Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Eksistensi Museum Nasional Bagi Pelajar | Peta Budaya Sumber Belajar

Sumber : https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/Repositorys/museumnasional/img/Gambar1.jpg

Eksistensi Museum Nasional diawali dengan berdirinya suatu himpunan yang bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tanggal 24 April 1778. Pada masa itu di Eropa tengah terjadi revolusi intelektual (the Age of Enlightenment) yaitu

dimana orang mulai mengembangkan pemikiran-pemikiran ilmiah dan ilmu pengetahuan. Pada tahun 1752 di Haarlem, Belanda berdiri De Hollandsche Maatschappij der Wetenschappen (Perkumpulan Ilmiah Belanda). Hal ini mendorong orang-orang Belanda di Batavia (Indonesia) untuk mendirikan organisasi sejenis.

Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) merupakan lembaga independen yang didirikan untuk tujuan memajukan penelitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang-bidang ilmu biologi, fisika, arkeologi, kesusastraan, etnologi dan sejarah, serta menerbitkan hasil penelitian. Lembaga ini mempunyai semboyan 'Ten Nutte van het Algemeen' (Untuk Kepentingan Masyarakat Umum).

Salah seorang pendiri lembaga ini, yaitu JCM Radermacher, menyumbang-kan sebuah rumah miliknya di Jalan Kalibesar, suatu kawasan perdagangan di Jakarta-Kota. Kecuali itu ia juga menyumbangkan sejumlah koleksi benda budaya dan buku yang amat berguna; sumbangan Radermacher inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya museum dan perpustakaan.

Selama masa pemerintahan Inggris di Jawa (1811 – 1816), Letnan Gubernur Sir Thomas Stamford Raffles menjadi Direktur perkumpulan ini. Oleh karena rumah di Kalibesar sudah penuh dengan koleksi, Raffles memerintahkan pembangunan gedung baru untuk digunakan sebagai museum dan ruang pertemuan untuk Literary Society (dulu disebut gedung 'Socièteit de Harmonie'). Bangunan ini berlokasi di Jalan Majapahit nomor 3. Sekarang di tempat ini berdiri kompleks gedung Sekretariat Negara, di dekat Istana Kepresidenan.

Jumlah koleksi milik BG terus meningkat hingga museum di Jalan Majapahit tidak dapat lagi menampung koleksinya. Pada tahun 1862, pemerintah Hindia-Belanda memutuskan untuk membangun sebuah gedung museum baru di lokasi yang sekarang, yaitu Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 (dulu disebut Koningsplein West). Tanahnya meliputi area yang kemudian di atasnya dibangun gedung Rechst Hogeschool atau 'Sekolah Tinggi Hukum' (pernah dipakai untuk markas Kenpetai di masa pendudukan Jepang, dan sekarang Departemen Pertahanan dan Keamanan). Gedung museum ini baru dibuka untuk umum pada tahun 1868.

Museum ini sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk Jakarta. Mereka menyebutnya 'Gedung Gajah' atau 'Museum Gajah' karena di halaman depan museum terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada tahun 1871. Kadang kala disebut juga 'Gedung Arca' karena di dalam gedung memang banyak tersimpan berbagai jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode.

Pada tahun 1923 perkumpulan ini memperoleh gelar 'koninklijk' karena jasanya dalam bidang ilmiah dan proyek pemerintah sehingga lengkapnya menjadi Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Pada tanggal 26 Januari 1950, Koninklijk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen diubah namanya menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia. Perubahan ini disesuaikan dengan kondisi waktu itu, sebagaimana tercermin dalam semboyan barunya: "memajukan ilmu-ilmu kebudayaan yang berfaedah untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepulauan Indonesia dan negeri-negeri sekitarnya".

Mengingat pentingnya museum ini bagi bangsa Indonesia maka pada tanggal 17 September 1962 Lembaga Kebudayaan Indonesia menyerahkan pengelolaan museum kepada pemerintah Indonesia, yang kemudian menjadi Museum Pusat. Akhirnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, No.092/O/1979 tertanggal 28 Mei 1979, Museum Pusat ditingkatkan statusnya menjadi Museum Nasional.

Kini Museum Nasional bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Museum Nasional mempunyai visi yang mengacu kepada visi Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan yaitu Museum Kebudayaan Indonesia bertaraf internasional melalui insan dan ekosistem yang berkarakter dengan dilandasi semangat gotong royong".

Dalam rangka mencapai visi tersebut Museum Nasional Indonesia tidak pernah berhenti mengembangkan diri. Setelah mengalami dua kali pemindahan koleksi 1811 dan 1862, serta penambahan Gedung B dari tahun 1996 s.d 2007, Museum Nasional Indonesia sejak tahun 2013 hingga kini sedang melakukan revitalisasi museum yang dalam prosesnya akan menutup Gedung A selama 1,5 tahun (2017-2018), menambah gedung baru (gedung C) yang sedang dalam taraf pembangunan, dan memperbaharui seluruh atau alur kisah museum yang rencananya semua akan selesai tahun 2019.

Selengkapnya di website : https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/Repositorys/museumnasional/

Setelah lawatan virtual di Museum Nasional, bagaimana peran dan manfaat museum bagi pelajar ?

122 komentar untuk "Eksistensi Museum Nasional Bagi Pelajar | Peta Budaya Sumber Belajar"

  1. Nama : Neng Fitri
    Kelas : 12ips1

    Ijin menjawab pak

    Peran museum nasional bagi para pelajar sangatlah penting, karena memiliki manfaat yang sangat banyak salah satunya adalah menambah wawasan dan pengetahuan untuk para pelajar

    BalasHapus
  2. Nama:Yayang Maharani
    Kelas:12 IPS 1

    Izin menjawab bapak
    Peran museum Nasional bagi pelajar sangatlah penting,Salah satunyaa adalah menambah wawasan nasionalisme dan kebangsaan

    BalasHapus
  3. Nama: Siti Nur Rismayanti
    Kelas: XII IPS 2

    Menurut saya, peran museum sangat penting bagi kelangsungan belajar-mengajar karena dengan adanya museum akan menambah pengetahuan yang kita miliki tentang sejarah dan masih banyak lagi.
    Manfaat museum bagi pelajar:
    •Menambah pengetahuan tentang nilai sejarah
    •menjadi sarana rekreasi tapi masih bisa belajar
    •mengetahui perkembangan sejarah
    •memberikan manfaat yang baik bagi masa depan

    BalasHapus
  4. Nama:Risman hermansyah
    Kls :12 ips 5

    Musium berperan penting bagi parapelajar karena dengan adanya musium para pelajar akan mengetahui hal yang baru dan wawasan yang luas
    Seperti dapat mengetahui sejarah masa lapau

    BalasHapus
  5. Nama: Nita Amalia
    Kelas: 12 IPS2

    Izin menjawab pak
    Peran museum nasional bagi para pelajar sangatlah penting, karena memiliki manfaat salah satunya adalah menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah

    BalasHapus
  6. Nama: Fitri Nursalsabilah
    Kelas:12 IPS 1

    Peran museum Nasional bagi para pelajar sangatlah penting karena memiliki banyak manfaat yang bisa kita ambil diantar, menambahnya pengetahuan tentang sejarah,mengetahui perkembangan sejarah dari masa ke masa,memberikan manfaat yang baik bagi masa yang akan datang

    BalasHapus
  7. NAMA:Ali fadilah ismail
    Kelas:XII IPS 2

    Mengunjungi Musium Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Peninggalan sejarah menambah wawasan untuk para pelajar mempelajari sejarah manfaatnya memberikan manfaat yang baik untuk masa depan

    BalasHapus
  8. Nama: Rohmah siti asiah
    Kelas:XII IPS2

    Peran museum bagi pelajar sangat lah penting karena menjadi salah satu penambahan wawasan tentang ilmu sejarah.
    Manfaatnya yaitu:
    -menambah wawasan tentang ilmu sejarah
    -sebagai tempat bermain sekaligus belajar
    -seperti contohnya sejarah merdekanya indonesia,akan lebih menumbuhkan cinta tanah air dan semangat juang

    BalasHapus
  9. Peran museum bagi pelajar adalah sangat lah penting sebab dari museum para pelajar akan mengetahui wawasan lebih tinggi dan dapat melihat secara nyata atau reflika. Dan manfaat museum hampir sama dengan peran nya yaitu Menambah pengetahuan dan informasi.

