Senin, 01 November 2021

Penguatan Jati Diri Keindonesiaan | Sejarah Indonesia Kelas 11

 


Sumpah Pemuda memiliki makna strategis dalam rangkaian untuk mengembangkan rasa persatuan dan proses penguatan jati diri bangsa, bangsa Indonesia. Karena hal yang sangat menonjol, setelah terjadinya Sumpah Pemuda, organisasi-organisasi dan partai yang ada secara tegas mendasarkan jiwa dan semangat keindonesiaan. Partai atau organisasi politik yang belum mencantumkan namanya dengan kata Indonesia, mulai menambahkan nama Indonesia. Penguatan jati diri keindonesiaan ini sebagai implikasi dari Sumpah Pemuda. 

 1. Politik untuk Kesejahteraan dan Kejayaan

Perlu dipahami bahwa dengan berkembangnya organisasi di kalangan pemuda juga diikuti oleh berkembangnya organisasi wanita atau perempuan di Indonesia. Pada tahun 1912 berdiri organisasi perempuan yang pertama yakni Putri Mardika di Jakarta Organisasi itu bertujuan untuk membantu bimbingan dan penerangan pada gadis bumiputera dalam menuntut pelajaran dan mengemukakan pendapat di muka umum, serta memperbaiki hidup wanita sebagal manusia yang mulia. Berbagai aktivitas dilakukan oleh organisasi itu, terutama memberikan beasiswa untuk menunjang pendidikan dan menerbitkan majalah wanita Putri Mardika.

Beberapa tokoh yang pernah duduk dalam kepengurusan Putri Mardika, yaitu Sabaruddin, R.A Sutinah, Joyo Pranoto, Rr. Rukmini, dan Sadikun Tondokusumo Kartini Fonds, didirikan atas usaha Ny. C. Th. Van Deventer, seorang penasehat Politik Etis. Perkumpulan itu didirikan pada 1912 dengan tujuan untuk mendirikan sekolah Kartini. Setelah itu, muncul dan berkembang organisasi perempuan di berbagai daerah, juga organisasi-organisasi perempuan sebagai bagian dari organisasi yang sudah ada, seperti organisasi wanita di Muhammadiyah, organisasi wanita di Taman Siswa, organisasi perempuan di BU, dan begitu seterusnya.

Berkembangnya berbagai organ wanita tersebut mendorong pergerakan warita untuk lebih berperan untuk meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan Wanita yang mengeram pendidikan juga semakin banyak Dengan demikian wawasan mereka juga semakin berkembang untuk memberi dukungan terhadap organisasi-orgarinau pergerakan pada umumnya.

Diadakannya Kongres Pemuda yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda tersebut nampaknya ikut menyemangati perjuangan organisasi pergerakan perempuan di Indonesia Seide dengan pelaksanaan Kongres Pemuda itu kemudian organisasi-organisasi wanita yang telah berkembang di berbaga daerah di Indonsia itu mengadakan Kongres Perempuan Indonesia pada 22-25 Desember 1928, di Pendopo Joyodipuro, yang dipimpin oleh Ny RA Sukanto. Kongres itu diprakarsai oleh Ny. Sukoto, Ny Hajar Dewantara, dan Nn. Suyatin. Kongres itu bertujuan untuk menjalin persatuan di antara perkumpulan wanita, dan memajukan wanita. Dalam Kongres Perempuan Indonesia I itu dihadin oleh 30 organisasi wanita Kongres Perempuan Indonesia I itu merupakan bagian penting bagi Kesatuan Pergerakan Wanita Indonesia. Untuk mengenang sejarah kongres perempuan maka setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari ibu di Indonesia.

Kongres Perempuan I, 22-25 Desember 1928 

Pada perkembangan selanjutnya organisasi itu berubah nama sebagai Persenkatan Perhimpunan istri Indonesia (PPPD). Perjuangan organisasi itu semakin kuat dengan didirikannya isteri Sedar dan Istri Indonesia, Isteri Sedar didirikan oleh Suwarni Pringgodigdo (1930) di Bandung Organisasi itu bertujuan meningkatkan kesadaran wanita Indonesia untuk memperkokoh cita-cita Indonesia Merdeka Organisasi ini sejalan dengan PNI, yang menolak poligami. Selanjutnya Istri Indonesia didirikan 1932. Organisasi itu didirikan berdasarkan nasionalisme dan demokrasi. Tujuan Istri Indonesia adalah mencapai Indonesia Raya dan bersikap kooperatif terhadap pemerintah Belanda. Tokoh-tokoh organisasi itu adalah Ny Sunaryo Mangunpuspito dan Maria Ulfah Santoso: Kongres Perempuan I dan juga semakin meningkatnya gerakan organisasi wanita telah ikut mendorong bagi kemajuan perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kejayaan: Kejayaan ini dalam rangka menuju cita-cita kemerdekaan.

2. Pemuda yang Berpolitik

Seperti telah dijelaskan bahwa pada tahun 1931 secara resmi telah berdiri organisasi pemuda hasil fusi yang bernama Indonesia Muda. Mereka para anggota penuh semangat untuk memperjuangakan Indonesia Bersatu, Indonesia yang merdeka.

Pada mulanya perkumpulan Indonesia Muda tidak diperbolehkan terlibat dalam politik. Tekanan pemerintah terhadap larangan berpolitik mendorong anggota Indonesia Muda untuk mendirikan perkumpulan lain, bahkan tersebar di berbagai organisasi politik atau golongan yang ada. Pada 1931, orang-orang PNI Baru di Malang mendirikan Suluh Pemuda Indonesia yang bercorak Marhaen Partindo di Yogyakarta mendirikan Persatuan Pemuda Rakyat Indonesia (Perpri). Dari perkumpulan Islam misalnya, berdiri JIB bagian keputrian, Pemuda Muslim Indonesia, Pemuda Muhammadiyah. Pemuda Perserikatan Ulama, Pemuda Persatuan Islam, dan Anshor NU. Dari pemuda Kristen misalnya, lahir Persatuan Pergerakan Pemuda Kristen, sementara pemuda Katholik melahirkan Mudo Katholik dari partai politik Suluh Pemuda Indonesia, barisan Pemuda Gerindo, Jajasan Obor Pasundan Perkumpulan lainnya seperti, Taman Siswa, Persatuan Pemuda. Teknik, Persatuan Putri Cirebon, Kebangunan Sulawesi, dan Minangkabau. Di dalam organisasi ini para pemuda dapat bersentuhan dengan kegiatan politik sesuai dengan dinamika organisasi induknya.

Dalam gerakannya para pemuda juga melakukan kegiatan kepanduan Kepanduan itu berasal dari kepanduan Jong Java, Pemuda Sumatera, dan organisasi pemuda lainnya. Di samping itu juga berdiri kepanduan berdasarkan kebangsaan dan keagamaan, seperti Natipy, Hizbul Wathon, Siap, dan Kepanduan Rakyat Indonesia.

Kepanduan itu mengambil azas dari kepanduan dunia, yang berisi tentang memberikan pelajaran dalam bentuk segala permainan dan kecakapan pandu, untuk meningkatkan kesehatan para pemuda. Dalam kegiatan kepanduan ini para pemuda dengan payung kegiatan kesehatan bisa dikaitkan dengan pembinaan disiplin seperti baris-berbaris. Dari kegiatan ini dapat ditumbuhkan semangat termasuk kemudian semangat patriotisme dan nasionalisme, atau cinta tanah air seperti yang dikembangkan di lingkungan Hizbul Wathon.

3. Nasionalisme yang Revolusioner

Sebagai seorang terpelajar Sukarno, muncul sebagai seorang pemuda cerdas yang memimpin pergerakan nasional baru. la mendirikan partai dengan nama Partai Nasional Indonesia (4 Juli 1927). Partai itu bersifat revolusioner, sebelumnya partal itu bernama Algeemene Studie Club. Sukarno memimpin partal itu hingga Desember 1929. Jumlah anggotanya hingga saat itu mencapai 1000 orang.

Sukarno juga turut serta memprakarsal berdirinya Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) pada 1927. Pada 28 Oktober 1928 organisasi ini ikut menyatakan ikrar tentang tanah air yang satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu, yaitu Indonesia, Pernyataan Sumpah Pemuda itu membawa dampak luas pada masyarakat untuk menumbuhkan nasionalisme yang kuat. Di daerah-daerah munculnya nasionalisme yang digerakkan oleh tradisi dan agama. Mereka terinspirasi oleh para pemimpin pergerakan nasional yang ada di Jakarta.

Logo PNI di dinding saat pelaksanaan kongres

Oleh karena itu, perlawanan terhadap kekuasaan kolonial pada masa pergerakan banyak berbasis pada masalah perkumpulan agama. Di pihak lain, karena gerakan gerakannya yang cenderung keras, komunis merupakan target langsung dari pemerintah Belanda Namun demikian, Belanda tidak dapat mempertahankan kekuasaan mereka di daerah-daerah yang berbasis komunis. Pada saat itu semangat untuk memerangi imperialisme dan kolonialis begitu kuat di lingkungan pengikut pengikut PKI. Pengikut Tan Malaka masih terus dapat mempertahankan kerangka struktur yang biasanya dilakukan melalui kontak pribadi di desa desa atau bekerja sama dengan organisasi-organisasi agama lainnya.

Sementara itu Partai Nasional Indonesia (PNI) terus menggelorakan program program perjuangan. Kritik tajam terhadap kekejaman kolonialisme dan imperialis terus dilancarkan. Oleh karena itu, PNI di bawah pimpinan Ir. Sukarno terus mendapat tekanan dari Belanda Sukarno sebagai pimpinan PNI karena aksi-aksi yang dengan radikal terhadap pemerintah Belanda, akhirnya ditangkap dan diadili. Menjelang vonis pengadilan dijatuhkan, Sukarno sempat mengucapkan pidato pembelaan untuk membakar semangat para pejuang. Pidato pembelaan itulah yang kemudian dibukukan dengan judul: "Indonesia Menggugat".

Pidato pembelaan Bung Karno yang kemudian diberi judul Indonesia Menggugat itu telah ikut membangun kesadaran tentang dampak penjajahan dan imperialisme modern yang akan membawa kesengsaraan dan penderitaan rakyat. Oleh karena itu, setiap organisasi dan partai yang berjiwa kemerdekaan akan menolak dan melakukan perlawanan terhadap kekejaman penjajah dan Imperialisme (baca: Indonesia Menggugat. Pidato Bung Karno tentang Indonesia Menggugat itu telah ikut mendorong terjadinya penguatan kesadaran sebagai bangsa yang harus merdeka.

Pidato pembelaan Bung karno yang cukup kritis dan keras untuk tidak mempengaruhi pendirian hakim Putusan pengadilan akhirnya menjatuhkan hukuman kurungan kepada Sukarno: la ditahan di Penjara Sukamiskin selama empat tahun terhitung Desember 1930. Selama Sukarno menjalani masa penahanannya PNI pecah menjadi dua, Partai Indonesia (Partindo) dipimpin oleh Sartono dan Pendidikan Nasional Indonesia Baru dipimpin oleh Mohammad Hatta dan Syahrir. Setelah bebas Sukarno masuk dalam Partai Indonesia.

Partai Indonesia pimpinan Sukamo lebih menekankan pada mobilisasi massa, sedangkan Hatta dan Sjahrir lebih menekankan pada organisasi kader yang akan menentang tekanan pemerintah kolonial Belanda dengan keras dan lebih menanamkan pemahaman ide nasionalisme. Namun demikian, kedua strategi politik itu belum mencapai hasil yang maksimal. Akhirnya, ketiga tokoh itu ditangkap dan diasingkan oleh Belanda dan ditahan serta diasingkan pada 1933. Kedua organisasi yang didirikan oleh ketiga tokoh itupun dibubarkan oleh pemerintah kolonial.

Foto Soekarno dan kawan-kawan di depan gedung pengadilan di Bandung

Sukarno dengan ide-ide nasionalisme itu memang terus diawasi. Selepas dari penjara Sukamiskin kemudian diasingkan ke Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. la ditempatkan di sebuah rumah (konon rumah ini milik Haji Abdullah). Bersama keluarganya, Sukarno selama empat tahun (1934-1938) diisolasi dijauhkan dari dinamika perjuangan kebangsaan Tetapi ide dan semangat nasionalismenya tidak pernah padam: Dikisahkan di pengasingan itu Sukarno sering merenung di bawah pohon sukun yang ada di dekat rumah itu. Kebetulan pohon sukun itu bercabang lima. la merenungkan nilai-nilai luhur yang ada dalam kehidupan Bangsa Indonesi sejak zaman Praaksara. Nilai-nilai itulah yang kemudian dirumuskan menjadi nilai-nilai dalam Pancasila Menurut Cindy Adam. Sukarno memberi nama Pancasila itu karena terinspirasi dengan pohon sukun yang bercabang lima dan daun sukun yang memiliki lima sirip kanan, kiri, dan tengah. Sukarno ternyata tidak hanya diisolasi, sebagai tahanan pemerintah, Sukarno justru masih harus berjuang untuk menghidupi anggota keluarganya. Inilah perjuangan dan pengorbanan yang harus dilakukan Sukarno di pengasingan.

4. Volksraad: Wahana Perjuangan

Sementara Sukarno dan beberapa tokoh lain ditahan, organisasi pergerakan untuk menentang Belanda terus berjalan. Kelompok yang beraliran Maris mendirikan Gerakan Rakjat Indonesia (Gerindo) di bawah kepemimpinan Amir Sjarifuddin dan A.K. Gani. Partai ini cenderung menampakkan faham fasisme Internasional. DI Sumatera Timur, PNI, PKI, Permi, dan Partindo pemimpinnya berasal dari organisasi-organisasi radikal dari tahun-tahun sebelumnya, Gerindo sebagai partai yang berpaham marxis lebih menunjukkan sikap anti kolonialisme, anti-Eropa dan antikapitalisme. Desakan-desakan untuk kemerdekaan nasional sangat kuat dan radikal. Organisasi itu juga tidak sepaham dengan sistem feodalisme, nasionalisasi perusahaan-perusahaan kapital dan restorasi hak-hak tanah pribumi.

Sementara itu, Gabungan Politik Indonesia (GAPI) didirikan pada tahun 1939 Tokoh pendiri GAPI adalah Muhammad Husni Thamrin. Dalam gabungan itu, Gerindo berada dalam satu arah dengan Parindra yang dipimpin oleh Thamrin dan sebelumnya oleh Sutomo. Parindra adalah partai politik Indonesia yang paling berpengaruh di Hindia, karena keberhasilannya dalam pemilihan di volksraad. Thamrin kemudian memimpin front Indonesia bersatu di dalam Volksraad yang disebut Fraksi Nasional.

