Kamis, 18 Maret 2021

Konflik-Konflik di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Asia Timur | Kd. 3.6 Sejarah Peminatan Kelas 12

 

1. Konflik di Asia Tenggara

Konflik Pulau Sipadan dan Ligitan

Sengketa antara Indonesia dan Malaysia atas kepemilikan dua pulau di Selat Makassar, yaitu pulau Sipadan (luas 50.000 m2) dan pulau Ligitan (luas 18.000 m2). Persengketaan antara Indonesia dengan Malaysia, mencuat pada tahun 1967

ketika dalam pertemuan teknis hukum laut antara kedua negara, masing-masing negara ternyata memasukkan pulau Sipadan dan pulau Ligitan ke dalam batas-batas wilayahnya. Kedua negara lalu sepakat agar Sipadan dan Ligitan dinyatakan dalam keadaan status status quo, yang berarti kedua pulau tidak boleh ditempati maupun dimanfaatkan oleh  Indonesia dan Malaysia. Tetapi, Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas  pariwisata,  perlindungan  terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa  ini  diselesaikan  melalui  ICJ (International  Court  of  Justice) yang dalam sidangnya  tahun  2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.


Pulau Sipadan https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Sipadan


Konflik Laut Cina Selatan

Kepulauan Spratly dikelilingi oleh negara Indonesia, Malaysia, Vietnam, Brunai Darussalam, Cina, Taiwan, dan Philipina. Pada awalnya kepulauan ini tidak layak huni, karena berupa gugusan karang laut. Namun, klaim terhadap wilayah ini muncul setelah ditemukan potensi sumber daya alam, berupa minyak bumi, gas, dan letaknya yang strategis di lintas perdagangan antarnegara. Konflik mulai memanas pada tahun 1947. Proses damai di Laut Cina Selatan yang diprakarsai ASEAN belum dapat membuahkan hasil hingga saat ini.

Pulau Spratly https://internasional.republika.co.id/berita/internasional/

 

Konflik Thailand dan Kamboja

Konflik antara kedua negara terjadi akibat sengketa kepemilikan Kuil Prea Vihear. Kuil ini  terletak di antara distrik Choam Khsant (Kamboja) dan distrik Kantharalak (Thailand). Pada tahun  2008, kuil peninggalan abad XI ini dimasukkan ke dalam daftar budaya dunia oleh UNESCO. Hal ini disambut gembira oleh rakyat Kamboja, tetapi justru memicu masalah bagi Thailand. Akibatnya, terjadi kontak senjata antara tantara Kamboja dan Thailand di dekat Kuil Preah Vihear pada tanggal 15 Oktober 2008. Thailand kemudian meminta DK PBB untuk mengerahkan  pasukan pemelihara perdamaian. Tetapi, oleh PBB diambil jalur diplomasi antara keduanya dan ketua ASEAN (Marty Natalegawa). Hasilnya, antara Thailand (diwakili oleh Menlu Kasit Piromya) dan Kamboja (diwakili oleh Hun Sen) akan menyelesaikan konflik dengan cara damai.

Kuil Prea Vihear https://www.wikiwand.com/id/Candi_Preah_Vihear

2. Konflik Asia Selatan

Konflik Kashmir antara India dan Pakistan

Faktor yang menjadi pemicu adalah masalah agama, yaitu penduduk yang beragama Islam di Pakistan dan pemeluk Hindu di India, di samping masalah pembagian wilayah, terorisme, dan nuklir. Konflik semakin kuat dengan munculnya kelompok militant Kashmir yang menentang segala keputusan pemerintah Hindu India dan menuntut kemerdekaan Kashmir dari India atau bergabung dengan Pakistan. Pada tanggal 5 Januari 2004 dimulai usaha perdamaian antara Perdana Menteri India, Vajpayee dan Presiden Pakistan, Pervez Musharraf. Kedua pemimpin menyepakati untuk memulai dialog menyeluruh. Hingga sekarang ketegangan antara kedua negara belum didapati titik temu. 