    BalasHapus
  10. Nama :lisda juniar
    Kelas : 12 IPS 2
    Peran museum bagi epelajar adalah sangat lah
    penting sebab dari museum para pelajar akan mengetahui wawasan lebih tinggi dan dapat melihat secara nyata atau reflika. Dan manfaat museum hampir sama dengan peran nya yaitu Menambah pengetahuan dan informasi.

    BalasHapus
  11. Nama:ARI HERMAWAN
    KELAS:XII IPS2

    peran museum bagi pelajar sangat penting untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas bagi pelajar

    BalasHapus
  12. Nama:Selvi paula ramdani
    Kelas:XII Ips2

    Dengan berkunjung ke museum anak-anak dapat melihat secara lebih nyata mengenai berbagai pengetahuan yang diajarkan di sekolah karena di museum semuanya diperlihatkan secara visual. Sehingga, mereka mendapat pemahaman lebih dan pengalaman belajar yang lebih mengasyikkan.

    BalasHapus
  13. NAMA:Neng Lisna
    KELAS:XII IPS 4

    Menurut saya,,,pada masa itu bangsa eropa mulai mengembangkan pemikiran-pemikiran ilmiah dan ilmu pengetahuan untuk para pelajar.Peran penting bagi museum ini iyalah para pelajar bisa melihat sejarah masa lampau.Manfaat nya bisa lebih memahami lagi sejarah.

    BalasHapus
  14. Nama : Ades Rodia
    kelas : XII-IPS 3

    Izin menjawab pak
    Menurut saya peran kita sebagai pelajar kita harus mendalami ilmu sejarah, contohnya mengunjungi museum untuk menciptakan rasa keingintahuan,biasanya terdapat keterangan-keterangan di setiap benda sejarah yang dilestarikan di museum tersebut.Lalu untuk manfaatnya tentu banyak sekali salahsatunya kita dapat mengetahui asal mula suatu benda itu ada,menambah wawasan,dan dengan adanya museum merupakan sarana pendidikan bagi pelajar.
    Terimakasih

    BalasHapus
  15. Nama : Putri nurwanti
    Kelas : 12 Ips 2

    Peran museum bagi pelajar bisa dikatakan sangat penting karena disana terdapat banyak sejarah yg bisa di pelajari dan di pahami di buat media pembelajaran bagi kita para pelajar. Dengan manfaat yg sangat banyak diantaranya pelajar dapat memahami pelajaran yg telah di sampaikan oleh guru dengan cara melihat langsung replika2 yg terdapat disana.

    BalasHapus
  16. Nama : Tita Rosmayanti
    Kelas:XII IPS 5

    Peran museum bagi pelajar untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan karena melihat secara nyata bukti perjuangan para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

    BalasHapus
  17. Nama:Azizah Ahmad
    Kelas:XII IPS 1

    Peran Museum bagi pelajar bisa disebut sangat penting karena di dalam Museum terdapat banyak jejak sejarah dan bukti sejarah yang bisa di pelajari karena sejarah adalah guru kehidupan.
    Manfaat Museum yaitu: menambah pengetahuan, informasi dan wawasan tentang adanya bukti sejarah, belajar tentang peristiwa peristiwa pada masa lampau,dan bisa meningkatkan rasa nasionalisme.

    BalasHapus
  18. Nama :Nesa Agnesa
    Kelas:XII IPS 3

    Kata museum bagi pelajar
    kata museum terlintas sesuatu yang kuno dan tua, bahkan cenderung tidak menarik. Baik bagi anak-anak maupun orang dewasa enggan berkunjung ke museum. Bila ada beberapa siswa berkunjung ke suatu museum, biasanya karena tugas dari sekolah atau sekedar melengkapi paket wisata pada suatu kegiatan rekreasi.

    Meskipun masih ada komunitas anak muda atau kelompok yang gemar berkunjung ke beberapa museum, namun jumlahnya tidaklah banyak. Artinya, belum tentu di setiap kota ada komunitas serupa.

    BalasHapus
  19. Nama: Muhammad Rifqi
    Kls : 12 ips4

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting karena dengan berkunjung ke museum kita dapat melihat secara lebih nyata mengenai berbagai pengetahuan, sehingga kita dapat pemahaman lebih dan pengalaman belajar yang mengasyikan.

    BalasHapus
  20. Nama:Risna lestari
    Kelas:12 IPS 2

    Peran museum sangat penting bagi masyarakat terutama bagi pelajar karena mereka akan lebih memahami materi yang mereka pelajari dengan di kombinasikan melihat koleksi yang ada di museum sehingga mereka akan mendapat gambaran dari teori yang mereka pelajari,misalnya mereka belajar tentang sejarah G30 S/PKI dan mereka melihat baju yang di pakai oleh pahlawan korban pemberontakan PKI atau melihat gambaran patung orang orang yg sedah di siksa,sehingga mereka akan lebih paham mengenai apa yg mereka pelajari dengan melihat bukti nyatanya(wujudnya).sehingga akan lebih mudah di ingat dan di mengerti.

    BalasHapus
  21. Nama:Faiz Nurfadilah
    Kelas:XII IPS 3

    Peran museum sangatlah peting bagi pelajar karena dengan adanya museum kita dapat belajar masalah atau kejadian di masa lampau yang tidak kita ketahui

    BalasHapus
  22. Nama:Niki Nurcahyani
    kelas:XII ips 3

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting karna dengan kita berkunjung ke museum kita akan mendapatkan pengetahuan dam informasi dan meningkatkan rasa nasionalisme dwn kebangsaan karna melihat secara nyata bukti para pejuang dalam merebut dan mepertahankan kemerdekaan.

    BalasHapus
  23. Nama: adam mulyana
    Kelas:XII IPS 1

    Peran museum bagi pelajar sangat lah penting karena menjadi salah satu penambahan wawasan tentang ilmu sejarah.
    Manfaatnya yaitu:
    -menjadi tahu kejadian di masa lampau
    -sebagai bukti nyata kejdian di masa lampau yg berupa barang atau catatan
    -sebagai pelajaran agar tidak mengulangi di masa depan

    BalasHapus
  24. Nama :Wulandari
    Kelas:XII IPS 4

    Museum bagi pelajar sangat penting karena bisa Menambah pengetahuan dan informasi baru dan dapat sudut pandang waktu yang lebih jelas dan luas bisa Memberikan nuansa berbeda yang mungkin sulit bagi mereka memahami kondisi kehidupan pada masa lampau peran museum bagi pelajar akan memancing rasa ingin tahu pelajar untuk mengetahui lebih dalam lagi dan bisa Meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan

    BalasHapus
  25. Nama:Aulia Anjani
    Kelas:12 IPS 1
    Peran museum bagi pelajar sangat lah penting karena menjadi salah satu penambahan wawasan tentang ilmu sejarah.
    Manfaatnya yaitu:
    -menambah wawasan tentang ilmu sejarah
    -sebagai tempat bermain sekaligus belajar
    -seperti contohnya sejarah merdekanya indonesia,akan lebih menumbuhkan cinta tanah air dan semangat juang

    BalasHapus
  26. Musium berperan penting sebagai pengingat sejarah, serta sebagai pengetahuan. Dan ilmu bagi pelajar.
    Musium juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi para pelajar, serta bisa mengingatkan kita akan pentingnya sejarah

    BalasHapus
  27. Nama : Iya Nurhalimah
    Kelas : 12 ipa 2

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting dan sangat bermanfaat,karena dapat menambah wawasan pengetahuan dan informasi dan dengan adanya museum ini pelajar dapat menambah rasa nasionalisme yang tinggi.Dan terdapat jejak jejak sejarah baik dari seperti adanya baju ketika para pahlawan memakainya atau benda benda lain yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.