Pada akhir tahun 1929, pimpinan PNI ditangkap. Untuk melanjutkan perjuangan maka dibentuklah fraksi baru dalam volksraad yang bernama Fraksi Nasional, pada Januari 1930 di Jakarta Fraksi itu diketuai oleh Muhammad Husni Thamrin yang beranggotakan sepuluh orang yang berasal dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan Tujuan organisasi itu adalah menjamin kemerdekaan Indonesia dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Penangkapan pimpinan PNI menjadi pembicaraan di kalangan Fraksi Nasional. Mereka mengecam tindakan pemerintah terhadap ketidakadilan yang diterapkan terhadap gerakan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial, Atas usulan Fraksi Nasional itu volksraad meninjau ulang kebijakan pemerintah kolonial. Pemerintah kemudian mengusulkan perkara yang dituduhkan kepada para pemimpin ke pengadilan tinggi, bukan pengadilan negeri. Akan tetapi permintaan itu ditolak, karena masalah itu menyangkut masalah perbuatan pidana, bukan masalah pelanggaran politik. Jelaslah bahwa gerakan yang dilakukan oleh kaum pergerakan dianggap sebagai kejahatan yang mengganggu keamanan bukan sebagai gerakan politik.

Fraksi Nasional juga menolak usulan pemerintah untuk memperkuat pertahanan yang dapat menghabiskan biaya yang besar. Ini berarti menambah kesengsaraan rakyat karena situasi ekonomi saat itu sedang mengalami depresi. Menurut Fraksi Nasional lebih baik biaya itu digunakan untuk meningkatkan kesejateraan rakyat. Sementara pengawasan dalam bidang politik semakin diperketat dengan adanya bermacam-macam larangan seperti larangan berkumpul, pembredelan surat kabar, dan propaganda Fraksi Nasional juga mendorong anggotanya untuk lebih berperan dalam Volksraad. Para nasionalis di Volksraad diminta untuk bersikap nonkooperasi.

Meskipun aspirasi masyarakat sudah mendapat tempat, melalui perjuangan yang bersikap moderat dalam perjuangannya, rasa tidak puas terhadap pemerintah terus berkembang Kericuhan sempat muncul dengan adanya Petisi Sutardjo pada 15 Juli 1936, dalam sidang Volksraad. Petisi itu menyuarakan tentang kurang giatnya pergerakan nasional dalam pergerakan yang disebabkan oleh tidak adanya saling pengertian dari pihak pemerintah. Situasi politik dunia saat itu, yaitu sedang berkembangnya naziisme dan fasisisme seharusnya membuat pemerintah waspada melihat bahaya yang mungkin mengancam Indonesia, sehingga perlu mempererat hubungan dengan Pergerakan Nasional Indonesia.

Sutardjo Kartohadikusumo, yang saat itu sebagai ketua Persatuan Pegawai Bestuur/Pamong Praja Bumi Putera dan wakil dari organisasi itu di Volksraad, mendapat dukungan dan beberapa wakil golongan dan daerah dari Volksraad mengusulkan diadakan suatu musyawarah antara wakil Indonesia dan Kerajaan Belanda untuk menentukan masa depan bangsa Indonesia yang dapat berdiri sendiri meskipun dalam ruang lingkungan Kerajaan Belanda Petisi itu melahirkan pro dan kontra, baik di kalangan Indonesia dan Belanda.

Petisi itu mendapat persetujuan mayoritas dari anggota Volksraad, selanjutnya disampaikan pada pemerintah kerajaan dan parlemen Belanda. Partai Nasional saat itu memperingatkan para pendukung petisi, bahwa tindakan yang diambil itu tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat, seperti Volksraad sehingga usaha itu sia-sia belaka. Pendukung petisi itu tidak menghiraukan peringatan itu, bahkan membentuk suatu komite agar petisi itu mendapat dukungan luas di kalangan rakyat. Kondisi itu tidak hanya bergerak di Indonesia saja, bahkan hingga ke negeri Belanda, sehingga menyetujui petisi itu.

Petisi itu tanpa melalui perdebatan ditolak oleh pemerintah Belanda pada 16 November 1938. Alasan penolakan petisi adalah Indonesia belum siap untuk memikul tanggungjawab memerintah diri sendiri. Bangsa Indonesia juga dinilai belum mampu untuk berdiri apalagi menjadi negara yang merdeka. Cara penolakan yang tanpa perdebatan di parlemen mengecewakan pihak pergerakan nasional, meskipun pihak yang ditolak sesungguhnya telah menduga sebelumnya. Realitas itu menunjukkan bahwa tuntutan rakyat Indonesia tidak dibicarakan secara terbuka di parlemen.

a. Partai Indonesia Raya (Parindra)

Partai Indonesia Raya didirikan di Solo pada Desember 1935. Partal ini merupakan gabungan dari dua organisasi yang berfusi yaitu BU dan PBL Sebagai ketuanya dipilih dr. Sutomo Tujuan partai adalah mencapai Indonesia Raya dan mulia yang hakekatnya mencapai Indonesia merdeka.

DI Jawa anggota Parindra banyak berasal dari petani, mereka kemudian disebut dengan kaum kromo. Di daerah lain masuk kaum Betawi, Serikat Sumatera, dan Sarikat Selebes. Partai ini adalah yang mengajukan petisi Sutardjo yang ditandatangani oleh Sutardjo, penandatanganan pertama, yang lainnya J. Kasimo, dr. Sam Ratulangi, Datuk Tumenggung, Kwo Kwat Tiong, dan Alatas.

b. Gabungan Politik Indonesia (GAPI)

Kegagalan Petisi Sutardjo mendorong gagasan untuk menggabungan organisasi politik dalam suatu bentuk federasi Gabungan Politik Indonesia (GAP) itu diketuai oleh Muh. Husni Thamrin. Pimpinan lainnya adalah Mr. Amir Syarifuddin, dan Abikusno Tjokrosuyoso Alasan lain dibentuknya GAPI adalah adanya situasi internasional akibat meningkatnya pengaruh fasisme. Juga sikap pemerintah yang kurang memperhatikan kepentingan Bangsa Indonesia. Kemenangan dan kemajuan yang diperoleh negara fasis yaitu, Jepang, Jerman, Italia tidak menggembirakan Indonesia. Karena itu pers Indonesia menyerukan untuk menyusun kembali barisan dalam suatu wadah persatuan berupa "konsentrasi nasional".

Parindra berpendapat pentingnya untuk perjuangan ke dalam, yaitu menyadarkan dan menggerakkan rakyat untuk memperoleh suatu pemerintahan sendiri, serta menyadarkan pemerintah Belanda akan cita cita bangsa Indonesia. Juga mengadakan perubahan pendekatan dengan organisasi-organisasi politik untuk membicarakan masa depan Bangsa Indonesia. Pada 21 Mel 1939, dalam rapat pendirian konsentrasi nasional di Jakarta berhasil didirikan suatu organisasi yang merupakan kerja sama partai politik nasional di Jakarta yang diberi nama Gabungan Partai Politik Indonesia (GAPI).

Anggaran Dasar GAPI menyebutkan, bahwa GAPI mempunyai hak untuk menentukan diri sendiri persatuan nasional dari seluruh bangsa Indonesia dengan berdasarkan kerakyatan dalam paham politik, ekonomi, sosial, dan persatuan aksi seluruh pergerakan Indonesia. Dalam konferensi I GAPI (4 Juli 1939) dibicarakan aksi GAPI dengan semboyan Indonesia berparlemen. GAPI tidak menuntut kemerdekaan penuh, tetapi suatu parlemen berdasarkan sendi demokrasi.

Untuk mencapai tujuannya, GAPI menyerukan pada rakyat Indonesia agar didukung oleh semua lapisan masyarakat. Seruan itu disambut hangat oleh Pers Indonesia. Pada 1939, GAPI mengadakan rapat umum. Tidak kurang dari seratus tempat mengadakan rapat propaganda tujuan GAPI, sehingga suasana di Indonesia saat itu menyerukan Indonesia berparlemen. Penyadar, PNI Baru, dan Perkumpulan Kristen Indonesia tidak sependapat dengan GAPI Mereka berpendapat tidak ada gunanya bersifat meminta-minta kepada Belanda.

Untuk mencapai tujuannya, GAPI membentuk Kongres Rakyat Indonesia (KRI). Tujuan kongres untuk kesempurnaan Indonesia dan cita-citanya, yaitu Indonesia Berparlemen penuh Keputusan penting lainnya adalah penetapan bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya sebagai bendera dan lagu persatuan Indonesia. Juga penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa rakyat indonesia. Selanjutnya dibentuk Komite Parlemen Indonesia.

Saat Jerman menyerbu Polandia, GAPI mengeluarkan Manifest GAP! (20 September 1939). Isi manifest itu mengajak rakyat Indonesia dan Negeri Belanda untuk bekerja sama menghadapi bahaya fasisme. Menurut GAPI usaha itu lebih berhasil bila rakyat Indonesia diberi hak baru dalam urusan pemerintahan, yaitu suatu pemerintahan dengan parlemen yang dipilih dari, oleh rakyat, dan pemerintah yang bertanggungjawab kepada parlemen.

Pada Agustus 1940, saat negeri Belanda dikuasai Jerman dan Indonesia dinyatakan dalam darurat perang, GAPI kembali mengeluarkan resolusi yang menuntut diadakannya perubahan ketatanegaraan di Indonesia dengan menggunakan hukum tata negara dalam masa genting. Isi resolusi adalah mengganti Volksraad dengan parlemen sejati yang anggotanya dipilih rakyat dan mengubah fungsi kepala departemen menjadi menteri yang bertanggungjawab kepada parlemen. Bagi rakyat serta organisasi lainnya yang tidak bergabung dalam GAPI diminta untuk mendukung GAPL Resolusi itu dikirimkan ke gubernur jenderal, Volksraad, Ratu Wuhelmina, dan kabinet Belanda di London.

Aksi gigih yang dilakukan itu menghasilkan persetujuan pemerintah. Pada 14 September 1940 dibentuk Commissie tot besudeering van staatsrechterke Hervormigen Komisi itu dikenal dengan komisi Visman, karena diketuai oleh D. Visman. Pembentukan komisi itu tidak mendapat sambutan baik dari Volksraad maupun dari GAPI sendiri. Ketidaksetujuan itu didasarkan dari pengalaman sebelumnya, bahwa pembentukan komisi tidak menghasilkan perbaikan nasib rakyat seperti yang diinginkan. Untuk menghindar ketidaksamaan pendapat dalam menghadapi komisi Visman, GAPI meminta anggota-anggotanya untuk tidak memberikan pendapatnya sendiri sendiri Sikap GAPI menjadi lunak ketika menerima undangan secara resmi dari komisi Visman. Sementara itu Volksraad mengajukan suatu mosi yang lebih ringan dengan mengajak kerja sama pemimpin Indonesia dan pemerintah Belanda.

Pertemuan wakil GAPI dengan komisi Visman pada 14 Februari 1941 di Gedung Raad van Indie, di Jakarta tidak menghasilkan hal baru. Pertemuan itu hanya menambahkan kekecewaan pada kalangan pergerakan sehingga ada anggapan GAPI tidak radikal lagi.

5. Tamatnya Kemaharajaan Belanda

Ratusan tahun sudah Belanda membangun kemaharajaan di Kepulauan Indonesia, di tanah Hindia Belanda. Secara interen pejuang dan para pemuda yang kemudian berpolitik untuk mewujudkan persatuan guna melawan penjajahan. Roda kebangsaan digerakkan untuk melawan ganasnya roda kolonialisme dan imperialisme. Tetapi tampaknya roda kolonialisme dan imperialisme itu masih cukup kokoh. Tetapi para pejuang dan intelek muda kita tidak pernah putus asa. Roda kebangsaan terus digerakkan di berbagai penjuru yang dipandang memungkinkan untuk mendapatkan kebebasan termasuk melalui Volksraad.

Kebijakan politik etis telah diterapkan sebagai pengaman dari sebuah pertanggungjawaban pemerintah kolonial terhadap negeri jajahan yang rakyatnya sudah lama dibuat menderita. Pintu pendidikan dan politik bagi kaum bumiputera, dibuka untuk memberi kesempatan para pejuang kita untuk mengekspresikan strategi perjuangannya secara lebih demokratis, berbeda dari perjuangan masa-masa sebelumnya. Tetapi semua ini tidak dapat berjalan cepat sebagaimana harapan para pejuang pergerakan kebangsaan. Kekuatan kolonialisme dan imperialisme Belanda tampak masih mampu mengontrol para pejuang kita. Masuknya bumiputera sebagai anggota Volksraad bukan berarti kaum bumiputera diberi hak penuh untuk menyuarakan pendapatnya. Namun setidaknya Volksraad sudah memberikan peluang para wakil Hindia, yang membukakan wawasan mereka perlunya persatuan untuk melakukan gerakan nasional dalam melawan dominasi kolonialisme dan imperialisme Belanda.

Di tengah-tengah roda pergerakan kebangsaan bergesekan dan beradu dengan roda kolonialisme dan imperialisme, Tuhan Yang Maha Kuasa, telah membuat skenario baru, yakni berkobarnya Perang Dunia II. Perang itu pun dengan cepat menjalar ke Indonesia yang ditandai dengan datangnya tentara Jepang yang kemudian ikut menyudahi kemaharajaan Belanda di Indonesia.

Setelah mempelajari materi berikut, silakan jawab pertanyaan berikut di kolom komentar ya, "Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?"