Konflik Kashmir https://cdn.islamtoday.id/wp-content/uploads/2020/11/India-Pakistan-CNN-750x375.jpg

Perang Saudara di Srilangka

Merupakan bekas jajahan Inggris, mayoritas penduduknya beragama Hindu Memperoleh kemerdekaan pada tahun 1948. Konflik terjadi antara etnis Sinhala dan minoritas Tamil, bermula pasca kemerdekaan, etnis Tamil tergeser kedudukannya oleh etnis Sinhala. Tahun 1970-an, muncul gerakan sparatis Tamil, yang terkenal dengan nama Gerakan Pejuang Pembebasan Macan Tamil atau Liberation Tigers of Tamil Eelam (LTTE) yang memiliki persenjataan kuat. Tujuannya untuk membentuk negara merdeka. Konflik ini telah menewaskan puluhan ribu penduduk sipil. Setenga juta penduduk mengungsi. Konflik mereda Ketika Presiden Rajapakse mengakhiri operasi militer terhadap LTTE.

https://www.merdeka.com/dunia/sejarah-akar-konflik-sektarian-di-sri-lanka.html

3. Konflik di Asia Timur

Konflik Korea Utara dan Korea Selatan

Konflik antara dua Korea terjadi pasca Perang Dunia II akibat persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Konflik terjadi ketika Korea Selatan bersikukuh melakukan  latihan  militer  di  pulau  Yeonpyeong.  Tindakan  Korea  Selatan  ini dibalas oleh Korea Utara dengan meluncurkan roket ke arah Korea Selatan.  Sesungguhnya, Presiden Korea Selatan, Kim Dae Jung mengumumkan kebijakan Sunshine  Policy  yang  bertujuan  meningkatkan  interaksi  antara  kedua  negara. Akan  tetapi,  pada  bulan Nopember  2010  Korea Utara  melakukan ujicoba  nuklir dan  peluncuran  artileri  yang  menyebabkan  dua  warga  sipil  dan  dua  anggota militer Korea Selatan tewas. Akibatnya, konflik hingga sekarang tetap berlanjut.

https://www.afrid-fransisco.id/2017/11/korea-selatan-vs-korea-utara-siapa.html

 Konflik Tiongkok dan Jepang

Terjadi akibat sengketa Kepulauan Senkaku, yang pada awalnya kelima gugusan pulau itu tidak berpenghuni. Pada tahun 1885, pada jaman Restorasi Meiji, pemerintah Jepang melakukan survei yang hasilnya pulau-pulau tersebut dinyatakan tidak ada pemiliknya. Pada tahun 1969, PBB mengumumkan bahwa Kepulauan Senkaku terdapat sumber alam mineral dalam jumlah banyak. Akibatnya, Cina menjadi tertarik. Pada siding Dewan Keamanan PBB tanggal 20 Mei 1972, Amerika Serikat mengembalikan Okinawa dan Kepulauan Senkaku kepada Jepang. Sejak saat itulah, sering terjadi konflik kepentingan antara Cina dan Jepang.

Peta Kepulauan Senkaku https://theglobal-review.com/memprediksi-akhir-sengketa-senkaku-diayou/

 Itulah konflik yang terjadi di kawasan benua Asia Tenggara, Selatan, dan Timur. Silakan jawab pertanyaan berikut di kolom komentar. "Mengapa Malaysia berhasil merebut Pulau Sipadan dan Ligitan dari Indonesia ?"

