Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengevaluasi Peran Pelajar, Mahasiswa, dan Pemuda Dalam Perubahan Politik dan Ketatanegaraan Indonesia | Kd. 3.7 Sejarah Indonesia Kelas XII

 

Masa Pemerintahan Soeharto

Presiden Soeharto, beliau menjabat Presiden di Indonesia selama 32 Tahun, masa pemerintahan beliau disebut dengan masa Orde Baru, berikut ini kita akan membahas berbagai kebijakan beliau menjelang akhir pemerintahannya untuk memperkuat kedudukannya yaitu :

1. Dwi fungsi ABRI

Melalui keputusan Sidang Umum MPR, ditetapkan secara resmi Dwi Fungsi ABRI sebagai peran  ABRI dalam pembangunan bangsa. Dwi Fungsi adalah suatu doktrin  di lingkungan militer Indonesia  yang  menyebutkan bahwa TNI memiliki dua tugas, yaitu menjaga keamanan dan ketertiban negara serta memegang kekuasaan dan mengatur negara. Dengan peran ganda ini, militer di izinkan untuk memegang posisi di dalam pemerintahan. Konsep Dwi Fungsi TNI  pertama  kali  muncul  pada  tahun  1958  yang  memberikan  peluang  bagi peranan terbatas TNI didalam pemerintahan sipil. 

2. Konsep Massa Mengambang

Pemerintah Orde Baru memberlakukan konsep massa mengambang (floating muss) sebagai  dasar  pembangunan politik di daerah pedesaan, penyederhanaan  jumlah  partai politik di Indonesia, dan memberlakukan Pancasila sebagai asas tunggal bagi seluruh partai politik (parpol) dan organisasi massa (ormas) yang ada di Indonesia.   

3. Korporatisasi Negara

Pemerintah Orde Baru berusaha menciptakan stabilitas dengan berusaha mengendalikan lawan-lawan  politiknya. Aparatur negara harus benar-benar setia dan patuh pada pemerintahan yang berkuasa yang  dikamuflasekan sebagai penjelmaan dan atas nama rakyat. Untuk itu, lahir organisasi Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) untuk wadah para pegawai pemerintah.

Kemudian Sentralisasi Pemerintahan, Program Bantuan Luar Negeri, sistem semi perwakilan, Namun kebijakan ini berdampak dalam bidang politik yaitu kehidupan negara yang tidak demokratis, dan  terjadinya  ketimpangan ekonomi. Kemudian pada tahun 1997 terjadi krisis moneter yang melanda dunia bukan hanya Indonesia, krisis inilah yang pada akhirnya membuka mata rakyat yang diwakili oleh mahasiswa maka terjadilah krisis multidimensional dimulai dari krisis politik, ekonomi, hukum  sosial yang pada akhirnya bermuara pada krisis kepercayaan.

Pada tahun 1997 Indonesia mengalami krisis moneter yaitu penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar, harga barang barang meningkat tajam dan tidak terjangkau oleh masyarakat sehingga terjadilah krisis ekonomi, krisis ini membuka tabir tentang praktek KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dalam pemerintahan akibatnya terjadilah krisis politik yang menyebabkan goyahnya pemerintahan Soeharto yang memang sudah mulai melemah legitimasinya.

Dampak dari krisis  politik  ini  adalah  munculnya  krisis  hukum  dan  krisis  sosial, puncaknya adalah terjadinya  krisis kepercayaan terhadap pemerintah, demo besar besaran  tidak terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, demo ini  dipelopori oleh kalangan Mahasiswa, puncaknya adalah terjadinya peristiwa Trisakti dalam peritiwa ini terjadi korban jiwa dari kalangan  Mahasiswa,  hal  ini  tentu  saja    menimbulkan  kemarahan  Mahasiswa  yang  tidak hanya di Jakarta tetapi juga diberbagai daerah di Indonesia, sehingga Mahasiswa melakukan aksi  yaitu menduduki gedung DPR dan MPR, sehingga ketua MPR pada saat itu Harmoko menyarankan agar Soeharto mundur dari Jabatan Presiden, dan akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998 Soeharto menyatakan mundur dari Jabatan Presiden dan menunjuk wakilnya B.J Habibie sebagai pejabat sementara presiden sampai dilaksanakannya PEMILU.

https://www.gurupendidikan.co.id/sejarah-orde-baru/

 Download materi lengkap di 

http://bit.ly/MateriPeranPemuda_SejIndoXII 

Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ?

90 komentar untuk "Mengevaluasi Peran Pelajar, Mahasiswa, dan Pemuda Dalam Perubahan Politik dan Ketatanegaraan Indonesia | Kd. 3.7 Sejarah Indonesia Kelas XII"

  1. Muhammad Zacky
    12 IPA 1

    Pelajar/mahasiswa itu penerus bangsa bagi Indonesia.oleh sebab itu pelajar/mahasiswa berpengaruh terhadap ketatanegaraan, politik, ekonomi dan teknologi

    BalasHapus
  2. Nama : Dean Adikara
    Kelas : 12 IPA

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter.

    BalasHapus
  3. Shelina Komara Putri

    12 IPA 1

    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ?

    Jawab:

    Melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kegiatan yang bisa dilakukan para mahasiswa, seperti: sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan, sosialisasi jaga jarak fisik. Termasuk juga menggalang bantuan sosial secara mandiri untuk masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi, serta melakukan program membagikan masker Selain terlibat dalam kegiatan sosialisasi, edukasi dan penggalangan bantuan sosial, peran mahasiswa khususnya mahasiswa di bidang kesehatan bisa bertindak membantu pemerintah sebagai relawan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.. jadi mahasiswa bisa melakukan sosialisasi dan menolong atau jadi relawan vaksin hal itu sangat berperan bagi Indonesia untuk melawan covid 19

    BalasHapus
  4. Iya Nurhalimah
    12 Ipa 2

    Peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia dimasa pandemi covid 19 cukup sangat berguna karena dapat dilihat dari kinerja mereka kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu mahasiswa juga sangat penting dalam situasi masa pandemi ini salah satunya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu Peranan pelajar dalam menghadapi wabah covid-19 Yaitu Mengingatkan orang di sekitar jika batuk dan bersin mulut harus ditutup dengan siku,Mengingatkan keluarga supaya hidup bersih,Memakan makanan yang sehat dan bergizi.Dan pemuda,pelajar maupun mahasiswa sudah banyak yang mematuhi peraturan yang sudah di sediakan sepeerti belajar di rumah untuk bisa memutus mata rantai covid 19 di Indonesia.