 


255 komentar:

  1. NAMA: DAFFA FAVIAN ABRAR
    KELAS: XI MIPA 7

    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  2. Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    Nama : Zaqy Fathan Damarta
    Kelas : XI MIPA 7

    BalasHapus
  3. Nama : SHIFA AMELIA NUR
    Kelas : XI IPS 1

    kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda sebagai pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia, mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia, membangun pemuda yang berpolitik dan bisa mengakhiri kekuasaan Belanda. Dan, menjadikan Indonesia bertanah air yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama : Madhiyalifa Maurani Anwar (13)
    Kelas : XI MIPA 7

    pengertian jatidiri bangsa Indonesia sendiri adalah identitas bangsa Indonesia yang menjadi pemberi semangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia, sedangkan sumpah pemuda adalah tonggak perjuangan pemuda dalam membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme para pemuda. Jadi kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah
    sumpah pemuda merupakan jati diri bangsa indonesia karena para pemuda ikut serta dalam merumuskan sumpah pemuda dan ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia serta mempersatulan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam yaitu dari cara berpikir, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, dan kehidupan sosial

    BalasHapus
  6. Nama: Anisa Febriyanti
    Kelas:XI-MIPA'7

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. 𝗬𝗮𝗻𝗴 𝗮𝗿𝘁𝗶𝗻𝘆𝗮 𝗺𝗲𝗻𝗲𝗸𝗮𝗻𝗸𝗮𝗻 𝗷𝗮𝘁𝗶 𝗱𝗶𝗿𝗶 𝗯𝗮𝗻𝗴𝘀𝗮 𝗜𝗻𝗱𝗼𝗻𝗲𝘀𝗶𝗮 𝘀𝗲𝗵𝗶𝗻𝗴𝗴𝗮 𝗺𝗲𝗻𝗰𝗮𝗽𝗮𝗶 𝗸𝗲𝘀𝘂𝗸𝘀𝗲𝘀𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗺𝗲𝗻𝗴𝘂𝗯𝗮𝗵 𝗽𝗼𝗹𝗮 𝗽𝗲𝗿𝗷𝘂𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗸𝗲𝗱𝗮𝗲𝗿𝗮𝗵𝗮𝗻 𝗺𝗲𝗻𝗷𝗮𝗱𝗶 𝗻𝗮𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹

    BalasHapus
  7. Nanda Wira Febriyan
    XI Mipa 2
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  8. Nama : Sinta Febrianty
    Kelas : XI IPS 2
    No Absen : 34
    Sekolah : SMAN 24 BANDUNG

    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  9. Muhammad Rakha Pratama
    XI MIPA 4
    sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Yang artinya menekankan jati diri bangsa Indonesia sehingga mencapai kesuksesan dalam mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.

    BalasHapus
  10. Nama: Rafi Ahmad ZAIDAN
    Kelas: XI-MIPA 6

    Menurut pandangan saya, keterkaitan antara peristiwa sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan dimulai dari tumbuhnya rasa senasib sepenanggungan dalam diri para pemuda dari berbagai daerah. Dari titik itu, muncul rasa saling memiliki dan semangat kebangsaan. Maka sumpah pemuda menjadi landasan awal lompatan perjuangan yang memegang luhur rada kebangsaan

    BalasHapus
  11. Nama : Abyan Yaskur M
    Kelas : XI IPS 1

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah sumpah pemuda berperan dalam menyatukan semua rakyat Indonesia yang beraneka ragam. Disini sumpah pemuda dapat mengubah pola pikir yang mana sebelum adanya sumpah pemuda, perjuangan rakyat Indonesia masih bersifat kedaerahan atau terpisah-pisah. Namun setelah adanya sumpah pemuda, perjuangan dilakukan secara bersamaan dan bersifat nasional.

    BalasHapus
  12. Nama : Citra Apriyani
    Kelas : XI IPS 2

    kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda sebagai pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia, mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia, membangun pemuda yang berpolitik dan bisa mengakhiri kekuasaan Belanda. Dan, menjadikan Indonesia bertanah air yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  13. NAMA:YUNITA NUR'AINI
    KELAS:XI MIPA 7
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir

    BalasHapus
  14. Nama : Salma Nadila Azzahra
    Kelas : XI IPS 1

    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  15. Nama:Miftah Al Fikri
    Kelas:XI Mipa 1

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah sumpah pemuda berperan dalam menyatukan semua rakyat Indonesia yang beraneka ragam.sumpah pemuda merupakan jati diri bangsa indonesia karena para pemuda ikut serta dalam merumuskan sumpah pemuda dan ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia serta mempersatulan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam yaitu dari cara berpikir, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, dan kehidupan sosia.

    BalasHapus
  16. Nama: Reva Mahesa Putri (28)
    Kelas: XI - IPS 3

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir, dan juga Sumpah Pemuda sebagai pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia, mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia, membangun pemuda yang berpolitik dan bisa mengakhiri kekuasaan Belanda. Dan, menjadikan Indonesia bertanah air yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Nama : Sofia Andita Jasmine (32)
    Kelas : XI MIPA 2

    Menurut saya kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia yaitu sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Yang artinya menekankan persatuan dan kesatuan jati diri bangsa Indonesia sehingga mencapai kesuksesan dalam mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Nama: Zihan Karina Wijana
    Kelas: 11 MIPA 4

    Sumpah pemuda adalah tonggak perjuangan pemuda dalam membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme para pemuda. Dimana dalam sumpah pemuda terdapat 3 jati diri bangsa Indonesia, yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu. Penegasan itu menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang satu walaupun banyak perbedaan dari segi budaya,suku dan bahkan bahasa, tetapi karena sumpah pemuda ini, bangsa Indonesia bisa bersatu.

    BalasHapus
  22. Nama : NAILA AULIA RAHMA
    Kelas : XI IPS 1

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri ke Indonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  23. Nama: Maulana Nur Sidik
    kelas: XI IPS 1

    Jati diri keindonesiaan merupakan hal yang penting bagi suatu bangsa, sebab jati diri akan menunjukkan ciri khas dari setiap bangsa, yang ciri tersebut akan membedakan bangsa satu dengan lainnya. Negara Indonesia juga memiliki jati diri yang membedakan Indonesia dengan negara lain, bahkan penguatan jati diri bangsa dibelajarkan dalam materi pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  24. Nama : Serenita Devin (29)
    Kelas : 11 MIPA 4

    Menurut saya kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia yaitu sumpah pemuda merupakan jati diri bangsa indonesia karena para pemuda ikut serta dalam merumuskan sumpah pemuda dan ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia serta mempersatulan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam yaitu dari cara berpikir, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, dan kehidupan sosial.

    BalasHapus
  25. Nama : Adrian Rustandi
    Kelas : XI MIPA 7


    Kaitanya adalah Sumpah pemuda memiliki sifat menguatkan jati diri keIndonesiaan di rakyat Indonesia ,contohnya mampu mempersatukan bangsa indonesia melawan/memberontak penjajahan walaupun mereka berbeda beda dari segi agama,suku,dsb.

    BalasHapus
  26. Nama: Muhammad Farouq Al Farisi
    Kelas: XI MIPA 7

    Kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah Sumpah Pemuda dapat mempersatukan dan menumbuhkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia yang memiliki banyak keberagaman dan perbedaan untuk bersatu dalam memperjuangkan kemerdekaan, Sumpah Pemuda juga merupakan salah satu landasan terjadinya kemerdekaan Indonesia dan merupakan bentuk kontribusi para pemuda dalam kemerdekaan Indonesia. Dalam Sumpah Pemuda juga ditegaskan 3 jati diri bangsa yaitu, bertanah air satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu yang mana hal ini merupakan bentuk penguatan jati diri keIndonesiaan.

    BalasHapus
  27. Nama : Muhammad Syahid
    Kelas: XI MIPA 3

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah Sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  28. Nama : Nurhamdalah
    Kelas : 11 IPS -1

    Sumpah pemuda merupakan sumpah yang dilantunkan dan diresapi oleh para pemuda Indonesia. Nilai dan makna yang terkandung dalam Sumpah Pemuda yaitu persatuan, semangat rela berkorban, dan mementingkan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi maupun kedaerahan.

    Nilai dan makna dari Sumpah Pemuda tersebut membentuk jati diri bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cinta tanah air, bangga atas kebangsaannya yaitu Bangsa Indonesia, dan menggunakan bahasa formal/bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  29. Nama : Revina Aulia
    Kelas : XI IPS 1

    kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir, dan juga Sumpah Pemuda sebagai pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia, mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia, membangun pemuda yang berpolitik dan bisa mengakhiri kekuasaan Belanda.

    BalasHapus
  30. Nama : Revani Aminarti
    Kelas : XI IPS 2

    kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir, dan juga Sumpah Pemuda sebagai pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia, mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia, membangun pemuda yang berpolitik dan bisa mengakhiri kekuasaan Belanda.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. 𝐍𝐚𝐦𝐚 : 𝐌𝐚𝐧𝐝𝐚 𝐃𝐞𝐰𝐢 𝐙𝐚𝐡𝐚𝐫𝐚𝐧𝐢
    𝐀𝐛𝐬𝐞𝐧 : 𝟏𝟒
    𝐊𝐞𝐥𝐚𝐬 : 𝐗𝐈 𝐌𝐈𝐏𝐀 𝟕
    (𝐓𝐔𝐆𝐀𝐒 𝟗 𝐒𝐄𝐉𝐀𝐑𝐀𝐇 𝐈𝐍𝐃𝐎𝐍𝐄𝐒𝐈𝐀)

    𝐉𝐀𝐖𝐀𝐁𝐀𝐍 :
    𝐒𝐞𝐛𝐞𝐥𝐮𝐦𝐧𝐲𝐚 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐫𝐭𝐢𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐭𝐢𝐝𝐢𝐫𝐢 𝐛𝐚𝐧𝐠𝐬𝐚 𝐝𝐚𝐧 𝐬𝐮𝐦𝐩𝐚𝐡 𝐩𝐞𝐦𝐮𝐝𝐚 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮, 𝐉𝐚𝐭𝐢𝐝𝐢𝐫𝐢 𝐛𝐚𝐧𝐠𝐬𝐚 adalah identitas suatu bangsa yang menjadi pemicu semangat kesinambungan hidup bangsa yang bersangkutan. Demikian pula dengan istilah “𝐣𝐚𝐭𝐢𝐝𝐢𝐫𝐢 𝐛𝐚𝐧𝐠𝐬𝐚 𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚” adalah identitas bangsa Indonesia yang menjadi pemberi semangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sedangkan 𝐒𝐮𝐦𝐩𝐚𝐡 𝐏𝐞𝐦𝐮𝐝𝐚 𝐦𝐞𝐫𝐮𝐩𝐚𝐤𝐚𝐧 momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.
    𝐊𝐚𝐢𝐭𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐬𝐮𝐦𝐩𝐚𝐡 𝐩𝐞𝐦𝐮𝐝𝐚 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐮𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐭𝐢 𝐝𝐢𝐫𝐢 𝐤𝐞𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚𝐚𝐧 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Dimana sebelum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    𝐉𝐚𝐝𝐢, 𝐤𝐞𝐬𝐮𝐦𝐩𝐮𝐥𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐣𝐚𝐰𝐚𝐛𝐚𝐧 𝐝𝐢 𝐚𝐭𝐚𝐬 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 : 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐮𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐧𝐲𝐚𝐭𝐚 𝐣𝐚𝐭𝐢 𝐝𝐢𝐫𝐢 𝐤𝐞𝐢𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐩𝐚𝐭 𝐝𝐢𝐥𝐢𝐡𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐢𝐬𝐢 𝐬𝐮𝐦𝐩𝐚𝐡 𝐩𝐞𝐦𝐮𝐝𝐚 yang terdiri atas tiga bagian, yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Kedua adalah rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau dari sabang sampai merauke. Ketiga adalah jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bisa ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Nama : Alviena Indah Pasepa (03)
    Kelas : XI MIPA 6

    Jawaban :
    Pengembangan rasa persatuan dan proses penguatan jati diri Bangsa Indonesia diimplementasikan dalam bentuk Sumpah Pemuda yang berisi suatu komitmen dan kebulatan tekad Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang satu (Bangsa Indonesia), dan tanah air yang satu (Tanah Air Indonesia), serta menjunjung bahasa persatuan yang satu (Bahasa Indonesia). Hal tersebut menjadi wujud dari adanya rasa nasionalisme yang dapat menguatkan jati diri keindonesiaan yang mampu mempersatukan seluruh rakyat baik dari sabang hingga merauke

    BalasHapus
  35. Nama: Rosdiana Lidyasari (28)
    Kelas: XI MIPA 7

    Jawaban:
    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Nama: Muhammad Alvinza
    Kelas: XI MIPA 5 No.18

    Jawaban:
    Kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan bahwa setelah terjadi sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928, banyak organisasi-organisasi politik yang menambahkan nama Indonesia. Serta Sumpah Pemuda dapat mempersatukan rakyat Indonesia yang di mana sebelumnya perlawanan hanya bersifat kedaerahan. Sumpah Pemuda juga mengokohkan semangat persatuan bangsa Indonesia sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh dunia luar yang dapat merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan. Mengapa Sumpah Pemuda dapat menyalakan penguatan jati diri
    ke-Indonesiaan? Hal itu disebabkan oleh isi sumpah pemuda yang terdiri atas 3 bagian. yaitu:
    1. Bertumpah darah satu, yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam ke-Indonesiaannya.
    2. Rakyat Indonesia yang berbangsa satu, yaitu bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam budaya yang berbeda, namun tetap satu bangsa.
    3. Berbahasa satu, yaitu meski terdapat banyak bahasa daerah yang tersebar, namun tetap bersatu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.
    Isi dari Sumpah Pemuda tersebutlah yang menguatkan jati diri Ke-Indonesiaan bangsa Indonesia. Sampai dapat mengakhiri kekuasaan Belanda di Indonesia ini.

