Senin, 31 Oktober 2022

Praktik Baik Video Pembelajaran dan Optimalisasi Portal Rumah Belajar | Kolaborasi GTK Disdik Jawa Barat

 

Agenda berkolaborasi dengan GTK Dinas Pendidikan Jawa Barat dan Sahabat Rumah Belajar Jawa Barat dalam acara Berbagi Praktik Baik Pembelajaran TIK Terintegrasi Portal Rumah Belajar. Kolaborasi ini terselenggara dengan tujuan untuk membangkitkan semangat guru di Jawa Barat untuk berkreasi media pembelajaran yang mampu menarik minat peserta didik.


Kolaborasi tatap maya dibuka oleh Duta Rumah Belajar Jawa Barat Deni Rohendi yang diselenggarakan dengan cara live streaming youtube pada hari Senin, 24 Oktober 2022 pukul 13.00-16.00 WIB. Beliau menyampaikan sudah saatnya guru di Indonesia rajin menimba ilmu dengan mengikuti pelatihan berbasis TIK seperti PembaTIK dan pelatihan mandiri PMM.  

Pemateri tamu bapak Yuyus Wisnurat dari GTK Disdik Jabar memberikan materi Produksi Video Pembelajaran. Mulai dari langkah pra produksi sampai tahap panca produksi. Saat ini semua bukti karya guru di unggah ke YouTube sebagai referensi pembelajaran. Yuyus juga menampilkan hasil karya inspiratif seperti video pembelajaran STEM, video edukasi yang di publikasi oleh P4TK dan PLB. Selanjutnya desain media pembelajaran interaktif kategori video tutorial yang dipublikasikan oleh Perkumpulan Insan Bangsa.


Rolla Fardila mengulas Kelas Maya, mulai dari pendaftaran akun penyelenggara, dalam hal ini satuan pendidikan, selanjutnya pembuatan akun guru dan siswa. Simulasi materi dengan menambahkan modul pembelajaran terintegrasi Sumber Belajar Portal Rumah Belajar dan Asesmen Diagnostik untuk melihat daya serap siswa terhadap materi.

Ahmad Rifai menyampaikan materi Sumber Belajar Konten Web. Pada sesi ini dibahas cara membuat konten web dari berbagai alternatif aplikasi, mulai dari Articulate Storyline 3 sampai SmartApps Creator. Media Pembelajaran Interaktif saat ini menjadi salah satu media favorit peserta didik, karena dapat belajar, bermain, dan berlatih dalam satu aplikasi.

Ahmad Lukman menyampaikan materi Peta Budaya dan Sumber Belajar Audio untuk memperkaya khasanah pengetahuan siswa terintegrasi kearifan lokal daerah setempat. Peta Budaya menjadi media tayangan menarik, dimana terdapat banyak pengetahuan daerah dari seluruh Indonesia.

Septia Eka Anggun menyampaikan materi Edugame sebagai salaha satu fitur favorit di Portal Rumah Belajar. Peserta didik dapat belajar sambil bermain game interaktif yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang dimainkan.

Peserta terlihat antusias dengan mengajukan pertanyaan di live chat untuk kemudian dibahas oleh para pemateri. Harapan agenda ini supaya para guru dalam berkarya media pembelajaran mendapatkan sumber referensi yang optimal dari fitur utama dan fitur pendukung Portal Rumah Belajar.

Mari Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar.

Dokumentasi lengkap dapat ditonton pada YouTube berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X

       Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Pentingkah peran manusia dalam sejarah ? bagaimana manusia menjadi penggerak sejarah ? ap...

Postingan Populer