Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN GLOBALISASI : Penyebab, Teori, Ciri-Ciri dan DampakGlobalisasi


Pengertian Globalisasi – Globalisasi adalah berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya adalah proses. Secara bahasa arti Globalisasi adalah Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.

Diera globalisasi yang didukung perkembangan teknologi, alat transportasi dan ilmu pengetahuan seseorang di suatu wilayah dapat mengetahui segala jenis informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah.  Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas.
Dampak globalisasi menguntungkan, namun disisi lain merugikan. Semuanya  tergantung bagaimana kita menyikapinya. Namun, yang harus di ingat globalisasi berbeda dengan istilah global warming atau pemanasan global.
Karakteristik Globalisasi – Dengan adanya globalisasi, seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terikat satu sama lain untuk mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru tanpa adanya batas-batas geografis, ekonomi, serta budaya masyarakat (Daeng, 2012 : 306).
Ciri-ciri era globalisasi secara umum dapat diklasifikasikan seperti berikut :
a. Ditinjau dari aspek kultural, globalisasi semakin meningkatkan interaksi kultural melalui perkembangan media massa seperti televisi, internet, film, musik, maupun berita skala internasional.
b. Ditinjau dari aspek geografis, yaitu adanya perubahan dalam ruang gerak dan waktu.Hal ini ditandai dengan semakin menipisnya jangkauan geografis suatu wilayah yang dapat ditempuhnya dalam waktu singkat (Harmantyo, 2006:2).
Ditinjaui dari aspek ekonomis, globalisasi telah memunculkan aktor-aktor transnasional seperti perusahaan multinasional yang berkembang di berbagai negara. Adanya perusahaan multinasional ini membuat pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung. Ciri lain yaitu semakin dominannya organisasi semacam ekonomi global seperti World Trade Organization (WTO) (Rianto, 2004:163).
Dampak Positif dan Negatif Globalisasi – banyak sekali perubahan yang dirasakan ya, khususnya di bidang teknologi. Selain itu tentu saja banyak perbedaan jika dibandingkan dengan masa lalu. Meskipun demikian, kalian tahu nggak sih, globalisasi ini memiliki dampak positif dan negatif, lho. Wah apa saja ya? yuk kita mengenal dampak positif dan dampak negatif dari globalisasi!

(sumber : Blog.Ruangguru.com)

(sumber : Blog.Ruangguru.com)

Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi

(sumber : Blog.Ruangguru.com)


Dampak Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

(sumber : Blog.Ruangguru.com)

Negara Barat, terutama Amerika Serikat melalui penyebaran informasi telah menyebarkan budaya mereka ke dalam kehidupan negara dan bangsa lain di dunia. Dari informasi pemberitaan, film, lagu-lagu, hingga gaya hidup orang Amerika atau Barat menjadi tren di berbagai negara termasuk Indonesia.

Kita harus tetap menjaga adat ketimuran dengan memfilter segala pengaruh yang masuk, hal-hal positif dijadikan sebagai bahan referensi, tetapi hal negatif jangan ditiru apalagi disebarkan di lingkungan masyarakat.

66 komentar untuk "PENGERTIAN GLOBALISASI : Penyebab, Teori, Ciri-Ciri dan DampakGlobalisasi"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya Indonesia belum siap dalam menghadapi globalisasi apalagiIndonesia ternyata belum siap menghadapi fenomena tersebut, terutama di bidang ekonomi.

      Hapus
    2. Menurut saya fenomena globalisasi tidak bisa di hindari lagi oleh masyarakat,namun lembaga ilmu pengetahuan Indonesia mengajukan Indonesia menghadapi globalisasi ternyata belum siap,teruta tedi bidang ekonomi

      Hapus
    3. Menurut saya indonesia belum siap menghadapi fenomena globalisasi, terutama di bidang ekonomi.

      Hapus
    4. Menurut saya indonesia sudah siap menghadapi era globalisasi. Karena dalam hal ini indonesia sudah mengikuti era globalisasi, dimana masyarakatnya mulai maju dalam segi pendidikan maupun penggunaan teknologi.