    BalasHapus
  38. nama : Ibnu Pratama
    kelas : 11 MIPA 6
    no absen (9)

    kaitan sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah bahwa ketika terjadinya sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober tahun 1928 para pemuda berusaha menyatukan pendapat dan keberagaman untuk tujuan yang sama yaitu kemerdekaan republik indonesia. hal tersebut menjadi jadi diri atau ciri khas kita untuk menguatkan diri dalam keberagaman dan lain sebagainya. untuk hal tersebut bahwa nilai nilai baik yang terjadi pada sumpah pemuda menjadi bekal untuk menguatkan jadi diri keindonesiaan kita agar kita dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat mencapai tujuan bersama

    BalasHapus
  39. Nama : Naqiya Kamila
    Kelas : 11 MIPA 5
    No Absen : 25
    Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?
    Jati diri keindonesiaan merupakan kesadaran akan identitas yang dimiliki oleh Indonesia sebagai bentuk semangat untuk terus memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan dan kemakmuran dalam kelangsungan hidup suatu bangsa. Munculnya jati diri keindonesiaan ditandai dengan pergerakan awal rakyat terutama pemuda lewat pendirian berbagai organisasi dan gerakan revolusioner berupa gerakan kritis dan terstruktur yang mulai dipelajari dan diterapkan dari berbagai tokoh terutama oleh para pemuda yang semakin giat dan bersemangat bersatu untuk memerdekakan dan mencari jati diri Indonesia yang sesungguhnya. Jati diri keindonesiaan mencapai titik puncaknya, saat diikrarkannya Sumpah Pemuda yang menjadi bukti bahwa rakyat mulai mengetahui identitas bangsa, yang sesungguhnya harus merdeka dan kuat akan persatuan dengan beberapa aspek yang diutamakan, yakni bahwa kita semua bersatu dalam satu tanah air yakni tanah air Indonesia, satu bangsa yakni bangsa Indonesia, dan satu bahasa yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  40. Nama : Dhiya Ayuni Amri
    Kelas : 11 MIPA 4
    No. absen : 11
    “Kaitan sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan”
    Berdasarkan pemaparan materi di atas, sumpah pemuda telah mendorong munculnya organisasi-organisasi baru yang berbasis kesatuan dan persatuan, dengan tujuan menyatukan dan memperjuangkan kemerdekaan untuk Indonesia. Setelah sumpah pemuda juga organisasi dan partai-partai mulai menggunakan nama ‘Indonesia’, hal ini secara jelas menunjukan dampak positif sumpah pemuda berupa penguatan jati diri yang merupakan implikasi dari sumpah pemuda.
    Organisasi-organisasi juga mulai mengadakan kongres-kongres dengan tujuan positif untuk menyatukan dan menyejahterakan Indonesia. Hal-hal tersebut menjadi bukti bahwa terlaksananya sumpah pemuda, membangkitkan dan menguatkan jati diri rakyat Indonesia bahwa kita semua memiliki tanah air yang sama, bersatu dalam satu bangsa, dan menjunjung tinggi Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  41. Nama : Nayla Safa Aurellia
    Kelas : XI MIPA 7
    No Absen : 24

    Jawaban :

    Sumpah pemuda mengajarkan kita tentang nilai nilai persatuan yang dimiliki oleh Indonesia. Yaitu, Tanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Sehingga, Sumpah Pemuda ini membuktikan bahwa perbedaan dari segi budaya, daerah, suku, kehidupan sosial, kebudayaan, serta cara berpikir yang dimiliki bangsa Indonesia yang beragam ini ternyata dapat menumbuhkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia untuk bersatu. Contoh nyatanya saja, pada zaman dulu perjuangan bangsa Indonesia masih bisa dibilang bersifat kedaerahan dan masih terpisah pisah. Namun dengan munculnya sumpah pemuda pada tahun 1928, perjuangan bangsa menjadi lebih kuat dikarenakan mengedepankan nilai kesatuan sebagai satu negara yang utuh. Dari materi diatas juga bisa kita simpulkan bahwa sumpah pemuda mendorong organisasi organisasi untuk memiliki tujuan menyejahterakan dan mempersatukan bangsa Indonesia.

    Kesimpulannya, Dengan adanya sumpah pemuda, masyarakat akhirnya sadar akan pentingnya persatuan untuk mencapai kemerdekaan. Penegasan dari isi sumpah pemuda pun sudah mendeklarasikan dan menguatkan jati diri keIndonesiaan sebagai satu kesatuan. Maka dari itu penguatan jati diri keindonesiaan menjadi implikasi dari Sumpah Pemuda.

    BalasHapus
  42. Nama : Mochamad Arkan Nugraha
    kelas : 11 MIPA 6
    Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?
    Sumpah Pemuda adalah peristiwa yang sangat penting dalam upaya membangun jati diri bangsa Indonesia.Melalui Kongers Sumpah Pemuda ke-2 pada tanggal 28 Oktober 1928 telah digelorakan semangat persatuan dan kesatuan yang sangat pentingnya artinya untuk perjuangan rakyat Indonesia untuk masa-masa berikutnya, dengan secara nyata/real menunjukkan identitas keindonesiaan.Indonesia merdeka sebagai tujuan para pemuda.Berkembang pula nasionalisme modern yang dipelopori Sukarno.Dalam perkembangannya muncul organisasi-organisasi baru yang bersikap kooperatif.Oleh sebab itu, bermacam-macam bentuk strategi organisasi-organisasi pergerakan nasional dalam menghadapi kekuasaan kolonial.

    BalasHapus
  43. Nama : Anisa Nurul Choir
    Kelas : XI MIPA 1
    Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?

    Jatidiri bangsa adalah identitas suatu bangsa yang menjadi pemicu semangat kesinambungan hidup bangsa yang bersangkutan. Demikian pula dengan istilah “jatidiri bangsa Indonesia” adalah identitas bangsa Indonesia yang menjadi pemberi semangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Jati diri Keindonesiaan sangat lah penting, karena dengan adanya jati diri bisa menjadi pembeda antara bangsa satu dengan bangsa yang lainnya. Dengan demikian Bangsa Indonesia pun memiliki jadi diri yang menunjukkan "ini lah Indonesia".

    Lalu, apa kaitannya Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?
    Sumpah pemuda, merupakan pelopor tumbunya semangat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia terutama di kalangan para pemuda. Sumpah Pemuda muncul dari hasil Kongres Pemuda 2 pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Dengan adanya sumpah pemuda ini, semakin menumbuhkan rasa semangat masyarakat Indonesia, berikut pengaruh sumpah pemuda dengan pwnguatan jati diri Indonesia :

    1. Semenjak kelahiran sumpah pemuda organisasi-organisasi dan partai yang ada secara tegas mendasarkan jiwa dan semangat keindonesiaan. Partai atau organisasi politik yang belum mencantumkan namanya dengan kata Indonesia, mulai menambahkan nama Indonesia.
    2. Isi Sumpah Pemuda sendiri menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.
    3. Dengan adanya Sumpah Pemuda rasa toleransi antar masyarakat Indonesia semakin besar, perbedaan latar belakang hanyalah identitas diri semata, Sehingga menghasilkan semangat juang dalam bersatu untuk Indonesia.

    BalasHapus
  44. Nama : Khansa Arina Arya Putri (12)
    Kelas : XI MIPA – 6
    kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan
    jati diri keindonesiaan merupakan identitas bangsa yang menjadi pemacu semangat demi kelangsungan hidup bangsa indonesia, sementara sumpah pemuda sendiri merupakan peristiwa penting dalam mengawali kesadaran dan semangat kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan.
    Sehingga kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah jati diri keindonesiaan berperan sebagai pendorong semangat kebangsaan di dalam masyarakat yang heterogen sehingga terciptanya persatuan yang direalisasikan dalam peristiwa sumpah pemuda yang mana dalam nilai nilainya tercantum perbedaan - perbedaan identitas yang dimiliki masyarakat indonesia namun pada akhirnya tetap sama, hal tersebut yang menjadi simbol penting dalam mencapai kemerdekaan Indonesia.

    BalasHapus
  45. Nama : Aliya Shafa
    Kelas : 11 IPS 3
    No Absen : 02
    Sumpah pemuda memiliki makna menyatukan perjuangan Indonesia, mendorong semangat juang generasi muda, menumbuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, menekankan rasa bangga akan bahasa Indonesia, menjaga keutuhan bangsa dan cinta tanah air. Dari makna - makna tersebut memberikan pemahaman bahwa Sumpah pemuda memiliki kaitan atau hubungan dengan penguatan jati diri keindonesiaan sebab Sumpah pemuda menjadikan bangsa Indonesia, bangsa yang tetap utuh atau satu meskipun dengan beraneka ragam perbedaan yang ada. Hal tersebutlah yang menimbulkan jati diri bagi bangsa Indonesia diantaranya Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menguatkan jati diri bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan rasa nasionalisme dalam diri tiap rakyatnya

    BalasHapus
  46. Nama:Arya Mukti Triputra
    Kelas:11 MIPA 2
    No Absen:06

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah Sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.Nilai dan makna dari Sumpah Pemuda tersebut membentuk jati diri bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cinta tanah air, bangga atas kebangsaannya yaitu Bangsa Indonesia, dan menggunakan bahasa formal/bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  47. Nama :Hikmawati Haztania
    Kelas :XI IPS 4
    No.absen:16
    menurut saya kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir

    BalasHapus
  48. Nama: Indah Nurlaila
    Kelas: XI IPS 3
    no absen : 17
    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah Sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.
    Serta sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dengan itu sumpah pemuda bisa memper satukan bangsa indonesia agar terus bersatu walau banyak perbedaan.

    BalasHapus
  49. Nama : Alya Nur Fitri (2)
    Kelas : XI MIPA 3

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah Sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Nilai dan makna dari Sumpah Pemuda tersebut membentuk jati diri bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cinta tanah air, bangga atas kebangsaannya yaitu Bangsa Indonesia, dan menggunakan bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia sehingga Sumpah Pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dari segi budaya, kehidupan sosial, cara berpikir, dll.

    BalasHapus
  50. Nama : Izhar Alif Akbar
    Kelas: 11 MIPA 3

    Jawaban :

    Jati diri keindonesiaan adalah identitas bangsa Indonesia yang menjadi pemberi semangat demi kelangsungan hidup bangsa. Sumpah pemuda merupakan peristiwa penting dalam mengawali kesadaran dan semangat kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan.
    Kaitan dari jati diri keindonesiaan dan sumpah pemuda adalah, sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Sumpah pemuda telah mendorong munculnya organisasi-organisasi baru yang berbasis kesatuan dan persatuan, dengan tujuan menyatukan dan memperjuangkan kemerdekaan untuk Indonesia. Dengan adanya sumpah pemuda, masyarakat akhirnya sadar akan pentingnya persatuan untuk mencapai kemerdekaan.

    BalasHapus
  51. Nama : Fauziah Sovia Marcella
    Kelas : XI MIPA 3

    Jatidiri bangsa Indonesia adalah identitas bangsa Indonesia yang menjadi pemberi semangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Keterkaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Indonesia sendiri adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting dari bangsa Indonesia.
    Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air, berbangsa dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga ini menekankan jati diri bangsa Indonesia. Dan sumpah pemuda juga tonggak perjuangan pemuda Indonesia dalam membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme para pemuda sebagai bagian dari jatidiri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. Nama : Keisya Shabira Maharani
    Kelas : XI MIPA 3

    Jati diri bangsa Indonesia merupakan identitas bangsa yang menjadi pemberi semangat demi keberlangsungan hidup bangsa itu sendiri. Sumpah pemuda memiliki banyak sekali makna yaitu mendorong semangat juang generasi muda, menyatukan perjuangan Indonesia, menekankan rasa bangga akan bahasa Indonesia, menjaga keutuhan bangsa dan cinta tanah air. Dari makna makna tersebut menjelaskan bahwa sumpah pemuda memiliki kaitan dengan penguatan jadi diri bangsa Indonesia.
    Keterkaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri bangsa Indonesia adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting dari bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air, berbangsa dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menguatkan jati diri bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan rasa nasionalisme dari dalam diri tiap rakyat nya.

    BalasHapus
  54. Nama : Frilisya Ratu Fernanda
    Kelas : XI MIPA 3

    Penguatan jati diri keindonesiaan adalah penguatan identitas bangsa Indonesia yang menjadi pemberi semangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda berkaitan dengan penguatan jatidiri keIndonesiaan tersebut karena Sumpah Pemuda memiliki makna strategis dalam rangkaian untuk mengembangkan rasa persatuan dan proses penguatan jati diri bangsa, bangsa Indonesia. Setelah terjadinya Sumpah Pemuda, organisasi-organisasi dan partai yang ada secara tegas mendasarkan jiwa dan semangat keindonesiaan. Partai atau organisasi politik yang belum mencantumkan namanya dengan kata Indonesia, mulai menambahkan nama Indonesia. Penguatan jati diri keindonesiaan ini sebagai implikasi dari Sumpah Pemuda. Sebelumnya, perjuangan Indonesia masih persifat kedaerahan, dengan adanya Sumpah Pemuda yang menegaskan bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu, memberi penguatan terhadap indentitas bangsa juga jatidiri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  55. Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  56. Rena Aulia Rizky XI IPS 2
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  57. Nama: Natasha Kamila Kusnadi (21)
    Kelas: XI IPS 2

    Penguatan jati diri keindonesiaan mulai terjadi pada awal abad ke-20 Masehi melalui gerakan gerakan kebangsaan yang dicetuskan oleh para kaum pemuda dan golongan terpelajar melalui organisasi politik. Dengan bergabungnya pemuda ke dalam organisasi politik, para pemuda mampu melakukan kegiatan politik dan menumbuhkan semangat nasionalisme. Salah satunya dengan Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda adalah tonggak perjuangan dalam membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme para pemuda. Sumpah pemuda merupakan dasar dari penguatan jati diri keindonesiaan. Dalam Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Selain itu, Sumpah Pemuda juga berpengaruh terhadap pergerakan nasional yaitu, mempersatukan bangsa yang awalnya bersifat kedaerahan menjadi bersatu dengan satu tujuan yaitu Indonesia merdeka.

    BalasHapus
  58. Nama : Rafi Hanan Dzakiy
    Kelas : XI MIPA 6
    Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?
    Sumpah pemuda merupakan ikrar yang diucapkan oleh pemuda pemudi Indonesia pada 28 Oktober 1928, sebagai tanda dimulainya persatuan Indonesia yang sebenarnya. Sumpah pemuda membawa dampak besar bagi bangsa Indonesia, teutama dalam masalah menanamkan rasa persatuan dan nasionalisme di Indonesia. Sumpah Pemuda pun menjadi penting dalam membangun jati diri Keindonesiaan, hal tersebut dikarenakan Sumpah Pemuda menjadi acuan bangsa Indonesia untuk menetapkan suatu identitas kebangsaan dalam kehidupan yang saling berkesinambungan. Dimana kehidupan yang berkesinambungan itulah yang menjadi implemantasi dari sumpah pemuda yang berdasarkan kepada persatuan bangsa. Hal tersebut lah yang menjadi tonggak utama dalam terciptanya sebuah semangat nasionalisme dalam mewujudkan serta menguatkan Jati Diri Keindonesiaan.

    BalasHapus
  59. Nama : Eri Indah Budiarti
    Kelas: XI-IPS 3

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  60. Nama : Raihan Rizki Firdaus
    Kelas : XI IPS 3

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  61. Nama : NOVA NAJALILLAH RAMDHANI
    Kelas : XI MIPA 1
    No Absen : 027

    Sumpah pemuda merupakan ikrar yang diucapkan oleh pemuda pemudi Indonesia pada 28 Oktober 1928, sebagai tanda dimulainya persatuan Indonesia yang sebenarnya. Sumpah pemuda membawa dampak besar bagi bangsa Indonesia, teutama dalam masalah menanamkan rasa persatuan dan nasionalisme di Indonesia. Sumpah Pemuda pun menjadi penting dalam membangun jati diri Keindonesiaan, hal tersebut dikarenakan Sumpah Pemuda menjadi acuan bangsa Indonesia untuk menetapkan suatu identitas kebangsaan dalam kehidupan yang saling berkesinambungan. Dimana kehidupan yang berkesinambungan itulah yang menjadi implemantasi dari sumpah pemuda yang berdasarkan kepada persatuan bangsa. Hal tersebut lah yang menjadi tonggak utama dalam terciptanya sebuah semangat nasionalisme dalam mewujudkan serta menguatkan Jati Diri KeIndonesiaan.