    BalasHapus
  5. Sumiyati
    XII-Bahasa

    Pelajar,mahasiswa, dan pemuda adalah penerus bangsa indonesia. Peran generasi muda ini sangat besar, generasi muda bisa berperan sebagai pihak pendorong, Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    BalasHapus
  6. Sumiyati
    XII-Bahasa

    Pelajar,mahasiswa, dan pemuda adalah penerus bangsa indonesia. Peran generasi muda ini sangat besar, generasi muda bisa berperan sebagai pihak pendorong, Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    BalasHapus
  7. AAS ARISMA
    XII IPA 4

    Indonesia sudah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa daerah yang padat penduduk. Namun, angka yang terinfeksi masih meningkat. Masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi peraturan PSBB dinilai sebagai salah satu penyebab. Dalam menangani kasus Covid-19 ini yang menjadi garda terdapat adalah para dokter dan tenga medis, namun untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini harus dari semua elemen di masyarkat termasuk para generasi muda. Semua warga negara Indonesia punya peran dan punya tugas dalam membantu menghadapi Covid-19, begitu pula untuk generasi muda. Peran generasi muda ini sangat besar, diharapkan para generasi muda bisa berperan sebagai agent of change. Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19

    BalasHapus
  8. Selasa, 09 Februari, 2021
    Nama : Resna Pratiwi
    Kelas : 12 IPA 3

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah, menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter.

    BalasHapus
  9. MANAP SUMPENA
    XII IBB(BAHASA)

    Semua warga negara Indonesia punya peran dan punya tugas dalam membantu menghadapi Covid-19, begitu pula untuk generasi muda. Peran generasi muda ini sangat besar, diharapkan para generasi muda bisa berperan sebagai agent of change. Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB.

    BalasHapus
  10. Nama : SANTI MELANI
    Kelas : 12 IPA 4
    Jawab :
    Menurut saya,peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda sangat berpengaruh besar bagi kemajuan yang memberikan perubahan bagi bangsa itu sendiri. Di masa pandemi Covid-19 ini para pelajar, mahasiswa, dan pemuda harus lebih sigap, tanggap dan tetap mematuhi protokol pemerintah demi kenyamanan bersama untuk memutus rantai penularan. Meski kita para pelajar, mahasiswa dan pemuda mengalami krisis ekonomi dan di tuntut untuk mengerjakan semua aktivitas didalam rumah tidak menyurutkan niat kita untuk membangun bangsa yang lebih maju dan terbebas dari pandemi ini dengan bantuan pemerintah yang memberikan subsidi kuota gratis bagi pelajar, kita tekun belajar dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk kita dan orang lain.

    BalasHapus
  11. Tina Siti Sopiani
    12 IPA 3

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah, menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter.

    BalasHapus
  12. Nama:Ica salsabila
    Kelas:XII IPA 1

    Pelajar maupun mahasiswa memiliki peran penting dalam siklus menciptakan kembali bangsa Indonesia. Namun di tengah pandemi ini, kesehatan dan keselamatan tentu tetap menjadi prioritas utama. Tidak hanya soal pemahaman materi pelajaran, para pelajar maupun mahasiswa juga harus berpartisipasi dalam menjalankan protokol kesehatan agar dapat turut serta dalam memutus penyebaran virus corona di Indonesia.

    BalasHapus
  13. Chalista Azqia Luthfiani
    XII IPA 3

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia dimasa pandemi covid-19 ini sangat penting, terutama dalam memberikan informasi, yaitu bisa dengan mensosialisasikan bagaimana protokol kesehatan, misalnya cara mencuci tangan yg baik, lalu menjaga jarak,dan memakai masker. Dan juga bisa berperan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan cara berdiam dirumah dan menghindari berpergian, lalu yg selanjutnya peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia bisa dengan lebih inovatif dan kreatif untuk memanfaatkan peluang yang ada dimasa pandemi seperti ini

    BalasHapus
  14. Nama: Neneng Onyas
    Kelas:12 Bahasa
    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ?

    Jawab:

    Melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kegiatan yang bisa dilakukan para mahasiswa, seperti: sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan, sosialisasi jaga jarak fisik. Termasuk juga menggalang bantuan sosial secara mandiri untuk masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi, serta melakukan program membagikan masker Selain terlibat dalam kegiatan sosialisasi, edukasi dan penggalangan bantuan sosial, peran mahasiswa khususnya mahasiswa di bidang kesehatan bisa bertindak membantu pemerintah sebagai relawan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.. jadi mahasiswa bisa melakukan sosialisasi dan menolong atau jadi relawan vaksin hal itu sangat berperan bagi Indonesia untuk melawan covid 19

    BalasHapus
  15. MUHAMAD DESTA
    XII IPA 1

    Pelajar maupun mahasiswa memiliki peran penting dalam siklus menciptakan kembali bangsa Indonesia. Namun di tengah pandemi ini, kesehatan dan keselamatan tentu tetap menjadi prioritas utama. Tidak hanya soal pemahaman materi pelajaran, para pelajar maupun mahasiswa juga harus berpartisipasi dalam menjalankan protokol kesehatan agar dapat turut serta dalam memutus penyebaran virus corona di Indonesia.

    BalasHapus
  16. Camelia Putri
    XII IPA 2

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Dengan tetap di rumah saja, selalu mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Di rumah saja dengan selalu produktif melakukan hal hal yang positif, melaksanakan pembelajaran daring dengan baik.

    BalasHapus
  17. Nama : Salsa Azahra
    Kelas : XII IPA 3

    Mahasiswa dan pelajar adalah kaum yang identik dengan imajinatif, kreatif, cepat, instan dan banyak akal, mahasiswa dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat gerakan bersama mahasiswa satu Universitas atau seluruh Indonesia yang mengajak masyarakat melalui media online untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik serta dapat menggalang donasi yang ditujukan kepada yang membutuhkan ditengah pandemi, Selain itu, mahasiswa dapat melakukan gerakan sosial dengan terjun langsung menjadi relawan satgas Covid-19. Mahasiswa dapat pula menjadi relawan dengan menyalurkan bantuan logistik makanan bergizi, vitamin, masker dan lain

    BalasHapus
  18. Ria Zahra Andini
    12 IPA 2

    Peran pelajar,
    menjaga kestabilan motivasi untuk terus semangat belajar, membantu mengedukasi keluarga dan lingkungannya untuk tetap tenang dan mematuhi protokol kesehatan . Juga tidak melakukan kegiatan diluar rumah .

    BalasHapus
  19. Nama : Fatimah Kuprun Nada
    Kelas : 12 IPA 2

    Pelajar,mahasiswa, dan pemuda adalah penerus bangsa indonesia. Peran generasi muda ini sangat besar, generasi muda bisa berperan sebagai pihak pendorong, Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19 Dengan cara berdiam diri dirumah dan menghindari berpergian, lalu yg selanjutnya peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia bisa dengan lebih inovatif dan kreatif untuk memanfaatkan peluang yang ada dimasa pandemi seperti ini.