    •Manfaat dari museum adalah
    - menambah wawasan
    - mengenal lebih benda/peristiwa di masa lampau
    - belajar dan melestarikan budaya/peninggalan yang masih ada
    - memberi pengalaman yang baru

    BalasHapus
  28. Izin menjawab pak

    Peranan musieum merupakan tempat untuk menyimpan sejarah yang telah lampau,museum juga sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  29. Nama : Dean Adikara
    Kelas : 12 IPA 1

    Peran museum sangatlah penting dan bermanfaat bagi pelajar, dikarenakan dapatnya menambah wawasan, ilmu, pengetahuan, dan informasi bagi pelajar.

    Manfaat dari adanya museum adalah:
    -menambah pengetahuan dan informasi
    -sebagai referensi visual
    -menimbulkan rasa ingin tahu dan imajinasi
    -meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan

    BalasHapus
  30. Nama ; Delia Putri
    Kelas; 12 Ipa 4

    Museum berperan penting dalam memberikan informasi tentang perkembangan pendidikan nasional baik secara horisontal atau vertikal, baik jenis maupun jenjang pendidikan melalui berbagai koleksi, simbol, dan dokumen yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun serta menambah dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang bersifat edukatif-rekreatif.
    # Manfaat museum bagi pelajar
    1.Menambah pengetahuan
    2.Sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme
    3.Menumbuhkembangkan semangat dan komitmen untuk selalu memperhatikan dan berkreasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

    BalasHapus
  31. Peran museum bagi pelajar sangatlah penting untuk mengetahui informasi dimasa lampau dengan bukti bukti yang benar adanya.
    Manfaat museum bagi pelajar yaitu:
    -menambah wawasan dan ilmu sejarah
    -sebagai tempat belajar sekaligus tempat rekreasi

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Nama:Ica salsabila
    Kelas:12 IPA 1

    Peran museum sangatlah penting bagi para pelajar karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan secara lebih luas lagi mengenai apa yang dipelajari.
    Manfaat museum antara lain:
    -menambah pengetahuan dan informasi
    -menambah wawasan
    -sebagai reverensi visual

    BalasHapus
  34. Nama : Desi
    Kelas: XII-IPA1



    Peran dan manfaat museum bagi pelajar , yaitu:
    1. Menambah pengetahuan dan informasi
    2. Sebagai referensi visual
    3. Mendapat perspektif/sudut pandang waktu yang lebih jelas dan luas.
    4. Memberikan nuansa berbeda.
    5. Menimbulkan rasa ingin tahu dan memancing imajinasi siswa/i
    6. Interaksi dengan banyak dan beragam orang.
    7. Membantu menemukan minat siswa/i
    8. Meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan.

    BalasHapus
  35. Nama : Chalista Azqia Luthfiani
    Kelas: XII IPA 3

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting,karena museum dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang masa masa lampau/sejarah.

    •Manfaat dari museum adalah
    -untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang masa lampau
    - mengetahui peristiwa dimasa lampau
    - sebagai sarana belajar/edukasi mengenai peristiwa peninggalan masa lampau
    - sebagai sarana rekreasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Tiara Amelia
      Kelas: XII IPA 4

      Peran museum sangatlah penting dan bermanfaat bagi pelajar, dikarenakan dapatnya menambah wawasan, ilmu, pengetahuan, dan informasi bagi pelajar.

      Manfaat dari museum yaitu:
      -menambah wawasan tentang ilmu sejarah
      -sebagai tempat bermain sekaligus belajar
      -seperti contohnya sejarah merdekanya indonesia,akan lebih menumbuhkan cinta tanah air dan semangat juang.

      Hapus
  36. Nama:Wida Renita
    Kelas:12 IPA 1

    peran museum sangatlah penting bagi pelajar dan sangat bermanfaat juga.Karena museum sebagai pengingat sejarah dan bisa menambah wawasan,pengetahuan dan informasi baru bagi pelajar.

    BalasHapus
  37. Nama : Daris Tri Saputra
    Kelas : XII IPA 2

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting,karena museum dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang masa masa lampau,dan dapat mengetahui informasi dengan bukti yang ada

    •Manfaat dari museum adalah
    - sebagai sarana belajar tentang sejarah
    - menambah wawasan dan pengetahuan
    - sarana rekreasi
    - meningkatkan rasa nasionalisme

    BalasHapus
  38. Nama: Nadia Pitaloka Nirmala Dewi
    Kelas: 12 IPA 4

    Peran dan manfaat museum bagi pelajar sangat penting, karena meseum dapat menjadi alternatif pembelajaran sejarah yang menyenangkan, selain itu siswa dapat mengetahui benda- benda sejarah melalui replika yang ada dalam museum.

    BalasHapus
  39. Nama : Ria Zahra Andini
    Kelas : 12 IPA 2
    • Museum berperan dalam proses transformasi yang mewujudkan perkembangan struktur intelektual dan tingkat kehidupan yang membaik.
    • Museum bermanfaat untuk :
    a. Menyimpan kekayaan kebudayaan masyarakat.
    b. Menjadi tongkat kesinambungan budaya masa lalu dengan masa kini.
    c. Sebagai sumber belajar dan inspirasi masyarakat.
    d. Berfungsi untuk memberikan suasana rekreasi bagi masyarakat.
    e. Museum memiliki manfaat bagi sejarah sebagai sumber informasi mengenai kehidupan masyarakat di masa lampau.

    BalasHapus
  40. Nama : AAS ARISMA
    Kelas : XII IPA 4

    Museum berperan sangat penting bagi pelajae karena dapat memberikan informasi diwaktu lampau ketika kita mengunjunginya, selain itu museum juga mempunyai manfaat yaitu:
    1. Menambah pengetahuan dan Informasi
    2. Mendapat sudut pandang waktu yg lebih jelas dan luas
    3. Sebagai referensi Visual
    4. Memberikan nuansa yg berbeda
    5. Menimbulkan rasa ingin tahu dan memancing imajinasi anak
    6. Interaksi dengan banyak dan beragam orang
    7. Membantu menemukan minat anak
    8. Meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan

    BalasHapus
  41. Nama : Restina Anggraeni
    Kelas : 12 IPA 3

    Peran museum bagi pelajar bisa dikatakan sangat penting karena disana terdapat banyak sejarah yg bisa di pelajari dan di pahami di buat media pembelajaran bagi kita para pelajar. Dengan manfaat yg sangat banyak diantaranya pelajar dapat memahami pelajaran yg telah di sampaikan oleh guru dengan cara melihat langsung replika2 yg terdapat disana

    BalasHapus
  42. Nama : Tia Amalia Pebrianti
    Kelas : 12 IPA 1

    Menurut saya, peran museum bagi pelajar sangat penting karena memiliki banyak manfaat seperti untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai sejarah bangsa indonesia, dan menjadi jendela budaya bagi para pelajar.