    BalasHapus
  62. Nama : Zahrah Khairunnisa Rahmani
    Kelas : XI IPS 4
    Absen : 34

    "Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?"
    Kaitan antara sumpah pemuda dan penguatan jati diri keindonesiaan adalah, sumpah pemuda mampu mempersatukan rakyat Indonesia yang beraneka ragam, dan penguatan jati diri keindonesian dapat dilihat dari isi Sumpah Pemuda yang terdiri dari 3 bagian, yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Kedua adalah rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau sari sabang sampai merauke. Ketiga adalah jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bisa ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  63. Nama : Algie Muhammad Syah S
    Kelas : XI IPS 2
    No. Absen : 02

    Menurut saya, keterkaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan dimulai dari tumbuhnya rasa senasib dan sepenanggungan dalam diri para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia. Dari situ, muncul rasa saling memiliki dan semangat kebangsaan. Maka sumpah pemuda menjadi landasan awal lompatan perjuangan yang memegang luhur rada kebangsaan. Sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Nama : Putri Septiansyah
    Kelas : 11 MIPA 6

    jati diri keindonesiaan merupakan identitas bangsa yang menjadi pemacu semangat demi kelangsungan hidup bangsa indonesia, sementara sumpah pemuda sendiri merupakan peristiwa penting dalam mengawali kesadaran dan semangat kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan. Sehingga kaitan dari jati diri keindonesiaan dan sumpah pemuda adalah, sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Sumpah pemuda telah mendorong munculnya organisasi-organisasi baru yang berbasis kesatuan dan persatuan, dengan tujuan menyatukan dan memperjuangkan kemerdekaan untuk Indonesia. Dengan adanya sumpah pemuda, masyarakat akhirnya sadar akan pentingnya persatuan untuk mencapai kemerdekaan.

    BalasHapus
  66. Nama: Rafeyla Muthmainnah Azizah
    Kelas: XI MIPA 5

    Menurut saya kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  67. Nama : Fania Alamanda (11)
    Kelas : XI MIPA 7

    Kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah karena para pemuda ini bergerak membuat dan menciptakan organisasi organisasi yang nanti akan mewakili pemuda pemuda di tiap daerah bersatu, berkumpul, melahirkan sebuah kesepakatan. Dan mereka menyampaikan sebuah upaya untuk menyatukan gerakan gerakan ini atau organisasi organisasi ini dengan mengadakan kongres pemuda I dan kongres pemuda II yang nanti melahirkan kesepakatan yang berkaitan dengan keindonesiaan.
    Penguatan nyata jati diri  keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri atas tiga bagian, yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Kedua adalah rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau sari sabang sampai merauke. Ketiga adalah jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bias ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  68. Nama : Clarissa Marva
    Kelas : XI MIPA 5

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, suku, kebudayan, kehidupan sosial, dan cara berpikir. Perjuangan bangsa Indonesia sebelum adanya sumpah pemuda dilakukan hanya bersifat kedaerahan dan masing-masing. Dengan adanya sumpah pemuda menegaskan adanya 3 jati diri penting Bangsa Indonesia yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  69. Nama : Aisyah Islami Puteri Dnaro
    Kelas : 11 MIPA 4
    No Absen : 6

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri bangsa Indonesia dapat dilihat dari fungsi sumpah pemuda sebagai salah satu gerakan kebangsaan serta tonggak persatuan dan kesatuan. Adanya Peristiwa sumpah pemuda ini telah meneguhkan pentingnya jati bangsa Indonesia, penguatan semangat kebangsaan atau nasionalisme. Hal ini tercermin dalam ikrar satu tanah air, satu bangsa dan keikhlasan menjunjung satu bahasa Indonesia. Satu nusa, bangsa, dan bahasa Indonesia menunjukkan adanya penguatan jati diri dan semangat kebangsaan Indonesia.

    BalasHapus
  70. Nama: Nahdia Rahma Hayati
    Kelas : 11 MIPA 4

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri ke-Indonesiaan yaitu karena sumpah pemuda mampu menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Singkatnya, hal ini terjadi karena sumpah pemuda merupakan tonggaknya perjuangan para pemuda dalam membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme pemuda-pemuda bangsa.

    BalasHapus
  71. Nama : Naira Riyandini Dzovina (27)
    Kelas : 11 MIPA 3

    Kaitan sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah sumpah pemuda berperan dalam mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, suku, kehidupan sosial serta agama. Para pemuda juga ikut serta dalam merumuskan sumpah pemuda dimana didalam sumpah pemuda terdapat tiga jati diri penting bagi bangsa Indonesia, yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal tersebut menekan jati diri bangsa Indonesia dan menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang satu walaupun memiliki banyak perbedaan.

    BalasHapus
  72. Nama: Arvi Ahmad Nahid
    Kelas: 11 IPS 4

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah sumpah pemuda berperan dalam menyatukan semua rakyat Indonesia yang beraneka ragam.sumpah pemuda merupakan jati diri bangsa indonesia karena para pemuda ikut serta dalam merumuskan sumpah pemuda dan ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia serta mempersatulan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam yaitu dari cara berpikir, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, dan kehidupan sosial.

    BalasHapus
  73. NAMA:SATRIO BAMBANG DEWANDORO
    KELAS:XI IPS 1







    Menurut saya kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia yaitu sumpah pemuda merupakan jati diri bangsa indonesia karena para pemuda ikut serta dalam merumuskan sumpah pemuda dan ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia serta mempersatulan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam yaitu dari cara berpikir, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, dan kehidupan sosial.

    BalasHapus
  74. Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    Penguatan nyata jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri atas tiga bagian, yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Kedua adalah rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau sari sabang sampai merauke. Ketiga adalah jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bias ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  75. Karena Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  76. Nama : Nadya Alyaa
    Kelas : XI MIPA 3
    Absen : 26

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.
    Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu masih bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan dan mempertegas adanya 3 jati diri penting Bangsa Indonesia yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.


    BalasHapus
  77. Nama:Rizky Ramdani Yusep
    Kelas 11 MIPA 1

    Karena Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikirr

    BalasHapus
  78. Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan.

    Nama: Faris Hafizhan Hakim
    Kelas: XI MIPA 3

    Hubungan antara Sumpah Pemuda dan penguatan jati diri keindonesiaan adalah sebagai berikut. Sumpah pemuda berperan sebagai sebuah katalis dalam membangun jati diri Indonesia. Peristiwa tersebut menyalakan semangat para pahlawan terdahulu untuk bersatu dan berjuang untuk memerdekakan diri. Hal tersebut juga menyebabkan berkembangnya paham nasionalisme modern.

    BalasHapus
  79. Nama:Nanda aprilia
    Kelas:11 MIPA 5
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  80. Nama : Agnia Shafira
    Kelas : 11 MIPA 1
    Kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan diantaranya seperti yang sudah diketahui, Sumpah Pemuda adalah ikrar pemuda pemudi yang mengaku bertumpah darah, berbangsa dan bahasa yang satu yakni Indonesia. Hal tersebut telah menunjukkan identitas sebagai bangsa Indonesia dimana mengimplementasikan penguatan jati diri keindonesiaan. Hal tersebut juga dapat terlihat dari banyaknya partai dan organisasi politik yang sebelumnya belum memakai nama Indonesia mulai mencantumkan nama Indonesia. Dengan begitu, sumpah pemuda dapat menguatkan jati diri keIndonesiaan. Karena dengan mengatas namakan Indonesia pada partai dan organsisasi politik, menandakan bahwa secara tegas partai dan organisasi politik tersebut dibentuk oleh pemuda/ pemudi sebagai bangsa Indonesia dan untuk kepentingan bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  81. Nama : Azzwa Nurmaulida Katresna
    Kelas : XI IPS 4
    No Absen : 06

    Sumpah pemuda adalah tonggak perjuangan pmuda dalam membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme para pemuda. Munculnya berbagai organisasi yang dapat mempersatukan bangsa, menekankan rasa bangga akan bahasa Indonesia, menjaga keutuhan bangsa dan cinta tanah air ini berkaitan antara sumpah pemuda dengan jati diri bangsa indonesia.
    jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bisa ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.
    Sumpah Pemuda memiliki nilai-nilai yang sangat bermakna dalam menuju cita-cita Indonesia Merdeka. Nilai-nilai persatuan, jati diri/semangat kebangsaan dan demokrasi merupakan nilai-nilai yang sangat penting artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia pada masa-masa berikutnya, yang secara nyata menunjukkan identitas keindonesiaan. Indonesia Raya, Indonesia Merdeka sebagai tujuan utama.

    BalasHapus
  82. Nama : Erina Dwika Sari
    Kelas : XI IPS 3

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  83. Jati diri keindonesiaan merupakan hal yang penting bagi suatu bangsa, sebab jati diri akan menunjukkan ciri khas dari setiap bangsa, yang ciri tersebut akan membedakan bangsa satu dengan lainnya. Negara Indonesia juga memiliki jati diri yang membedakan Indonesia dengan negara lain, bahkan penguatan jati diri bangsa dibelajarkan dalam materi pendidikan di Indonesia.


    NAMA : Fariz rizal subayu luqmanul hakim
    Kelas : 11 IPS 2
    No.absen : 16

    BalasHapus
  84. Nama : Ernanda Khoirotun Nisa'
    Kelas: 11 IPS 2

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dalam Sumpah Pemuda juga ditegaskan 3 jati diri bangsa yaitu, bertanah air satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu yang mana hal ini merupakan bentuk penguatan jati diri keIndonesiaan.

    BalasHapus
  85. Nama : Muhammad Hafiz Hafiyyan (23)
    Kelas : 11 Mipa 3
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  86. Nama : Hamzah (16)
    Kelas : 11 IPS 3
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya,bahasa,daerah,suku,kebudayaan,kehidupan sosial,serta cara berpikir. Negara indonesia juga memiliki jati diri yang membedakan indonesia dengan negara lain,bahkan penguatan jati diri bangsa di belajar kan dalam materi pendidikan indonesia

    BalasHapus
  87. Nama: Muhammad Ichsan Khairullah
    Kelas: XI MIPA 3

    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  88. Nama :Raismawati Alifah Sanda
    Kelas:11 IPS 3

    •Kaitan sumpah pemuda dengan jati diri keindonesiaan ialah sumpah pemuda membuktikan dengan adanya perbedaan baik agama, ras, suku, bahkan cara berpikir sekalipun bukan hambatan untuk bersatu.

    BalasHapus
  89. Nama : Tania Rachmawati Sutisna
    Kelas : XI IPS 3
    Jawaban : Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir

    BalasHapus
  90. Nama : Puan Dara Insanulkamil
    Kelas : XI MIPA 1

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri ke-Indonesiaan yaitu Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. momen ini mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu

    BalasHapus
  91. Nama : Aldi Firman Pratama
    Kelas : 11 MIPA 5

    Kaitannya bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir

    BalasHapus
  92. Nama. : WILDAN.P.SOLIHAN
    Kelas. : 11 IPS 2
    No Absen:36


    Kaitan sumpah pemuda dengan jati diri keindonesiaan adalah sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertambah air yang satu berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa indonesia.

    BalasHapus
  93. Nama :Eufemia Tiurma Binsar Marsada
    Kelas :XI MIPA 2
    No Absen :15

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah Sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Serta sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dengan itu sumpah pemuda bisa memper satukan bangsa indonesia agar terus bersatu walau banyak perbedaan.

    BalasHapus
  94. Nama: Nadya Putri Intana
    Kelas: XI - MIPA 5
    Absen: 23

    Menurut saya kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia yaitu sumpah pemuda merupakan jati diri bangsa indonesia karena para pemuda ikut serta dalam merumuskan sumpah pemuda dan ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia serta mempersatulan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam yaitu dari cara berpikir, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, dan kehidupan sosial.
    Sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. maka dari itu sumpa pemuda merupakan awal munculnya kesadaran berbangsa, bernegara, berbahasa indonesia yang menjadi penegas persatuan indonesia dalam keragaman

    BalasHapus
  95. Nama: Alya Nabawiya Mawsoofa
    Kelas: 11 MIPA 7
    Absen: 03

    kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan bukan hanya penegasan tentang tiga jati diri indonesia yaitu bertanah air satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu. tetapi juga mengubah perjuangan dari bentuk kedaerahan menjadi nasional, dimana semua pemikiran yang berbeda beda disatukan, semua budaya yang berbeda disatukan, tanpa melihat suku, agama, warna kulit dan ras.

    BalasHapus
  96. Nama: Gayatri Endah Winulang Suhastono
    Kelas: XI MIPA 3
    No. Absen: 12

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah sumpah pemuda memicu kesadaran para pemuda yang beranekaragam dalam kebudayaan untuk bersatu dalam berjuang memperjuangkan bangsa. Yang mana artinya, sumpah pemuda merupakan titik balik dimulainya perjuangan nasional (tidak kedaerahan) yang merupakan awal pencapaian jati diri keindonesiaan.

    BalasHapus
  97. Nama : Jasmine Ramadhani
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 14

    menurut saya Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  98. Jasmine Nadiva Prameshwari
    11 MIPA 5

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri ke Indonesiaan adalah dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    Sumpah Pemuda dipandang sebagai pengakuan fundamental dari sebuah bangsa yang masih dalam tahap pembentukan. Ia terbentuk melalui kurun yang waktu panjang. Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    Sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah.

    BalasHapus
  99. Nama : Najmi Alifia Fithri
    Kelas : XI MIPA 6

    Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?
    Pengertian jati diri bangsa Indonesia adalah kesadaran akan identitas bangsa Indonesia yang menjadi bentuk penyemangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sedangkan Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

    Munculnya jati diri bangsa Indonesia ditandai dengan adanya pembentukan organisasi dan gerakan nasionalisme revolusioner yang menjadi pembangun semangat para pemuda Indonesia untuk menemukan jati diri bangsa Indonesia. Saat diikrarkannya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, jati diri bangsa Indonesia telah sampai pada puncaknya, dimana bangsa Indonesia mulai memaknai apa arti persatuan. Persatuan ini mencakup tiga jati diri bangsa Indonesia yang juga tertulis dalam ikrar Sumpah Pemuda yaitu:
    1. Bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
    2. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
    3. Berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.