    BalasHapus
  20. Nama: Miranti
    Kelas:12 IPA 1

    Menurut saya,Peran pelajar mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia dimasa pandemi covid 19 cukup sangat berguna karena dapat dilihat dari kinerja mereka kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu mahasiswa juga sangat penting dalam situasi masa pandemi ini salah satunya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dan juga bisa berperan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan cara berdiam dirumah dan menghindari berpergian, lalu yg selanjutnya peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia bisa dengan lebih inovatif dan kreatif untuk memanfaatkan peluang yang ada dimasa pandemi seperti ini

    BalasHapus
  21. Natasya Nur S
    XII IPA 3

    Menurut saya, peran pelajar, mahasiswa,dan pemuda bagi perubahan indonesia di masa pandemi covid-19 ini bisa dimulai dengan pendidikan karakter, dimana pendidikan karakter ini sangat berpengaruh besar pada perubahan indonesia di masa pandemi sekarang ini. Jika karakter telah terbentuk dalam diri pelajar, mahasiswa, dan para pemuda mereka akan sadar akan pentingnya menaati peraturan terutama aturan kesehatan yang sekarang sedang dijalankan. Mereka akan mematuhi protokol kesehatan, disiplin terhadap aturan yang dibuat dengan begitu pandemi covid-19 ini akan cepat berlalu dan bumi pun akan berangsur-angsur pulih. Tentu saja hal ini membawa perubahan besar bagi indonesia terutama kepada masyarakat indonesia kearah yang lebih baik dimulai dari pembentukan karakter diri serta mematuhi protokol kesehatan.

    BalasHapus
  22. Fitri Malviani
    XII IPA 4


    menurut saya pelajar, mahasiswa maupun pemuda dan pemudi Indonesia berperan penting dalam penanganan Covid-19 karena pada umumnya semuanya harus mensosialisasikan,menjadi contoh agar tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku dengan sebagaimana mestinya.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Nama: Yulianti Nurputri
    Kelas : 12 IPA 2

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.
    Salah satunya dengan tetap dirumah, menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter.

    BalasHapus
  25. Nama: Siti Sopiah
    Kelas: 12 IPA 3

    Peran Pelajar, Mahasiswa dan pemuda sangatlah memiliki banyak peluang dalam mengatasi Covid 19 ini.Semangat persatuan dari pemuda dapat kita jadikan sebagai semangat untuk menghadapi banyaknya tantangan terutama menghadapi pandemi Covid-19. Dengan Melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kegiatan yang bisa dilakukan para mahasiswa, seperti: sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan, dan jaga jarak.
    Peran generasi muda ini sangat besar, generasi muda bisa berperan sebagai agent of change. Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    BalasHapus
  26. Daris Tri Saputra
    XII IPA 2

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia dimasa pandemi covid-19 ini sangat penting, terutama dalam memberikan informasi, yaitu bisa dengan mensosialisasikan bagaimana protokol kesehatan, lalu bisa dengan lebih inovatif dan kreatif untuk memanfaatkan peluang yang ada

    BalasHapus
  27. Nama : Sherly Puspitasari
    Kelas : Xll IPA 4

    Pelajar maupun mahasiswa memiliki peran penting dalam siklus menciptakan kembali bangsa Indonesia. Namun di tengah pandemi ini, kesehatan dan keselamatan tentu tetap menjadi prioritas utama. Tidak hanya soal pemahaman materi pelajaran, para pelajar maupun mahasiswa juga harus berpartisipasi dalam menjalankan protokol kesehatan agar dapat turut serta dalam memutus penyebaran virus corona di Indonesian

    BalasHapus
  28. Noneng Rani
    XII IPA 3

    Pelajar, mahasiswa dan pemuda harus bisa meningkatkan produktivitas berpikir untuk menghadapi masa pandemi saat ini. Karena dampak dari pandemi ini sangat besar. Salah satu contoh adalah krisis ekonomi. Kita sebagai kelompok pemuda harus bisa membangunkan krisis ekonomi saat ini. Terlebih untuk usaha-usaha yang diharuskan tutup selama pandemi. Teknologi sekarang semakin canggih, kita bisa menggunakan teknologi untuk berbisnis. Pemerintah sudah memberi modal untuk usaha kecil atau UMKM (usaha mikro kecil menengah) yang di khususkan untuk usaha perorangan maupun badan usaha. Kita hanya perlu berpikir kreatif untuk mengembangkan suatu bisnis yang akan kita jual belikan. Misalnya, berbisnis jualan online makanan, pakaian, alat elektronik, dll di sosial media yang kita punya. Merencanakan strategi untuk pemasaran lebih lanjut. Saat proses pengiriman harus tetap mengedepankan protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, memakai masker, dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah kontak langsung dengan konsumen.

    Serta pemuda harus lebih sering mengedukasikan protokol kesehatan di sekitar lingkungan rumah. Agar semua masyarakat sadar akan pentingnya untuk menghindari wabah penyakit Covid-19.

    BalasHapus
  29. Nama: Putri Mulyawati
    Kelas: 12 IPA 4

    Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 sangat berperan penting bagi indonesia.Dengan melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 merupakan langkah awal yang dapat dilakukan,dengan sosialisasi penggunaan masker, mencuci tangan, sosialisasi menjaga jarak.
    Tidak lupa juga untuk menerapkan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk mencegah persebaran virus Covid-19.

    BalasHapus
  30. Nama:Hepi Hapidoh
    Kelas:12 Ipa 4
    Peran pelajar,maha siswa dan pemuda bisa berperan sebagi agent of change.Didalam peran ini meskinya pemuda itu sangat penting dalam pemuda yang dimanis, generasi muda jugs bisa berperan sebagai pihak pendorong, Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimiPeran generasi muda ini sangat besar, generasi muda bisa berperan sebagai pihak pendorong, Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis maka kita berharap agar semua pemuda dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    BalasHapus
  31. NAMA : DESI
    KELAS: XII IPA 1

    Menurut saya, peran pelajar, mahasiswa,dan pemuda bagi perubahan indonesia di masa pandemi covid-19 ini bisa dimulai dengan pendidikan karakter, dimana pendidikan karakter ini sangat berpengaruh besar pada perubahan indonesia di masa pandemi sekarang ini. Jika karakter telah terbentuk dalam diri pelajar, mahasiswa, dan para pemuda mereka akan sadar akan pentingnya menaati peraturan terutama aturan kesehatan yang sekarang sedang dijalankan. Mereka akan mematuhi protokol kesehatan, disiplin terhadap aturan yang dibuat dengan begitu pandemi covid-19 ini akan cepat berlalu dan bumi pun akan berangsur-angsur pulih. Tentu saja hal ini membawa perubahan besar bagi indonesia terutama kepada masyarakat indonesia kearah yang lebih baik dimulai dari pembentukan karakter diri serta mematuhi protokol kesehatan.

    BalasHapus
  32. Nama : Tia Amalia Pebrianti
    Kelas : XII IPA 1

    Pertanyaan :
    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ?