      Hapus
    5. Menurut saya sudah siap karena masyarakat nya mulai maju dalam hal pendidikan maupun penggunaan teknologi

      Hapus
    6. menurut saya tidak siap,karna hanya saja masyarakat nya saja harus pandai memilah semua yang ada dalam globalisasi.dampak positif globalisasi juga dapat memajukan kemampuan serta intelektual masyarakat indonesia. dengan catatan harus bijak memilah nya

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Menurut saya belum siap karena masyrakatnya belum maju dalam hal pendidikan maupun teknologi

      Hapus
    9. seharusnya sudah siap,akan tetapi masih banyak efek negatifnya,mungkin jika kita bisa memfilter kebudayaan orang luar yg masuk ke dalam negeri dampak negatifnya tidak akan seburuk itu

      Hapus
    10. Menurut saya belum siap.
      Karna dalam menghadapi globalisasi,kita harus mengetahui dulu ciri-ciri dan dampak dari globalisasi itu sendiri. Dalam ciri-ciri globalisasi itu sendiri indonesia belum cukup memenuhi dalam karakteristik ekonomi nya,sehingga dapat menghambat dalam mengoptimalkan globalisasi di indonesi.
      Sedangkan dalam dampaknya, kita harus mengerahui dulu dampak dari suatu hal yang akan kita lakukan. Dalam globalisasi mungkin dampak positifnya sangat menguntungkan,namun kita juga harus mengetahui bahwa dampak negatifnya pun bisa berakibat bagi negara contohnya dampak negatif"pasar nasional akan di kuasai barang-barang impor", dari dampak negatif itu kita tidak bisa lagi menjaga dan mencintai budaya dan barang barang indonesia jika pasar nasional di kuasai oleh barang barang impor.

      Hapus
    11. Negara indonesia merupakan negara berkembang. tentu saja siap, dampak positif globalisasi juga dapat memajukan kemampuan serta intelektual masyarakat indonesia. dengan catatan harus bijak memilah nya.

      Hapus
    12. Di era globalisasi yang didukung perkembangan teknologi, alat transportasi dan ilmu pengetahuan seseorang di suatu wilayah dapat mengetahui segala jenis informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah

      Hapus
    13. Negara indonesia memang sudah berkembang dalam hal penggunaan teknologi tetapi masih belum siap dalam menghadapi fenomena globalisasi karena faktor rendahnya terdapat pada bidang ekonomi.

      Hapus
    14. Menurut saya,indonesia belum siap,karena dalam menghadapi globalisasi harus tau ciri-ciri dan dampak dari globalisasi,terutama di bidang ekonomi.

      Hapus
    15. Menurut saya belum siap,karena dalam menghadapi globalisasi indonesia harus tau ciri-ciri dan dampak dari globalisasi ,terutama di bidang ekonomi.

      Hapus
  2. Apa yang di maksud dengan dunia satu atap atau dunia batas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dampak globalisasi menguntungkan, namun disisi lain merugikan. Semuanya tergantung bagaimana kita menyikapinya.

      Hapus
    2. DUNIA TANPA BATAS adalah bahwa semua penduduk di bumi saat ini dengan mudah terhubung dengan penduduk lainnya meski terpisah jauh. Keterhubungan ini membuat dunia seolah tanpa batas sebab dalam hitungan detik arus informasi dari belahan dunia satu bisa sampai pada belahan dunia lainnya.

      Hapus
    3. Dunia batas adalah bahwa semua penduduk di bumi saat ini mudah terhubung dengan masyarakat lain nya meski terpisah sangat jauh

      Hapus
    4. semua manusia mudah terhubung lewat jejaring sosial,meskipun terpisah sangat jauh

      Hapus
  3. Apa yang di maksud dengan dunia satu atap atau dunia batas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dunia batas adalah bahwa semua penduduk di bumi saat ini dengan mudah terhubung dengan penduduk lainnya meski terpisah jauh

      Hapus
    2. Di era globalisasi yang di dukung perkembangan teknologi,alat transportasi dan ilmu pengetahuan seseorang di suatu wilayah dapat mengetahui segala jenis informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah. Globalisasi di maknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas.