 

33 komentar:

  1. Nama: Alfian Rizki Saputra
    Kelas: XII - IPS 3

    Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  2. Nama: Amelia
    Kelas: 12 IPS 2
    Karena Malaysia secara efektif meenempati dan menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  3. Nama: Siti Nur Rismayanti
    Kelas: 12 IPS 2


    Kedua negara lalu sepakat agar Sipadan dan Ligitan dinyatakan dalam keadaan status status quo, yang berarti kedua pulau tidak boleh ditempati maupun dimanfaatkan oleh Indonesia dan Malaysia. Tetapi, Malaysia Menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.
    Pada tahun 1998 masalah sengketa Sipadan dan Ligitan dibawa ke ICJ, kemudian pada hari Selasa 17 Desember 2002 ICJ mengeluarkan keputusan tentang kasus sengketa kedaulatan Pulau Sipadan-Ligitan antara Indonesia dengan Malaysia. Hasilnya, dalam voting di lembaga itu, Malaysia dimenangkan oleh 16 hakim, sementara hanya 1 orang yang berpihak kepada Indonesia. Dari 17 hakim itu, 15 merupakan hakim tetap dari MI, sementara satu hakim merupakan pilihan Malaysia dan satu lagi dipilih oleh Indonesia. Kemenangan Malaysia, oleh karena berdasarkan pertimbangan effectivity (tanpa memutuskan pada pertanyaan dari perairan teritorial dan batas-batas maritim), yaitu pemerintah Inggris (penjajah Malaysia) telah melakukan tindakan administratif secara nyata berupa penerbitan ordonansi perlindungan satwa burung, pungutan pajak terhadap pengumpulan telur penyu sejak tahun 1930, dan operasi mercu suar sejak 1960-an. Sementara itu, kegiatan pariwisata yang dilakukan Malaysia tidak menjadi pertimbangan, serta penolakan berdasarkan chain of title (rangkaian kepemilikan dari Sultan Sulu) akan tetapi gagal dalam menentukan batas di perbatasan laut antara Malaysia dan Indonesia di selat Makassar.

    BalasHapus
  4. Nama:Nisa Nuralawiyah
    Kelas:12 IPS 4

    Karena Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya dan
    berhasil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

    BalasHapus
  5. Neng putri pitri yani
    12 ips 2

    Karena Malaysia secara efektif meenempati dan menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  6. Nama:Nisa Nuralawiyah
    Kelas:12 IPS 4

    Karena Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya dan
    berhasil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

    BalasHapus
  7. Nama: Fitri Nursalsabilah
    Kelas:12 IPS

    ketika dalam pertemuan teknis hukum laut antara kedua negara, masing-masing negara ternyata memasukkan pulau Sipadan dan pulau Ligitan ke dalam batas-batas wilayahnya. Kedua negara lalu sepakat agar Sipadan dan Ligitan dinyatakan dalam keadaan status status quo, yang berarti kedua pulau tidak boleh ditempati maupun dimanfaatkan oleh Indonesia dan Malaysia. Tetapi, Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama:Eneng Siti maesaroh
    Kelas: 12 ips 1

    Karena malaysia menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  10. Nama : Iis Aisah
    Kelas : 12 Ips 1

    Karena malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti bukti yang diajukan oleh malaysia lebih memperkuat kedudukan nya.

    BalasHapus
  11. Nama : Iis Aisah
    Kelas : 12 Ips 1

    Karena malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti bukti yang diajukan oleh malaysia lebih memperkuat kedudukan nya.

    BalasHapus
  12. Nama : Tita Rosmayanti
    Kelas : XII IPS 5

    Karena Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya dan
    berhasil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

    BalasHapus
  13. Nama:mira milena
    Kelas:12 ips 2

    Karena Malaysia secara efektif meenempati dan menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukanny

    BalasHapus
  14. Nama : Neng Fitri
    Kelas : 12 ips 1

    Karena Malaysia secara efektif meenempati dan menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  15. Nama:Yayang Maharani
    Kelas:12 IPS 1
    Karena Malaysia secara efektif menempati dan menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya

    BalasHapus
  16. Nama:Ali fadilah ismail
    Kelas:12 IPS 2

    Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya

    BalasHapus
  17. Nama: Didah Maulida
    Kelas: 12 IPS 1

    Karena Malaysia secara efektif menempati dan menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  18. Nama:Ari hermawan
    Kelas : 12 IPS 2
    Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama: selvi paula ramdani
    Kelas: XII ips 2

