Senin, 15 Maret 2021

Mengevaluasi Kehidupan Bangsa Indonesia dalam Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada Era Kemerdekaan (sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi) | Kd. 3.9 Sejarah Indonesia kelas 12

Tujuan pembelajaran yang dikembangkan yaitu siswa mampu berfikir kritis dan kreatif untuk bisa menganalisis kehidupan bangsa  Indonesia  dalam  mengembangkan ilmu pengetahuan  dan  teknologi pada era kemerdekaan (sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi), dan mampu membuat studi evaluasi tentang kehidupan bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan dalam bentuk tulisan dan/atau media lain.

Revolusi Hijau / Tenologi Pangan

Perkembangan revolusi hijau berawal setelah Perang Dunia I selesai. Perang Dunia I menyebabkan rusaknya banyak lahan pertanian di Eropa sehingga mengancam produksi pangan saat itu. Pertanian adalah hal yang sangat penting untuk memasok kebutuhan pangan. Karena tanpa adanya pangan manusia akan mati kelaparan.

Pada abad ke 18 Seorang ahli ekonomi asal Inggris, Thomas Robert Malthus mengemukakan teori yang sangat menggemparkan dunia, teori yang dikenal sebagai Teori Maltus yang menjelaskan bahwa pertubuhan penduduk akan lebih cepat dari pada pangan itu sendiri.

Kita ambil contohnya di negara Meksiko dan Filipina ya. Tahun 1944, ada sebuah pusat penelitian benih jagung yang didukung Rockerfeller Foundation dari penelitian tersebut berhasil menemukan beberapa varietas baru dari hasil jagung yang hasilnya di atas rata-rata varietas lokal Meksiko. Pada tahun 1962, Rockerfellar Foundation dan Ford Foundation mendirikan sebuah badan penelitian tanaman di Los Banos. Nama badan tersebut ialah International Rice Research Institute (IRRI). Apa sih yang dilakukan IRRI? Lalu  bagaimana  revolusi  di  negara  kita Indonesia  tercinta?  Apa  yang  dilakukan Indonesia terkait dengan revolusi hijau? sebagai negara agraris dengan jumlah penduduk yang banyak tentunya Indonesia   agraris Indonesia tidak mau ketinggalan dalam memaksimalkan hasil pertanian.

Pada masa pemerintahan presiden Soeharto Tepatnya pada masa Orde Baru sejak dilaksanakannya  Pelita  I  di  tahun  1969,  Revolusi  Hijau  diterapkan  dan  fokus  pada peningkatan hasil pertanian (beras). Pelaksanaannya terbagi menjadi 4 program, diantaranya :

  1. Intensifikasi pertanian. Cara ini diterapkan dalam bentuk Panca Usaha Tani yakni    pemilihan    bibit   unggul,    pengaturan   irigasi,    pemupukan,    teknik pengolahan tanah, dan pemberantasan hama. 
  2. Ekstensifikasi pertanian. Langkah ini merupakan perluasan area pertanian yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Contohnya itu seperti pemanfaatan hutan, lahan gambut, atau padang rumput untuk digunakan sebagai lahan pertanian
  3.  Diversifikasi pertanian. Ini dapat katakan pengalokasian sumber daya pertanian ke beberapa aktivitas lainnya yang menguntungkan, baik secara ekonomi atau lingkungan. Contohnya menanamkan beberapa jenis tanaman dalam satu lahan atau memelihara beberapa hewan ternak dalam satu kandang. Nah, yang terakhir, rehabilitasi. 
  4. Rehabilitasi ini merupakan sebuah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperbarui segala hal terkait pertanian. Misalnya memperbaiki sawah tadah hujan menjadi sawah irigasi. 


Dari pelaksanaan 4 progran diatas India berhasil memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri . Di Philipina revolusi hijau mengalami perkembangan lebih pesat dari pada India. Indonesia juga tidak mau kalah, negara kita berhasil menjadi negara swasembada beras. Revolusi hijau adalah jawaban dari semua persoalan yang dihadapi dunia. Tetapi muncul juga dampak negatif dari perkembangan dan penerapan revolusi hijau, diantaranya :

  1. Musnahnya organisme penyubur tanah
  2. Kesuburan tanah menurun dan menjadi tandus
  3. Tanah mengandung resido akibat endapan pestisida
  4. Hasil pertanian mengandung bahan kimia pestisida
  5. Ekosistem rusak dan tidak lagi seimbang

 Untuk lebih lengkapnya silakan download materi dibawah sebagai referensi untuk belajar

IPTEK Indonesia dari Proklamasi sampai Reformasi PDF 

Setelah pelajari modul tersebut, jelaskan hubungan Iptek dengan kualitas pendidikan di Indonesia ? 

76 komentar:

  1. AAS ARISMA
    XII IPA 4

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah

    BalasHapus
  2. Camelia Putri
    XII IPA 2


    Teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan proses mengajar oleh tenaga pendidik. Selain itu, dapat dimanfaatkan oleh para siswa pula untuk menggali lebih banyak ilmu. Apabila dari pihak pengajar dan pendidik mampu menggunakan teknologi ini dengan baik, maka kualitas pendidikan di Indonesia pun akan semakin membaik.

