Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

"Kiat Sukses Bagi Para Pendidik untuk Berkomunikasi dengan Publik” Bersama Charles Bonar Sirait

Selasa, 15 September 2020

Kuliah Umum PembaTIK Level 4: "Kiat Sukses Bagi Para Pendidik untuk Berkomunikasi dengan Publik”

Pandemi telah merubah gaya hidup dan keseharian kita dalam bekerja. Interaksi secara langsung berubah menjadi interaksi virtual. Salah satunya adalah kemampuan komunikasi publik yang harus dipelajari. Tuntutan terhadap kemampuan pendidik untuk berkomunikasi publik dan public speaking yang lebih tinggi. Apa yang harus dipelajari ? diantaranya: memahami pola komunikasi sederhana, impactful communication, persuasive communication, dan personal branding.

#1 Memahami Komunikasi Sederhana

Pendidik adalah pusat perhatian publik, harus memiliki kemampuan menarik perhatian publik, dan membuat public “terjaga”. Guru sebagai pemimpin sebelum menyampaikan konten, pastikan peserta didik untuk memahami kompetensi kita.

#2 Impactful Communication

Memiliki kekuatan untuk mendapatkan rasa bersimpati dan rasa berempati. Pesan yang disampaikan harus dapat diterima dan dipahami oleh penerima.

#3 Persuasive Communication

Hukum alam bawah sadar sangat berpengaruh dalam mempersuasi dan mempengaruhi orang lain. Didalam otak manusia ada dorsolateral prefrontal cortex yang berfungsi untuk membentuk opini. “Bapak ibu di dalam kelas sebetulnya sebagai public opinion maker” ujar Charles.

 #4 Personal Branding

Bertujuan untuk membangun persepsi, asosiasi, dan harapan konsumen / klien terhadap kita.
 
Video ringkasan dan tanya jawab dapat dilihat pada channel YouTube Rolla Fardila

 


9 komentar untuk " "Kiat Sukses Bagi Para Pendidik untuk Berkomunikasi dengan Publik” Bersama Charles Bonar Sirait"