    Jawab :
    Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 yaitu diharapkan bisa berperan sebagai agent of change, yaitu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik, serta menggunakan masker dan sering mencuci tangan dengan sabun, bergabung sebagai relawan Covid-19, menjadi penggerak Social Distancing, melakukan social distancing sebaik-baiknya, jaga jarak minimal 1 meter dan yang terpenting adalah mengurangi atau menekan penyebaran COVID-19. Belajar dan beribadah di rumah, serta memberi edukasi kepada keluarga, teman, dan orang lain secara baik-baik bahwa sangat penting melakukan hal-hal tersebut sebagai peran kita bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini.

    BalasHapus
  33. Nama : Fenti Fatmawati
    Kelas : XII IPA 3

    Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda sangat berpengaruh besar bagi kemajuan yang memberikan perubahan bagi bangsa itu sendiri. Di masa pandemi Covid-19 ini para pelajar, mahasiswa, dan pemuda harus lebih sigap, tanggap dan tetap mematuhi protokol pemerintah demi kenyamanan bersama untuk memutus rantai penularan. Kegiatan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang bisa dilakukan para pelajar, mahasiswa, dan pemuda seperti: sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan, sosialisasi jaga jarak fisik. Termasuk juga menggalang bantuan sosial secara mandiri untuk masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi. Selain terlibat dalam kegiatan sosialisasi, edukasi dan penggalangan bantuan sosial, peran mahasiswa khususnya mahasiswa di bidang kesehatan bisa bertindak membantu pemerintah sebagai relawan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

    BalasHapus
  34. Nama: Mia hanipah
    Kelas: 12 ipa 1

    Peran generasi muda dimasa pandemi ini sangat penting bagi indonesia karena para pelajar, mahawasiswa, pemuda bisa berpartisipasi dalam mensosialisasikan protokol kesehatan agar pandemi covid 19 ini bisa cepat selesai

    BalasHapus
  35. Nama:Lutfiah
    Kelas :XII IPA 4


    Melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kegiatan yang bisa dilakukan para mahasiswa, seperti: sosialisasi penggunaan masker, cuci tangan, sosialisasi jaga jarak fisik. Termasuk juga menggalang bantuan sosial secara mandiri untuk masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi, serta melakukan program membagikan masker Selain terlibat dalam kegiatan sosialisasi, edukasi dan penggalangan bantuan sosial, peran mahasiswa khususnya mahasiswa di bidang kesehatan bisa bertindak membantu pemerintah sebagai relawan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.. jadi mahasiswa bisa melakukan sosialisasi dan menolong atau jadi relawan vaksin hal itu sangat berperan bagi Indonesia untuk melawan covid 19

    BalasHapus
  36. Pepi siti sopiah
    Xll-Bahasa

    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ? 


    pelajar, mahasiswa, dan pemuda dimasa pandemi covid-19 ini sangatlah penting ,terutama dalam memberikan informasi yaitu melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan covid-19, dan juga bisa mengingatkan orang - orang yang ada disekitar kita untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan.

    BalasHapus

  37. Nama : Nur Anisa
    Kelas : XII IPA 4
    Pelajar,mahasiswa, dan pemuda adalah penerus bangsa indonesia. Peran generasi muda ini sangat besar, generasi muda bisa berperan sebagai pihak pendorong, Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19 Dengan cara berdiam diri dirumah dan menghindari berpergian, lalu yg selanjutnya peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia bisa dengan lebih inovatif dan kreatif untuk memanfaatkan peluang yang ada dimasa pandemi seperti ini.

    BalasHapus

    BalasHapus
  38. Nama: Intan Nurjanah
    Kelas: 12 bahasa

    Peran mahasiswa dan pemuda sungguh sangat penting dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia mereka adalah para generasi penerus bangsa mereka bisa mengubah nasib bangsa negara ini menjadi lebih maju dan lebih baik.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Sri Ane
    12 IPA 1

    Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi covid 19 ini sangat penting dalam menciptakan generasi muda yang unggul dalam membangun bangsa. Namun di masa pandemi sekarang kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas utama. Walaupun ditengah pandemi ini masa muda harus dimanfaatkan untuk hal hal yang positif seperti menyibukkan waktu dengan belajar, berkebun, dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Para pelajar juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan agar memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Pelajar maupun mahasiswa dan kaum muda menjadi kelompok masyarakat sipil yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong kebijakan yang efektif dalam memastikan pencegahan dan pengendalian Covid-19 diberbagai daerah di Indonesia

    BalasHapus
  41. Ningrum Muthma'innah
    12 IPA 2

    Menurut saya peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa covid-19 ini cukup penting ,kita bisa membatu pemerintah dalam memutus penyebaran mata rantai penularan covid-19 dengan hal hal yang bisa kita lakukan seperti menjaga jarak,memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,dan tetap dirumah. kita juga bisa melakukan sosialisasi dan edukasi kan hal tersebut kepada orang orang di sekitar kita.

    BalasHapus
  42. SRI HERAWATI
    12 IBB
    .
    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ?

    Menurut saya, peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi covid 19 ini sangat penting sebagai generasi penerus yang muda, cerdas, kreatif, dan banyak akal yang dapat diharapkan dapat membantu pencegahan covid 19 dengan cara stay at home belajar dirumah dan memperhatikan protokol kesehatan dan dapat membawa perubahan di masa depan.

    BalasHapus
  43. Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia dimasa pandemi covid-19 ini sangat penting, terutama dalam memberikan informasi, yaitu dengan melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid 19, diharapkan untuk dapat menjadi Agen Of Change yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    BalasHapus
  44. Nama :Kiki sartika
    Kelas: 12 IBB

    Peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia dimasa pandemi covid 19 cukup sangat berguna karena dapat dilihat dari kinerja mereka kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu mahasiswa juga sangat penting dalam situasi masa pandemi ini salah satunya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu Peranan pelajar dalam menghadapi wabah covid-19 Yaitu Mengingatkan orang di sekitar jika batuk dan bersin mulut harus ditutup dengan siku,Mengingatkan keluarga supaya hidup bersih,Memakan makanan yang sehat dan bergizi.Dan pemuda,pelajar maupun mahasiswa sudah banyak yang mematuhi peraturan yang sudah di sediakan sepeerti belajar di rumah untuk bisa memutus mata rantai covid 19 di Indonesia.

    BalasHapus
  45. Nama:Lilis Lisnawati
    Kelas: XII-IBB

    Peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia dimasa pandemi covid 19 cukup sangat berguna karena dapat dilihat dari kinerja mereka kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu mahasiswa juga sangat penting dalam situasi masa pandemi ini salah satunya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu Peranan pelajar dalam menghadapi wabah covid-19 Yaitu Mengingatkan orang di sekitar jika batuk dan bersin mulut harus ditutup dengan siku,Mengingatkan keluarga supaya hidup bersih,Memakan makanan yang sehat dan bergizi.Dan pemuda,pelajar maupun mahasiswa sudah banyak yang mematuhi peraturan yang sudah di sediakan sepeerti belajar di rumah untuk bisa memutus mata rantai covid 19 di Indonesia.

