Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembukaan Kuliah Umum PembaTIK Level 4

 Senin, 14 September 2020 pukul 09.00

Pembukaan Kuliah Umum PembaTIK Level 4 dengan tema “Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar”

Acara dipandu oleh moderator Dhoni Kusmanhadji dan penyampaian laporan kegiatan oleh Plt. Kepala Pusdatin Kemdikbud M. Hasan Chabibie, S.T., M.Si.

Dengan semangat mendukung kemajuan guru dan tenaga pendidik di Indonesia, Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kemendikbud  menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi TIK untuk pembelajaran pada program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK).

Dilaksanakan dengan 4 leveling yang mengacu pada pada literasi TIK guru dari UNESCO, yaitu Literasi, Implementasi, Kreasi, dan Berbagi. Pusdatin Kemendikbud berupaya untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan membekali guru-guru dengan kemampuan pemanfaatan TIK agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih inovatif, sekaligus dalam rangka seleksi Duta Rumah Belajar.

Sumber : YouTube Rumah Belajar Kemdikbud

“Pada tahap pertama level literasi dimana para bapak ibu guru di Indonesia dikenalkan dengan TIK dasar, baik dari sisi definisi, perangkat, konsep-konsep pemanfaatan, dan bagaimana memanfaatkan internet secara sehat dan aman” ujar Hasan Chabibie.

Adapun partisipasi peserta pembaTIK level 1 dari tahun ke tahun mengalami peningkatan signifikan. Tahun 2018 sebanyak 6.809 peserta, tahun 2019 sejumlah 28.624 peserta, dan tahun 2020 mencapai 70.312 peserta pada tahap 1 dan 2.

Hasan Chabibie menyampaikan bahwa “Rumah Belajar berhasil mendapatkan Indonesian Content Marketing Awards tahun 2020 untuk kategori Influencer Marketing Implementation dengan konsep Duta Rumah Belajar yang hari ini kami ajukan”.

Pada tahap Level 4 akan mendapatkan pembekalan dalam kuliah umum dari para narasumber yang inspiratif. Kemudian pembimbingan terkait modul-modul pelatihan yang dilaksanakan secara secara virtual dengan zoom meeting setiap provinsi. Seleksi calon Duta Rumah Belajar akan diambil 5 terbaik dari setiap provinsi berdasarkan penilaian tertentu, lalu akan ada sesi wawancara dan pleno. 

Video lengkap di channel YouTube Rumah Belajar Kemdikbud

 


Posting Komentar untuk "Pembukaan Kuliah Umum PembaTIK Level 4 "