    BalasHapus
  3. Chalista Azqia Luthfiani
    XII IPA 3

    Teknologi sangat bermanfaat bagi pendidikan di indonesia. Pengaruh teknologi sangat besar, misalnya dapat dijadikan sebagai referensi para tenaga pendidik dan siswa untuk mencari bahan materi, di era pandemi seperti ini teknologi berpengaruh besar dalam pendidikan, misalnya untuk pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa tidak perlu bertemu secara langsung, namun bisa menggunakan video conference sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar.

    BalasHapus
  4. Ria Zahra Andini
    XII IPA 2


    Dampak positif perkembangan IPTEK bidang informasi dan komunikasi, yaitu menambah efektivitas dan efesiensi dalam interaksi sosial masyarakat, menciptakan profesi baru dan lapangan kerja baru, meningkatkan kualitas pendidikan, serta mempermudah dan membantu dalam proses KBM di sekolah maupun di rumah sekalipun.

    BalasHapus
  5. DESI XII-IPA1

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya hal itu sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan karna teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar baik oleh siswa atau tenaga pengajar itu sendiri, dengan teknologi tentunya siswa/guru dapat lebih mudah berinteraksi khusus nya pada saat pandemi saat ini, walaupun kondisi tak memungkinkan untuk belajar luring tapi kita memanfaatkan teknologi ini untuk tetap melanjutkan pendidikan yaitu dgn cara daring seperti saat ini.

    BalasHapus
  6. Nama : Noneng Rani
    Kelas : 12 IPA 3

    Hubungan iptek terhadap kualitas pendidikan di Indonesia banyak menghasilkan dampak positif, namun tidak sedikit juga dampak negatifnya. Sebagai contoh, pada kondisi pandemi seperti ini pendidikan menjadi salah satu yang terdampak diantara yang lainnya. Proses pembelajaran tatap muka akan terhambat dan belajarpun akan susah. Tapi berkat perkembangan iptek kita dapat melakukan pembelajaran dengan jarak jauh dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa internet. Hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan kemajuan iptek terhadap kualitas pendidikan terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  7. MUHAMAD DESTA
    XII IPA 1

    Kemajuan teknologi saat ini bertumbuh dengan sangat pesat, hal ini tidak bisa terelakan lagi lantaran banyak inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dari berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Hal ini tentu saja membawa dampak yang positif bagi suatu negara, sehinga bisa mendorong ke arah perkembangan lebih pesat dan memperluas wawasan serta mencerdaskan rakyat.

    BalasHapus
  8. Nama : Iya Nurhalimah
    Kelas : 12 ipa 2

    Hubungan iptek dengan kualitas pendidikan di indonesia itu sangat berpengaruh sekali, karena dengan adanya iptek bisa kita rasakan banyak hal positif yang dapat kita rasakan seperti bisa membantu kita dalam belajar baik itu di rumah atau di sekolah, bisa membantu pelajar di indonesia untuk mencari berbagai referensi untuk membantu dalam mewujudkan pendidikan yang tinggi.Selain itu tidak hanya pelajar bahkan guru dan lainnya bisa menggunakan iptek ini untuk menyampaikan materinya dengan mudah dan efisien dengan aplikasi tertentu yang sudah terpercaya, sehingga jika pelajar,guru dan yang lainnya menggunakan iptek ini untuk hal positif yang berpengaruh terhadap pendidikan maka kualitas pendidikan di indonesia pun akan meningkat dan menjadi negara yang memiliki sistem pendidikan yang maju yang berpengaruh terhadap Iptek.

    BalasHapus
  9. Daris Tri Saputra
    XII IPA 2

    Dampak perkembangan iptek diberbagai bidang sangar banyak,ada dampak positif dan negatif. Dampak positif iptek dibidang pendidikan yaitu bisa menjadi referensi para guru dan siswa untuk menggali informasi lebih dalam tentang pelajaran yang dipelajari, dan bisa membantu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan

    BalasHapus
  10. Neneng Onyas
    12 Bahasa

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah

    BalasHapus
  11. Mia Hanipah
    XII-Ipa 1
    Teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar bagi pendidikan di indonesia dan juga dapat memberikan kemudahan di berbagai aspek. Contohnya siswa dapat memperoleh banyak informasi, teknologi juga menjadi media pendukung pembelajaran serta dengan adanya teknologi dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

    BalasHapus
  12. Tia Amalia Pebrianti
    XII IPA 1

    Hubungan Iptek dengan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini saling berkaitan satu sama lain. Dikarenakan dalam kondisi pandemi seperti ini, Iptek sangat berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran tidak berlangsung seperti biasanya, melainkan mengandalkan kemajuan Iptek itu sendiri. Apabila dalam proses pendidikan bisa menggunakan dan memanfaatkan kemajuan Iptek dengan baik, maka kualitas pendidikan di Indonesia pun akan semakin membaik.

    BalasHapus
  13. Natasya Nur S
    XII IPA 3

    Hubungan Iptek dengan kualitas pendidikan di indonesia yaitu:
    •Iptek sangat bermanfaat bagi pendidikan di indonesia karena memudahkan untuk mencari informasi bahan pembelajaran bagi siswa dan tenaga pendidik.
    •Informasi dari guru sangat mudah disampaikan kepada siswa apalagi dalam pembelajaran jarak jauh saat ini (pandemi).
    •Iptek sebagai akses untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan luas(memudahkan untuk mendapatkan informasi yang terjadi di seluruh penjuru dunia).
    •Melalui Iptek juga bisa membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan mengahasilkan generasi yang bernilai untuk kemajuan negara indonesia supaya tidak tertinggal oleh negara lain.
    Intinya Iptek sangat berpengaruh besar terhadap kualitas pendidikan di indonesia.

