Senin, 31 Oktober 2022

Bimtek Pemanfaatan Peralatan TIK dan Platform Merdeka Mengajar | Kolaborasi dengan Direktorat SMP Kemendikbudristek

Kapten co-Kapten belajar.id Jawa Barat
sumber: dokumen pribadi

Direktorat SMP Kemendikbudristek menyelenggarakan Bimbingan teknis penggunaan dan pemanfaatan TIK SMP region Bandung pada 12-14 Oktober 2022. Program ini sebagai upaya pemenuhan sarana dan prasarana di satuan pendidikan menuju digitalisasi pendidikan.

Kapten co-Kapten belajar.id Jawa Barat mendapat kehormatan berkolaborasi menyampaikan materi Chromebook dan Platform Merdeka Mengajar. Seluruh peserta berjumlah 205 dari wilayah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Cimahi. 


Saya berkolaborasi dengan Duta Rumah Belajar Jawa Barat Deni Cendrianto dan SRB Jabar 2022 Ahmad Lukman untuk membimbing 24 peserta dari Kota Bandung. Materi yang disampaikan terbagi 5 kategori. Pengenalan dan perawatan Chromebook, Google Workspace for Eduaction dibagi 3 sesi meliputi Google Drive, Docs, Slide, Form, Calendar, Gmail, Classroom, dan Sites. Sesi 4 khusus penyampaian Platform Merdeka Mengajar mulai dari login, jelajah fitur, mengerjakan pelatihan mandiri, sampai membuat karya dari Docs atau Slide yang di rubah menjadi file PDF dan diunggah ke bukti karya PMM.


Peserta sangat Antusias mempelajari perangkat Chromebook dan mulai menjelajah Platform Merdeka Mengajar hingga unggah bukti karya sebagai salah satu output bimtek ini. Harapan pelatihan ini semua peserta bisa menerapkan bagaimana mengoperasikan Chromebook dan selanjutnya memanfaatkan fitur akun belajar.id di Chromebook dan Platform Merdeka Mengajar. 

Dokumentasi kegiatan dapat diakses pada Instagram Rolla Fardila dan Website Direktorat SMP Kemendikbudrisktek

Mari Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X

       Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Pentingkah peran manusia dalam sejarah ? bagaimana manusia menjadi penggerak sejarah ? ap...

Postingan Populer