Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagi Praktik Baik Mengajar dari Rumah Pada Saat Pandemi Sosialisasi Portal Rumah Belajar di Cadisdik Wilayah VIII Disdik Jabar

  

Agenda kolaborasi Sahabat Rumah Belajar Jawa Barat pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 pukul 09.00-11.00 WIB di wilayah Cadisdik Wilayah VIII Disdik Jabar berbagi praktik baik mengajar dari rumah pada saat pandemi. Acara diawali sambutan dari ketua MKKS Kabupaten Bandung H. Onang Sopari, S.Pd., M.M.Pd. Beliau menyatakan bahwa "Acara ini sangat bagus untuk memberikan motivasi kepada guru-guru bagaimana melaksanakan pembelajaran daring dengan berbagai strategi pembelajaran yang menarik minat peserta didik"

Sambutan kedua sekaligus pembukaan acara oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Disdik Jabar Dra. Hj. Otin Martini, M.Pd. "Pembelajaran daring membutuhkan strategi yang tepat untuk mendapatkan ketercapaian materi dan minat belajar peserta didik. Berbagai upaya dilakukan pendidik, mulai dari media interaktif dan Learning Management System (LMS) yang sesuai dengan kondisi sekolah. Portal Rumah Belajar menjawab semua kebutuhan dalam upaya tersebut. Terima kasih kepada Sahabat Rumah Belajar yang turut berbagi praktik baik dalam kegiatan ini".

Acara sesi pertama dipandu oleh Nenden Nataliawati, M.Pd. dengan narasumber Rolla Fardila, S.Pd. dari SMAN 1 Cikancung yang menyampaikan materi "Blended learning menggunakan blog dan Portal Rumah Belajar". Pembelajaran kombinasi antara media interaktif blog dan LMS memberikan pengalaman baru bagi peserta didik. Materi dan tugas tergabung dalam satu kemasan sehingga peserta didik dapat dengan mudah melaksanakan pembelajaran daring. "Sumber Belajar Portal Rumah Belajar menjadi referensi utama terintegrasi dalam blog dan dilengkapi referensi pendukung." ujar Rolla Fardila.

Materi Blended Learning menggunakan Blog
 

Materi kedua disampaikan Nevi Nurzaman, S.Pd. dari SMA Mekar Arum, beliau membahas "Portal Rumah Belajar Platform Pendukung Program Belajar dari Rumah". Panduan Belajar dari Rumah dari Kemendikbud menjadi acuan utama pembelajaran para guru-guru. Pada Portal Rumah Belajar terdapat fitur utama, fitur pendukung, dan sumber belajar lainnya.  Fitur utama memuat Sumber Belajar, Bank Soal, Kelas Maya, dan Laboratorium Maya. Fitur pendukung meliputi Peta Budaya, Buku Sekolah Interaktif, PKB, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Edugame, dan Pena Rumah Belajar. 

Fitur Utama Portal Rumah Belajar

Materi dilanjutkan oleh Yunita Indriani, S.Pd. dari SDN 3 Sidomulyo Pangandaran yang membahas "Penerapan Flipped Classroom melalui Rumah Belajar". Flipped classroom adalah pembelajaran model terbalik abad 21. peserta didik mempelajari konten diluar luar kelas atau dirumah kemudian mengerjakan tugas disertai diskusi interaktif di kelas. jadi terlihat terbaik, untuk pembelajaran tradisional peserta didik mengerjakan tugas di rumah dan belajar di kelas.

Pembelajaran Model Flipped Classroom

Sesi kedua dipandu oleh Rolla Fardila, S.Pd. pemateri pertama Nenden Nataliawati, M.Pd, dari SMAN 3 Sumedang yang membahas "Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Pendekatan Tematik Kolaboratif dengan Memanfaatkan Portal Rumah Belajar di SMAN 3 Sumedang". Latar belakang implementasi pendekatan ini berdasarkan survei kapasitas guru dan tenaga kependidikan dalam situasi BDR (Cadisdik Wilayah VIII - Mei 2020) salah satunya siswa sudah merasakan jenuh belajar secara daring. Maka pembelajaran proyek berbasis keterampilan digunakan untuk mengurangi beban siswa dalam memahami konsep dan kognitif. Portal Rumah Belajar dijadikan referensi utama untuk semua jurusan, pemanfaatan fitur-fitur disesuaikan dengan kebutuhan mata pelajaran.

Materi Pendekatan Tematik dan Kolaboratif

Sesi akhir disampaikan oleh Hijrah Fitriyani, S.Pd. dari SDN Panyingkiran Sumedang yang membahas "Implementasi 7 Metode Pembelajaran Jarak Jauh Terintegrasi Rumah Belajar". Terdapat 7 metode alternatif yang dapat dikembangkan diantaranya : Pembelajaran Virtual, Pembelajaran Tematik Pendekatan Proyek, Pendekatan Modul/LKS, Kunjungan guru ke rumah peserta didik (home visit), Pembelajaran melalui televisi, radio, dan media elektronik lainnya, Pembelajaran melalui medsos, dan Penugasan berkala dan terukur. Beberapa metode tersebut dapat dilakukan mandiri maupun kombinasi untuk meningkat motivasi belajar siswa.

7 Metode Pembelajaran Jarak jauh

Acara berlangsung menarik dan interaktif disertai tanya jawab di kolom komentar dan bertanya langsung dari peserta. kegiatan diikuti oleh 50 peserta se-Kabupaten Bandung dan Sumedang, juga dari Youtube sebanyak 125 penonton.

Berbagi Inovasi pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

Kunjungi Portal Rumah Belajar

Berikut dokumentasi di Channel YouTube Rolla Fardila

 

2 komentar untuk "Berbagi Praktik Baik Mengajar dari Rumah Pada Saat Pandemi Sosialisasi Portal Rumah Belajar di Cadisdik Wilayah VIII Disdik Jabar"