Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X

 

    Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Pentingkah peran manusia dalam sejarah ? bagaimana manusia menjadi penggerak sejarah ? apa sejarah itu ?. Konsep penting dalam sejarah adalah ruang dan waktu. Setelah mempelajari materi ini siswa mampu mengidentifikasi kehidupan manusia dalam ruang dan waktu dalam perubahan dan keberlanjutan. Juga dapat memahami hubungan antara manusia dan sejarah. 

    Secara etimologis sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu Syajarotun yang artinya pohon. sebagai sumber kehidupan, pohon dari akar hingga daunnya saling berkaitan. Manusia memiliki rasio dan akal budi untuk berfikis, mengingat, dan merefleksikan pengalaman hidupnya untuk menggapai cita-cita yang diwujudkan dalam tindakan nyata demi kemajuan dan perkembangannya. 

    Lingkungan alam tidak dapat dipungkiri ikut menentukan gerak sejarah, seperti iklim di Indonesia yang membentuk corak kehidupan masyarakatnya seperti mata pencaharian, sistem kepercayaan, pandangan hidup, dan teknologi. Lingkungan alam tidak menentukan gerak sejarah manusia, tetapi hanya mempengaruhi sejarah manusia.

       Silakan kunjungi juga videonya di Portal Rumah Belajar dan berikan komentar atas penjelasannya

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/32c49c6069eb447582ff760dd9eb9fcc 

    Setelah mengikuti materi diatas, bagaimana peran aktif manusia saat ini sebagai penggerak sejarah dalam kehidupan bermasyarakat ? silakan isi di kolom komentar ya

65 komentar untuk "Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X"

  1. Keren blognya pak..sangat bermanfaat informasinya

    BalasHapus
  2. Waktu sekolah dulu saya suka pelajaran sejarah pak. Tapi entah kenapa nilai saya jarang bagus. Yang selalu dapat nilai bagus adalah teman saya yang jawabannya panjang-panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu untuk penilaian memang jika essay ada beberapa kata kunci yang guru ambil, saya pribadi tidak melihat panjang pendek, jika 5 paragraf tapi kuncinya belum tercapai, tapi 3 paragraf dengan kunci jawaban yang tepat itu nilainya lebih optimal

      Hapus
  3. Mantap blognya Pak....nitip channel yah Pak siapa tahu bisa berkembang seperti Bapak
    https://youtube.com/channel/UC5NDBgXdVSFGqJKhiTDYuNg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti bahwa manusia adalah pelaku sejarah.

      Hapus
  4. Hubungan antara sejarah dan manusia sangat mutlak dan erat sebab manusia harus belajar dari sejarah itu sejarah adalah pelajaran seperti kata Presiden kita yaitu Ir. Soekarno JAS MERAH (jangan srkali-kali melupakan Sejarah);)

    Siti Nurohmah
    X-IPA2

    BalasHapus
  5. JAWABAN:Hubungan antara manusia dengan sejarah sangat mutlak dan erat sebab manusia harus belajar dari sejarah., Misalnya mengenang para pahlawan

    BalasHapus
  6. Nama:ahmad sobana
    Kelas:x ips 1

    BalasHapus
  7. Nama: AKMAL KHOERUN VIE ALVISYAH
    Kelas:X IPA 4

    BalasHapus
  8. Nama : DELA NOVERA
    kelas : X ipa 3

    Jawaban : Hubungan manusia dan sejarah
    Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yg bersifat mutlak, mutlak itu sendri mempunyai arti utuh,genap,dan tidak terbatas. Karena dalam sejarah manusia berperan sebagai subjek dan objek,jadi manusia sebagai subjek itu bahwa manusia adalah perilaku sejarah, nah dari sjarah²itu adalah perilaku manusia.

