Senin, 31 Oktober 2022

Workshop Pemanfaatan PMM dan Portal Rumah Belajar | Kolaborasi dengan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat

Flyer kegiatan workshop

Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat menggelar workshop pemanfaatan PMM bagi penggerak komunitas belajar dalam sekolah IKM yang diselenggarakan pada hari Jumat, 21 Oktober 2022 di Hotel Aston Tropicana Bandung.

Agenda ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi BBGP Jabar terhadap sekolah yang rendah aktivasi akun belajar.id dan login PMM, untuk selanjutnya dibimbing dan diarahkan untuk aktivasi dan login PMM. 

Foto bersama pemateri

BBGP Jabar mengundang Rolla Fardila, selaku co-kapten belajar.id untuk membersamai para guru dalam hal aktivasi dan pemanfaatan PMM. Mengawali materi oleh Dr. Cep. Unang Wardaya, M.Si. selaku Pokja Pembelajaran PAUD BBGP Jabar, beliau menyampaikan konsep Merdeka Belajar dalam pendidikan di Indonesia. Selanjutnya Rina Agustin Susanti, M.Pd. selaku Widyaiswara BBGP Jabar menjelaskan teknis Platform Merdeka Mengajar, mulai dari login sampai unggah bukti karya.

Peserta yang diundang 156 dari Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Cimahi terbagi menjadi 4 kelas. Saya dan pemateri lain membimbing 39 peserta dari Kabupaten Bandung.

Temuan dilapangan teryata rekapitulasi data sekolah yang sudah dan belum login ada sedikit kendala, karena beberapa sekolah yang hadir ketika diwawancara sudah login dan mengerjakan pelatihan mandiri sampai beberapa modul.

Maka sebagai penguatan para peserta diarahkan untuk menyelesaikan bukti karya berupa infografis, perangkat pembelajaran, dan video. Sumber Belajar Portal Rumah Belajar menjadi referensi bagi peserta untuk mendapatkan inspirasi video pembelajaran dari guru-guru se-Indonesia.

Mari Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Hubungan Manusia dan Sejarah dalam Ruang dan Waktu | KD. 3.1 Sejarah Peminatan kelas X

       Manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Pentingkah peran manusia dalam sejarah ? bagaimana manusia menjadi penggerak sejarah ? ap...

Postingan Populer