    Manfaat museum bagi pelajar yaitu:
    -Menambah pengetahuan dan informasi.
    -Menimbulkan rasa ingin tahu tentang banyak hal.
    -Sarana untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme melalui dunia pendidikan.
    -Sarana pembelajaran dan penelitian.

    BalasHapus
  43. Nama : Noneng Rani
    Kelas : XII IPA 3

    Peran museum bagi pelajar itu penting, bahkan bagi peradaban masa kini. Karena karna museum lah kita dapat mengetahui kejadian-kejadian yang terjadi di masa lampau (sejarah). Serta museum juga berperan menyimpan dan menjaga sisa-sisa peninggalan atau replika manusia (pahlawan).
    Manfaatnya adalah untuk menambah luas ilmu pengetahuan dan rasa keingintahuan menjadi lebih tinggi. Dan imajinasi pelajar bisa terbuka lebar mengenai bangsa ini. Selain itu, dapat menjadi sarana rekreasi (pariwisata) dengan berlibur sambil belajar.

    BalasHapus
  44. Nama;Zia Nurhaliza
    Kelas; XII-IPA 2
    Peran museum sangat penting bagi kelangsungan belajar-mengajar karena dengan adanya museum akan menambah pengetahuan yang kita miliki tentang sejarah di masa lampau dan masih banyak lagi.
    Manfaat museum bagi pelajar:
    -Menambah pengetahuan tentang nilai sejarah
    -Menjadi sarana rekreasi dengan mendapatkan nilai sejarah dimasa lampau
    -Menambah wawasan yang luas
    -Meningkatkan rasa nasionalisme
    -Memberikan nuansa berbeda

    BalasHapus
  45. Nama: Miranti
    Keas: XII IPA1

    Peran museum sangatlah penting dan bermanfaat bagi pelajar, dikarenakan dapatnya menambah wawasan, ilmu, pengetahuan, dan informasi bagi pelajar.

    Manfaat dari museum adalah:
    1.sebagai sarana belajar tentang sejarah
    2. menambah wawasan dan pengetahuan
    3.sarana rekreasi
    4.meningkatkan rasa nasionalisme


    BalasHapus
  46. Nama: Miranti
    Keas: XII IPA1

    Peran museum sangatlah penting dan bermanfaat bagi pelajar, dikarenakan dapatnya menambah wawasan, ilmu, pengetahuan, dan informasi bagi pelajar.

    Manfaat dari museum adalah:
    1.sebagai sarana belajar tentang sejarah
    2. menambah wawasan dan pengetahuan
    3.sarana rekreasi
    4.meningkatkan rasa nasionalisme


    BalasHapus
  47. Natasya Nur S
    XII IPA 3

    •Peran museum bagi pelajar sangat penting karena museum merupakan sumber informasi yang real, disertai dengan bukti bukti fisik yang nyata terutama benda-benda yang dikoleksi dalam museum tersebut, dengan begitu pelajar bisa banyak mengetahui tentang sejarah yang terjadi di masa lalu sekaligus meningkatkan rasa ingin tahu yang lebih tentang sejarah.
    •Manfaat museum untuk pelajar:
    1.sebagai sumber informasi yang real/nyata
    2.Tempat ilmu pengetahuan
    3.sebagai sarana pendidikan sekaligus sarana rekreasi yang tidak membosankan karena disini pelajar bisa belajar sambil bermain.

    BalasHapus
  48. Nama: Yulianti Nurputri
    Kelas:XII-IPA 2


    Menurut saya peran dan manfaat Museum bagi pelajar sangat penting dan bermanfaat karena orang orang dapat mengingat dan tau sejarah oleh karena itu masyarakat bisa terinspirasi dan termotivasi dengan pengetahuan yang ada di museum juga meningkatkan rasa nasionalisme siswa

    BalasHapus
  49. Nama:Mia hanipah
    Kelas: 12 ipa 1
    peran museum sangat penting bagi pelajar, karena kejadian2 dimasa lampau terdapat di museum. Di museum para pelajar dapat melihat lebih nyata mengenai berbagai pengetahuan yang diajakarkan disekolah karena di museum semuanya diperlihatkan secara visual.berbagai manfaat dapat diperoleh oleh pelajar salah satunya menambah wawasan dan pengetahuan.

    BalasHapus
  50. Nama : Dea Kartika
    Kelas : 12 Ipa 1

    Menurut saya, museum sangat berperan penting bagi pelajar dan profesi lainnya. Karna dapat menjadikan kita lebih berjiwa nasionalisme, dan mendapatkan pengetahuan lebih luas lagi. Museum juga adalah aset negara yang harus kita jaga.

    BalasHapus
  51. AKMAL AFGANDI
    KLS 12 IPA
    2Peran museum bagi epelajar adalah sangat lah
    penting sebab dari museum para pelajar akan mengetahui wawasan lebih tinggi dan dapat melihat secara nyata atau reflika. Dan manfaat museum hampir sama dengan peran nya yaitu Menambah pengetahuan dan informasi.
    Balas

    BalasHapus
  52. Naufal Aryaputra
    12 Ipa 4

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting,karena museum dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang masa masa lampau,dan dapat mengetahui informasi dengan bukti yang ada

    •Manfaat dari museum adalah
    - sebagai sarana belajar tentang sejarah
    - menambah wawasan dan pengetahuan
    - sarana rekreasi
    - meningkatkan rasa nasionalisme

    BalasHapus
  53. Nama: Resna Pratiwi
    Kelas: XII IPA 3

    Izin menjawab pak
    Museum berperan sangat penting bagi pelajar karena dapat memberikan informasi di waktu lampau ketika kita mengunjungi nya karena dapat menjadi alternatif sejarah bagi kita untuk mengetahui nya
    Dan ada manfaatnya yaitu:
    1.Meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan
    2.Bisa berinteraksi dengan teman dan orang lain
    3.Menambah pengetahuan dan informasi
    4. Menimbulkan rasa ingin tahu dan mempelajarinya.

    BalasHapus
  54. Nama :Dilla Noviyanti
    Kelas :XII IPA 3
    manfaat museum bagi pelajar :
    -Menambah pengetahuan dan wawasan
    -Sebagai referensi visual
    -Memberikan nuansa belajar yang berbeda
    -Menimbulkan rasa ingin tahu dan memancing imajinasi
    -Mendapat sudut pandang waktu yang lebih jelas dan luas

    BalasHapus
  55. AKMAL AFGANDI
    KLS 12 IPA
    2Peran museum bagi epelajar adalah sangat lah
    penting sebab dari museum para pelajar akan mengetahui wawasan lebih tinggi dan dapat melihat secara nyata atau reflika. Dan manfaat museum hampir sama dengan peran nya yaitu Menambah pengetahuan dan informasi.
    Balas

    BalasHapus
  56. Nama : Ningrum Muthma'innah
    Kelas : 12 IPA 2
    Menurut saya museum bagi pelajar sangat berperan penting karena didalam museum tersebut kita(pelajar)bisa banyak belajar tentang sejarah, dan manfaat dari museum pun sangat banyak seperti pelajar bisa mempelajari dan memahami pelajaran dengan lebih mudah karena melihat replika replika yang ada di museum tersebut ,selain itu kita juga bisa menambah informasi dan wawasan

    BalasHapus
  57. Nama: TRISNA
    Kelas:Xll-IPA 2
    Peran museum sangat penting bagi kelangsungan belajar mengajar karena dengan adanya museum akan menambah pengalaman yang kita miliki tentang sejarah di masa lampau dan masih banyak lagi manfaat museum bagi pelajar yaitu:
    *Memberikan nuansa berbeda
    *Menambahkan wawasan yang sangat luas
    *Meningkatkan rasa nasionalisme
    *Menambahkan pengatahuan tentang nilai sejarah
    *Menjadi sarana rekreasi dengan mendapatkan nilai sejarah dimasa lampau

    BalasHapus
  58. Nama: Pani Padilah
    Kelas: XII IPA 4

    Peran museum sangatlah penting dan bermanfaat bagi pelajar, dikarenakan dapatnya menambah wawasan, ilmu, pengetahuan, dan informasi bagi pelajar.