    BalasHapus
  9. JAWABAN:Hubungan antara manusia dengan sejarah sangat mutlak dan erat sebab manusia harus belajar dari sejarah., Misalnya mengenang para pahlawan
    INGAT JAS MERAH JANGAN SEKALI KALI MELUPAKAN SEJARAH!!! 🙂

    BalasHapus
  10. Nama:fitria durotun navisah
    Kls:10 ipa 1

    BalasHapus
  11. Nama: Arisanti Rahayu
    Kelas:X IPA 1

    Hubungan manusia dengan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak,sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek.Manusia sebagai objek sejarah berarti bahwa manusia adalah pokok pembicaraan, penelitian dan sebagainya dalam sejarah.sedangkan manusia sebagai subeks artinya adalah bahwa manusia oelaku sejarah.

    BalasHapus
  12. Nama:Cep Muslim
    Kelas X ipa4


    Jawaban:Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti bahwa manusia adalah pelaku sejarah.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Keterkaitan konsep ruang dan waktu dalam sejarah yaitu manusia sebagai pelaku sejarah memiliki unsur penting yaitu ruang dan waktu serta segala aktivitas manusia pasti berlangsung bersamaan dangan tempat dan waktu kejadian/peristiwa.

    BalasHapus
  15. Nama: Siti Saripah
    Kelas : X ips 1
    Jawaban:
    Hubungan manusia dengan sejarah mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Hubungan yang paling sederhananya antara manusia dengan sejarah adalah bahwa manusia merupakan obyek sekaligus pelaku (subyek) dalam sejarah

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  17. Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti bahwa manusia adalah pelaku sejarah.



    Nama:Sania puspa indah
    Kelas:X ipa1

    BalasHapus
  18. NAMA : M DENI JS
    KELAS : X IPA 4
    JAWAB : YA jelas berhubungan sekali manusia dan sejarah karna manusia adalah pelaku utama dalam sejarah, yang sifatnya mutlak, karna manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek dalam sejarah,manusia sebagai pelaku sejarah memiliki unsur penting yaitu ruang dan waktu serta segala aktivitas manusia pasti berlangsung bersamaan dangan tempat dan waktu kejadian/peristiwa.

    Ig :@akudeniii

    BalasHapus
  19. Nama:Erik Ardiansya
    Kls:X IPA
    Hubungan manusia dan sejarah adahal yang mutlak contohnya sejarah pahlawan kita itu harus mengingat jasa jasanya.jangan sampe melupakan jasa jasa nya sekarang kita enak tinggal menikmati tapi siapa yang berjuang mereka maka dari itu jangan sampai lupa pada jasa jasa pahlawan Nasional Indonesia

    BalasHapus
  20. Nama:Nayla Callista Renata
    Kelas:X IPA 4
    manusia dan sejarah memiliki keterkaitan yang erat. manusia tanpa sejarah patut dipertanyakan eksistensi manusia sebagai makhluk hidup yang tinggal dan menetap. sejarah tanpa manusia pun menjadi kosong karena didasari oleh konsep bahwa sejarah yang ada didalamnya terdiri dari kejadian kejadian memilik manusia sebagai objeknya.

    BalasHapus
  21. Nama : Dika maulana
    Kelas : X IPS-1
    Hubungan manusia dengan sejarah memiliki ikatan yg sangat penting karna tanpa manusia sejarah tidak akan ada, sejarah pula adalah kejadian masa lampau. Begitu juga manusia adalah pelaku dalam sejarah tanpa manusia kita tidak akan mengenal apa itu sejarah.

    BalasHapus
  22. Nama:leni solihah
    Kelas:X IPA 3
    Jawab:hubungan manusia dan sejarah memiliki kaitan yang begitu erat,manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek dalam sejarah

    BalasHapus
  23. nama:sela salafiah
    kelas:X IPA 2
    jawab:hubungan antara manusia dan sejarah adalah yang sifatnya mutlak sebab dalam konteka sejarah manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek

    BalasHapus
  24. Nama:siti maryam
    Kelas:X ips 3
    Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek.

    BalasHapus
  25. Nama : Lisnawati
    Kelas: X Ipa I

    Jawab: Hubungan Sejarah dan Manusia sangat erat.Karena,sejarah merupakan pengalaman dan ingatan manusia yang diceritakan.jadi,menurut saya sejarah itu bersumber dari manusia.Sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan.

    BalasHapus
  26. Nama:siti maryam
    Kelas:X ips 3
    Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlaks, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek.