      Hapus
    3. Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas. Pengertian Globalisasi – Globalisasi adalah berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya adalah proses. Secara bahasa arti Globalisasi adalah Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.

      Hapus
    4. Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas.

      Hapus
    5. Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas.

      Hapus
    6. Dunia satu atap atau dunia batas adalah makna dari globalisasi.sedangkan pengertian dari globalisasi itu sendiri adalah proses yang mendunia,seperti kemajuan ilmu pengetahuan,teknologi dan alat transportasi yang mendorong kehidupan manusia menjadi tanpa batasan. Baik itu batasan geografis ataupun budaya. Contohnya, kita bisa mengetahui informasi apa yang sedang terjadi di belahan bumi lain.

      Hapus
    7. Dunia batas adalah bahwa semua penduduk di bumi saat ini dengan mudah terhubung dengan penduduk lainnya meski terpisah jauh

      Hapus
    8. Dunia satu atap atau dunia batas adalah bahwa semua manusia dapat mudah terhubung dengan yang lain lewat jaringan sosial tanpa batas,karena perkembangan teknologi yang semakin canggih.

      Hapus
    9. Dunia satu atap atau dunia batas adalah bahwa semua manusia dapat mudah terhubung dengan yang lain lewat jaringan sosial tanpa batas,karena perkembangan teknologi yang semakin canggih.

      Hapus
  4. Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas. Pengertian Globalisasi – Globalisasi adalah berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya adalah proses. Secara bahasa arti Globalisasi adalah Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas.di era globalisasi yang di dukung perkembangan teknologi,alat transportasi dan ilmu pengetahuan di suatu daerah dapat mengetahui segala informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah.nah jadi globalisasi di maknai dengan dunia satu atap atau dunia batas

      Hapus
  5. Pengaruh globalisasi ada yang positif juga ada yang negatif ,pengaruh positif misalnya : teknologi yang semakin maju
    pengaruh negatif misalnya : munculnya sikap konsumtif, dan masuknya pengaruh budaya asing

    BalasHapus
  6. Globalisasi adalah sebuah proses yg membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.dampak globalisasi dapat menguntungkan juga merugikan ini tergantung bagaimana kita menyikapi nya.dan kita harus pandai memilih dan memilah nilai fositiv dan negatif, nilai
    positif kita dijadikan sebagai bahan referensi, tetapi hal negatif jangan ditiru apalagi disebarkan di lingkungan masyarakat.

    BalasHapus
  7. Globalisasi adalah sebuah proses yg membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.dampak globalisasi dapat menguntungkan juga merugikan ini tergantung bagaimana kita menyikapi nya.dan kita harus pandai memilih dan memilah nilai fositiv dan negatif, nilai
    positif kita dijadikan sebagai bahan referensi, tetapi hal negatif jangan ditiru apalagi disebarkan di lingkungan masyarakat.

    BalasHapus
  8. Globalisasi adalah suatu integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia. Fenomena ini melibatkan integrasi ekonomi, budaya, kebijakan pemerintah, teknologi, ilmu pengetahuan dan gerakan politik di seluruh dunia.

    BalasHapus
  9. Negara indonesia merupakan negara berkembang. tentu saja siap , hanya saja masyarakat nya saja harus pandai memilah semua yang ada dalam globalisasi.dampak positif globalisasi juga dapat memajukan kemampuan serta intelektual masyarakat indonesia. dengan catatan harus bijak memilihnya.

    BalasHapus
  10. Globalilasi merupakan suatu proses yang mendunia dan suatu proses yang saling ketergantungan satu sama lain.ada hal positif dan negatif dari globalisasi ini.hal positifnya adalah kemajuan teknologi yang semakin pesat,pola pemikiran masyarakat yang lebih modern dan lainnya.hal negatifnya contohnya banyaknya tayangan luar yang di tayangkan di stasiun tv nasional di Indonesia yang berdampak pada sosial budaya,misalnya banyak dari remaja yang berpakaian meniru dari tanyangan yang mereka tonton yang bersimpangan dari budaya orang Indonesia sebagai orang timur.