    Jadi keterkaitan antara Sumpah Pemuda dan jati diri bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda menjadi pemersatu bangsa Indonesia agar menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi dan mengerti apa makna persatuan yang sesungguhnya.

    BalasHapus
  100. Nama : Naira Aqila
    Kelas : XI MIPA 7
    Absen : 22

    Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?
    Jawab:
    Berdasarkan pemahaman saya, kaitan Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan timbul dari adanya rasa sepenanggungan dan perasaan senasib yang dialami oleh para pemuda di masa kolonialisme. Dari kondisi tersebut menimbulkan rasa ingin menggapai kemerdekaan, salah satunya dengan dibentuknya Sumpah Pemuda. Lahirnya Sumpah Pemuda menimbulkan rasa persatuan hingga lahirlah berbagai organisasi yang dapat menguatkan jati diri keindonesiaan.

    BalasHapus
  101. Nama : Anggia Dimas Syafitri
    Kelas : XI MIPA 5

    "Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?"
    menurut saya keterkaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah karena para pemuda ini bergerak membuat dan menciptakan organisasi-organisasi yang nanti akan mewakili pemuda pemuda di tiap daerah bersatu, berkumpul, melahirkan sebuah kesepakatan. Dan mereka menyampaikan sebuah upaya untuk menyatukan gerakan gerakan ini dengan mengadakan kongres pemuda yang membawa dampak besar bagi bangsa Indonesia, teutama dalam masalah menanamkan rasa persatuan dan nasionalisme di Indonesia.

    BalasHapus
  102. NADIRA VIOLETA FAJRIL SABILLA
    XI IPS
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri kelndonesia adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah terpisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  103. AL-KAYLA SEKAR KINTARI S
    02
    XI IPS 4

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  104. Nama : Ratu Deswita Maharani
    Kelas : XI MIPA 5
    Absen : 31

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri kelndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu
    mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, sosial, serta cara berpikir. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    Sumpah Pemuda juga menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  105. Nama : Ni Made Ayu Meylania
    Kelas : XI MIPA 6
    Kaitan dari jati diri keindonesiaan dan sumpah pemuda adalah sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Sumpah pemuda telah mendorong munculnya organisasi-organisasi baru yang berbasis kesatuan dan persatuan, dengan tujuan menyatukan dan memperjuangkan kemerdekaan untuk Indonesia. Dengan adanya sumpah pemuda, masyarakat akhirnya sadar akan pentingnya persatuan untuk mencapai kemerdekaan.

    BalasHapus
  106. Nama : Nara Safa Sadina Putri
    Kelas: 11 MIPA 2
    Absen: 26
    Q: Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?
    A: Bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Dibuktikan saat sebelum adanya dideklarasi sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu bersifat kedaerahan. Dengan adanya sumpah pemuda, perjuangan Indonesia berubah dari bersifat kedaerahan menjadi bersifat nasional dan akan terus berkembang.
    Penguatan nyata jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda, yaitu:
    1.Bertanah air yang satu,
    2.Berbangsa yang satu, dan
    3.Berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  107. Nama : Salwa Aulia Devyan
    Kelas : XI MIPA 7

    Kaitan Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah bahwa Sumpah Pemuda merupakan jati diri dari Indonesia, yang artinya kita semua bertumpah darah satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu, yakni Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan pemersatu kita dari keanekaragaman yang ada di Indonesia. Sehingga, kita harus menjadikan Sumpah Pemuda sebagai jati diri kita.

    BalasHapus
  108. Nama :Stella Cometta Febriana
    Kelas : XI Mipa 5

    Kaitan Sumpah Pemuda dengan Penguatan jati diri Keindonesiaan adalah :

    Sumpah pemuda ialah momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia, dimana dalam peristiwa ini menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia.

    momen sumpah pemuda berhasil mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dengan mempertegas 3 jati diri penting Bangsa Indonesia demi mempersatukan satu rasa dan jua seluruh pemuda pemudi Indonesia , 3 jati diri penting itu ialah:
    -bertanah air yang satu,
    -berbangsa yang satu,
    -dan berbahasa yang satu

    Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah.
    Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  109. NAMA : Keisha Trully Purwandana
    KELAS : XI IPS 4

    Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  110. Nama: Rafli Rahmat Destrian
    Kelas: XI MIPA 7
    absen: 27

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.



    Penguatan nyata jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri atas tiga bagian, yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Kedua adalah rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau sari sabang sampai merauke. Ketiga adalah jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bias ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  111. Nama : Afifa Nuri Silma
    Kelas : XI MIPA 4
    No. Absen : 03

    "Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?"

    Jawab :
    Menurut saya, kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan timbul dari adanya rasa sepenanggungan dan perasaan senasib yang dialami, yang pada akhirnya timbul rasa persatuan ingin merdeka. Sumpah
    pemuda berhasil mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, dan cara berpikir. Dengan mempertegas 3 jati diri Bangsa Indonesia yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu,dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  112. Nama : Emiko Mihani Al Anwar
    Kelas : XI MIPA 4
    No.absen : 12

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia baik dari segi kebudayaan, suku, bahasa, cara berpikir bahwa memperingatkan rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Maka dapat memperkuatkan nyata jati diri keindonesiaan.

    BalasHapus
  113. Nama : Hakim Jahran Ibrahim
    Kelas : XI MIPA 7
    No. Absen : 12

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  114. nama : widya nuraulia frebiasti
    kelas: XI MIPA 5
    no absen : 36

    pengertian jatidiri bangsa Indonesia sendiri adalah identitas bangsa Indonesia yang menjadi pemberi semangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia, sedangkan sumpah pemuda adalah tonggak perjuangan pemuda dalam membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme para pemuda. Jadi kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah
    sumpah pemuda merupakan jati diri bangsa indonesia karena para pemuda ikut serta dalam merumuskan sumpah pemuda dan ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia serta mempersatulan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam yaitu dari cara berpikir, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, dan kehidupan sosial

    BalasHapus
  115. Nama : Zaira Najwa Fitriyana
    Kelas : XI MIPA 2

    jawaban : Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. para pemuda juga memiliki perasaan senasib dan sepenanggungan.

    BalasHapus
  116. Nama : Arif Rahman Tosin
    Kelas : XI MIPA 2
    No. Absen : 05

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.
    Penguatan nyata jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri atas tiga bagian, yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Kedua adalah rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau sari sabang sampai merauke. Ketiga adalah jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bias ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  117. Nama : Arsal Muhammad
    Kelas : XI MIPA 6

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  118. Nama : Daffatama Putra Ismiyanto
    Kelas : XI MIPA 3
    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia. Juga mampu mempersatukan rakyat Indonesia dari segi budaya, bahasa, daerah,suku, kehidupan sosial, dan cara berfikir.

    BalasHapus
  119. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  120. Nama: Marsya Royani Jannah
    Nomor absen: 13
    Kelas:XI MIPA 6

    Soal:
    Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?

    Jawab:
    Sumpah Pemuda merupakan satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia dan Jati diri bangsa Indonesia adalah kesadaran akan identitas bangsa Indonesia yang menjadi bentuk penyemangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

    Kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri ke Indonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam dari segi budaya, kebudayaan, bahasa, daerah, suku, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Yang ketika sebelum ada dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan bersifat kedaerahan atau masing-maing. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Bangsa Indonesia menjadi satu kesatuan dan hal tersebut sangat diperlukan Bangsa Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini. Jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    Penguatan jati diri keIndonesiaan berdasar dari Sumpah Pemuda yang terdiri atas tiga bagian, yaitu
    1. Bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya.
    2. Rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau dari sabang sampai merauke.
    3. Jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bisa dielak meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan dalam Bahasa nasional (Bahasa Indonesia).

     Jadi untuk memperkuat jati diri keIndonesiaan adalah dengan berlandaskan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam setiap aspek kegiatan kehidupan kita. Jika kita dapat menganut isi Sumpah Pemuda maka dapat memiliki jati diri keIndonesiaan bahkan Jati diri Keindonesiaan yang kuat.

    BalasHapus
  121. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  122. Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah
    1.bertanah air yang satu
    2.berbangsa yang satu,dan
    3.berbahasa yang satu.
    ketiga penegasan ini menekankan jati diri bangsa Indonesia yang mampu mempersatukan rakyat Indonesia dari segi budaya,bahasa, suku daerah ,kehidupan sosial,juga cara berfikir masarakat .

    BalasHapus
  123. Nama : Nanda aulia
    Kelas : 11 mipa 7
    Absen : 23
    Jawaban: Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah
    1.bertanah air yang satu
    2.berbangsa yang satu,dan
    3.berbahasa yang satu.
    ketiga penegasan ini menekankan jati diri bangsa Indonesia yang mampu mempersatukan rakyat Indonesia dari segi budaya,bahasa, suku daerah ,kehidupan sosial,juga cara berfikir masarakat .


    BalasHapus
  124. Nilam Pramesti
    XI Mipa 6

    Penguatan nyata jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri atas tiga bagian, yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Kedua adalah rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau sari sabang sampai merauke. Ketiga adalah jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bias ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus

  125. Nama: Yasmin Alfiyazahra Budiman
    Kelas: 11 MIPA 4
    No. Absen: 33

    "Kaitan Sumpah Pemuda dengan Penguatan Jati Diri Keindonesiaan"

    Jawaban:
    Sumpah Pemuda merupakan penegasan terhadap jati diri bangsa Indonesia. ‘Satu tumpah darah, bangsa, dan bahasa’ yang dideklarasikan dalam Sumpah Pemuda sejatinya sudah menjelaskan ‘apa dan siapa Indonesia itu’. Salah satu wujud konkretnya adalah dengan mulai digunakannya kata ‘Indonesia’ secara luas sejak peristiwa Sumpah Pemuda ini.
    Peristiwa Sumpah Pemuda juga mendorong bangsa Indonesia untuk semakin yakin dan gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan, demi terwujudnya negara ‘Indonesia seutuhnya’, yang tidak dicampuri oleh jati diri penjajah maupun bangsa asing lain. Salah satu wujud konkretnya adalah dengan banyak terbentuknya organisasi, partai, dan usaha pergerakan lainnya yang semakin yakin dan aktif dalam memperjuangkan serta menyuarakan kemerdekaan Indonesia sejak diikrarkannya Sumpah Pemuda.

    BalasHapus
  126. Nama : Faishal Muhammad Akhdan
    Kelas : 11 MIPA 2
    Absen : 16

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang memiliki perbedaan suku, bahasa, budaya, agama, cara berpikir, dll. Yang menimbulkan rasa persatuan, cinta tanah air, dan rela berkorban.
    Dengan begitu pada masa sekarangpun kita harus mempertahakan jati diri keIndonesiaan agar tidak mudah terpengaruh oleh budaya luar.

    BalasHapus
  127. Nama: Syafera eka m
    No absen : 34
    Kelas : XI Mipa 5

    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda mampu menyatukan seluruh bangsa indonesia dan mampu menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  128. Nama: Kinanti Puspa
    Kelas: 11 MIPA 5
    Absen: 15

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan. Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  129. Nama:Muhammad Fathan Putra Hartaki
    Kelas:XI MIPA 7
    Absen:20

    Jawaban:
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  130. Nisrina Nur Arifah A R
    XI MIPA 7

    Jawab :
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah sumpah pemuda menjadi pemersatu seluruh pemuda di Indonesia dari segala perbedaannya, dan membangkitkan jiwa nasionalisme, mengutamakan kepentingan bangsa daripada kepentingan sendiri atau golongan, dan itu semua merupakan jati diri keindonesiaan.

    BalasHapus
  131. Nama : Octaviani Suryaputri
    Kelas : 11 MIPA 4
    No. Abs : 27

    Peristiwa Sumpah Pemuda ini mampu mempersatukan semangat dalam segala perbedaan dan keragaman yang ada di Indonesia , jati diri Indonesia sendiri sebagai kesatuan dan persatuan yang tidak di pengaruhi oleh bangsa manapun. Penegasan jati diri ini ada di dalam Sumpah Pemuda yang sudah di deklarasikan yang menjadi 3 jati diri penting bangsa Indonesia : "bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu".

    BalasHapus
  132. Nama : Nanda Juwita
    Kelas : XI MIPA 6
    No abs : 19


    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia. Dan sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam

    BalasHapus
  133. Nama :Netra Alifi R.N
    Kelas:XI MIPA 4
    (SEJARAH)

    PERTANYAAN :
    Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?
    JAWAB :
    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah Sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Serta sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dengan itu sumpah pemuda bisa mempersatukan bangsa indonesia agar terus bersatu walau banyak perbedaan.
    Penguatan nyata jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda
    -bertumpah darah yang satu
    -rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu
    -jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan

    BalasHapus
  134. Nama : Rani Dwi Puspitasari
    Kelas : XI MIPA 6
    No absen : 27

    Jawaban :
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, suku, kebudayan, kehidupan sosial, dan cara berpikir. contohnya saja pada jaman dulu perjuangan bangsa Indonesia sebelum adanya sumpah pemuda dilakukan hanya bersifat kedaerahan dan masing-masing tetapi setelah adanya sumpah pemuda perjuangan menjadi lebih kuat dikarenakan sudah mengedepankan nilai kesatuan. Dan dengan adanya sumpah pemuda menegaskan adanya 3 jati diri penting Bangsa Indonesia yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  135. Nama : Izra Shafina F
    Kelas : 11 MIPA 5

    Penguatan nyata jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari
    isi sumpah pemuda yang terdiri atas tiga bagian.

    Sementara itu, keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri ke-Indonesiaan adalah
    menyatakan bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam.

    Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah.

    Maka dengan adanya sumpah pemuda, perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya negarif atau merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  136. Nama : Rahmawati Revi Oktora
    Kelas : X IPS 4

    kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda sebagai pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia, mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia, membangun pemuda yang berpolitik dan bisa mengakhiri kekuasaan Belanda. Dan, menjadikan Indonesia bertanah air yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  137. Nama : Delfi Farsya Purnama
    Kelas : 11 Mipa 5

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan jati diri keindonesiaan yaitu sumpah pemuda bertujuan untuk membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda pemudi Indonesia dan seluruh rakyat nusantara untuk melawan, mengusir,dan menentang para penjajah. Mengukuhkan dan menebalkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Memperkuat rasa cinta tanah air. Saling menghargai akan keberagaman budaya Indonesia.