    BalasHapus
  27. Nama: Ucu Juariah
    Kelas: X IPS 3

    Jawab: hubungan manusia dan manusia sangat erat. Karena sejarah merupakan pengalaman dan ingatan manusia yang diceritakan. Jadi menurut saya sejarah itu bersumber dari Manusia sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan.

    BalasHapus
  28. Nama:risma agustina
    Kelas:x ipa 1

    Jawab:Manusia dan sejarah memiliki keterkaitan yang erat. manusia tanpa sejarah patut dipertanyakan eksistensi manusia sebagai makhluk hidup yang tinggal dan menetap. sejarah tanpa manusia pun menjadi kosong karena didasari oleh konsep bahwa sejarah yang ada didalamnya terdiri dari kejadian kejadian memilik manusia sebagai objeknya

    BalasHapus
  29. Nama:Siti Arum Yuningsih
    Kelas: X IPA 1

    Jawaban:
    Manusia dan sejarah berhubungan erat dan bersifat mutlak karena manusia dalam konteks sejarah berperan sebagai subjek sekaligus objek atau berperan sebagai pelaku sejarah.tanpa ada nya manusia sejarah tidak akan kita kenal.

    BalasHapus
  30. Nama:Meyfa Putri Sabihis
    Kelas:X IPA 4

    Jawab: Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang di kenal sebagai sejarah jelas tak ada.

    BalasHapus
  31. Syifa Sopiah(X IPA 4)

    Jawab:Hubungn manusia dan sejarah adalah hal yg sifatnya mutlak,sebab dalm konteks sejarah manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek

    BalasHapus
  32. Nama:Muhamad Rosidin
    Kelas:X IPA 3
    Jawab:Hubungan antara manusia dan sejarah adalah yang sifatnya mutlak,sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek.

    BalasHapus
  33. Hubungan antara sejarah dan manusia sangat mutlak dan erat sebab manusia harus belajar dari sejarah itu sejarah adalah pelajaran.

    Lilis lestari
    X IPA4

    BalasHapus
  34. Hubungan antara sejarah dan manusia sangat mutlak dan erat sebab manusia harus belajar dari sejarah itu sejarah adalah pelajaran.

    Lilis lestari
    X IPA4

    BalasHapus
  35. Muhammad Farhan Al Bukhori
    X IPS 4

    Jawab:hubungan antara sejarah dan manusia sangat mutlak dan erat sebab manusia harus belajar dari sejarah itu sejarah adalah pelajaran

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Nama:Saepul Ramdani
    Kelas:10-IBB
    jawabannya:Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti bahwa manusia adalah pelaku sejarah.

    BalasHapus
  38. Nama: Diana Nur Safitri
    Kelas: X Ips 1
    Hubungan manusia dengan sejarah memiliki keterkaitan yg sangt erat. manusia tanpa sejarah patut dipertanyakan eksistensi manusia sebagai makhluk hidup yang tinggal dan menetap. sejarah tanpa manusia pun menjadi kosong karena didasari oleh konsep bahwa sejarah yang ada didalamnya terdiri dari kejadian kejadian masa lampau, sebab dalam sejarah manusia berperan sebagai pelaku sejarah

    BalasHapus
  39. Nama: Jihan Sriwahyuni
    Kelas: X-IBB
    Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti bahwa manusia adalah pelaku sejarah.

    BalasHapus
  40. NAMA : MIRNA WIDIA LESTARI
    KELAS: XIBB

    Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada.

    BalasHapus
  41. Nama:SELI PUSPITA SARI
    Kelas:X IBB


    Hubungan manusia dengan sejarah memiliki keterkaitan yang erat.masusia tanpa sejarah patut di pertanyakan eksistensi manusia sebagai makhluk hidup yang tinggal dan menetap.sejarah tanpa manusia pun menjadi kosong karena didasari oleh konsep bahwa sejarah yang ada di dalam nya terdiri dari kejadian- kejadian milik manusia sebagai objek nya .