    BalasHapus
  46. Lulu Revalina Setiawan
    XII-IPA 4

    Peran pelajar,mahasiswa dan pemuda dalam perubahan Indonesia di masa pandemi ini
    bahwa kaum muda memiliki peluang besar untuk berkontribusi dalam penanganan Covid-19, baik secara langsung sebagai relawan maupun dengan menyampaikan aspirasi penanganan pandemi dari berbagai lapisan masyarakat kepada pemerintah melalui inisiatif kaum muda.
    terutama dalam memberikan informasi, yaitu dengan melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

    BalasHapus
  47. Trisna
    12 IPA 2
    Pertanyaan :
    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ?
    Jawab :
    Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 yaitu diharapkan bisa berperan sebagai agent of change, yaitu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.
    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik, serta menggunakan masker dan sering mencuci tangan dengan sabun, bergabung sebagai relawan Covid-19, menjadi penggerak Social Distancing, melakukan social distancing sebaik-baiknya, jaga jarak minimal 1 meter dan yang terpenting adalah mengurangi atau menekan penyebaran COVID-19. Belajar dan beribadah di rumah, serta memberi edukasi kepada keluarga, teman, dan orang lain secara baik-baik bahwa sangat penting melakukan hal-hal tersebut sebagai peran kita bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini.

    BalasHapus
  48. Nama : Delia Putri
    Kelas : 12 IPA 4

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter.

    BalasHapus
  49. Nama: Yani Agustin
    Kelas: 12 IPA 4
    Jawaban:
    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun dan lebih sering beraktivitas dirumah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan menggalang bantuan sosial secara mandiri untuk masyarakat yang terdampak ekonominya akibat pandemi, serta melakukan program membagikan masker Selain terlibat dalam kegiatan sosialisasi, edukasi.

    BalasHapus
  50. Nama: Siti Rohmah
    Kelas :12 Ipa 2

    Peran generasi muda ini sangat besar, diharapkan para generasi muda bisa berperan sebagai agent of change. Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter. Serangkaian tindakan social distancing diprediksi dapat mencegah orang sakit untuk melakukan kontak dengan orang lain, dan yang terpenting adalah mengurangi atau menekan penyebaran COVID-19. Bahkan, Presiden RI pun sudah menghimbau masyarakat untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah. Kenyataannya, masih saja ada pihak-pihak yang ‘ngeyel’ dengan himbauan social distancing. Sebagian pihak menganggap bahwa kebijakan pemerintah untuk meliburkan sekolah di beberapa wilayah menjadi kesempatan emas untuk berlibur bersama keluarga. di sinilah peran pemuda untuk membantu orang-orang di sekitar kita meninggalkan ‘kekolotan’ mereka. Revolusi mental itu penting. Sangking pentingnya, hal itu harus dimulai dari diri kita sendiri dan sebarkan kepada orang-orang terdekat kita. beri edukasi kepada keluarga, teman-teman terdekat kamu Sampaikan kepada mereka secara baik-baik bahwa Covid-19 ini bukan hal yang patut diremehkan. Ingatlah bahwa dengan menerapkan dan selalu mengingatkan orang-orang terdekat akan pentingnya social distancing, kamu sedang melindungi mereka dan ikut andil dalam mencegah penyebaran virus ini.

    Pemuda diharapkan untuk menjadi agent of change, yaitu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Melalui teknologi, gencarkan, ajak dan galakan edukasi semasif mungkin. Himbau sesering mungkin tindakan-tindakan pencegahannya. Jelaskan dan ingatkan selalu pentingnya stay at home. Jadilah relawan bagi sekitar yang membutuhkan dukungan makanan dan obat dengan tetap menjaga prinsip pembatasan sosial.

    BalasHapus
  51. Nama: Salma Arif sanita putri
    Kelas:12 IPA 2


    Pelajar maupun mahasiswa memiliki peran penting dalam siklus menciptakan kembali bangsa Indonesia. Namun di tengah pandemi ini, kesehatan dan keselamatan tentu tetap menjadi prioritas utama.Walaupun ditengah pandemi ini masa muda harus dimanfaatkan untuk hal hal yang positif seperti menyibukkan waktu dengan belajar, berkebun, dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Para pelajar juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan agar memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

    BalasHapus
  52. Nama: Dadi Ramdani
    Kelas : XII IBB

    Menurut pendapat saya, peran yang harus dilakukan oleh pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia pada saat ini sangatlah terbatas oleh situ pandemi Covid 19 mereka tidak bisa menyalurkan aspirasi secara langsung atau secara terbuka.

    Dengan keadaan situasi seperti sekarang tidak boleh menyurutkan kita untuk lebih berpikir kreatif, inovatif, dan produktif. Karena dengan melakukan hal seperti itu, akan membuat kita lebih aktif untuk menjadi bagian dari perubahan Indonesia.

    Peran saat ini untuk para pelajar, mahasiswa maupun pemuda yaitu tetap mengikuti kebijakan yang diberikan oleh Pemerintah. Walaupun kebijakan Pemerintah terkesan berat karena harus mengikuti protokol kesehatan kita harus tetap mematuhinya demi keamanan bersama.

    Walaupun demikian dan situasi pandemi Covid 19 para pelajar, mahasiswa, dan pemuda tidak boleh melupakan jati dirinya sebagai bagian dari pengawas serta pengamat kebijakan Pemerintah. Karena sudah sepantasnya kita untuk menjadi generasi penerus bangsa kita, yaitu bangsa Indonesia.





    BalasHapus
  53. Nama:Agnia siti Fatimah
    Kelas :12 IPA 3
    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi covid -19 ini ?

    Jawab :Sangat disayangkan, jika mahasiswa yang merupakan agen perubahan dan pengontrol kehidupan sosial menutup mata dengan dampak yang ditimbulkan oleh pendemi ini. Ada banyak hal di kehidupan masyarakat yang dapat dibantu oleh peranan mahasiswa.

    Langkah awal yaitu menjadi warga yang kreatif dan pemimpin. Mahasiswa dapat berkesempatan melakukan tindakan pencegahan dari virus tersebut terhadap diri sendiri, keluarga, serta lingkungan tempat tinggalnya dengan tetap dirumah saja dan keluar apabila memang adanya kepentingan yang mendesak. Karena kaum intelektual seharusnya dapat memberi contoh yang baik.

    Mahasiswa dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat gerakan bersama mahasiswa satu Universitas atau seluruh Indonesia. Mahasiswa dapat mengajak masyarakat melalui media online untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik serta dapat menggalang donasi yang ditujukan kepada yang membutuhkan ditengah pandemi.