    Manfaat dari museum yaitu:
    -menambah wawasan tentang ilmu sejarah
    -sebagai tempat bermain sekaligus belajar
    -seperti contohnya sejarah merdekanya indonesia,akan lebih menumbuhkan cinta tanah air dan semangat juang.

    BalasHapus
  59. Nama: Pepi siti sopiah
    Kelas: Kelas Xll-IBB

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting karena dengan adanya museum para pelajar dapat mengenal secara lebih nyata tentang sejarah dan kejadian dimasa lampu, kita juga dapat melihat langsung catatan dan benda /barang barang peninggalan yang ada di masa lampau.

    Manfaat museum bagi para pelajar yaitu untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme dan untuk menambah wawasan & pengetahuan.

    BalasHapus
  60. Nama : Andry Ardhiyanto Trisno Utomo
    Kelas : XII IPA 2
    Peran museum nasional bagi kalangan pelajar memang sangatlah penting terlebih kita adalah bangsa yang menjunjung tinggi Nasionalisme.
    Manfaat dari Museum Nasional yaitu :
    1. Membangkitkan jiwa nasionalisme melalui benda - benda bersejarah yang ada didalam museum
    2. Tahu akan benda - benda bersejarah yang telah ditinggalkan beberapa tahun silam
    3. Mendapatkan pengetahuan baru
    4. Mengubah pola pikir bahwa benda - benda bersejarah itu sangatlah penting untuk dijaga dan dilestarikan karena harganya yang tidak ternilai.

    BalasHapus

  61. Nama: Putri Mulyawati
    Kelas: XII IPA 4

    Menurut saya, peran museum sangat penting bagi kelangsungan belajar-mengajar karena dengan adanya museum akan menambah pengetahuan yang kita miliki tentang sejarah dan masih banyak lagi.
    Manfaat museum bagi pelajar yaitu menambah pengetahuan tentang nilai sejarah,menjadi sarana rekreasi tapi masih bisa belajar,mengetahui perkembangan sejarah
    ,memberikan manfaat yang baik bagi masa depan.

    Balas

    BalasHapus
  62. Nama: Pepi siti sopiah
    Kelas: Kelas Xll-IBB

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting karena dengan adanya museum para pelajar dapat mengenal secara lebih nyata tentang sejarah dan kejadian dimasa lampu, kita juga dapat melihat langsung catatan dan benda /barang barang peninggalan yang ada di masa lampau.

    Manfaat museum bagi para pelajar yaitu untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme dan untuk menambah wawasan & pengetahuan.

    BalasHapus
  63. Nama: Pepi siti sopiah
    Kelas: Kelas Xll-IBB

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting karena dengan adanya museum para pelajar dapat mengenal secara lebih nyata tentang sejarah dan kejadian dimasa lampu, kita juga dapat melihat langsung catatan dan benda /barang barang peninggalan yang ada di masa lampau.

    Manfaat museum bagi para pelajar yaitu untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme dan untuk menambah wawasan & pengetahuan.

    BalasHapus
  64. Nama : Neng Kinkin
    Kelas: 12 IPA 4

    Museum sangat berperan penting bagi pelajar karena di dalam museum terdapat banyak benda yang sangat bersejarah,dan sebagai pelajar kita akan mendapat wawasan yang lebih luas lagi tentang kehidupan masa lampau dan membuktikan nya dengan benda yang ada di museum bahwa memang kejadian di masa lampau benar-benar terjadi.

    Manfaat museum bagi pelajar yaitu sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme melalui dunia pendidikan, menambah pengetahuan dan informasi,serta menimbulkan rasa ingin tahu dan ingin mempelajarinya.

    BalasHapus
  65. Nama: Pepi siti sopiah
    Kelas: Kelas Xll-IBB

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting karena dengan adanya museum para pelajar dapat mengenal secara lebih nyata tentang sejarah dan kejadian dimasa lampu, kita juga dapat melihat langsung catatan dan benda /barang barang peninggalan yang ada di masa lampau.

    Manfaat museum bagi para pelajar yaitu untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme dan untuk menambah wawasan & pengetahuan.

    BalasHapus
  66. Nama:Laelasari
    Kelas:XII IPA 1
    Manfaat museum bagi pelajar:
    -Menambah pengetahuan dan informasi
    -Memberikan nuansa berbeda
    -Meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan
    -Menambah pengetahuan tentang nilai sejarah
    -Tempat ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  67. Nama: Siti Sopiah
    Kelas: 12 IPA 3

    Peran museum sangat penting untuk pelajar karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan informasi di masa lampau, Mendapat sudut pandang yang jelas tentang sejarah dan menimbulkan rasa ingin tahu.
    Adapun manfaat nya yaitu:
    1. Bisa berinteraksi dengan orang lain
    2. Menambah pengetahuan
    3. Meningkatkan rasa nasionalisme.

    BalasHapus
  68. Nama : Nur Anisa
    Kelas :XII IPA 4
    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting dan sangat bermanfaat,karena dapat menambah wawasan pengetahuan dan informasi dan dengan adanya museum ini pelajar dapat menambah rasa nasionalisme yang tinggi.Dan terdapat jejak jejak sejarah baik dari seperti adanya baju ketika para pahlawan memakainya atau benda benda lain yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.

    •Manfaat dari museum adalah
    •menambah wawasan
    •mengenal lebih benda/peristiwa di masa lampau
    •belajar dan melestarikan budaya/peninggalan yang masih ada
    •memberi pengalaman yang baru

    BalasHapus
  69. Peran museum bahi pelajar adalah sebagai wadah pengetahuan dan kenangan atau dokumentasi dari sejarah isi dari museum itu sendiri yang memberikan informasi diwaktu lampau ketika kita mengunjunginya,
    manfaat museum yaitu
    Menambah pengetahuan dan Informasi
    Mengenang mahakrya jaman dulu
    Menimbulkan rasa ingin tahu dan memancing imajinasi anak
    Interaksi dengan banyak dan beragam orang
    Meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan

    BalasHapus
  70. Nama : Santi Melani
    Kelas : 12 IPA 4

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting karena dapat menambah wawasan sekaligus melihat lebih nyata mengenai berbagai peninggalan bersejarah peristiwa terdahulu.
    Manfaat dari museum bagi pelajar yaitu
    1. Mendapatkan ilmu pengetahuab dan pemahaman tentang peristiwa terdahulu melalui peninggalan bersejarahnya.
    2. Mengubah pola pikir pelajar bahwa leninggalan yang asa di museum itu sangat berharga dan patut di jaga.
    3. Membangkitkan semangat juang pelajar dalam menggapai cita cita untuk memajukan bangsa.