    BalasHapus
  14. Sumiyati
    XI-Bahasa

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah.

    BalasHapus
  15. Nama:Hepi Hapidoh
    Kelas:12 ipa 4

    Hubungan iptek dengan kualitas pendidikan indonesia itu sangat membantu dalam berbagai komunikasi seperti siswa yang bisa mencari berbagai materi dalam era pademik ini dengan teknologi juga siswa atau guru bisa berinteraksi lewat internet dengan mudah walaupun dalam kondisi ini tidak dapak memungkinkan untuk belajar tatap muka tapi bisa dengan lewat seperti google meet maupun daring .

    BalasHapus
  16. Delia Putri
    XII IPA 4

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah.

    BalasHapus
  17. Nama : Dea Kartika
    Kelas : 12 IPA 1

    Hubungannya, semakin berkembang nya iptek, pendidikan terpengaruh oleh dua hal, hal positif dan negatif . Hal positif nya adalah orang orang jadi lebih mudah untuk belajar, karna sudah memiliki banyak sumber agar bisa belajar . Sedangkan hal negatif nya adalah, orang orang jadi malas belajar, dan menggunakan alat elektronik seperti hp, laptop atau lainnya hanya untuk bermain .

    BalasHapus

  18. Resna Pratiwi
    XIII IPA 3

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya hal itu sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan karna teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan dalam proses belajar dampak positif nya yaitu Siswa dan guru mampu menggunakan IPTEK sebagai metode belajar, dampak negatif nya siswa tidak bisa menggunakan IPTEK dengan baik

    BalasHapus
  19. Fani julia syahrani
    12-IBB

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya hal itu sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan karna teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan dalam proses belajar dampak positif nya yaitu Siswa dan guru mampu menggunakan IPTEK sebagai metode belajar, dampak negatif nya siswa tidak bisa menggunakan IPTEK dengan baik

    BalasHapus
  20. Yani Agustin

    XII IPA 4

    Dampak IPTEK bagi pendidikan di Indonesia khususnya saat ini sangat mempermudah dalam Pembelajaran Jarak Jauh, bila dalam proses pendidikan bisa menggunakan dan memanfaatkan kemajuan Iptek dengan baik, maka kualitas pendidikan di Indonesia pun akan semakin membaik

    BalasHapus
  21. Sinta Karmila
    XII IPA 3

    Saat ini Iptek sangat berpengaruh sekali untuk pendidikan dan sangat penting untuk belajar bagi para pelajar di Indonesia. Karena dimasa pandemi seperti ini dibutuhkan teknologi bagi seorang pelajar untuk tetap mendapatkan informasi tentang materi pembelajaran baik dari guru ataupun dari internet.

    BalasHapus
  22. Sri Ane
    12 IPA 1

    Hubungan iptek dengan kualitas pendidikan di Indonesia ini sangat berkaitan erat, karena dengan adanya perkembangan yang pesat terhadap teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia seperti meningkatnya kualitas pendidikan, menambah wawasan pengetahuan dan penyebaran informasi yang berlangsung secara cepat. Sebagai contoh, pada masa pandemi ini radio mempunyai peran yang sangat penting yaitu untuk mereformasi pendidikan nasional, Mensuplem pengajaran di sekolah, Memperluas jangkauan pendidikan formal ke berbagai segmen masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam mengikuti pendidikan formal di sekolah dan memperluas jangkauan pendidikan non formal ke segala segmen masyarakat yang membutuhkannya, Televisi banyak memberikan informasi yang mengedukatif masyarakat namun tak jarang juga televisi menayangkan tontonan yang tidak layak di tonton bagi anak anak, Telepon seluler sangat membantu untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, Dan yang terakhir internet mempunyai pengaruh terbesar atas ilmu pengetahuan dan jendela dunia luar serta mempengaruhi stabilitas ekonomi di Indonesia

    BalasHapus

  23. LILIS LISNAWATI
    12-IBB

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah.

    BalasHapus
  24. Ica salsabila
    XII IPA 1

    Hubungan IPTEK terhadap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ica salsabila
      XII IPA 1

      Hubungan IPTEK dengan kualitas pendidikan indonesia sangat berpegaruh sekali,karena sekarang ini semakin majunya perkembangan IPTEK dapat bermanfaat bagi para pelajar yaitu dengan tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran dibidang teknologi.Dan untuk pengetahuan dan wawasan semakin meluas.

      Hapus
  25. Nama: Salma Arif Sanita Putri
    Kelas:XII IPA 2


    Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan.Contohnya siswa dapat memperoleh banyak informasi, teknologi juga menjadi media pendukung pembelajaran serta dengan adanya teknologi dapat meningkatkan kualitas pendidikan,Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Dalam proses pendidikan bisa menggunakan dan memanfaatkan kemajuan Iptek dengan baik, maka kualitas pendidikan di Indonesia pun akan semakin membaik.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Tina Siti Sopiani
    12 IPA 3

    keberadaan teknologi dapat menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.Teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan proses mengajar oleh tenaga pendidik. Apabila dari pihak pengajar dan pendidik mampu menggunakan teknologi ini dengan baik, maka kualitas pendidikan di Indonesia pun akan semakin membaik.Saat dalam kondisi pandemi ini, teknologi berhasil menjadi media yang memungkinkan para siswa dan guru untuk melakukan proses belajar mengajar tanpa bertatap muka secara langsung. Guru dan murid bisa melakukan proses belajar mengajar lewat video conference, mengirim tugas dan materi lewat group chatting hingga email.

