Senin, 31 Oktober 2022

Cara Aktivasi dan Pemanfaatan Akun belajar.id Terintegrasi Portal Rumah Belajar | Kolaborasi dengan Refo Indonesia

Tangkap layar live streaming YouTube Refo Indonesia

Puncak Sosialisasi Portal Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar yang menjadi pengalaman luar biasa dapat menjadi bagian dari Festival Komunitas belajar.id 2022 yang diselenggarakan oleh Refo Indonesia.

Agenda dilaksanakan hari Jumat, 28 Oktober 2022 pukul 18.30 - 19.30 WIB yang dilanjutkan dengan meet and greet menggunakan Google Meet  untuk berinteraksi langsung antara pemateri dengan penonton. Kolaborasi pemateri dengan Ibu Neni Niawati (BBPMP Jawa Barat), Bapak Fakhrudin Sujarwo (Kapten belajar.id Jawa Tengah dan Komunitas Pengembang Digitalisasi Pembelajaran) dan Bapak Lulud Prijambodo Ario Nogroho (BBGP Jawa Tengah).


Materi dimulai dengan penjelasan perjuangan aktivasi akun belajar.id di wilayah Kabupaten Bandung yang sangat rendah berada di urutan ke-26 dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat. Selanjutnya mengadakan audiensi dengan Bapak Drs. H. Ruli Hadiana, S.Sos., M.Ipol. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung. Beliau merespon positif dan segera menentukan strategi untuk percepatan aktivasi akun belajar.id. 

Selanjutnya dilaksanakan Pelatihan Pemanfaatan Akun belajar.id dan Platform Merdeka Mengajar untuk semua guru se-Kabupaten Bandung dari semua jenjang. Strategi top down sangat efektif perintah langsung untuk mengikuti pelatihan dari Kepala Dinas Pendidikan ke Bidang TK, SD, dan SMP. Selanjutnya seluruh pengawas dan kepala sekolah hingga sampai ke guru di semua jenjang. Menghasilkan jumlah peserta 4851 se-kabupaten Bandung dan tingkat aktivasi akun belajar.id meningkat dari 16 % menjadi 68 %.
Pemanfaatan akun belajar.id sangat menunjang bagi peningkatan kompetensi guru dengan menautkan ke SIMPKB dan mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Akun belajar.id sebagai Single Sign On (SSO)  menjadi pintu gerbang para pendidik untuk mengakses platform Kemendikbudristek.

Dalam peningkatan kompetensi kependidikan, guru dapat mengikuti program PembaTIK dan memanfaatkan Portal Rumah Belajar untuk melihat berbagai karya luar biasa dari guru se-Indonesia dalam Sumber Belajar Video, Audio, dan Konten Web.
Guru dapat mencari inspirasi untuk membuat bukti karya video di Platform Merdeka Mengajar melalui Sumber Belajar Video, sehingga karya yang dihasilkan dapat menjadi referensi bagi guru yang lain.

Implementasi di kelas dengan menerapkan Hybrid Learning menggunakan Kelas Maya terintegrasi Portal Rumah Belajar dan akun belajar.id. Pembelajaran semakin menarik, peserta didik disuguhkan media pembelajaran interaktif melalui Google Slide fitur QnA terintegrasi Portal Rumah Belajar. Guru sebagai pembimbing hanya bisa menuntun peserta didik sesuai kodratnya untuk mencapai cita-cita dan kebahagiaan. 

Agenda Festival Komunitas belajar.id ini disiarkan serentak di kanal YouTube:  
 
Mari berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X

       Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Pentingkah peran manusia dalam sejarah ? bagaimana manusia menjadi penggerak sejarah ? ap...

Postingan Populer