    BalasHapus
  71. Tina Siti Sopiani
    12 IPA 3

    Peran museum bagi pelajar sangat penting karena melalui benda yang dipamerkannya,pengunjung dapat belajar tentang nilai dan kehidupan generasi pendahulu sebagai bekal di masa kini dan gambaran untuk kehidupan di masa mendatang.
    •Manfaat museum untuk pelajar :
    -menambah pengetahuan dan informasi
    -menjadi sarana pendidikan dan rekreasi
    -menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebangsaan

    BalasHapus
  72. Nama : Siti Nurjanah
    Kelas : XII - IBB

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting karena dengan adanya museum para pelajar dapat mengenal secara lebih nyata tentang sejarah dan kejadian dimasa lampu, kita juga dapat melihat langsung catatan dan benda /barang barang peninggalan yang ada di masa lampau.
    Sedangkan manfaat Museum bagi pelajar adalah meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan karena melihat secara nyata bukti perjuangan para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Salsa Azahra
      Kelas : 12 IPA 3

      Peran museum bagi pelajar adalah sebagai wadah pengetahuan yang artinya museum sangatlah penting bagi pelajar
      Benda-benda koleksi yang dipamerkan harus dirancang sedemikian rupa termasuk menunjukkan adanya isu-isu masa kini yang berjalan dengan fakta sejarah

      Manfaat museum untuk pelajar
      - sebagai referensi secara visual
      - mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan
      - bisa menjadi tempat rekreasi

      Hapus
  73. Nama: Salma Arif sanita putri
    Kelas;XII-IPA2
    Peran meseum bagi pelajar sangat penting karna untuk menambah wawasan dan berbagi peninggalan bersejarah peristiwa dahulu.
    °manfaat meseum untuk pelajar yaitu:
    -berkunjung ke museum anak-anak dapat melihat secara lebih nyata mengenai berbagai pengetahuan yang diajarkan di sekolah karena di museum semuanya diperlihatkan secara visual.
    -mereka mendapat pemahaman lebih dan pengalaman belajar yang lebih mengasyikkan.
    -Menambah pengetahuan tentang nilai sejarah

    BalasHapus
  74. Nama:Wulan Rahmawati
    Kelas:12 Mia 1

    Peranan musieum merupakan tempat untuk menyimpan sejarah yang telah lampau,museum juga sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan.
    Manfaat museum antara lain:
    -menambah pengetahuan dan informasi
    -menambah wawasan
    -sebagai reverensi visual

    BalasHapus
  75. Nama :Salwa Salsabila
    Kelas:XII IPA 1

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting,karena museum dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang masa masa lampau/sejarah.

    •Manfaat dari museum adalah
    -untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang masa lampau
    - mengetahui peristiwa dimasa lampau
    - sebagai sarana belajar/edukasi mengenai peristiwa peninggalan masa lampau

    BalasHapus
  76. Nama:windi fitrinai
    Kelas:XII IPA 1

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting,karena museum dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang masa masa lampau,dan dapat mengetahui informasi dengan bukti yang ada

    •Manfaat dari museum adalah
    - sebagai sarana belajar tentang sejarah
    - menambah wawasan dan pengetahuan
    - sarana rekreasi
    - meningkatkan rasa nasionalisme

    BalasHapus
  77. Nama :Salwa Salsabila
    Kelas:XII IPA 1

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting,karena museum dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang masa masa lampau/sejarah.

    •Manfaat dari museum adalah
    -untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang masa lampau
    - mengetahui peristiwa dimasa lampau
    - sebagai sarana belajar/edukasi mengenai peristiwa peninggalan masa lampau

    BalasHapus
  78. Nama : Fenti Fatmawati
    Kelas : XII IPA 3

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting, karena dapat menambah wawasan pengetahuan dan informasi. Museum juga dapat dijadikan sebagai sumber belajar dan sarana pendidikan karakter.

    Manfaat museum bagi pelajar diantaranya :
    - Menambah wawasan
    - ‎Mengetahui perjalanan dan sejarah bangsa
    - ‎Mengetahui benda yang ada pada peristiwa di masa lampau
    - ‎Menambah rasa keingintahuan
    - ‎Meningkatkan rasa Nasionalisme

    BalasHapus
  79. Nama:Kiki sartika
    Kelas:XII IBB
    Peran musuim bagi pelajar sangatlah penting karena dengan adanya musuim,
    Dapat menambah wawasan dan ilmu baru untuk kita.dari memperkenalkannya sejarah atau peristiwa di masa lalu.
    Manfaat musuim bagi seorang pelajar dapat menyembuhkannya rasa
    Nasionalisme dan cinta tanah air bagi seorang pelajar maupun masyarakat.

    BalasHapus
  80. Nama:Kiki sartika
    Kelas:XII IBB
    Peran musuim bagi pelajar sangatlah penting karena dengan adanya musuim,
    Dapat menambah wawasan dan ilmu baru untuk kita.dari memperkenalkannya sejarah atau peristiwa di masa lalu.
    Manfaat musuim bagi seorang pelajar dapat menyembuhkannya rasa
    Nasionalisme dan cinta tanah air bagi seorang pelajar maupun masyarakat.

    BalasHapus
  81. Hilda wulan cahyani XII IPA 1

    Menurut saya Peran Museum bagi pelajar bisa disebut sangat penting karena di dalam Museum terdapat banyak jejak sejarah dan bukti sejarah yang bisa di pelajari karena sejarah adalah guru kehidupan.
    Manfaat Museum yaitu: menambah pengetahuan, informasi dan wawasan tentang adanya bukti sejarah, belajar tentang peristiwa peristiwa pada masa lampau,dan bisa meningkatkan rasa nasionalisme.

    BalasHapus
  82. Siti patimah xii ibb



    Peran museum sangat penting bagi pendidikan dan kebudayaan, mendapat wawasan dan ilmu baru dan tentunya sejarah .manfaat museum antara lain:
    1.mendapat pengetahuan dan wawasan
    2. Mendapat referensi visual
    3.rekreasi dan hiburan

    BalasHapus

  83. Peran museum bagi pelajar sangatlah penting dan sangat bermanfaat,karena dapat menambah wawasan pengetahuan dan informasi dan dengan adanya museum ini pelajar dapat menambah rasa nasionalisme yang tinggi.

    Manfaat museum bagi pelajar
    -menambah wawasan
    -sebagai sarana belajar tentang sejarah

    BalasHapus
  84. MIA PURNAMA XII IPA 3

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting dan sangat bermanfaat,karena dapat menambah wawasan pengetahuan dan informasi dan dengan adanya museum ini pelajar dapat menambah rasa nasionalisme yang tinggi.

    Manfaat museum bagi pelajar
    -menambah wawasan
    -sebagai sarana belajar tentang sejarah

    BalasHapus
  85. Lulu Revalina XII IPA 4

    Peran museum bagi pelajar sangatlah penting,diantaranya:
    1.Menambah pengetahuan dan informasi
    2.Sebagai referensi visual
    3.menjadi salah satu sarana belajar tentang sejarah
    4.Menumbuhkan rasa ingin tahu
    5.Meningkatkan Rasa Nasionalisme

    BalasHapus
  86. Peran musium bagi pelajar sangat penting karena siswa atau pelajar dapat dengan mudah memahami materi dengan melihat langsung benda/peninggalan-peninggalan di masa lampau

    BalasHapus
  87. Manfaat musium bagi pelajar
    1. Sebagai referensi visual
    2. Meningkatkan rasa nasionalisme
    3.menambah pengalaman pelajar

    BalasHapus
  88. Manfaat musium bagi pelajar sangat penting karena dapat menambah wawasan dan juga bisa melihat benda yang langka atau sudah punah dan mengetahui sejarah

    BalasHapus
  89. Nama : Astri Maharani
    Kelas : 12 IPA 2

    Peran Museum itu sangat penting bagi pelajar bukan hanya tentang buku sejarah yang penting untuk mengetahui dimasa lalu malahan museum itu juga bisa menambah pengetahuan yang sangat luat karena dimana museum terdapat barang barang prasasti dan mengabadikan benda peninggalan sejarah supaya tidak punah.

