-negara Blok Timur,namun Pakta Warsawa malah dijadikan alat untuk renzi komunis di Eropa Timur,sehingga terjadinya permusuhan dengan Eropa timur dan krisis perpecahan internal inilah yang menyebabkan terjadinya pembubaran organisasi Pakta Warsawa.

    BalasHapus
  77. 1.Bagi beberapa negara di Asia dan Afrika, munculnya SEATO dianggap menjadi ancaman bagi keutuhan persatuan. Keterlibatan Amerika Serikat dalam konflik Indocina lebih mengarah perang daripada perdamaian.
    Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang dingin

    2.Pakta Warsawa merupakan perjanjian internasional untuk membentuk aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur. Pakta Warsawa dibentuk untuk mempersiapkan diri melawan pasukan dari Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat. Salah satu anggota dari Pakta Warsawa adalah Uni Soviet.

    BalasHapus
  78. Nama : Nuri Nurul Hudiah
    Kelas: XII IPS 3

    1. Karena SEATO lebih berpihak kepada negara-negara blok barat pada saat perang dingin.

    2. Pakta Warsawa bubar karena adanya kebijakan gorbachev tentang reformasi yang dibuat oleh Uni Soviet.

    BalasHapus
  79. Nama:Shanti Siti N
    KELAS: XII-IPS-3

    1.karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan atau lebih berpihak ke Blok Barat pada saat Perang Dingin.
    2.Pakta Warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemah fakta tersebut dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat akta itu akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  80. Nama:Silka pramudita
    Kelas:XII Ips2

    1.SEATO dianggap ancaman bagi negara asia dan afrika karena SEATO dianggap memecah belah persatuan asia dan afrika,karena organisasi dari blok kanan ini di gunakan untuk kepentingan tertentu dari anggota negara SEATO yang kebanyakan anggotanya adalah negara kuat seperti amerika serikat,inggris dan australia

    2.pakta warsawa pada akhirnya runtuh akibat dari unisoviet itu sendiri.Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada unisoviet perlahan melemah pakta tersebut.Dengan runtuhnya unisoviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya ikut bubar

    BalasHapus
  81. Nama:Sinta n
    Kelas :12 Ips 1
    3
    *jawaban

    1.Karena dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin

    2.Bubarnya pakta Warsawa. akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar

    BalasHapus
  82. Nama: Widya Pangestika
    Kelas: 12 IPS 2

    1.pendirian NATO bertujuan menjamin kebebasan keamanan negara-negara anggota melalui cara-cara politik dan militer.
    2.APEC mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di asia pasifik karena bersifat liberal.APEC memiliki keuntungan bagi indonesia,di mana indonesia akan mendapatkan pengalaman seputar perdagangan bebas.

    BalasHapus
  83. Nama: Nanda padia
    Kelas: 12 IPS 1

    1.Dari awal berdirinya organisasi SEATO merupakan organisasi yang memihak pada salah satu blok pada Perang Dingin. Hal ini tentu saja membahayakan bagi negara-negara Asia dan Afrika karena SEATO merupakan sebuah organisasi yang mendukung kepentingan-kepentingan Blok Barat pada saat Perang Dingin.

    2.Bubarnya pakta Warsawa. akibat dari Uni Soviet itu sendiri. Akibat kebijakan Gorbachev tentang reformasi pada Uni Soviet perlahan melemahkan pakta tersebut. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada tanggal 26 Desember 1991 membuat pakta ini akhirnya juga ikut bubar.

    BalasHapus
  84. Nama:Renaldi
    Kls:12 Ips 4
    Jawab:

    1.Hal ini berubah cepat setelah Uni Soviet meledakan bom atom pada 1949 dan pecahnya Perang Korea pada 1950. Peristiwa itu mendorong anggota-anggota NATO membentuk markas yang terpusat, untuk melakukan pengadaan sumber daya militer bersama dan berkomitmen untuk “menjaga kebebasan, warisan bersama dan peradaban bangsa, berlandaskan prinsip-prinsip demokrasi, kebebasan individual dan supremasi hukum.

    2.APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. Karena bersifat liberal, APEC memiliki keuntungan bagi Indonesia, dimana Indonesia akan mendapatkan pengalamana seputar perdagangan bebas

    BalasHapus

Featured Post

Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X

       Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Pentingkah peran manusia dalam sejarah ? bagaimana manusia menjadi penggerak sejarah ? ap...

Postingan Populer