Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Perkembangan IPTEK di Era Globalisasi

Dampak Positif Perkembangan IPTEK :
  1. Memberikan banyak kemudahan, terutama untuk aktivitas pertanian, perindustrian, dan telekomunikasi.
  2. Mempermudah meluasnya berbagai informasi, melalui internet segala informasi dari berbagai penjuru dunia dapat di akses dengan mudah dan cepat.
  3. Bertambahnya pengetahuan dan wawasan, berbagai alat eketronik banyak membantu dalam memperoleh informasi seperti komputer, internet, dan handphone.
Dampak Negatif Perkembangan IPTEK :
  1. Memengaruhi munculnya berbagai bentuk kejahatan, sebagai contoh kemudahan transaksi bisnis terlarang seperti narkoba dan produk ilegal. Aksi kejahatan dunia maya (cybercrime) dan budaya menjiplak (plagiat) sumber dari internet.
  2. Hilangnya budaya tradisional, pasar tradisional mulai ditinggalkan beralih ke pasar modern, juga semakin mewahnya kehidupan perkotaan yang dipenuhi gedung mal dan perhotelan.
  3. Banyaknya kerusakan di bumi, bencana alam yang terjadi diakibatkan oleh manusia seperti longsor dan banjir karena hutan gundul.

1 komentar untuk "Dampak Perkembangan IPTEK di Era Globalisasi"

  1. Menurut saya,,,Banyaknya fenomena yang timbul di masa modern ini, hampir seluruhnya berasal dari dampak globalisasi yang sedang terjadi di berbagai wilayah di dunia. Jika dilihat dari kacamata positif, arus globalisasi yang begitu kuat dapat memberikan kemajuan dan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia. Masuknya berbagai budaya luar pada dasarnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk membangun bangsa yang lebih maju dan sejahtera.

    BalasHapus