    BalasHapus
  90. NAMA : SRI ANE
    KELAS: 12 IPA 1

    Peran Museum itu sangat penting bagi pelajar bukan hanya tentang buku sejarah yang penting untuk mengetahui dimasa lalu malahan museum itu juga bisa menambah pengetahuan dan informasi dan pengalaman yang baru

    BalasHapus
  91. Nama: Kansa Adhia Putri
    Kelas: 12 IPA 2
    Peran museum sangat penting bagi kelangsungan belajar-mengajar karena dengan adanya museum akan menambah pengetahuan yang kita miliki tentang sejarah di masa lampau dan masih banyak lagi.
    Manfaat museum bagi pelajar:
    -Menambah pengetahuan tentang nilai sejarah
    -Menjadi sarana rekreasi dengan mendapatkan nilai sejarah dimasa lampau
    -Menambah wawasan yang luas
    -Meningkatkan rasa nasionalisme
    -Memberikan nuansa berbeda

    BalasHapus
  92. Nama : Rinrin Triana
    Kelas: XII IPA 3


    Museum berperan penting bagi parapelajar karena dengan adanya museum para pelajar akan mengetahui hal yang baru dan wawasan yang luas

    Manfaat museum bagi para pelajar:
    •Meningkatkan rasa nasionalisme
    •Menambah pengetahuan tentang nilai sejarah

    BalasHapus
  93. Peran museum Nasional Sangat penting untuk para pelajar karena memiliki banyak manfaat yang bisa kita ambil diantaranya; menambahnya pengetahuan tentang sejarah,mengetahui perkembangan sejarah dari masa ke masa,memberikan manfaat yang baik bagi masa yang akan datang

    BalasHapus
  94. Peran meseum bagi pelajar sangat penting karna untuk menambah wawasan dan berbagi peninggalan bersejarah dal peristiwa dahulu.
    *manfaat meseum untuk pelajar yaitu:
    .berkunjung ke museum anak-anak dapat melihat secara lebih nyata mengenai berbagai pengetahuan yang diajarkan di sekolah karena di museum semuanya diperlihatkan secara visual.
    .mereka mendapat pemahaman lebih dan pengalaman belajar yang lebih mengasyikkan.
    .Menambah pengetahuan tentang nilai sejarah

    BalasHapus
  95. Nama:Siti rohmah
    Kelas:12 IPA 2
    Peran meseum bagi pelajar sangat penting karna untuk menambah wawasan dan berbagi peninggalan bersejarah peristiwa dahulu.
    *manfaat meseum untuk pelajar yaitu:
    .berkunjung ke museum anak-anak dapat melihat secara lebih nyata mengenai berbagai pengetahuan yang diajarkan di sekolah karena di museum semuanya diperlihatkan secara visual.
    .mereka mendapat pemahaman lebih dan pengalaman belajar yang lebih mengasyikkan.
    .Menambah pengetahuan tentang nilai sejarah

    BalasHapus
  96. SISKA WULANDARI
    XII IPA1

    •Peran museum bagi pelajar sangat penting karena museum merupakan sumber informasi yang real, disertai dengan bukti bukti fisik yang nyata terutama benda-benda yang dikoleksi dalam museum tersebut, dengan begitu pelajar bisa banyak mengetahui tentang sejarah yang terjadi di masa lalu sekaligus meningkatkan rasa ingin tahu yang lebih tentang sejarah.
    •Manfaat museum untuk pelajar:
    1.sebagai sumber informasi yang real/nyata
    2.Tempat ilmu pengetahuan
    3.sebagai sarana pendidikan sekaligus sarana rekreasi yang tidak membosankan karena disini pelajar bisa belajar sambil bermain.

    BalasHapus
  97. Nama:Lilis Lisnawati
    Kelas:XII IBB

    Menurut saya peran museum bagi pelajar sangat penting karena menambah wawasan yang lebih luas lagi mengenai peninggalan bersejarah dimasa lampau
    Manfaat museum bagi pelajar yaitu untuk menambah pengetahuan nilai sejarah,meningkatkan semangat kebangsaan dan nasionalisme dan mengenal lebih benda dan peristiwa dimasa lampau

    BalasHapus
  98. Nama ;Sipa Amelia
    kelas ;Xll IPA 1

    Izin menjawab pak.
    menurut pendapat saya peran museum bagi pelajar sangatlah penting karena museum merupakan sumber informasi yang real atau nyata,disertai dengan adanya bukti-bukti fisik yang ada atau nyata.
    Museum memiliki fungsi dan peranan untuk dimanfaatkan dalam
    kehidupan. Menurut Douglas (1967:145) fungsi museum mampu memberi
    semangat untuk mengembangkan gagasan. Di samping fungsinya mengumpulkan,
    mengidentifikasi, merekam dan selanjutnya memamerkan. Fungsi tersebut
    menjelasan kedudukan museum bukan sekadar pameran benda-benda mati, tetapi
    juga mengundang para sejarawan, pakar-pakar sejarah, masyarakat, guru dan
    siswa untuk menambah ilmu pengetahuan dan mendapatkan informasi nilai dari
    peninggalan sejarah tersebut.
    Museum dalam kaitannya dengan peninggalan sejarah atau sebagai
    warisan budaya adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan,
    dan pemanfaatan bukti materil hasil budaya serta alam dan lingkungannya guna
    menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa (Pasal 1.
    (1). PP. No. 19 Tahun 1995). Dalam kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan
    kebudayaan, pada umumnya museum mempunyai arti yang sangat luas. Koleksi
    museum merupakan bahan atau objek penelitian ilmiah. Museum bertugas
    mengadakan, melengkapi dan mengembangkan tersedianya objek dan sarana
    penelitian ilmiah itu bagi siapapun yang membutuhkan. Dan museum bertugas
    melaksanakan kegiatan penelitian itu sendiri serta menyebarluaskan hasilpenelitian tersebut untuk pengembangan ilmu pengetahuan umumnya (Direktorat
    Museum, 2007:1).
    Bagi dunia pendidikan, keberadaan museum merupakan suatu yang sangat
    penting, karena keberadaannya mampu menjawab berbagai pertanyaan yang
    muncul dalam proses pembelajaran terutama berkaitan dengan sejarah
    perkembangan manusia, budaya dan lingkungannya, seperti untuk
    mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa salah satunya adalah dengan
    menggunakan museum sebagai sumber pembelajaran Sejarah. Kegiatan
    pembelajaran yang dilakukan di museum merupakan sarana bagi munculnya suatu
    gagasan dan ide baru karena pada kegiatan ini siswa dirangsang untuk
    menggunakan kemampuannya dalam berfikir kreatif secara optimal.
    Adapun manfaat museum sebagai berikut ;1. Manfaat teoritis
    Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti dan guru
    sejarah dalam memperoleh gambaran upaya mengembangkan kemampuan berfikir
    kreatif pada diri siswa melalui pemanfaatan museum sebagai sumber
    pembelajaran sejarah.
    2. Manfaat praktis
    a. Sebagai masukan bagi guru sejarah di Kabupaten/Kota Cirebon dan sekitarnya
    bahwa betapa bermanfaatnya museum sebagai sumber pembelajaran sejarah
    b. Untuk mendorong pemerintah kabupaten/kota Cirebon betapa pentingnya
    museum sebagai sumber pembelajaran sejarah, sehingga dapat dibuat suatu
    kebijakan yang mendukung pemanfaatan museum sebagai sumber
    pembelajaran sejarah di Kabupaten /Kota Cirebon.

    BalasHapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. Nama:Hepi Hapidoh
    Kelas:XII-IPA 4
    Mengujungi musium bagi anak pelajar seperti siswa siswi sangat penting karena bisa meningkatkan pemahaman para pelajar siswa siswi dalam peninggalan sejarah dan menambah wawasan untuk para siswa siswi dan memberikan manfaat bagi para siswa siswi di masa depan yang akan datang nanti.
    Manfaat mengunjungi musium itu sbb:
    1.bisa berintraksi dengan org lain
    2.menambah wawasan
    3.memberi pengalaman yang baru dll.