    BalasHapus
  28. Nama: Dadi Ramdani
    Kelas: XII IBB

    Hubungan IPTEK dengan kualitas pendidikan di Indonesia semakin hari semakin berkembang dengan pesat saja, karena di zaman sekarang ini kita sudah di tuntut hidup untuk menggunakan teknologi yang tersedia agar memudahkan aktivitas sehari-hari yang kita jalani. Di samping itu, IPTEK juga berperan penting untuk mendukung sarana prasarana dalam dunia pendidikan agar kita lebih mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang segala ilmu yang ada.
    IPTEK sebagai media informasi memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan di Indonesia di era sekarang ini, dengan adanya IPTEK berupa internet ataupun situs pendidikan para tenaga pengajar atau pelajar dari seluruh Indonesia dapat memanfaatkannya dengan baik. Apalagi dalam kondisi seperti sekarang ini yang sedang pandemi Covid 19 menyebabkan sekolah harus di tutup sementara, tapi di sisi lain para pengajar ataupun pelajaran dapat tetep mendapatkan pendidikan seperti biasanya di karenakan memanfaatkan IPTEK.
    Dari segi kualitas itu juga sudah menjadi patokan untuk melihat sampai sejauh mana IPTEK di pergunakan sebaik mungkin oleh dunia pendidikan karena semakin pesatnya teknologi harus juga di seimbang dengan pemakaian dan pemanfaatan yang optimal oleh penggunanya.
    Walaupun masih banyak kekurangan, tapi percayalah sering dengan waktu yang berjalan semua itu tidak akan menjadi penghambat untuk tetap bersatu.

    BalasHapus
  29. Nama : Fenti Fatmawati
    Kelas : XII IPA 3

    IPTEK mempunyai hubungan yang erat dengan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini, karena IPTEK telah banyak menghasilkan inovasi-inovasi baru guna menunjang pembelajaran. Salah satunya adalah semakin banyaknya variasi media pembelajaran berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di dalam dunia pendidikan sudah dirasakan adanya pergeseran, dan bahkan perubahan yang bersifat mendasar pada tataran filsafat, arah serta tujuannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa IPTEK memiliki pengaruh yang sangat kuat, khususnya di dalam bidang Pendidikan. Sebagai contoh, pada masa pandemi seperti ini IPTEK dapat membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa di rumah. Hal ini bisa menjadi tolak ukur keberhasilan kemajuan IPTEK terhadap kualitas pendidikan terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  30. Nama: NENG KINKIN
    Kelas : XII-IPA 4

    Hubungan IPTEK dengan kualitas pendidikan di Indonesia sangat berpengaruh sekali, mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran, menambah wawasan pengetahuan dan penyebaran informasi yang cepat. Sebagai contoh dalam kondisi pandemi seperti ini, IPTEK sangat berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran tidak berlangsung seperti biasa, melainkan mengandalkan kemajuan IPTEK itu sendiri seperti menggunakan WhatsApp, internet, google classroom, dan lain-lain. Hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan kemajuan IPTEK terhadap kualitas pendidikan terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  31. Sri Herawati
    XII IBB

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah

    BalasHapus
  32. Ningrum Muthma'innah
    12 IPA 2


    Dengan adanya IPTEK kualitas pendidikan
    bisa menjadi lebih meningkat dari sebelumnya,karena dengan IPTEK bisa mempermudah pembelajar baik secara daring maupun luring, pembelajaran bisa dilakukan dengan memakai aplikasi aplikasi yang ada sebagai media pembelajaran yang tentunya pembelajaran akan lebih efektif dan efisien

    BalasHapus
  33. Rinrin Triana
    XII IPA 3

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya hal itu sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan karna teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan dalam proses belajar dampak positif nya yaitu Siswa dan guru mampu menggunakan IPTEK sebagai metode belajar, dampak negatif nya siswa tidak bisa menggunakan IPTEK dengan baik

    BalasHapus
  34. Nama : Ramdan
    Kelas : XII IPA 2

    teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah

    BalasHapus
  35. Lutfiah
    XII IPA 4



    Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya hal itu sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan karna teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar baik oleh siswa atau tenaga pengajar itu sendiri, dengan teknologi tentunya siswa/guru dapat lebih mudah berinteraksi khusus nya pada saat pandemi saat ini, walaupun kondisi tak memungkinkan untuk belajar luring tapi kita memanfaatkan teknologi ini untuk tetap melanjutkan pendidikan yaitu dgn cara daring seperti saat ini.