    Selain itu, mahasiswa dapat melakukan gerakan sosial dengan terjun langsung menjadi relawan satgas Covid-19. Mahasiswa dapat pula menjadi relawan dengan menyalurkan bantuan logistik makanan bergizi, vitamin, masker dan lain sebagainya. Dengan begitu segala elemen yang ada saling bahu-membahu untuk menyudahi penyebaran

    BalasHapus
  54. Nama :Siti Meli Hapsyah
    Kelas :12 Ipa 2

    Peran para generasi muda saat masa pandemi seperti ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa Indonesia.
    Meskipun dalam situasi pandemi mereka dapat mendukung dengan cara mensuport dan melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah.
    Dalam situasi stay at home para generasi muda juga dapat mengembangkan kreatifitasnya,salah satunya dengan menggunakan teknologi dengan cerdas untuk kemajuan bangsa ini.

    BalasHapus
  55. Naufal Arya
    12 Ipa 4

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter.

    BalasHapus
  56. Nama:Tiara Amelia
    Kelas:XII IPA 4

    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi covid -19 ini ?

    Jawab :
    Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 yaitu diharapkan bisa berperan sebagai agent of change, yaitu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.
    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik, serta menggunakan masker dan sering mencuci tangan dengan sabun, bergabung sebagai relawan Covid-19, menjadi penggerak Social Distancing, melakukan social distancing sebaik-baiknya, jaga jarak minimal 1 meter dan yang terpenting adalah mengurangi atau menekan penyebaran COVID-19. Belajar dan beribadah di rumah, serta memberi edukasi kepada keluarga, teman, dan orang lain secara baik-baik bahwa sangat penting melakukan hal-hal tersebut sebagai peran kita bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini.

    BalasHapus
  57. Ayu Sintya
    12 IPA 4

    Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 yaitu diharapkan bisa berperan sebagai agent of change.
    Dalam masa pandemi ini kita harus menaati peraturan yang baru seperti 5M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas,karena dengan mematuhi protokol kesehatan, kita bisa memutus rantai penyebaran covid -19. Kita juga harus menjaga imun tubuh kita karena jika imun kita menurun virus akan mudah masuk ke tubuh. Kurangi aktivitas diluar .
    Jika bisa kita harus membantu orang orang yang sangat membutuhkan seperti ekonomi menurun karena pandemi ini ,,

    BalasHapus
  58. Nama :Zia Nurhaliza
    Kelas:XII-IPA 2

    Penyebaran virus Covid-19 menjadi kegelisahan dan kekhawatiran banyak kalangan, termasuk Indonesia.
    Peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bahkan Semua warga negara Indonesia punya peran dan punya tugas dalam membantu menghadapi Covid-19, begitu pula untuk generasi muda. Peran generasi muda ini sangat besar, diharapkan para generasi muda bisa berperan sebagai agent of change. Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter. Serangkaian tindakan social distancing diprediksi dapat mencegah orang sakit untuk melakukan kontak dengan orang lain, dan yang terpenting adalah mengurangi atau menekan penyebaran COVID-19. Bahkan, Presiden RI pun sudah menghimbau masyarakat untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah. Kenyataannya, masih saja ada pihak-pihak yang ‘ngeyel’ dengan himbauan social distancing.Pemuda diharapkan untuk menjadi agent of change, yaitu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Melalui teknologi, gencarkan, ajak dan galakan edukasi semasif mungkin. Himbau sesering mungkin tindakan-tindakan pencegahannya. Jelaskan dan ingatkan selalu pentingnya stay at home

    BalasHapus
  59. Nama ; Siti Nurjanah
    Kelas ; 12 - IBB

    Peran pelajar,mahasiswa dan pemuda dalam perubahan Indonesia di masa pandemi ini
    bahwa kaum muda memiliki peluang besar untuk berkontribusi dalam penanganan Covid-19, baik secara langsung sebagai relawan maupun dengan menyampaikan aspirasi penanganan pandemi dari berbagai lapisan masyarakat kepada pemerintah melalui inisiatif kaum muda.
    terutama dalam memberikan informasi, yaitu dengan melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

    BalasHapus
  60. Puspa Ayu Maharani
    12 Bahasa

    Menurut saya, peran pemuda saat masa pandemi ini sangatlah besar karena berpengaruh pada kemajuan bangsa Indonesia. Di masa pandemi ini pemuda ikut berperan dalam menjalankan kebijakan pemerintah yaitu stay at home, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Dan memiliki banyak waktu untuk belajar dirumah, sehingga menciptakan pemuda yg mandiri, bertanggung jawab serta kreatif dalam memanfaatkan teknologi.

    BalasHapus
  61. Aleisa Aira Rahayu XII IPA 1
    Menurut saya peran pemuda,dan pelajar sangat berperan penting bagi kemajuan bangsa. Dibsaat Pandemi ini para pelajar dapat berperan ikut serta mengikuti kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19 serta belajar dari rumah untuk memajukan bangsa Indonesia karena pendidikan yang merupakan tombak Indonesia menjadi negara maju

    BalasHapus
  62. Nama:Laelasari
    Kelas:12 IPA 1

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun dengan menjaga jarak dengan orang lain.

    BalasHapus
  63. Sinta Karmila
    XII IPA 3

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter

    BalasHapus
  64. Nama : Wida Renita
    Kelas : 12 IPA 1



    Pelajar maupun mahasiswa memiliki peran penting dalam siklus menciptakan kembali bangsa Indonesia. Namun di tengah pandemi ini, kesehatan dan keselamatan tentu tetap menjadi prioritas utama. Tidak hanya soal pemahaman materi pelajaran, para pelajar maupun mahasiswa juga harus berpartisipasi dalam menjalankan protokol kesehatan agar dapat turut serta dalam memutus penyebaran virus corona di Indonesia.

    BalasHapus
  65. Nama : Linda Fitriyani
    Kelas : XII IPA 2


    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ?

    Jawab : Menurut saya peranan pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia dimasa pandemi covid-19 ini sangat penting, karena para pelajar, mahasiswa, pemuda adalah generasi penerus untuk keberlangsungan negara. Dimasa covid-19 ini peranan paling penting adalah dengan mematuhi protokol kesehatan, tetap dirumah, dan menjaga jarak. Dan tetap selalu berpikir positif serta semangat untuk memajukan bangsa dan negara.

    BalasHapus
  66. Nama : Astri Maharani
    Kelas : XII IPA 2

    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ?

    Jawaban :
    Menurut saya peranan pelajar,mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia di masa pandemi covid-19 ini bisa dengan cara mengikuti kewajiban mereka sebagai seorang pelajar yang baik untuk kelangsungan serta antisipasi dalam masa pandemi ini, jika peranan mereka tidak di antisipasi maka akan cepat pula virus menyebar, berbagai aspek kehidupan pun akan menurun.

    BalasHapus
  67. Nama : Siti patimah
    Kelas : xii ibb



    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini ?



