Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blended Learning Pembelajaran Sejarah Pemanfaatan Portal Rumah Belajar

 

Sahabat Rumah Belajar jurusan pendidikan sejarah dari Jawa Barat dan Kepulauan Riau menggelar agenda berbagi inovasi pembelajaran TIK bekerjasama dengan MGMP Sejarah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bintan Kepri, Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Jawa Barat dan IKA Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia. Tema Kegiatan "Blended Learning Pembelajaran Sejarah Pemanfaatan Portal Rumah Belajar".

Acara dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB diawali sambutan oleh Sekretaris AGSI Jabar Tedy Sutardi, M.Pd. beliau mewakili ketua AGSI Jabar yang berhalangan hadir, "Acara ini sangat baik untuk meningkatkan kompetensi guru sejarah melalui Portal Rumah Belajar, guru sejarah tidak kalah kemampuannya dari mapel yang lain" disampaikan Tedy Sutardi.

Sambutan kedua disampaikan oleh Panji Alireza, S.Pd., M.M.Pd. Ketua MGMP Sejarah Kabupaten Bandung. "Blended learning merupakan perpaduan dari temuan pembelajaran yang berkembang sehingga para guru sejarah harus mengadopsi dan mencampurkan berbagai inovasi pendidikan". 

Tamu kehormatan keynote speaker Prof. Dr. H. Dadan Wildan, M.Hum Sebagai Ketua IKA Pendidikan Sejarah, beliau juga menjabat Deputi Menteri Sekretaris Negara Bidang Hubungan Kelembagaan dan kemasyarakatan RI menyampaikan "kita dihadapkan dengan dunia yang berubah cepat, berbagai persoalan tantangan masa depan, guru-guru sejarah harus bisa memotret apa yang terjadi ke depan terutama menghadapi revolusi industri."

Penyampaian materi Prof. Dr. H. Dadan Wildan, M.Hum

Pemateri pada kesempatan ini diantaranya :

Rolla Fardila, S.Pd. Sahabat Rumah Belajar Jabar (video pembelajaran dan Blog)

Iin Iryance, M.Pd. Sahabat Rumah Belajar Jabar (Pemanfaatan Portal Rumah Belajar terintegrasi media sosial)

Nurjaman, S.Pd. Sahabat Rumah Belajar Kepri (Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar untuk PJJ dan pembuatan soal online Quizizz)

Moderator : Denti Nur Fitria Dahwanti, S.Pd. dari SMA Negeri 1 Majalaya

Host : Kamaruddin HS, S.Pd. SRB Sulawesi Tengah

Presentasi Rolla Fardila (SRB Jabar)
 
Foto bersama akhir sesi

Acara berlangsung interaktif dihadiri oleh 124 peserta di zoom meeting dan 232 penonton channel Youtube. Para peserta diberikan e-sertifikat sebagai bentuk partisipasi aktif dalam mengikuti acara sosialisasi Portal Rumah Belajar.

Blended Learning sebagai salah satu stategi pembelajaran yang direkomendasikan Kemdikbud untuk menggabungkan keterampilan pendidik, media, dan Kelas Maya. Khususnya untuk pelajaran sejarah dalam upaya untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik

Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

Kunjungi Portal Rumah Belajar

Berikut dokumentasi lengkap di channel Youtube Rolla Fardila

2 komentar untuk "Blended Learning Pembelajaran Sejarah Pemanfaatan Portal Rumah Belajar"