    BalasHapus
  42. nama : rani rahayu
    kelas : x ipa 1

    manusia dan sejarah memiliki hubungan dan keterkaitan yang erat, manusia adalah pelaku sejarah, dan sejarah pada hakikatnya adalah hasil perbuatan manusia, jadi keduanya tidak dapat dipisahkan karena saling berikatan satu sama lain

    BalasHapus
  43. Nama :Rizal Adhitya.S
    Kelas :X IPS 1


    jawaban:Hubungan sejarah dan manusia sangat erat,karena sejarah merupakan pengalaman dan ikatan manusia yang diceritakan.Jadi menurut saya sejarah itu bersumber dari manusia sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan

    BalasHapus
  44. Nama :Andin Agustin
    Kelas :X IPA 4


    jawaban:Hubungan sejarah dan manusia sangat erat,karena sejarah merupakan pengalaman dan ikatan manusia yang diceritakan.Jadi menurut saya sejarah itu bersumber dari manusia sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan

    BalasHapus
  45. Nama:Siti rohimah
    Kelas: X Ipa 4

    Jawaban: adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam kontesk sejarah manusia berperan sebagai subjek sekaligus objek.beberapa sejarawan berkata tanpa manusia,apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tidak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti manusia adalah pelaku sejarah.

    BalasHapus
  46. Nama;Wulansari
    Kelas;X IPA 5

    Manusia dan sejarah sangatlah berkaitan dalam hubungan di kehidupan.Manusia berperan sebagai subjek sejarah atau pelaku sejarah,sedangkan sejarah merupakan hasil perbuatan manusia.Dan sejarah meliputi kegiatan-kegiatan manusia yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa tertentu,ditempatkan dalam sebuah urutan waktu, dan terdapat keterkaitan antara peristiwa yang satu dan peristiwa lainnya.

    BalasHapus
  47. Nama:Dewi ayu santika
    Kelas:X-ips 4

    Hubungan paling sederhana antara manusia dengan sejarah adalah bahwa manusia merupakan obyek sekaligus pelaku (subyek) dalam sejarah.
    manusia sebagai obyek sejarah, mengandung arti bahwa manusia adalah pokok kajian, penelitian, bahasan, dan lain-lain dalam sejarah.
    manusia sebagai subyek sejarah, mengandung arti bahwa manusia adalah pelaku sejarah. Sejarah pada hakekatnya adalah hasil perbuatan manusia.

    BalasHapus
  48. Nama:Persel Aghfirela Estin
    Kelas:X-Ips4

    Jawaban:Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK.

    BalasHapus
  49. Nama: Muhamad Rizal Rivaldi
    Kelas:X IPS 3
    Jawaban:Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK.Tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada.

    BalasHapus
  50. Nama : Kania Herawati
    Kelas : X IPA 1


    jawaban: Hubungan sejarah dan manusia sangat erat,karena sejarah merupakan pengalaman dan ikatan manusia yang diceritakan.Jadi menurut saya didalam sejarah jika tidak ada manusia maka tidak akan ada sejarah

    BalasHapus
  51. Aditya Nurfajar
    X ips 2
    Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti bahwa manusia adalah pelaku sejarah.

    BalasHapus
  52. Aditya Nurfajar
    X IPS 2
    Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti bahwa manusia adalah pelaku sejarah.

    BalasHapus
  53. Nama:Mia Mulyani
    Kelas:X IPA5



    jawaban:Hubungan sejarah dan manusia sangat erat,karena sejarah merupakan pengalaman dan ikatan manusia yang diceritakan.Jadi menurut saya sejarah itu bersumber dari manusia sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan

    BalasHapus
  54. Nama:Yuli yanti
    Kelas:X IPA 3

    BalasHapus
  55. Nama:Yuli yanti
    Kelas:X IPA 3

    BalasHapus
  56. Nama:Riska amalia
    Kelas:X IBB

    jawabannya:Hubungan manusia dan sejarah adalah hal yang sifatnya mutlak, sebab dalam konteks sejarah manusia berperan sebagai SUBJEK sekaligus OBJEK. Beberapa sejarawan berkata tanpa manusia, apa yang dikenal sebagai sejarah jelas tak ada. Manusia sebagai subjek sejarah berarti bahwa manusia adalah pelaku sejarah.


    BalasHapus