    BalasHapus
  101. Nama: Didah Maulida
    Kelas: XII IPS 1

    Menurut saya peran museum nasional bagi para pelajar sangatlah penting, karena bisa meningkatkan pemahaman para pelajar akan sejarah dan menambah wawasan untuk para pelajar tentang sejarah

    BalasHapus
  102. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  103. Siap berkunjung ke museum untuk menambah wawasan...

    BalasHapus
  104. Nama: Viona Melati Dewanti
    Kelas:XII IPA 4

    Peran Museum bagi pelajar bisa disebut sangat penting karena di dalam Museum terdapat banyak jejak sejarah dan bukti sejarah yang bisa di pelajari karena sejarah adalah guru kehidupan.
    Manfaat Museum yaitu: menambah pengetahuan, informasi dan wawasan tentang adanya bukti sejarah, belajar tentang peristiwa peristiwa pada masa lampau,dan bisa meningkatkan rasa nasionalisme.

    BalasHapus
  105. Nama:Eneng Siti maesaroh
    Kelas:12 IPS 1

    Izin menjawab pak menurut Saya peran musium nasyonal bagi pelajar sangatlah penting karena di dalamnya terdapat banyak sejarah.
    Manfaatnya:dapat menambah wawasan,pengetahuan Dan pengalaman bagi yang mengunjunginya.

    BalasHapus
  106. Nama:Eneng Siti maesaroh
    Kelas:12 IPS 1

    Izin menjawab pak menurut Saya peran musium nasyonal bagi pelajar sangatlah penting karena di dalamnya terdapat banyak sejarah.
    Manfaatnya:dapat menambah wawasan,pengetahuan Dan pengalaman bagi yang mengunjunginya.

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  108. Nama:Eneng Siti maesaroh
    Kelas:12 IPS 1

    Izin menjawab
    pak menurut Saya peran musium nasyonal bagi pelajar sangatlah penting karena di dalamnya terdapat banyak sejarah.
    Manfaatnya:dapat menambah wawasan,pengetahuan Dan pengalaman bagi yang mengunjunginya.

    BalasHapus
  109. Nama : helma fitriyani
    Kelas: 12 IPS 5

    Menurut saya peran musium sangat lah penting karna dapat menambah wawasan dan mengetahui tentang banyak sekali sejarah dan juga dapat menabah pengalaman bagi pelajar

    BalasHapus
  110. Nama:Alfian Rizki Saputra
    Kelas:XII - IPS 3

    Siedoo
    Type your search query and hit enter:
    Type Here
    OPINI
    Manfaat Berkunjung ke Museum Bagi Siswa
    Manfaat Berkunjung ke Museum Bagi Siswa


    Siedoo, MENDENGAR kata museum terlintas sesuatu yang kuno dan tua, bahkan cenderung tidak menarik. Baik bagi anak-anak maupun orang dewasa enggan berkunjung ke museum. Bila ada beberapa siswa berkunjung ke suatu museum, biasanya karena tugas dari sekolah atau sekedar melengkapi paket wisata pada suatu kegiatan rekreasi.

    Meskipun masih ada komunitas anak muda atau kelompok yang gemar berkunjung ke beberapa museum, namun jumlahnya tidaklah banyak. Artinya, belum tentu di setiap kota ada komunitas serupa.

    Padahal begitu banyak manfaat yang bisa dipelajari saat berkunjung ke berbagai jenis museum yang ada. Seperti: 1) Museum Seni; 2) Museum arkeologi; 3) Museum Biografi: 4) Museum Anak: 5) Museum Universal; 6) Museum Sejarah; 7) Museum Maritim; 8) Museum Transportasi; 9) Museum Militer, dan sebagainya.

    Beberapa manfaat berkunjung ke museum bagi siswa antara lain:

    Menambah pengetahuan dan informasi
    Tidak dapat dipungkiri dengan berkunjung ke museum akan menambah wawasan, pengetahuan, dan informasi baru. Ada banyak jenis museum mulai dari museum sejarah, museum arkeologi, museum seni, hingga museum anak. Semuanya menawarkan wawasan dan pengetahuan yang berbeda namun menarik untuk diketahui.

    BalasHapus
  111. Nama:Risma Yanti
    Kelas: XI-IPS 5
    berkunjung ke museum dapat menambah ilmu pengetahuan dan menambah wawasan ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  112. Nama:Risma Yanti
    Kelas:XII IPS 5
    berkunjung ke museum dapat menambah ilmu pengetahuan dan menambah wawasan ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  113. Dedeh jubaedah
    XII- IBB


    Peran museum Nasional bagi para pelajar sangatlah penting karena memiliki banyak manfaat yang bisa kita ambil diantar, menambahnya pengetahuan tentang sejarah,mengetahui perkembangan sejarah dari masa ke masa,memberikan manfaat yang baik bagi masa yang akan datang

    BalasHapus
  114. Nama: Amelia
    Kelas: 12 IPS 2
    Peran museum bagi pelajar sangat lah penting karena menjadi salah satu penambahan wawasan tentang ilmu sejarah.
    Manfaatnya yaitu:
    -menambah wawasan tentang ilmu sejarah
    -sebagai tempat bermain sekaligus belajar
    -seperti contohnya sejarah merdekanya indonesia,akan lebih menumbuhkan cinta tanah air dan semangat juang

    BalasHapus
  115. Nama: Neng tita komala dewi
    kelas : 12 ips4

    Museum sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama pelajar. Sebagai salah satu aset berharga milik negara yang tentunya harus kita jaga karena menjadi sarana rekreasi yang menambah wawasan serta pengetahuan,menumbuhkan jiwa nasionalisme,menumbuhkan semangat juang untuk menghadapi masa yang akan datang.

    BalasHapus
  116. Nama: Yoga Nugraha
    Kelas: XII IPS 5

    Menurut saya, peran museum sangat penting bagi kelangsungan belajar-mengajar karena dengan adanya museum akan menambah pengetahuan yang kita miliki tentang sejarah dan masih banyak lagi.
    Manfaat museum bagi pelajar:
    •Menambah pengetahuan tentang nilai sejarah
    •menjadi sarana rekreasi tapi masih bisa belajar
    •mengetahui perkembangan sejarah
    •memberikan manfaat yang baik bagi masa depan

    BalasHapus
  117. NAMA:Dodi Darmawan
    Kelas:XII IPA 3

    Mengunjungi Musium Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Peninggalan sejarah menambah wawasan untuk para pelajar mempelajari sejarah manfaatnya memberikan manfaat yang baik untuk masa depan

    BalasHapus
  118. NAMA:YANA MULYANA HIKMAH
    KELAS:XII IPS 2

    Menurut saya, peran museum sangat penting bagi kelangsungan belajar mengajar karena adanya museum akan menambah pengetahuan yang kita miliki tentang sejarah dan masih banyak lagi.
    -menambah pengetahuan tentang nilai sejarah
    -menjadi sarana rekreasi tapi masih bisa belajar
    -mengetahui perkembangan sejarah
    -memberi manfaat yang baik bagi masa depan .

    BalasHapus
  119. Nama : helma Fitriyani
    Kelas :12 IPS 5

    Menurut saya, peran museum bagi pelajar sangat penting karena memiliki banyak manfaat seperti untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai sejarah bangsa indonesia, dan menjadi jendela budaya bagi para pelajar.

    Manfaat museum bagi pelajar yaitu:
    -Menambah pengetahuan dan informasi.
    -Menimbulkan rasa ingin tahu tentang banyak hal.
    -Sarana untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme melalui dunia pendidikan.
    -Sarana pembelajaran dan penelitian.

    BalasHapus