    BalasHapus
  11. Menurut saya belum, sebab Indonesia belum bisa berperan maksimal dalam menjalani era globalisasi seperti masih terbatasnya studi yg mengukur kesiapan masyarakat daerah dalam menghadapi globalisasi

    BalasHapus
  12. Globalisasi diartikan sebagai suatu proses dimana bata-batas suatu negara menjadi semakin sempit karena kemudahan interaksi antara negara baik berupa pertukaran informasi, perdagangan, teknologi, gaya hidup dan bentuk-bentuk interaksi yang lain.
    Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas.
    Dampak globalisasi menguntungkan, namun disisi lain merugikan. Semuanya tergantung bagaimana kita menyikapinya.

    BalasHapus
  13. Globalisaasi meruapakan jaringan kerja global dimna masing masing masyarakat yang sebelumnya terpisah kini bisa beesatu dan bergantung satu sama lain.dan globalisasi juga merupakan sebuah proses perubahan ekonomi,budaya sosial,dan teknologi

    BalasHapus
  14. Globalisasi dimaknai sebagai dunia tanpa atap karena globalisasi merupakan suatu proses yang mendunia suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak

    BalasHapus
  15. Globalisasi adalah proses pertumbuhan yang cepat dan pesat, karna negara harus saling bergantung satu sama lain baik dalam perdagangan, politik dan lain lain

    BalasHapus
  16. Menurut saya, di era globalisasi yang di dukung perkembangan teknologi, alat transportasi dan ilmu pengetahuan seseorang di suatu wilayah mengetahui segala jenis informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah. Globalisasi di maknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas

    BalasHapus
  17. Globalisasi adalah suatu integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, Ada dampaknyaa jugaa dari globalisai ada dampak positif nya adalah mudah memperoleh informasi segala aspek bidang dan dampak negatifnya adalah mengubah tatanan kehidupan warga masyarakat

    BalasHapus
  18. Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas. Pengertian Globalisasi – Globalisasi adalah berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya adalah proses. Secara bahasa arti Globalisasi adalah Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.

    BalasHapus
  19. Kesimpulan yg saya dapat dari materi diatas, dengan adanya Globalisasi yg artinya adalah "suatu proses yg mendunia" bisa mengubah perkembangan manusia menjadi sangat pesat. Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi dapat membuat semua org mengetahui segala jenis informasi yg tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah.

    Di lihat dari dampak positifnya hal ini sangat menguntungkan tetapi kita juga harus melihat dari segi negatifnya. Dari segi positif/menguntungkan nya yaitu seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terikat satu sama lain untuk mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru tanpa adanya batas-batas geografis,ekonomi,serta budaya masyarakat. Dari segi negatif/merugikannya yaitu terutama di bidang ekonomi, akan banyak sekali tenaga kerja asing yg masuk dan menguasai tenaga kerja di negara yg di masukinya sehingga mereka dapat menguasai/mengatur segalanya. Contohnya di Indonesia banyak sekali pabrik-pabrik yg di miliki orang asing dan pribumilah yg menjadi pegawai atau org yg di pekerjakan nya. Ada juga dampak negatif dalam bidang sosial dan budaya yaitu masyarakat akan terpengaruhi oleh budaya barat dan akan melupakan budaya lokal dan menganggapnya tradisional/kuno sehingga mereka meninggalkan budaya lokal, terciptanya orang2 menyimpang yg gagal memahami moderenitas, kenakalan remaja akibat tayangan televisi dan media massa lainnya.

    Maka dari itu kita semua harus pandai memfilter segala pengaruh dari negara asing yg masuk ke negara kita. Kita ambil hal yg menurut kita positif dan tinggalkan atau buang hal yg negatifnya

    BalasHapus
  20. Menurut saya dunia Satu atap atau dunia batas yaitu Suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan tergantung antara Satu sama lainnya Tanpa batas waktu dan jarak.