    BalasHapus
  36. Nama:Tiara Amelia
    Kelas: XII IPA 4

    IPTEK mempunyai hubungan yang erat dengan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini, karena IPTEK telah banyak menghasilkan inovasi-inovasi baru guna menunjang pembelajaran. Salah satunya adalah semakin banyaknya variasi media pembelajaran berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di dalam dunia pendidikan sudah dirasakan adanya pergeseran, dan bahkan perubahan yang bersifat mendasar pada tataran filsafat, arah serta tujuannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa IPTEK memiliki pengaruh yang sangat kuat, khususnya di dalam bidang Pendidikan. Sebagai contoh, pada masa pandemi seperti ini IPTEK dapat membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa di rumah. Hal ini bisa menjadi tolak ukur keberhasilan kemajuan IPTEK terhadap kualitas pendidikan terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  37. Ayu Sintya
    12 IPA 4

    Semakin lama perkembangan teknologi semakin pesat dan canggih, tentu saja hal ini sangat berpengaruh untuk pendidikan di sekolah. Apalagi sekarang semenjak ada pandemi banyak sekali penggunaan teknologi seperti digunakan untuk sekolah daring, karena tidak boleh sekolah secara tatap muka. Tentunya banyak sekali hal hal positif nya dan juga Negatif nya. Berkat perkembangan IPTEK kita bisa mengetahui pengetahuan lebih dalam lagi.

    BalasHapus
  38. Nama : : Siti Nurjanah
    Kelas : : XII - IBB
    hubungan iptek dan kualitas pendidikan di indonesia adalah berkembangnya Teknologi
    Perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan sistem ini maka seorang pelajar tidak perlu lagi pergi kesekolah seperti layaknya sekolah formal. Namun cukup meluangkan waktunya untuk bertatap muka dengan dosen atau guru lewat monitor komputer. Demikian juga pelajar tidak hanya memperoleh informasi tentang pengetahuan melalui buku perpustakaan bahkan harus pergi ke perpustakaan untuk memperoleh pengetahuan, namun cukup ada di depan monitor, pengetahuan yang akan dicari sudah tersedia.

    BalasHapus
  39. Hubungan IPTEK dengan dengan sistem pendidikan samgat berjaitan erat. Dengan adanya IPTEK, pendidikan di Indonesia bisa semakin maju. Contohnya dengan adanya Internet, kita bisa melakukan pembelajaran dari rumah. IPTEK juga bermanfaat supaya para pelajar bisa mendapat informasi, dan bahan pelajaran tidak hanya dari buku, teyapi juga dari internet. Karena saat ini sedang ada sistem belajar dari rumah, maka IPTEK akan sangat membantu dalam kondisi tersebut.

    BalasHapus
  40. Nama:Laelasari
    Kelas:12 Ipa 1

    Hubungan IPTEK dengan kualitas pendidikan di Indonesia sangat berpengaruh sekali, mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran, menambah wawasan pengetahuan dan penyebaran informasi yang cepat. Sebagai contoh dalam kondisi pandemi seperti ini, IPTEK sangat berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran tidak berlangsung seperti biasa, melainkan mengandalkan kemajuan IPTEK itu sendiri seperti menggunakan WhatsApp, internet, google classroom, dan lain-lain. Hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan kemajuan IPTEK terhadap kualitas pendidikan terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  41. Nama:shelina komara putri
    Kelas:12 ipa 1

    Hubungan iptek dengan kualitas pendidikan diindonesia sangat berpengaruh
    memudahkan bagi pelajaran untuk mencari informasi seputar pengetahuan selain itu dikenal juga e learning yang memudahkan kegiatan belajar siswa dan kegiatan pembelajaran guru,perkembangan iptek juga melahirkan cara baru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran jarak jauh..perkembangan iptek secara langsung juga mendorong kemajuan dibidang pendidikan

    BalasHapus
  42. SITI ROHMAH
    12 IPA 2

    IPTEK mempunyai hubungan yang erat dengan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini, karena IPTEK telah banyak menghasilkan inovasi-inovasi baru guna menunjang pembelajaran. Salah satunya adalah semakin banyaknya variasi media pembelajaran berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di dalam dunia pendidikan sudah dirasakan adanya pergeseran, dan bahkan perubahan yang bersifat mendasar pada tataran filsafat, arah serta tujuannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa IPTEK memiliki pengaruh yang sangat kuat, khususnya di dalam bidang Pendidikan. Sebagai contoh, pada masa pandemi seperti ini IPTEK dapat membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa di rumah. Hal ini bisa menjadi tolak ukur keberhasilan kemajuan IPTEK terhadap kualitas pendidikan terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  43. Nama : Wida Renita
    Kelas : 12 IPA 1


    Hubungan IPTEK sangat berpengaruh sekali bagi pendidikan di Indonesia. Karena semakin majunya perkembangan IPTEK dapat memberikan kemudahan dan juga bermanfaat bagi para pelajar untuk bisa mencari pengetahuan dan wawasan yang lebih luas lagi.

    BalasHapus
  44. Nama: Rahma Siti Jakiah
    Kelas: XII IPA 4


    Hubungan IPTEK sangat erat dengan kualitas pendidikan di indonesia saat ini,karena IPTEK telah banyak menghasilkan inovasi- inovasi baru guna menunjang pembelajaran. sebagai contoh, pada masa pandemi seperti ini IPTEK dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sebagai kontrol siswa dirumah.