    Karena Malaysia secara efektif meenempati dan menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  21. Nama: Risna lestari
    Kelas :12 IPS 2

    Indonesia dan malaysia sepakat agar Sipadan dan Ligitan dinyatakan dalam keadaan status status quo, yang berarti kedua pulau tidak boleh ditempati maupun dimanfaatkan oleh Indonesia dan Malaysia. Tetapi, Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  22. Nama : Helma Fitriani
    Kelas : XII IPS 5

    Karena Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya dan
    berhasil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

    BalasHapus
  23. Nama:Dadan ramdani
    :12 IPS 4
    Karena Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya dan
    berhasil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

    BalasHapus
  24. Nama: Faiz Nurfadilah
    Kelas: XII - IPS 3

    Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  25. Nama: Azizah Ahmad
    Kelas : XII IPS 1

    Karena Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  26. Nama: Anisa Sri Oktaviani
    Kelas: 12 ips 1

    Karena Malaysia secara efektif meenempati dan menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  27. Nama:Wulandai
    Kelas:12 Ips 4

    karena Malaysia berhasil dalam menjaga kelestarian lingkungan pada kedua pulau yang dipersengketakan sebagai pelaksanaan fungsi administrasi pemerintahan negeri tersebut.

    BalasHapus
  28. Nama:Wulandari
    Kelas:12 Ips 4

    karena Malaysia berhasil dalam menjaga kelestarian lingkungan pada kedua pulau yang dipersengketakan sebagai pelaksanaan fungsi administrasi pemerintahan negeri tersebut.

    BalasHapus
  29. Nama:Rohmah siti asiah
    Kelas: 12 ips 2
    Karena Malaysia secara efektif meenempati dan menggunakan kesempatan untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya.

    BalasHapus
  30. Nama:Aulia anjani
    Kelas:XII IPS 1

    bahwa Pulau Sipadan dan Ligitan tidak pernah masuk dalam Kesultanan Sulu seperti yang diklaim Malaysia. Namun, MI juga mengakui klaim-klaim Malaysia bahwa mereka telah melakukan administrasi dan pengelolaan konservasi alam di kedua pulau yang terletak di sebelah timur Kalimantan itu.

    Pada babak akhir, MI menilai, argumentasi yang diajukan Indonesia mengenai kepemilikan Sipadan dan Ligitan yang terletak di sebelah timur Pulau Sebatik, Kalimantan Timur itu tidak relevan.

    Karena itu, secara defacto dan dejure, dua pulau yang luasnya masing-masing 10,4 hektare untuk Sipadan dan 7,4 ha untuk Ligitan itu menjadi milik Malaysia. Keputusan yang diambil melalui pemungutan suara itu bersifat mengikat bagi Indonesia dan Malaysia

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Karena Malaysia menggunakan kesempatan ini untuk membangun fasilitas pariwisata, perlindungan terhadap satwa penyu, dan pembangunan mercusuar. Sengketa ini diselesaikan melalui ICJ (International Court of Justice) yang dalam sidangnya tahun 2002, bukti-bukti yang diajukan oleh Malaysia lebih memperkuat kedudukannya

    BalasHapus
  33. Nama :Risaman Hermansyah
    Kls :12 IPS 5

    Karena saat dalam pertemuan teknis hukum laut antara Indonesia dan Malaysia menyatakan bahwa kedua negara tersebut memasukan pulau si padan dan Ligitan ke batas batas wilayah nya kedua negara tersebut sepakat pulau tersebut di nyatakan dalam setatus quo.namun Malaysia malah memanfaatkan Setuasi ini dengan mebangun fasilitas,menjaga di dan melindungi satwa penyu dan membangun mercusuar.yg menyebabkan Malaysia mempunyai bukti yg kuat terhadap kepemilikan pulau tersebut.

    BalasHapus

Featured Post

Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X

       Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Pentingkah peran manusia dalam sejarah ? bagaimana manusia menjadi penggerak sejarah ? ap...

Postingan Populer