    Jawab :
    Menurut saya peran palajar dah mahasiswa dalam masa pendemi ini yaitu melaksanakan protokol kesehatan seperti jaga jarak , memakai masker , selalu mencuci tangan dan lain lain , dan para prelajar harus tetep mengikuti pelajaran meskipun dalam kondisi sulit seperti ini karna pelajar adalah penerus bangsa

    BalasHapus
  68. Nama : Neng Kinkin
    Kelas : XII IPA 4

    Menurut kalian bagaimana peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia dimasa pandemi Covid-19 ini?

    Jawaban:
    Menurut saya Peran pelajar, mahasiswa, serta pemuda dalam kondisi Covid-19 saat ini sangat penting, diharapkan para generasi muda bisa berperan sebagai agent of change. Para generasi muda memiliki peluang besar untuk berkontribusi dalam penanganan Covid-19, baik secara langsung sebagai relawan maupun dengan menyampaikan aspirasi.
    Disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda,diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19. Dengan cara tetap dirumah, menjaga jarak, serta menggunakan masker dan sering mencuci tangan dengan sabun.
    Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 meter.

    BalasHapus
  69. Restina Anggraeni
    12 Ipa 3

    Peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bagi perubahan indonesia dimasa pandemi covid 19 cukup sangat berguna karena dapat dilihat dari kinerja mereka kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu mahasiswa juga sangat penting dalam situasi masa pandemi ini salah satunya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu Peranan pelajar dalam menghadapi wabah covid-19 Yaitu Mengingatkan orang di sekitar jika batuk dan bersin mulut harus ditutup dengan siku,Mengingatkan keluarga supaya hidup bersih,Memakan makanan yang sehat dan bergizi.Dan pemuda,pelajar maupun mahasiswa sudah banyak yang mematuhi peraturan yang sudah di sediakan sepeerti belajar di rumah untuk bisa memutus mata rantai covid 19 di Indonesia.

    BalasHapus
  70. Nama : Dea Kartika
    Kelas : XII IPA 1

    Menurut saya,peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda sangat berpengaruh besar bagi kemajuan yang memberikan perubahan bagi bangsa itu sendiri. Di masa pandemi Covid-19 ini para pelajar, mahasiswa, dan pemuda harus lebih sigap, tanggap dan tetap mematuhi protokol pemerintah demi kenyamanan bersama untuk memutus rantai penularan. Meski kita para pelajar, mahasiswa dan pemuda mengalami krisis ekonomi dan di tuntut untuk mengerjakan semua aktivitas didalam rumah tidak menyurutkan niat kita untuk membangun bangsa yang lebih maju dan terbebas dari pandemi ini dengan bantuan pemerintah yang memberikan subsidi kuota gratis bagi pelajar, kita tekun belajar dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk kita dan orang lain .

    BalasHapus
  71. Selasa, 09 Februari, 2021
    SISKA WULANDARI
    XII IPA 1

    Indonesia sudah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa daerah yang padat penduduk. Namun, angka yang terinfeksi masih meningkat. Masih banyaknya masyarakat yang tidak mematuhi peraturan PSBB dinilai sebagai salah satu penyebab. Dalam menangani kasus Covid-19 ini yang menjadi garda terdapat adalah para dokter dan tenga medis, namun untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini harus dari semua elemen di masyarkat termasuk para generasi muda. Semua warga negara Indonesia punya peran dan punya tugas dalam membantu menghadapi Covid-19, begitu pula untuk generasi muda. Peran generasi muda ini sangat besar, diharapkan para generasi muda bisa berperan sebagai agent of change. Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19

    BalasHapus
  72. Nama ; Sipa Amelia
    Kelas Xll IPA 1

    Sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi akar bangsa Indonesia di masa mendatang harus dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional dengan memiliki 3 modal dasar yang membuat ia mampu disebut sebagai agent of change (agen perubahan) dan agent of social control (agen pengawas sosial) yaitu kekuatan moralnya dalam berjuang karena pada intinya apa yang dibuat adalah semata–mata berlandaskan pada gerakan moral yang menjadi idealismenya dalam berjuang.

    BalasHapus
  73. Dilla Noviyanti
    XII IPA 3

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda dalam masa pandemi salah satunya bisa melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dan sebagai sosok yang muda, dinamis, penuh energi, optimis, diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    BalasHapus
  74. Nama : Pani Padilah
    Kelas : XII IPA 4


    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda dalam masa pandemi salah satunya bisa melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dan sebagai sosok yang muda, dinamis, penuh energi, optimis, diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.




    BalasHapus
  75. Inal Mahpud

    12 IPA 1

    Pelajar maupun mahasiswa memiliki peran penting dalam siklus menciptakan kembali bangsa Indonesia. Namun di tengah pandemi ini, kesehatan dan keselamatan tentu tetap menjadi prioritas utama. Tidak hanya soal pemahaman materi pelajaran, para pelajar maupun mahasiswa juga harus berpartisipasi dalam menjalankan protokol kesehatan agar dapat turut serta dalam memutus penyebaran virus corona di Indonesia.

    BalasHapus
  76. Wulan Rahmawati
    12 IPA 1

    Pelajar maupun mahasiswa memiliki peran penting dalam siklus menciptakan kembali bangsa Indonesia. Namun di tengah pandemi ini, kesehatan dan keselamatan tentu tetap menjadi prioritas utama. Tidak hanya soal pemahaman materi pelajaran, para pelajar maupun mahasiswa juga harus berpartisipasi dalam menjalankan protokol kesehatan agar dapat turut serta dalam memutus penyebaran virus corona di Indonesia.

    BalasHapus
  77. ARINI ALMAL W.
    XII IPA 1

    Peran pelajar dan mahasiswa itu sangat penting untuk menciptakan kembali/memulihkan keadaan bangsa Indonesia.Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda dalam masa pandemi salah satunya bisa melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dan sebagai sosok yang muda, dinamis, penuh energi, optimis, diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    BalasHapus
  78. Nama:Dedeh
    Kelas: 12 IBB
    Menurut saya,peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda sangat berpengaruh besar bagi kemajuan yang memberikan perubahan bagi bangsa itu sendiri. Di masa pandemi Covid-19 ini para pelajar, mahasiswa, dan pemuda harus lebih sigap, tanggap dan tetap mematuhi protokol pemerintah demi kenyamanan bersama untuk memutus rantai penularan. Meski kita para pelajar, mahasiswa dan pemuda mengalami krisis ekonomi dan di tuntut untuk mengerjakan semua aktivitas didalam rumah tidak menyurutkan niat kita untuk membangun bangsa yang lebih maju dan terbebas dari pandemi ini dengan bantuan pemerintah yang memberikan subsidi kuota gratis bagi pelajar, kita tekun belajar dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk kita dan orang lain.