    BalasHapus
  45. Nama ; Sipa Amelia
    Kelas ; 12 IPA 1

    Hubungan perkembangan IPTEK di Indonesia, tentu tak bisa lepas dari peran teknologi informasi yang terus berkembang. Sebagai satu di antara negara berkembang di Asia, penggunaan teknologi di Indonesia tergolong pesat.Berbagai usaha untuk memajukan kualitas IPTEK di Indonesia pun dilakukan, beberapa produk buatan anak bangsa pun diakui dunia. Misalnya teknologi konstruksi sistem Cakar Ayam, Jembatan Sosrobahu hingga teknologi jaringan 4G.

    BalasHapus
  46. Nama : Nur Anisa
    Kelas : XII IPA 4
    IPTEK mempunyai hubungan yang erat dengan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini, karena IPTEK telah banyak menghasilkan inovasi-inovasi baru guna menunjang pembelajaran. Salah satunya adalah semakin banyaknya variasi media pembelajaran berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di dalam dunia pendidikan sudah dirasakan adanya pergeseran, dan bahkan perubahan yang bersifat mendasar pada tataran filsafat, arah serta tujuannya. Tidak dapat dipungkiri bahwa IPTEK memiliki pengaruh yang sangat kuat, khususnya di dalam bidang Pendidikan. Sebagai contoh, pada masa pandemi seperti ini IPTEK dapat membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa di rumah. Hal ini bisa menjadi tolak ukur keberhasilan kemajuan IPTEK terhadap kualitas pendidikan terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  47. Abdul Rofi
    12 IPA 4


    Hubungan iptek dengan kualitas pendidikan di indonesia sangat berpengaruh, karena dengan adanya iptek banyak dampak positif yang kita rasakan saat ini, Teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar baik oleh siswa atau guru

    BalasHapus
  48. Siti Sopiah
    XII IPA 3

    Teknologi memiliki pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengajar dan komunikasi sebagai siswa dirumah maupun orang tua dan juga Teknologi sangat bermanfaat bagi pendidikan di indonesia. Pengaruh teknologi sangat besar, misalnya dapat dijadikan sebagai referensi para tenaga pendidik dan siswa untuk mencari bahan materi, di era pandemi seperti ini teknologi berpengaruh besar dalam pendidikan, misalnya untuk pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa tidak perlu bertemu secara langsung, namun bisa menggunakan video conference sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Nama : Fatimah Kuprun Nada
    Kelas : 12 IPA 2

    Pengaruh Teknologi sangat penting bagi pendidikan di indonesia. Pengaruh teknologi sangat bermanfaat besar, misalnya tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran, menambah wawasan pengetahuan dan penyebaran informasi yang cepat.Sebagai contoh dalam kondisi pandemi seperti ini, IPTEK sangat berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran tidak berlangsung seperti biasa, melainkan mengandalkan kemajuan IPTEK itu sendiri seperti menggunakan WhatsApp, internet, google classroom, dan lain-lain. Hal ini menjadi tolak ukur keberhasilan kemajuan IPTEK terhadap kualitas pendidikan terutama di Indonesia.

    BalasHapus
  51. PUTRI MULYAWATI
    12 IPA 4

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua disekolah.

    BalasHapus
  52. Lulu Revalina.S
    XII-IPA 4

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah.

    BalasHapus
  53. HILDA WULAN CAHYANI XII-MIA1
    pengaruh IPTEK dalam dunia pendidikan tentu sangatlah berpengaruh untuk memajukan pendidikan di Indonesia,banyak dampak positif yang dapat dirasakan dan memudahkan proses mengajar belajar antara guru dan siswa,dengan IPTEK kita dapat belajar kapan dan dimana saja contohnya saat Pandemi ini,tetapi ada juga dampak negatifnya,maka dari itu kita harus memgimbangi nya dengan baik dan benar,menggunakan iptek dengan bijak

    BalasHapus
  54. Nama;Trisna
    Kelas:12 IPA 2


    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah

    BalasHapus
  55. Nama: Miranti
    Kelas: 12 IPA 1

    Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya hal itu sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan karna teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar baik oleh siswa atau tenaga pengajar itu sendiri, dengan teknologi tentunya siswa/guru dapat lebih mudah berinteraksi khusus nya pada saat pandemi saat ini, walaupun kondisi tak memungkinkan untuk belajar luring tapi kita memanfaatkan teknologi ini untuk tetap melanjutkan pendidikan yaitu dgn cara daring seperti saat ini.

    BalasHapus
  56. Nama: Salwa Salsabila
    Kelas : 12 IPA 1

    Hubungan iptek dengan kualitas pendidikan di indonesia itu sangat berpengaruh sekali, karena dengan adanya iptek bisa kita rasakan banyak hal positif yang dapat kita rasakan seperti bisa membantu kita dalam belajar baik itu di rumah atau di sekolah, bisa membantu pelajar di indonesia untuk mencari berbagai referensi untuk membantu dalam mewujudkan pendidikan yang tinggi.Selain itu tidak hanya pelajar bahkan guru dan lainnya bisa menggunakan iptek ini untuk menyampaikan materinya dengan mudah dan efisien dengan aplikasi tertentu yang sudah terpercaya, sehingga jika pelajar,guru dan yang lainnya menggunakan iptek ini untuk hal positif yang berpengaruh terhadap pendidikan maka kualitas pendidikan di indonesia pun akan meningkat dan menjadi negara yang memiliki sistem pendidikan yang maju yang berpengaruh terhadap Iptek.