    BalasHapus
  21. Globalisasi dimaknai sebagai dunia tanpa atap karena globalisasi merupakan suatu proses yang mendunia suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak

    BalasHapus
  22. Globalisasi sangat membantu bagi pengetahuan informasi di negara luar dengan cepat dan mudah

    BalasHapus
  23. Menurut saya indonesia sudah siap menghadapi era globalisasi. Karena dalam hal ini masyarakatnya akan mulai belajar untuk bisa maju dalam segi pendidikan maupun penggunaan teknologi.

    BalasHapus
  24. Di era globalisasi yang didukung perkembangan teknologi, alat transportasi dan ilmu pengetahuan seseorang di suatu wilayah dapat mengetahui segala jenis informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah

    BalasHapus
  25. menurut saya di era yang didukung perkembangan akan kemajuan teknologi yang bisa membantu mendapatkan informasi yang lebih.

    BalasHapus
  26. Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia,suatu proses yang membuat manusia saling terhubung tanpa adanya batas waktu dan jarak.
    Di era globalisasi yang di dukung perkembangan teknologi ,alat transportasi dan ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  27. Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia,suatu proses yang membuat manusia saling terhubung tanpa adanya batas waktu dan jarak.
    Di era globalisasi yang di dukung perkembangan teknologi ,alat transportasi dan ilmu pengetahuan.

    BalasHapus

  28. AmandaMariadeny
    AmandaMariadeny
    09.01.2018
    PPKn
    Sekolah Menengah Pertama
    +5 poin
    Terjawab
    apakah menurut pendapatmu bangsa indonesia sudah siap menerima globalisasi? apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi globalisasi,jelaskan!

    1
    LIHAT JAWABAN


    Masuk untuk menambahkan komentar

    Jawabanmu
    yasmine99
    yasmine99 Terpelajar
    Negara indonesia merupakan negara berkembang. tentu saja siap , hanya saja masyarakat nya saja harus pandai memilah semua yang ada dalam globalisasi.dampak positif globalisasi juga dapat memajukan kemampuan serta intelektual masyarakat indonesia. dengan catatan harus bijak memilah nya

    BalasHapus

  29. Negara indonesia merupakan negara berkembang. tentu saja siap , hanya saja masyarakat nya saja harus pandai memilah semua yang ada dalam globalisasi.dampak positif globalisasi juga dapat memajukan kemampuan serta intelektual masyarakat indonesia. dengan catatan harus bijak memilah nya

    BalasHapus
  30. Banyaknya fenomena yang timbul di masa modern ini, hampir seluruhnya berasal dari dampak globalisasi yang sedang terjadi di berbagai wilayah di dunia. Jika dilihat dari kacamata positif, arus globalisasi yang begitu kuat dapat memberikan kemajuan dan dampak yang positif bagi masyarakat Indonesia. Masuknya berbagai budaya luar pada dasarnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk membangun bangsa yang lebih maju dan sejahtera.

    BalasHapus
  31. Nama:Alfian Rizki Saputra
    Kelas:XII - IPS 3

    dengan adanya globalisasi, membuat bangsa kita terkena pengaruh budaya luar. seperti cara berpakaian, cara bergaul, makanan dll. hal ini yang kemudian menghilangkan identitas nasional indonesia. budaya kita lama kelamaan akan semakin luntur, dan bisa direbut negara lain.

    BalasHapus
  32. Nama: Risma Yanti
    Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia tanpa kecuali negara kita ,membuat bangsa kita terpengaruh oleh kebudayaan luar

    BalasHapus
  33. Nama: Yoga Nugraha
    Kelas: XII IPS 5

    Negara indonesia merupakan negara berkembang. tentu saja siap, dampak positif globalisasi juga dapat memajukan kemampuan serta intelektual masyarakat indonesia. dengan catatan harus bijak memilah nya.

    BalasHapus
  34. Nama: Yana Mulyana Hikmah
    Kelas: 12 IPS 2

    Menurut saya Indonesia belum siap dalam menghadapi globalisasi apalagiIndonesia ternyata belum siap menghadapi fenomena tersebut, terutama di bidang ekonomi.

    BalasHapus
  35. You know hartomy? Thats website just copied other blogger article

    Please google report this site

    bitch

    BalasHapus