    BalasHapus
  79. Nama : Viona Melati Dewanti
    Kelas:XII-IPA 4

    Penyebaran virus Covid-19 menjadi kegelisahan dan kekhawatiran banyak kalangan, termasuk Indonesia.
    Peran pelajar,mahasiswa dan pemuda bahkan Semua warga negara Indonesia punya peran dan punya tugas dalam membantu menghadapi Covid-19, begitu pula untuk generasi muda. Peran generasi muda ini sangat besar, diharapkan para generasi muda bisa berperan sebagai agent of change. Maka disinilah peran generasi muda, sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter. Serangkaian tindakan social distancing diprediksi dapat mencegah orang sakit untuk melakukan kontak dengan orang lain, dan yang terpenting adalah mengurangi atau menekan penyebaran COVID-19. Bahkan, Presiden RI pun sudah menghimbau masyarakat untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah. Kenyataannya, masih saja ada pihak-pihak yang ‘ngeyel’ dengan himbauan social distancing.Pemuda diharapkan untuk menjadi agent of change, yaitu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Melalui teknologi, gencarkan, ajak dan galakan edukasi semasif mungkin. Himbau sesering mungkin tindakan-tindakan pencegahannya. Jelaskan dan ingatkan selalu pentingnya stay at home

    BalasHapus
  80. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. Raisa salsabila
    XII IPA 2

    Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bagi perubahan Indonesia di masa pandemi covid 19 ini sangat penting dalam menciptakan generasi muda yang unggul dalam membangun bangsa. Namun di masa pandemi sekarang kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas utama. Walaupun ditengah pandemi ini masa muda harus dimanfaatkan untuk hal hal yang positif seperti menyibukkan waktu dengan belajar, berkebun, dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Para pelajar juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan agar memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Pelajar maupun mahasiswa dan kaum muda menjadi kelompok masyarakat sipil yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong kebijakan yang efektif dalam memastikan pencegahan dan pengendalian Covid-19 diberbagai daerah di Indonesia

    BalasHapus
  83. HILDA WULAN CAHYANI
    XII IPA 1


    Menurut saya peran pelajar dan mahasiswa sangatlah berpengaruh untuk memutus mata rantai covid 19 di Indonesia ini,banyak cara yang dapat dilakukan oleh generasi muda contohnya dengan melakukan sosialisasi,pemahaman,mematuhi peraturan pemerintah, melaksanakan protokol kesehatan dengan baik,dan memberi contoh kepada sesama agar covid 19 ini segera berakhir,dan dalam dunia pendidikan pun sangat lah berpengaruh akibat adanya covid ini,maka dari itu sebagai seorang pelajar atau mahasiswa kita diharuskan untuk melakukan pjj atau pembelajaran jarak jauh guna memutus mata rantai penyebaran covid 19,belajar dengan giat dan sungguh sungguh dan jangan sampai Semangat belajar menjadi padam akibat adanya covid 19 ini

    BalasHapus
  84. Cinta Putri Utami
    XII IPA 3

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah, menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19. Menjadi penggerak Social Distancing, Jaga jarak minimal 1 meter.

    BalasHapus
  85. Nama : Astha Rizky Syahbana Bari
    Kelas : XII IPA 1

    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda bisa berperan sebagai agent of change. Sebagai sosok yang muda, yang dinamis, yang penuh energi, yang optimis, yang diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    Salah satunya dengan tetap dirumah (stay at home), menjaga jarak dan fisik serta menggunakan masker dan sering cuci tangan dengan sabun atau bergabung sebagai relawan Covid-19 baik secara swadaya maupun bergabung dengan BNPB. Menjadi penggerak Social Distancing, Lakukan social distancing sebaik-baiknya. Jaga jarak minimal 1 (satu) meter.

    BalasHapus
  86. Nama: Andry Ardhiyanto T.U
    Kelas : XII IPA II

    Peran para pemuda, pelajar mahasiswa sangat penting bagi perubahan bangsa Indonesia, Karena para pemuda dan pelajar mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa. Karena merekalah yang akan menentukan bagaimana nasib bangsa Indonesia di kala nanti.

    apalagi Indonesia sedang dilanda wabah penyakit Covid - 19, Para pemuda maupun pelajar mahasiswa harus mendukung pemerintah terutama dalam hal untuk menangangi Wabah penyakit Covid - 19, dengan cara mematuhi aturan serta anjuran - anjuran pemerintah, termasuk mematuhi protokol kesehatan dan aturan lainnya guna meminimalisir penularan Covid - 19.

    Dalam kondisi yang sekarang harus dibutuhkan gerakan / gebrakan baru yang sesuai dengan keadaan, supaya mereka para pemuda tetap aktif layaknya pemuda - pemuda zaman dahulu yang senantiasa berjuang, berkorban demi nusa bangsa, agama dan Negara demi tercapainya kemerdekaan.

    Oleh karena itu peran Para Pemuda, pelajar mahasiswa sangat penting bagi perubahan Bangsa, dan Negara Indonesia di saat ini.

    BalasHapus
  87. Nama: Andry Ardhiyanto T.U
    Kelas : XII IPA II

    Peran para pemuda, pelajar mahasiswa sangat penting bagi perubahan bangsa Indonesia, Karena para pemuda dan pelajar mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa. Karena merekalah yang akan menentukan bagaimana nasib bangsa Indonesia di kala nanti.

    apalagi Indonesia sedang dilanda wabah penyakit Covid - 19, Para pemuda maupun pelajar mahasiswa harus mendukung pemerintah terutama dalam hal untuk menangangi Wabah penyakit Covid - 19, dengan cara mematuhi aturan serta anjuran - anjuran pemerintah, termasuk mematuhi protokol kesehatan dan aturan lainnya guna meminimalisir penularan Covid - 19.

    Dalam kondisi yang sekarang harus dibutuhkan gerakan / gebrakan baru yang sesuai dengan keadaan, supaya mereka para pemuda tetap aktif layaknya pemuda - pemuda zaman dahulu yang senantiasa berjuang, berkorban demi nusa bangsa, agama dan Negara demi tercapainya kemerdekaan.

    Oleh karena itu peran Para Pemuda, pelajar mahasiswa sangat penting bagi perubahan Bangsa, dan Negara Indonesia di saat ini.

    BalasHapus
  88. Nama: Sri wanti oktaliani
    Kelas :XII IPA 2



    Peran pelajar, mahasiswa dan pemuda dalam masa pandemi salah satunya bisa melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dan sebagai sosok yang muda, dinamis, penuh energi, optimis, diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

    BalasHapus
  89. Hasan Ali
    12 ipa 3

    Pemuda diharapkan untuk menjadi agent of change, yaitu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik melalui efektifitas, perbaikan dan pengembangan. Melalui teknologi, gencarkan, ajak dan galakan edukasi semasif mungkin. Himbau sesering mungkin tindakan-tindakan pencegahannya. Jelaskan dan ingatkan selalu pentingnya stay at home. Jadilah relawan bagi sekitar yang membutuhkan dukungan makanan dan obat dengan tetap menjaga prinsip pembatasan sosial. Minta bantuan keluarga, teman, dan tetangga untuk membantu atau gunakan layanan online, Hubungi RT/RW setempat.

    BalasHapus