    BalasHapus

    BalasHapus
  57. Nama: windi fitriani
    Kelas:12 IPA 1

    Teknologi sangat bermanfaat bagi pendidikan di indonesia. Pengaruh teknologi sangat besar, misalnya dapat dijadikan sebagai referensi para tenaga pendidik dan siswa untuk mencari bahan materi, di era pandemi seperti ini teknologi berpengaruh besar dalam pendidikan, misalnya untuk pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa tidak perlu bertemu secara langsung, namun bisa menggunakan video conference sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar.

    BalasHapus
  58. Selasa, 16 Maret, 2021
    Siska Wulandari
    XII IPA 1


    Dampak positif perkembangan IPTEK bidang informasi dan komunikasi, yaitu menambah efektivitas dan efesiensi dalam interaksi sosial masyarakat, menciptakan profesi baru dan lapangan kerja baru, meningkatkan kualitas pendidikan, serta mempermudah dan membantu dalam proses KBM di sekolah maupun di rumah sekalipun.

    BalasHapus
  59. Pepi siti sopiah
    Xll Bahasa

    Hubungan iptek dengan kualitas pendidikan di indonesia itu sangat berpengaruh sekali, karena dengan adanya iptek bisa kita rasakan banyak hal positif yang dapat kita rasakan seperti bisa membantu kita dalam belajar baik itu di rumah atau di sekolah, bisa membantu pelajar di indonesia untuk mencari berbagai referensi untuk membantu dalam mewujudkan pendidikan yang tinggi.Selain itu tidak hanya pelajar bahkan guru dan lainnya bisa menggunakan iptek ini untuk menyampaikan materinya dengan mudah dan efisien dengan aplikasi tertentu yang sudah terpercaya, sehingga jika pelajar,guru dan yang lainnya menggunakan iptek ini untuk hal positif yang berpengaruh terhadap pendidikan maka kualitas pendidikan di indonesia pun akan meningkat dan menjadi negara yang memiliki sistem pendidikan yang maju yang berpengaruh terhadap Iptek.

    BalasHapus
  60. Puspa Ayu Maharani
    XII Bahasa

    Iptek mempunyai hubungan dengan kualitas pendidikan Indonesia. Dilihat dari dampak positif iptek itu bisa membuat pelajar di Indonesia lebih berwawasan karena banyak sekali informasi di dalamnya dan dapat lebih dikembangkan juga. Selain itu iptek juga dapat membantu sistem pembelajaran agar lebih praktis, mudah, dan efisien. Seperti halnya sekarang yang membantu kita dalam proses daring. Maka dari itu dengan adanya iptek apapun bisa lebih berkembang.Jadi iptek sangat berpengaruh dalam kualitas pendidikan di Indonesia.

    BalasHapus
  61. Nama : siti patimah
    Kelas : xii bahasa


    Pengaruh IPTEK bagi pendidikan indonesia sangat besar , seperti sekarang banyak berbagai macam media media pembelajaran yang yang bagus untuk meningkatkan pendidikan indonesia akibat kemajuan iptek , banyak hal positif dari kemajuan ini salah satunya informasi yang bisa didapatkan dengan mudah .

    BalasHapus
  62. Nama : siti patimah
    Kelas : xii bahasa


    Pengaruh IPTEK bagi pendidikan indonesia sangat besar , seperti sekarang banyak berbagai macam media media pembelajaran yang yang bagus untuk meningkatkan pendidikan indonesia akibat kemajuan iptek , banyak hal positif dari kemajuan ini salah satunya informasi yang bisa didapatkan dengan mudah .

    BalasHapus
  63. Nama : Pani Padilah
    Kelas : XII IPA 4

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah.

    BalasHapus
  64. Inal Mahpud
    XII IPA 1


    Hubungan Iptek dengan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini saling berkaitan satu sama lain. Dikarenakan dalam kondisi pandemi seperti ini, Iptek sangat berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran tidak berlangsung seperti biasanya, melainkan mengandalkan kemajuan Iptek itu sendiri. Apabila dalam proses pendidikan bisa menggunakan dan memanfaatkan kemajuan Iptek dengan baik, maka kualitas pendidikan di Indonesia pun akan semakin membaik.

    BalasHapus
  65. Nama : Sri mustika
    Kelas : 12 ipa 4

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. banyak hal positif dari kemajuan ini salah satunya informasi yang bisa didapatkan dengan mudah .

    BalasHapus
  66. Dean Adikara
    12 IPA 1

    Dampak positif perkembangan IPTEK bidang informasi dan komunikasi, yaitu menambah efektivitas dan efisiensi dalam berinteraksi sosial di masyarakat, menciptakan profesi baru dan lapangan kerja baru, meningkatkan kualitas pendidikan, serta mempermudah dan membantu dalam proses KBM di sekolah maupun di rumah sekalipun.