    BalasHapus
  138. Nama : Hana Athaya Nurhalizah
    Kelas : 11 MIPA 5

    Pertanyaan : "Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?"
    Jawaban : setelah diadakannya sumpah pemuda sebanyak 2 kali, banyak rakyat yang mulai bersemangat untuk mengembangkan persatuan dan kesatuan. dengan sumpah pemuda ini, secara tidak langsung telah memberikan pelajaran tentang nilai-nilai jati diri dan demokrasi untuk memperkokoh kemandirian juga semakin memantapkan perjuangan bangsa indonesia. hal ini tercermin dalam ikrar satu tanah air, satu bangsa dan keikhlasan menjunjung satu bahasa : Indonesia. ikrar ini menunjukkan adanya kesadaran yang amat tinggi tentang jati diri dan semangat kebangsaan. di dalam jati diri tersebut mengandung kemandirian, kalau bangsa ini mandiri berarti berdaulat, berdaulat berarti tidak dijajah orang lain, itulah kemerdekaan.

    sumpah pemuda telah menjadi pilar sejarah dalam mengompakkan perjuangan seluruh warga bangsa indonesia dalam upaya mengusir penjajah, kenapa? karena sebelum diadakannya kongres sumpah pemuda, pergerakan organisasi maupun rakyat masih bersifat kedaerahan, seperti Aceh berjuang, Banten, Mataram, Makassar, Maluku, tapi mereka gagal karena mereka berjuang di daerahnya sendiri-sendiri, atau yang lain seperti Patimura, Pangeran Diponegoro, Imam Bonjol, Cut Nyak Dien juga kandas tidak mampu mengusir penjajah karena tidak saling membantu satu sama lain, oleh karena itu para organisasi pemuda bersepakat dengan kuat untuk menjadi satu berjuang dalam melawan penjajah, dengan cara diadakannya kongres pemuda ini.

    BalasHapus
  139. Nama : Anita Nur Oktavia
    Kelas : 11 MIPA 6
    No. Absen : 04
    Pertanyaan : Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?
    Jawaban : kaitan antara sumpah pemuda dan penguatan jati diri keindonesiaan ialah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beranekaragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, kehidupan sosial, serta cara berpikir.
    Dan sumpah pemuda itu menegaskan jati diri bangsa Indonesia yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  140. Nama : Widisty Dwi Sulthanah
    Kelas : XI MIPA 2

    Menurut saya kaitan antara sumpah pemuda dengan jati diri keindonesiaan yaitu menegaskan tiga jati diri penting bangsa. Tiga jati diri itu adalah bertanah air satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Hal tersebut menekankan jati diri bangsa indonesia. Sumpah pemuda juga dapat mempersatukan indonesia dengan segala keanekaragaman nya.

    BalasHapus
  141. nama : akira alifia
    kelas : 11 mipa 4
    absen : 07

    kaitan sumpah pemuda dengan penguatan jati diri masyarakat indonesia adalah sumpah pemuda dapat menguatkan dan mempersatukan masyarakat indonesia yang bermacam macam dari berbagai sisi, sumpah pemuda bisa mengingatkan kita betapa kuatnya pahlawan di masa lalu dan kita tidak boleh kalah kuat dalam menjaga persatuan indonesia

    BalasHapus
  142. Nama: Adinda marsha salsabila
    Kelas: XI IPS 3

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  143. Nama : Hilmi Naufal Azizi
    Kelas : 11 MIPA 4

    Peristiwa Sumpah Pemuda telah membuka mata para pemuda di Indonesia untuk mendirikan berbagai macam organisasi dengan asas jati diri keindonesiaan untuk melawan kolonialisme atas nama bangsa Indonesia dan bukan kepentingan golongan.

    BalasHapus
  144. Nama : Syahara Ananditha Musiana
    Kelas : 11 MIPA 6

    Menurut saya, kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri kebangsaan adalah bahwa sumpah pemuda telah menjadi start awal dan membuka mata para pemuda di Indonesia untuk bersatu dan memperkuat jati diri keindonesiaan dengan cara mendirikan berbagai macam organisasi yang berlandaskan persatuan Indonesia untuk melawan penjajahan atas nama bangsa Indonesia dan bukan kepentingan golongan.

    BalasHapus
  145. Nama : Denys Rahma S.
    Kelas : 11 IPS 2

    Kaitan Sumpah Pemuda dengan penguatan Jati diri keIndonesiaan yaitu sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam dapat dilihat dari segi kebudayaan, suku, bahasa, daerah, kehidupan sosial, dan cara berpikir.

    Sumpah pemuda juga menegaskan 3 jati diri bangsa yaitu:
    •Bertanah air satu
    •Berbangsa yang satu
    •Berbahasa yang satu
    hal tersebut merupakan bentuk penguatan jati diri ke Indonesiaan.

    BalasHapus
  146. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  147. Nama : Verlita Nur Annisyah
    Kelas : XI MIPA 4

    kaitan Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia yaitu mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Para pemuda juga telah meneguhkan pentingnya jati diri Indonesia dengan penguatan semangat kebangsaan atau nasionalisme. Hal ini tercermin dalam ikrar satu tanah air, satu bangsa dan keikhlasan menjunjung satu bahasa Indonesia. Pernyataan satu nusa, bangsa, dan bahasa Indonesia ini menunjukkan adanya kesadaran yang amat tinggi tentang jati diri dan semangat kebangsaan kita semua sebagai orang Indonesia.

    BalasHapus
  148. Nama: Miranda Cania Sirait
    Kelas:11 MIPA 1
    Kaitan sumpah pemuda dengan penguatan jati diri bangsa adalah
    -Setelah terjadinya peristiwa sumpah pemuda, banyak organisasi dan partai yang mendasarkan jiwa dan semangat keIndonesiaannya dengan mencantumkan namanya dengan kata Indonesia. Contohnya seperti: organisasi Isteri Indonesia, Indonesia Muda, Partai Nasional Indonesia, Partai Indonesia, Gerakan Rakyat Indonesia dan lain-lain.
    - sumpah pemuda menjadi dasar untuk mengadakan kongres-kongres seperti kongres pemuda, kongres bahasa Indonesia, dan kongres perempuan Indonesia.
    - setelah adanya peristiwa sumpah pemuda para pemuda sudah berani terlibat dalam politik, yang awalnya mereka dilarang ikut campur dalam urusan politik,mereka menjadi membulatkan tekat untuk terikat dalam politik dengan mendirikan perkumpulan lain
    -pernyataan sumpah pemuda membawa dampak luas pada masyarakat terutama untuk menumbuhkan sikap nasionalisme yang kuat. Untuk menumbuhkan sikap nasionalisme ini dibuatlah suatu organisasi yaitu Partai Nasiolnal Indonesia.
    - setelah adanya sumpah pemuda,semangat para pemuda semakin kokoh dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi penjajahan.

    BalasHapus
  149. Nama : Nurul Oktoviani
    Kelas : XI MIPA 6

    Sebelum adanya Sumpah Pemuda, perjuangan bangsa Indonesia yang dilakukan bersifat kedaerahan. adanya Sumpah Pemuda, perjuangan indonesia mulai berkembang dan indonesia mulai bersatu.Dalam peristiwa Sumpah Pemuda, para pemuda telah meneguhkan pentingnya jati diri Indonesia. Hal ini tercermin dalam ikrar satu tanah air, satu bangsa dan keikhlasan menjunjung satu bahasa: INDONESIA

    Kaitan Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda dapat mempersatukan seluruh rakyat indonesia yang memiliki keberagaman, mulai dari bahasa, budaya, suku, kehidupan sosial, hingga cara berpikir.

    BalasHapus
  150. Nama: Stella Andini
    Kelas: XI MIPA 6
    Kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah dengan adanya sumpah pemuda bisa mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam mulai dari suku,agama,bahasa,dll dan bisa mempererat rasa persatuan dan kesetauan antar sesama.
    Tiga jati diri penting Bangsa Indonesia, yaitu
    1. Bertanah yang air yang satu
    2. Berbangsa yang satu
    3. Berbahasa yang satu
    Di hari sumpah pemuda dibacakan, di hari itu juga jadi diri diri Indonesia dibacakan. Sumpah pemuda dan Jati diri ini mampu mengubah pola pikir masyarakat Indonesia dari kedaerahan pada saat penjajahan dan membuat masyarakat juga sadar betapa pentingnya pendidikan dan kemajuan.

    BalasHapus
  151. Nama : Vernanda Purba Wira Syachputra
    Kelas : XI MIPA 7
    No. Absen : 33

    Keterkaitan antara peristiwa sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda memberi 3 jati diri utama yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Sumpah pemuda ini telah membuat perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi perjuangan nasional

    BalasHapus
  152. Nama : Nazwa Rakhma A
    Kelas : XI IPS 4

    Keterkaitan antara sympah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan karena sumpah pemuda memiliki 3 aspek nilai yaitu bertanah air, berbangsa, dan berbahasa. Ketiga aspek nilai itu merupakan landasan untuk memperkuat jati diri keindonesiaan.

    BalasHapus
  153. nama:rahmadina laula
    kelas:11 mipa 2
    menurut saya kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri dapat dilihat dari peratuan bangsa melawan penjajah walaupun berbeda dari segi agama,daerah,suku,kehidupan sosial,dsb.

    BalasHapus
  154. Nama : Rajwaa 'Atha' Sasangka
    Kelas : 11 MIPA 5

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dan penguatan jati diri Indonesia adalah sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri terpenting yang paling ditekankan oleh Indonesia. Yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Ketiga hal tersebutlah jati diri yang paling ditekankan oleh bangsa Indonesia

    BalasHapus
  155. Nama : Fiera Zahra Salsabila
    Kelas : 11 MIPA 4

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dan penguatan jati diri Indonesia adalah yaitu sumpah pemuda menegaskan 3 jati diri yang paling penting yang paling ditekankan oleh bangsa Indonesia. Yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Ketiga hal itulah jati diri yang paling ditekankan oleh bangsa Indonesia

    BalasHapus
  156. Nama : Nabila Putri Aulia
    Kelas : XI IPS 1

    keterkaitan antara sumpah pemuda dan penguatan jati diri Indonesia adalah yaitu sumpah pemuda memiliki 3 jati diri bangsa Indonesia yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu

    BalasHapus
  157. Nama : Cintya Damai Betharia Sihotang
    Kelas : XI MIPA 2

    Menurut saya keterkaitan sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah bahwa sumpah pemuda berhasil membuat rakyat Indonesia sadar bahwa pentingnya Persatuan bagi Indonesia. Ini sesuai dengan 3 jati diri bangsa yaitu Indonesia bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  158. Nama : Alifvianda Noufal Ajitya
    Kelas : XI MIPA 1
    Absen : 05

    kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda sebagai pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia, mendorong persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, membangun dan menumbuhkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia, membangun pemuda yang berpolitik dan bisa mengakhiri kekuasaan Belanda. Dan, menjadikan Indonesia bertanah air yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  159. Nama: Nazwa Nafisha Januariska
    Kelas: XI MIPA 5
    Absen: 26

    Kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah bahwa Sumpah Pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam yaitu dengan menjadikan Indonesia bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  160. Nama : Shafira Elga Zaida
    Kelas : XI MIPA 3
    Jawaban : Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Juga menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Momen ini tidak hanya menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia. Selain itu, momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional. Dimana sebelum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  161. sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  162. Nama : Khalda Syifa Khairunisa
    Kelas : XI MIPA 6

    Keterkaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah Sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Nilai dan makna dari Sumpah Pemuda tersebut membentuk jati diri bangsa Indonesia menjadi bangsa yang cinta tanah air, bangga atas kebangsaannya yaitu Bangsa Indonesia, dan menggunakan bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia sehingga Sumpah Pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dari segi budaya, kehidupan sosial, cara berpikir, dan lain sebaginya

    BalasHapus
  163. Nama: Kayla Nafilah Yulianto
    Kelas: XI MIPA 1
    Keterkaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia yaitu sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Yang artinya menekankan persatuan dan kesatuan jati diri bangsa Indonesia sehingga mencapai kesuksesan dalam mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional.

    BalasHapus
  164. Nama : M. Rafel Arazi
    Kelas : XI MIPA 1
    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  165. menurut saya kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah dengan adanya sumpah pemuda ini Indonesia bisa bersatu mulai dari segi bahasa, budaya, adat, suku, daerah, kehidupan sosial, hingga cara berpikir. Dari yang awalnya masih masing masing atau bersifat kedaerahan, tapi sekarang sudah mampu untuk bersatu.
    Selain itu sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia, ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.

    Nama :Nida Nadiana
    Kelas :XI MIPA 4

    BalasHapus
  166. Nama : Alindya Rahma A
    Kelas: XI MIPA 4
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan bahwa sumpah pemuda dapat mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dengan beragam perbedaan dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri atas 3 bagian, yaitu bertumpah darah yang satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Ketiga poin tersebut menekankan jati diri bangsa Indonesia. Dalam membangun jati diri bangsa terjadi proses yang panjang, sehingga sumpah pemuda menjadi peristiwa yang sangat penting untuk mewujudkan Indonesia yang satu.

    BalasHapus
  167. Nama : Nadyah Febritanaya (24)
    Kelas : XI MIPA 1

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan memperlihatkan proses persatuan demi bangsa Indonesia yang lebih baik dengan adanya ketiga bagian isi sumpah pemuda: bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Ketiga bagian tersebut merupakan proses yang penting dalam menanamkan rasa nasionalisme dan persatuan di antara bangsa Indonesia itu sendiri. Sumpah Pemuda membangkitkan rasa semangat, kepedulian, persatuan, dan haus akan ilmu demi kehidupan yang layak untuk bangsa dan negaranya sendiri.

    BalasHapus
  168. Nama:Marsya Setiana L
    kelas: XI IPS 1
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan yaitu sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir

    BalasHapus
  169. M.Zikra A.R.A.
    XI IPA 2
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri kelndonesia adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah terpisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  170. Nama : Adwa Muhammad Asytar
    Kelas : XI MIPA 4
    kaitannya yaitu sumpah pemuda dapat mempersatukan seluruh rakyat indonesia yang beraneka ragam, sumpah pemuda itu menegaskan jati diri bangsa Indonesia, jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  171. Nama : Novia Amarani Putri Fitria
    Kelas : XI MIPA 1

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam tanpa menghilangkan keberagaman tersebut.

    Jati Diri adalah suatu hal yang ada di dalam diri kita, yang meliputi karakter, sifat, watak dan kepribadian nya. Dan jati diri bangsa adalah identitas suatu bangsa yang menjadi pemicu semangat kesinambungan hidup bangsa yang bersangkutan. Sumpah pemuda sendiri dipandang sebagai pengakuan fundamental yang masih dalam tahap pembentukan dan jelas nilai yang utama dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah nilai persatuan yang merupakan jati diri bangsa Indonesia.

    Selain itu, pada bidang pendidikan membuka wawasan bagi kaum muda terpelajar. Mereka adalah golongan baru yang membawa ide-ide pada kesadaran kebangsaan. Sarana komunikasi dan transportasi adalah hal penting yang menghubungkan para kaum terpelajar untuk membentuk suatu ideologi kebangsaan. Berkembangnya pers atau media cetak telah menggerakkan ide-ide kemajuan, sehingga lebih memacu berkembangnya ideologi dan pergerakan kebangsaan.

    BalasHapus
  172. Najwa Azka Salsabila
    (11 MIPA 2)

    "Tunjukkan secara kritis kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?"

    Jawaban :
    Kaitan sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah saat sudah sumpah pemuda organisasi dan partai mulai mendasarkan organisasinya pada jiwa dan semangat keIndonesiaan. Pada saat ini pula organisasi yang belum menggunakan bahasa Indonesia mulai menambahkan bahasa Indonesia sehingga memperkuat jati diri bangsa. Selain itu sumpah pemuda juga mempersatukan perbedaan di seluruh Indonesia menjadi satu tanah air, bangsa, dan bahasa.

    BalasHapus
  173. Nama : Siti Rohmah
    Kelas : 11 MIPA 6
    No Absen : 30

    • Pertanyaan:Tunjukkan secara kritis kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan?

    • Jawaban:Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Sebelum adanya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu bersifat kedaerahan. Dengan adanya sumpah pemuda, perjuangan Indonesia menjadi lebih kuat karena sudah mengedepankan nilai persatuan dan kesatuan. Pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.
    Penguatan nyata jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri atas tiga bagian yakni :
    Pertama bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya.
    Kedua adalah berbangsa yang satu. Walaupun bangsa Indonesia terdiri dari macam-macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau dari sabang sampai merauke, tetapi tetap satu bangsa, yakni bangsa Indonesia.
    Ketiga adalah berbahasa yang satu, bahasa Indonesia. Meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu, dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional, yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  174. Muhammad Farhan S
    11 MIPA 5
    Kaitan Sumpah Pemuda dengan jati diri Keindonesiaan adalah sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia.Ketiga jati diri itu adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu,dan berbahasa yang satu

    BalasHapus
  175. Nama: Raihan Hamza Abdurrafi
    Kelas: XI MIPA 5

    "Kaitan antara Sumpah Pemuda dan Penguatan Jati Diri Keindonesiaan."

    Sumpah pemuda menekankan kepada nilai-nilai persatuan dan kesatuan, serta mendorong semagat juang para pemuda untuk menyadari jati dirinya sebagai rakyat Indonesia.
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan jati diri Bangsa Indonesia diantaranya adalah dengan sumpah pemuda dapat menjadi alat pemersatu yang dapat menyatukan seluruh masyarakat Indonesia tanpa membeda-bedakan suku bangsa, adat, ras, agama, bahkan dari cara berpikir.
    Dengan itu, terbentuk suatu pergerakan skala nasional yang dipimpin oleh kalangan muda yang terpelajar untuk menyadari keterpurukan Bangsa Indonesia saat masa penjajahan Belanda dan bangkit melawan penjajahan secara satu kesatuan sebagai rakyat Indonesia.

    BalasHapus
  176. Nama: Maura Adzraa
    Kelas: XI MIPA 5
    Menurut saya sumpah pemuda merupakan titik awal kesadaran rakyat menemukan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia dengan inisiatif dan merasa perlu untuk bersatu. Hal tersebut merupakan bukti bahwa pemuda Indonesia saat itu sedang dalam fase penemuan jati diri yang sesungguhnya. Tentunya keputusan para leluhur kita harus dijaga seiring berkembangnya zaman, oleh karna itu kita sebagai generasi pemuda Indonesia selanjutnya harus terus menguatkan jati diri ke-Indonesia-an kita dengan menerapkan makna, nilai, dan isi sumpah pemuda sebaik mungkin.

    BalasHapus
  177. Nama : Angky Asti Pratiwi
    Kelas : XI MIPA 7

    kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  178. Nama: Tazkia Salma Aulia
    Kelas: XI MIPA 6

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam. Adanya sumpah pemuda menyatukan perjuangan rakyat Indonesia yang awalnya masih bersifat kedaerahan menjadi bersifat nasional. Sumpah pemuda juga menegaskan tiga jati diri penting bangsa indonesia. ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu.

    BalasHapus
  179. Nama:Yossi Vania
    Kelas:XI MIPA 4

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zamn yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.



    Penguatan nyata jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri atas tiga bagian, yakni bertumpah darah yang satu yang berarti rakyat Indonesia adalah saudara dalam keindonesiaannya. Kedua adalah rakyat Indonesia yang bertanah air serta merupakan bangsa yang satu walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam wilayah yang tersebar dari berbagai pulau sari sabang sampai merauke. Ketiga adalah jati diri keindonesiaaan sebagai satu kesatuan juga merupakan suatu hal yang tak bias ditawar meskipun Bahasa daerahnya cukup beragam namun tetap bersatu dengan adanya jati diri keindonesiaan yang satu dalam Bahasa nasional kita yakni Bahasa Indonesia.

    BalasHapus
  180. Nama : Puspa Dwi Wulandari (29)
    Kelas : XI MIPA 3

    Sumpah Pemuda merupakan dasar dari penguatan jati diri keindonesiaan karena menegaskan tiga jati diri bangsa Indonesia; bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Hal ini menunjukkan identitas bangsa Indonesia di mana jati diri keindonesiaan diakui dan diperjuangkan. Selain itu, Sumpah Pemuda juga menjadi awal pergerakan nasional; mempersatukan sifat bangsa yang kedaerahan menjadi satu dengan satu tujuan, yaitu Indonesia merdeka.

    BalasHapus
  181. Nama : Muhammad Faris Khaitar
    Kelas : XI Mipa 4

    Jawaban :
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan itu, dapat menggabungkan pemuda-pemuda Indonesia. Pemuda-pemuda Indonesia sudah pernah melakukan perjuangan sebelumnya, hany saja masih memiliki sifat kedaerahan

    BalasHapus
  182. Nama : Naufal Hadiyan
    Kelas: XI Ips 2
    Absen: 22

    Jawaban :
    Hubungan antara sumpah pemuda dengan jati diri keindonesiaan yaitu Sumpah Pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Ketiga jati diri tersebut adalah bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Penegasan ketiga hal ini menekankan jati diri bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  183. Pandu Walitama Rataseca
    11 MIPA 4

    Jati diri bangsa Indonesia merupakan identitas bangsa yang menjadi pemacu semangat demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sumpah pemuda menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia, yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu. Ketiga hal tersebut menekankan jati diri bangsa.
    Sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam, baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kehidupan sosial, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  184. Nama: Anindhita Wahyu Pramudita
    XI MIPA 7
    ABSEN 05
    menurut saya, kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri Indonesia adalah untuk membentuk bahwa Indonesia perlu memiliki rasa satu tana air, satu bangsa, dan satu bahasa. mengapa hal tersebut sangat penting untuk diterapkan dalam diri? karena hal ini termasuk dalam proses mempertahankan budaya Indonesia.

    BalasHapus
  185. Nama : Salma Wevia Giamerti
    Kelas : XI MIPA 6
    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir. Dimana sebeum adanya dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan hanya bersifat kedaerahan atau terpisah pisah. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini, jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  186. Nama : Raditya Hilmi Ramadhan
    Kelas : XI MIPA 7
    Absen : 26

    Kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah Sumpah Pemuda sebagai pelopor kemerdekaan bangsa Indonesia dan menegaskan tiga jati diri penting bangsa Indonesia. Yang pertama tentang bertanah air yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu

    BalasHapus
  187. Nama : Fyera Annisa Ika Wardana
    Kelas : XI MIPA 2
    NO : 18

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah Sumpah pemuda merupakan salah satu wujud awal perjuangan dari penguatan jati diri keIndonesia, yang mana sumpah pemuda berhasil mempersatukan ideologi yang semula bersifat kedaerahan atau masing - masing, kemudian lewat sumpah pemuda ini ideologi - ideologi tersebut berhasil disatukan yang mana dapat dibuktikan dari isi sumpah pemuda itu sendiri. Sumpah pemuda berisi sebagai berikut :
    1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia
    2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia
    3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

    Bait pertama menguatkan kita yang berbeda daerah tetap satu yaitu satu tanah air Indonesia
    Bait kedua menguatkan kita yang berbeda beda bahasa tetap satu bangsa yaitu bangsa Indonesia
    Bait ketiga menguatkan kita yang mempunyai berbagai macam bahasa daerah tetap satu bahasa yaitu bahasa Indonesia

    BalasHapus
  188. Nama : Naila Fitriani
    Kelas : XI IPS 1
    No Presensi : 22

    Arti dari Sumpah Pemuda sendiri merupakan titik tolak munculnya kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dan arti jati diri sendiri ialah suatu hal yang ada di dalam diri kita, yang meliputi karakter, sifat, watak dan kepribadian nya. Bisa dibilang jati diri Indonesia adalah identitas kita sebagai warga negara. Maka dari itu karena bangsa Indonesia menginginkan jati diri yang kuat, bagus dan bersih maka munculah cara cara untuk memperkuat jati diri bangsa, dan puncak penguatan inilah ditujukan pada saat diikrarkan nya Sumpah Pemuda. Tujuan dibuatnya Sumpah Pemuda ini sendiri untuk memperkuat jati diri bangsa Indonesia. Di lain itu semua keterkaitan mereka berdua, ialah untuk mengembangkan rasa persatuan dan proses penguatan jati diri bangsa Indonesia juga membentuk akhlak bangsa yang mulia. Dan itu terlihat setelah diikrarkan nya Sumpah Pemuda. Organisasi" dan partai" yang ada secara tegas mendasarkan jiwa dan semangat keindonesiaan sebagai jati diri mereka. Bahkan partai atau organisasi politik yang belum mencantumkan namanya dengan kata Indonesia, mulai menambahkan nama Indonesia di dalamnya. Hal ini lah yang menunjukkan penguatan jati diri keindonesiaan ini ialah sebagai implikasi dari Sumpah Pemuda.

    BalasHapus
  189. Nama:Raida Devany Fernanda
    Kelas:XI IPS 4
    No absen:29
    Jawaban:Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  190. Rifky Rizaldi
    XI MIPA 4
    Absen 28

    • Jawaban:Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Sebelum adanya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu bersifat kedaerahan. Dengan adanya sumpah pemuda, perjuangan Indonesia menjadi lebih kuat karena sudah mengedepankan nilai persatuan dan kesatuan.

    BalasHapus
  191. Nama: Naurah Khalilah
    Kelas: XI IPS 3
    No Presensi: 20

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat indonesia yang berbeda suku, budaya, dan bahasa. Dengan adanya sumpah pemuda tetutama pada zaman yang berkembang ini jati diri bangsa indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh dunia luar. Penguatan jati diri keindonesiaan dapat dilihat dari isi sumpah pemuda yang terdiri dari 3 bagian yaitu bertanah air yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu. Momen sumpah pemuda tidak hanya menegaskan jati diri bangsa indonesia, selain itu momen ini juga sukses mengubah pola perjuangan dari kedaerahan menjadi nasional

    BalasHapus
  192. Nama : Indah Puspita Sari
    Kls :11 IPS 4
    No absen : 17


    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  193. Nama: RADEN ADINDA DWIANA AULIA
    Kelas: 11 MIPA 1
    No.absen: 33
    Jawaban :Keterkaitan antara peristiwa sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda memberi 3 jati diri utama yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.

    BalasHapus
  194. Nama:Febrian adi nugraha
    Kelas:11 IPS 2
    No.absen:19
    Jawaban:Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  195. Nama : Aufaa Fauziah
    Kelas : 11 MIPA 7
    No.Absen : 7

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  196. Nama : Zaini Alfin Raudlo
    Kelas : 11 MIPA 6
    Absen : 36

    kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu menyatukan seluruh rakyat atau warga Indonesia yang beranekaragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayaan, kehidupan sosial, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  197. Nama : Tiara Lestari N
    Kelas : XI IPS 2
    No absen : 35

    Kaitan antara Sumpah Pemuda dengan penguatan jati diri ke Indonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam dari segi budaya, kebudayaan, bahasa, daerah, suku, kehidupan sosial, serta cara berpikir. Yang ketika sebelum ada dideklarasikannya sumpah pemuda, perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu hanya dilakukan bersifat kedaerahan atau masing-maing. Dengan adanya sumpah pemuda, maka perjuangan Bangsa Indonesia menjadi satu kesatuan dan hal tersebut sangat diperlukan Bangsa Indonesia terutama pada zaman yang terus berkembang ini. Jati diri bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan tidak akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh dunia luar yang sifatnya merusak bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

    BalasHapus
  198. Nama :Rafhael Myhard
    Kelas:XI IPS 2
    No absen:24

    Kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keIndonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia yang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suku, kebudayan, kehidupan social, serta cara berpikir.

    BalasHapus
  199. Nama: Gagak Indra Putra
    Kelas: XI IPS 1
    No Absen: 08

    Sumpah pemuda merupakan identitas bangsa. Peristiwa sumpah pemuda menjadi titik balik bangsa ini dalam melihat perbedaan dan juga kekurangan pemuda-pemudanya menjadi bersatu. Sudah seharusnya sumpah pemuda menjadi jati diri bangsa. Karena, peristiwa ini sangat menggambarkan bangsa kita. Bangsa yang berbeda-beda, berbudaya, berbahasa, serta keragaman, semua bercampur dalam satu peristiwa yaitu sumpah pemuda

    BalasHapus
  200. NAMA: WINDI ASTRID YANI
    KELAS: 11 IPS 3
    NO ABSEN: 36
    kaitan antara sumpah pemuda dengan penguatan jati diri keindonesiaan adalah bahwa sumpah pemuda mampu mempersatukan seluruh rakyat indonesia vyang beraneka ragam baik dari segi budaya, bahasa, daerah, suka, kehidupan sosial , serta cara berpikir nya

    BalasHapus

Featured Post

Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X

       Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Pentingkah peran manusia dalam sejarah ? bagaimana manusia menjadi penggerak sejarah ? ap...

Postingan Populer