    BalasHapus
  67. Agnia siti Fatimah
    12 ipa 3
    Hubungan iptek dengan kualitas pendidikan di Indonesia ini sangat berkaitan erat, karena dengan adanya perkembangan yang pesat terhadap teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia seperti meningkatnya kualitas pendidikan, menambah wawasan pengetahuan dan penyebaran informasi yang berlangsung secara cepat. Sebagai contoh, pada masa pandemi ini radio mempunyai peran yang sangat penting yaitu untuk mereformasi pendidikan nasional, Mensuplem pengajaran di sekolah, Memperluas jangkauan pendidikan formal ke berbagai segmen masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam mengikuti pendidikan formal di sekolah dan memperluas jangkauan pendidikan non formal ke segala segmen masyarakat yang membutuhkannya, Televisi banyak memberikan informasi yang mengedukatif masyarakat namun tak jarang juga televisi menayangkan tontonan yang tidak layak di tonton bagi anak anak, Telepon seluler sangat membantu untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, Dan yang terakhir internet mempunyai pengaruh terbesar atas ilmu pengetahuan dan jendela dunia luar serta mempengaruhi stabilitas ekonomi di Indonesia

    BalasHapus
  68. Nama : Santi Melani
    Kelas : 12 IPA 4

    Hubungan IPTEK dengan Kualitas pendidikan di Indonesia sangat berpengaruh. Karena dengan adanya IPTEK hingga saat ini membantu sekali kita dalam berbagai hal. Terutama dalam lingkungan pendidikan. Saat ini kita dihadapkan dalam pandemi, jadi Iptek sangat berpengaruh sekali untuk kita sebagai oelajar agar memanfaatkan dengan semestinya. Dapat membantu kita untuk mencari berbagai referensi untuk belajar dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  69. Nama : Sri wanti oktaliani
    Kelas: XII IPA 2


    Dngan adanya iptek kualitas pendidikan lebih mudah untuk mencari informasi 2 dalam belajar ,contohnya dengan keadaan saat ini
    adanya covid 19 pelajar lebih mudah untuk belajar secara daring .selain ituk juga iptek sangat membantu bagi pelajar untuk mengembangkan karya nya dibidang informasi dan teknologi

    BalasHapus
  70. Viona Melati Dewanti
    XII IPA 4

    Pengaruh teknologi terhadap pendidikan di indonesia ini sangat dapat dirasakan
    pegaruhnya. Mulai dari tersedianya bermacam-macam variasi media pembelajaran
    hingga pembelajaran model baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Teknologi memiliki
    pengaruh yang sangat kuat, termasuk juga dalam bidang Pendidikan. Terdapat banyak
    manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses belajar
    mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua
    disekolah

    BalasHapus
  71. Hasan Ali 12 ipa 3

    Hubungannya yaitu Untuk menunjang kemajuan pendidikan, IPTEK tampil untuk melengkapi agar pendidikan menjadi lebih menarik dan berwawasan. Dengan IPTEK memudahkan untuk mendapatkan berbagai informasi-informasi terbaru mengenai pembelajaran yang lebih baik

    BalasHapus
  72. Nama : Salsa Azahra
    Kelas : XII IPA 3

    Hubungan perkembangan IPTEK di Indonesia, tentu tak bisa lepas dari peran teknologi informasi yang terus berkembang.Terdapat banyak manfaat yang dapat diambil guna membantu guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengajar dan komunikasi sebagai siswa dirumah maupun orang tua dan juga Teknologi sangat bermanfaat bagi pendidikan di indonesia

    BalasHapus
  73. Dilla Noviyanti
    XII IPA 3

    Pengaruh teknologi bagi pendidikan indonesia sangat besar , seperti sekarang banyak berbagai macam media media pembelajaran yang yang bagus untuk meningkatkan pendidikan indonesia akibat kemajuan iptek , banyak hal positif dari kemajuan ini salah satunya informasi yang bisa didapatkan dengan mudah .

    BalasHapus
  74. Nama: Andry Ardhiyanto T.U
    Kelas : XII IPA II
    Di masa sekarang IPTEK telah menjadi sebagian dari hidup kita, Dengan adanya IPTEK manusia dapat mengerjakan beragam pekerjaan dengan lebih mudah dan praktis. Segala aktivitas dan kebutuhan manusia juga dapat dilakukan dengan mudah berkat perkembangan IPTEK.
    IPTEK juga sangat berpengaruh di dunia Pendidikan, salah satunya peningkatan kualitas Pendidikan. Pengetahuan akan jauh mudah didapatkan dengan adanya internet, bahkan pengetahuan ataupun informasi dari seluruh duniapun sangat mudah untuk didapatkan. Kemudian ditunjang dengan adanya Transportasi, Televisi, Hp, dll. Itu semua bisa dimanfaatkan secara positif guna meningkatkan kualitas Pendidikan. Misalnya saja adanya program atau acara TV yang memiliki nilai Edukasi ( pembelajaran) yang bisa di totonton oleh pelajar ataupun semua orang di seluruh Indonesia. Hp bisa dimanfaatkan guna menunjang pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi apabila dirasa tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran jarak dekat.
    Oleh karena itu Seharusnya IPTEK dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia apabila dimanfaatkan secara Positif.

    BalasHapus
  75. Nandang alirohmat alwy
    12 ipa 2
    Pengaruh iptek bagi pendidikan di Indonesia itu sangat besar sebagaimana sekarang sudah banyak berbagai macam media untuk belajar yang bagus untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia akibat kemajuan iptek.

    BalasHapus

Featured Post

Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X

       Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Pentingkah peran manusia dalam sejarah ? bagaimana manusia menjadi penggerak sejarah ? ap...

Postingan Populer